REPOSISI TERBUKA FRAKTUR MANDIBULA

Introduksi

a. Definisi

Plating mandibula: Operasi  dengan melakukan reposisi dan fiksasi dengan menggunakan plat mini – sekrup pada patah tulang mandibula.

Wiring mandibula: Operasi  dengan melakukan reposisi dan fiksasi dengan menggunakan kawat stainless steel pada patah tulang mandibula.

b. Ruang lingkup

Fraktur tulang mandibula yang disertai displacement, bilamana direposisi dan fiksasi maka fragmen tulang menjadi stabil.

c. Indikasi operasi

Patah tulang mandibula  dengan deformitas/maloklusi/ trismus

d. Kontra indikasi operasi

Ko – Morbiditas berat

e. Pemeriksaan Penunjang

Foto Kepala AP/Lat/Panoramic

Teknik Operasi

Menjelang operasi

  • Penjelasan kepada penderita dan keluarganya mengenai tindakan operasi yang akan dijalani serta resiko komplikasi disertai dengan tandatangan persetujuan dan permohonan dari penderita untuk dilakukan operasi. (Informed consent).
  • Memeriksa dan melengkapi persiapan alat dan kelengkapan operasi.
  • Penderita puasa minimal 6 jam sebelum operasi.
  • Antibiotika profilaksis, Cefazolin atau Clindamycin kombinasi dengan Garamycin, dosis menyesuaikan untuk profilaksis.

Tahapan operasi

  • Reposisi terbuka bila reposisi tertutup gagal atau ada kontraindikasi pemasangan fiksasi intermaksila.
  • Pertama kali dikerjakan koreksi oklusi. Oklusi yang telah dikoreksi dipertahankan dengan fiksasi intermaksila.
  • Pasang interdental wiring di premolar maksila dan mandibula sisi kanan dan kiri, selanjutkan kawat diikatkan pada pasangannya atas dan bawah sisi kanan maupun sisi kiri.

Approach

Intra-oral

  • Simfisis dan parasimfisis dapat dicapai melalui insisi genioplasti. Neurovaskuler mentalis diidentifikasi dan diselamatkan. Korpus, angulus dan ramus dapat dicapai dengan insisi vestibuler yang dapat diperpanjang sampai linea obliqus eksternus.
  • Insisi dapat diperpanjang ke cranial sampai lemak bukal prolaps ke dalam luka operasi. Seluruh permukaan ramus dan daerah subkondiler dapat diekspos dengan cara stripping tendon businator dan temporal.

Ekstra-oral

Submandibuler:

  • Insisi 2 cm di bawah angulus mandibula pada lipatan kulit. Diseksi lapisan lemak subkutan – fascia servikalis superfisialis – m. platysma – lapisan superficial dari fasia servikalis profunda.
  • Cabang saraf ramus marginal mandibula  berjalan sejajar margo inferior mandibula, menyilang a.v. fasialis, harus diidentifikasi dan diselamatkan sebelum melakukan diseksi menuju tulang.
  • Diseksi dilanjutkan dengan membuka fasia servikalis profunda sampai pterigomasseteric sling. Berikutnya sling diinsisi untuk meng-ekspos tulang.

Retromandibuler:

  • Insisi 0,5 cm di bawah lobus aurikularis ke arah inferior sepanjang 3-3,5 cm. Irisan ini persis di belakang tepi posterior mandibula, dapat diteruskan ke bawah sampai angulus mandibula.
  • Diseksi dengan membuka m. platysma, sampai muskulo aponeurotik superfisialis dan kapsul parotis. Ramus marginalis mandibula dan ramus servikalis n VII harus diselamatkan. Vena retromandibularis berjalan vertikal di daerah ini dan biasanya terekspos. Vena ini jarang memerlukan ligasi kecuali bila terpotong tidak sengaja.
  • Dengan melakukan insisi pada pterigomasseteric sling dan dilakukan stripping otot masseter maka ramus dan subkondiler mandibula dapat dicapai.

Preaurikuler:

  • Approach ini baik untuk sendi temporomandibuler. Irisan pada preaurikuler 2,5-3,5 cm. Jangan memperpanjang insisi ke arah inferior karena ada nervus fasialis yang memasuki tepi posterior glandula parotis.
  • Diseksi dilakukan sepanjang perikondrium tragus. Fascia temporalis diikuti sepanjang bagian atas dari insisi.
  • Buat insisi memotong lapisan superfisial dari fascia temporalis mulai dari pangkal arkus zigomatikus di depan tragus ke arah pojok atas dari flap.
  • Masukkan ujung tajam sebuah elevator ke dalam insisi fascia, profundus dari lapisan superfisial dari fascia temporalis, lakukan gerakan pembebasan ke arah depan dan belakang.

f.  Komplikasi operasi

  • Infeksi
  • Lesi r. mandibularis  n. fasialis
  • Terjadi  deformitas ulang setelah operasi

g.  Mortalitas

Morbiditas rendah

h.  Perawatan Pascabedah

  • Infus Ringer laktat/Dekstrose 5 %    1 : 4  /hari  (sehari).
  • Antibiotika profilaksis diteruskan tiap 8 jam sampai 3 kali pemberian .
  • Bila tidak ada penyakit penyerta lainnya bisa poliklinis pada hari ke 3 pasca bedah.
  • Angkat jahitan pada hari ke-7.

i.  Follow-up

  • Tiap minggu sampai luka sembuh
  • Tiap bulan selama 3 bulan, kontrol foto wafer pada akhir bulan ke 3

    About these ads

    18 Komentar

    1. mas..ama gambarnya dung..biar lebih manteb..

      • iya boby…kedepan akan di edit….cuman bulan-bulan ini belum ada waktu tuh….masih sibuk di Kampus dan RS…..by the way…any way…and bus way…..terima kasih atas masukkannya ya…salam untuk temen2 residen di RSHS Bandung……..

    2. maav, aq ank umur 19 n bru aja ngalami kecelakaan, n biz operasi mandibula, di daerah rahang gigi bawah. rahang yg untuk gigi bawah depan ku patah, dan di beri kawat. tapi kenapa wajahku yg sebelah kiri masih terlihat lebam ya? dan kenapa masih aja nyeri pada rahang ku.

      • Dear mbak Mei

        Mbak Mei sabar ya….karena trauma yang dialami mbak cukup hebat….itu terbukti tulang mandibula yang kuat bisa patah…artinya daya/energi benturan ke jaringan lunak mbak termasuk kulit, lemak, dan otot didaerah mandibula meradang, apalagi setelah itu di operasi yang artinya secara sengaja dibuat trauma lagi di jaringan sekitar mandibula yang patah, so pasti radang akan bertambah. Tanda-tanda radang adalah: nyeri, bengkak, merah, kulit teraba hangat, dan terasa agak tebal.
        Saran saya mintalah obat antiinflamasi kepada dokter yang merawat dan bisa juga dibantu dengan kompres dingin pada daerah yang lebam.

        Semoga bisa menjawab rasa penasaran mbak Mei.

        Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya, semoga lekas sembuh.

    3. selamat malam dok..
      saya mau tanya bagaimanaa cara menghilangkan luka pada daerah donor pasca operasi skin graft?
      karena 5 bulan pasca operasi, warna kulit tidak sepenuhnya kembali normal, tetapi sebagian besar menjadi coklat kehitaman, agak keras dan sering gatal…
      terima kasih banyak dok sebelumnya.,.,..

      • Dear Mas Arthur

        Memang untuk STSG kulit Sdr diambil sebagian tipis saja, sehingga menimbulkan bekas yang awalnya tampak keputihan karena warna coklat pada epidermis sudah terangkat saat pengambilan donor kulit, dan memang makin lama akan berubah warna dan bisa terasa gatal. Untuk mengatasi hal tersebut Sdr bisa memberikan salep kortikosteroid, mintalah ke dokter Sdr dan oleskan tiap kali gatal sampai lambat laun rasa gatal itu hilang.

        Mudah2an bisa menjawab

    4. terima kasih banyak dokter..
      lalu dok, agar warna kulit tersebut tidak kecoklatan lg (kembali pulih seperti semula) dengan obat atau salep apa dok..?

      • coba saja dengan salep seperti madecassol yang dicampur dengan preparat hidroquinon…

    5. terima kasih banyak dokter atas informasinya yang sangat berguna…
      1 minggu 2x rawat jalan dok..di wing internasional sanglah..

    6. maaf, mo nanya, saya baru aja kecelakaan dan rahang bawah saya bergeser dan ada yang retak juga. akhirnya saya operasi pemasangan plat. totalnya ada tiga plat yang dipasang di bagian kiri dan tengah. pasca operasi, pipi kiri saya bengkak dan sekarang sudah jauh lebih mengecil walau masih agak bengkak. salah seorang teman saya juga dulu pernah dipasang plat di rahangnya dan sampai sekarang masih terlihat membengkak. jadi apakah pemasangan plat ini memang meninggalkan bekas semacam itu dok? atau bengkak ini dapat hilang total? mohon informasinya. terimakasih.

      • ya baik akan saya jawab….

        Mengenai bekas operasi yang sedikit membengkak hal ini tidak lain adalah akibat pembentukan jaringan fibrotik pasca operasi….perlu diketahui bahwa selama operasi ada jaringan lunak yang dipotong, dijahit dan cauter dll….hal ini menimbulkan reaksi inflamasi/radang bagi jaringan tersebut. Namun hal itu wajar pasca operasi…tidak perlu risau….nanti lambat laun akan semakin mengecil.

    7. dok… saya adalah penderita tumor rahang
      berapa lama penyembuhan pasca operasi mandibula penyambungan tulang rahang

      • untuk penyembuhan operasi tumor di tulang rahang tergantung jenis operasi apa yang dikerjakan. apakah tulang rahang disambung dengan miniplate atau dilakukan pengangkatan tulang mandibula dan diganti dengan implant. kalo disambung dengan miniplate ada 2 proses penyembuhan yang terjadi yaitu: bone healing (penyembuhan tulang) dan wound healing (penyembuhan luka). bone healing dengan pemasangan miniplate terjadi antara 3-4 minggu, biasanya tulang rahang difiksasi dengan pemasangan arc bar dan karet untuk meminimalisir pergerakan rahang sedangkan untuk wound healing antara 7-14 hari asalkan tidak ada infeksi.

        • kemaren dilakukan pengangkatan tulang mandibula dan di ganti dengan tulang pinggul
          kira” dengan metode ini berapa lama dok saya bisa kembali normal
          dah 1 bulan ini saya cuma bisa makan yg berbentuk cairan dan jalan saya jg belum kunjung normal
          terima kasih banyak dok atas info’y

        • dok…???

        • ya ada apa….????

    8. maaf dok, saya mau tanya 2 bln lepas saya mengalami kecelakaan dn gigi bwah dpan sy patah plus rahang bwh juga patah tetapi dokter hny melakukan proses wirring sja, stlh 2 bln kmudian sy pergi cek rongsen rahng sya msi retah bhkan tulang mandibula bwh msih bergeser tp tidak sakit, berbahaya ap tidak dok klo saya ingin pasang gigi tiruan..

      • sebaiknya tulang rahang yang bergeser di lakukan operasi pemasangan plate mengingat pergeseran tsb pasti menyebabkan oklusi terganggu (gigi atas dan bawah tidak bisa bertemu), setelah oklusi tercapai baru pemasangan gigi tiruan.


    Comments RSS TrackBack Identifier URI

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 65 pengikut lainnya.