OPERASI HERNIA DIAFRAGMATICA TRAUMATIKA

Introduksi

a. Definisi

Suatu tindakan pembedahan guna menutup defek diafragma yang ruptur dengan cara jahitan simple interrupted pada kasus traumatik hernia.

b. Ruang lingkup

Keadaan bayi atau anak didapati keluhan sulit bernafas  dan terjadi karena peningkatan tekanan intraabdominal yang mendadak yang menyebabkan robekan diafragma terutama sisi posterolateral kiri; dan terjadinya herniasi isi abdomen ke rongga toraks dapat segera atau delayed 1-2 hari, beberapa minggu atau beberapa bulan kemudian, didapati suara peristaltik pada regio toraks dan pada USG atau radiologi dapat membedakan antara cairan dan organ berongga/gastrointestinal.

c. Indikasi operasi

  • Gejala klinis: distres pernafasan, sianosis
  • USG atau radiologi didapat cairan dan organ berongga /gastrointestinal intratorakal

d. Kontra indikasi operasi

  • Ada kondisi lain/kelainan bawaaan lainnya yang tidak memungkinkan dilakukannya operasi
  • Kondisi umum Jelek

e.   Pemeriksaan Penunjang

Foto polos toraks, foto upper GI dengan kontras

Teknik Operasi

  • Posisi  Supine.
  • Lakukan irisan kocher atau subcostal kiri → perdalam sampai membuka peritoneum
  • Identifikai diafragma kemudian lakukan reposisi organ.
  • Jahitan ruptur/robekan diafragmanya mulai dari posisi antero lateral sampai posteromedial sisi diafragma  sampai diafragma intak.
  • Luka operasi dijahit lapis demi lapis

f. Komplikasi operasi

Perdarahan

Komplikasi pasca operasi

Kerusakan jahitan plikasi/repair → akan menyebabkan herniasi berulang sehingga memerlukan tindakan ulang.

g. Mortalitas

Kurang dari 2%

h. Perawatan Pascabedah

Awal–awal pasca operasi usahakan memakai ventilator untuk mengontrol pernafasan, sampai benar-benar pernafasan adekuat, umumnya dirawat selama 7 hari

i. Follow-up

Dinilai adakah tanda-tanda kesulitan bernafas, infeksi pernafasan berulang dan apakah terjadi herniasi berulang

8 Komentar

  1. dear Pak Dokter,

    saya mau tanya, ayah saya seminggu yang lalu menjalani operasi hernia. beberapa jam setelah operasi ayah muntah darah( cairan berwarna merah kecoklatan ). 4 hari pasca operasi ayah drop karena muntah darah, nafas sesak, perutnya membesar, badanya panas 39 derajat dan harus masuk ruang intensif selama 3 hari. sampai hari ini sudah 9 hari pasca operasi tetapi masih sesak nafas, BAB cair berwarna kecoklatan, dan belum diperbolehkan makan ( hanya minum dan makan bubur sumsum ). sesuai dengan informasi yang saya tulis di atas, menurut dokter, akankah keadaan ayah saya bisa membaik?

    saya sampaikan terima kasih atas respon dari Dokter.

    widia

    • mbak widia astuti sebelumnya saya turut sedih atas kejadian yang menimpa ayah mbak semoga mbak sekeluarga diberi kekuatan oleh Allah SWT dan ayah bisa melewati fase kritisnya….Amiinnn. Sebetulnya saya ingin tahu usia ayah dan operasi hernia yang mana karena macamnya hernia sangat banyak dan jenis operasinya juga berbeda-beda. Tapi sekilas dari cerita diatas kemungkinan ayah mbak terkena stress ulcer akibat pembedahan sehingga timbul ulkus atau luka di lambung yang berdarah sehingga keluar sebagai muntah yang berwarna merah kecoklatan dan BAB darah kecoklatan. Untuk panas paska operasi yang lebih dari 3 hari perlu dipikirkan kemungkinan telah terjadi infeksi sekunder di paru-paru…….alangkah lebih baiknya mbak selalu berkonsultasi terhadap keadaan bapak. Saya doakan semoga cepat sembuh…..dan jangan segan-segan untuk bertanya atau berkonsultasi….selama saya bisa bantu akan saya usahakan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

      • dear Dokter,

        terima kasih atas doa dan penjelasanya.
        usia ayah saya 74 tahun. Jenis hernia kita tidak tahu, karena dokter tidak pernah memberikan penjelasan yang detail.
        keadaan bapak 6 hari yang lalu sudah membaik, sudah bisa makan dan minum walau masih lemas. kemarin ayah transfusi darah sebanyak 3 kantong.
        tetapi pagii ini tiba-tiba kita dapat kabar dari RS keadaan ayah kritis lagi, padahal tadi pagi saat kakak saya jaga kondisi ayah masih baik. Mohon penjelasanya lagi Dok.

        saya sangat berterima kasih bisa konsultasi dengan Pak Dokter, karena pihak keluarga tidak pernah dijelaskan apa yang sesungguhnya telah terjadi dengan ayah saya.

      • Mbak Widi astuti, memang kalo melihat usia Bapak yang sudah tua dan operasi yang dijalani, akan terjadi kondisi fisik yang berat bagi bapak mengingat organ-organ seperti jantung, paru, ginjal, dan sistem metabolik yang sudah menua juga. Harusnya pihak keluarga berhak mendapatkan penjelasan dari dokter tentang jenis operasi apa yang dijalani, komplikasi apa yang sekarang sedang dialami. Tetapi biasanya pasien yang usianya tua dan menjalani tindakan operasi, stress yang diakibatkan oleh operasi itu sendiri memang akan memberatkan sistem organ/metabolik pasien. Kalo ditanya penyebabnya apa? untuk saat ini dengan informasi yang minimalis maka saya tetap menganggap bahwa bapak mengalami stress ulcer yang berdarah di lambung. Harus hati-hati dengan bahaya aspirasi artinya darah yang mengumpul di lambung dimuntahkan dan sebagian masuk ke paru-paru akibat kesadaran yang berkurang sehingga bisa menyebabkan kematian. Saran saya tetap berkonsultasi dengan dokter yang merawat. Semoga ada penyelesaiaan yang baik dari masalah kesehatan yang menimpa Bapak.

        Salam

      • dear Dokter,

        sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kebaikan Dokter memberikan informasi yang detail selama ini, dan maaf baru sekarang sempat membalas informasi yang Dokter berikan. pada tanggal 3 Juni 2010,setelah saya membalas komentar Dokter, saya mendapat kabar bahwa ayah saya sudah meninggal.

        Dan sekali lagi saya dan keluarga mengucapkan terima kasih atas bantuanya selama ini.

        salam,
        widi astuti

      • Ohh ya…Innalillahi wainnailaihi roojiuun….saya turut berduku cita semoga arwah Bapak diterima di sisi Tuhan YME dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan…. Amiinnnn

  2. dok,,,
    sebenarnya pengertian oprasi hernia tu pa sich,,,

    • operasi untuk menutup lubang-lubang abnormal pada tubuh yang menyebabkan organ-organ dalam perut masuk mll lubang tersebut


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 74 pengikut lainnya.