KONSULTASI

BILA ANDA INGIN BERKONSULTASI TENTANG PENYAKIT ANDA TERUTAMA DALAM BIDANG ILMU BEDAH…….SILAHKAN KIRIMKAN MELALUI KOLOM KOMENTAR DIBAWAH INI….INSYAALLAH SAYA AKAN MEMBERIKAN TANGGAPAN SECEPATNYA

MOHON DISERTAKAN UMUR, JENIS KELAMIN PASIEN, KELUHAN PASIEN DAN HASIL PENUNJANG LABORATORIUM ATAUPUN IMAGING (RONTGEN, USG, CT SCAN) BILA ADA……TERIMA KASIH

.

ANDA JUGA BISA MELAKUKAN PEMESANAN CD/DVD KEDOKTERAN DENGAN MENULISKAN CD/DVD PADA KOLOM KOMENTAR (KLIK HALAMAN PRODUK UNTUK MELIHAT “LIST CD/DVD KEDOKTERAN” DAN CARA PEMESANAN)

.

ANDA BISA MELAKUKAN PERMINTAAN (REQUEST) TENTANG BUKU-BUKU ATAU JUDUL-JUDUL PRESENTASI DALAM BIDANG ILMU BEDAH UNTUK DI POSTINGKAN DAN ANDA BISA MENDOWNLOADNYA SECARA GRATIS.  ANDA CUKUP MENULISNYA DALAM KOLOM KOMENTAR…..INSYA-ALLAH BILA ADA DI SERVER KAMI AKAN MEM-POSTING-NYA.

596 Komentar

  1. mas aleq..inu ida^^ hehehe…mungkin mas aleq dah lupa… first of all, congrats for your graduation… mudah2an jadi SpB yang selalu amanah ya mas…
    mas aleq, aku ampe sekarang masih kurang ngerti soal AGD…ada cara yang sederhana ga yah mas untuk bisa ngerti bacanya…
    btw mas, kalo aku ada kesulitan, gapapa ya mas kalo aku tanya ke mas aleq… makasih ya mas…

    • Hatur Nuhun Ida……Mudah2an segera menyusul

      Untuk pembacaan AGD yang paling mudah dan sederhana serta penting dalam menentukan ASIDOSIS atau ALAKALOSIS METABOLIK/RESPIRATORIK adalah lihat pada pH, PaCO2, dan HCO3. Bila ketiganya turun pasti ASIDOSIS METABOLIK, bila ketiganya naik pasti ALKALOSIS METABOLIK, namun bila pH turun, PaCO2 naik, HCO3 normal itu lebih kearah ASIDOSIS RESPIRATORIK dan sebaliknya bila pH naik, PaCO2 turun, HCO3 normal itu lebih kearah ALKALOSIS RESPIRATORIK.

      Naahh…Ida mudah…khann…itu clue-nya…mudah2an Ida menjadi lebih PeDe dalam membaca nilai-nilai AGD…

      Kalo Ida dan temen2 lainnya ada kesulitan dan saya bisa membantu…..Insya Allah akan dibantu……

      Wassaalam

    • Dok saya mau tanya,1bulan yg lalu kaki kanan saya terkena kaca,lukanya cukup dalam,dijahit otot.sekarang luka luarnya menutup,kaki juga bisa berjalan normal,yg saya ingin tanyakan,kenapa kulit disekitar jahitan menjadi hypersensitiv dan rasa mati rasa kebal,apakah ada syaraf yg terputus tdk terjahit didalamnya?atau otot tidak tersambung dgn baik.

      • bisa jadi saat terkena kaca disamping otot ikut robek….saraf juga ikut terpotong…cobalah minum obat-obat yang merangsang sensitifitas saraf tepi…bisa juga dibantu dengan sering direndam air hangat…mudah2an berhasil…amiinnn

  2. Selamat siang Dok,
    nenek saya,68 tahun 1minggu lalu jatuh dari tangga. dari hasil pemeriksaan rontgen didapatkan adanya fraktur kompresi tulang belakang, L2 dan patah tulang lengan bawah.
    sesaat setelah kejadian langsung di bawa ke RS dan ditangani. namun nenek menolak dioperasi. Keluhan pada saat kejadian adalah nyeri di daerah tulang belakang, namun sekarang yang timbul dalah nyeri tungkai yang menjalar yang timbul pada saat dari baring menuju bangun atau sebaliknya. penanganan untuk nyeri punggungnya saat ini selain obat penghilang nyeri, juga peakai lumbar korset. tetapi tetap saja nyeri tungkainya tidak ada perubahan. BAK tidak ada keluhan, berjalan jg masih bisa. Apakah ada terapi lain untuk menangani nenek saya tersebut dok? o iya, untuk patah tulang lengan bawah kanan nya tidak ada keluhan nyeri. dan dipasang gift. Apa yang sebaiknya saya lakukan? terimakasih Dok..

    • Yth mbak rania (jarijarikaki)

      Medula spinalis daerah lumbal memang memberikan persyarafan ke kedua tungkai, dan bila mengalami kerusakan akibat fraktur pada tulang vertebra lumbal akan memberikan sensasi nyeri di tungkai. Kalau membaca cerita Saudari bahwa Nenek masih bisa berjalan dan BAK tidak ada keluhan…..mungkin lesi myelum di lumbal-nya hanya parsial saja tidak transeksi.
      Yang penting memang mengurangi keluhan nyeri pada pasien….apalagi usia sudah tua….kasihan kalo beliau harus berkutat dengan nyeri-nya sepanjang hari.
      Untuk nyeri yang bersifat akut disarankan untuk menggunakan obat anti nyeri yang potent seperti tramadol hanya saja memang ada efek sampingnya yang terasa mual-mual hanya saja hal tersebut bisa diatas dengan memberikan terapi adjuvant untuk counter attack.
      Bila dirasa masih nyeri bisa dikombinasi dengan golongon opioid lemah atau bahkan yang kuat….bisa juga ditambahkan adjuvant terapi yang bersifat sinergi terhadap obat anti nyeri-nya sendiri.
      Mohon maaf saya tidak bisa menuliskan disini berbagai macam obat kombinasi yang biasa saya gunakan untuk pasien-pasien saya dengan keluhan baik nyeri akut atau kronik….karena masalah etika…..saya sarankan…Saudari untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan terapi simptomatis yang aman dan nyaman bagi Nenek Saudari sesuai “Step Ladder” dari WHO.
      Semoga lekas sembuh…..Amiiinnn

      • selamat sore dok,

        telapak kaki saya di operasi di karenakan ada luka, ( tapi saya cek tidak ada penyakit diabetes), saya udah 3 minggu, namun dokter yang sy pratek tidak ada omongan apa”, misalkan 2 atau 3 minggu lagi balik , untuk cek jahitan saya apakah sudah boleh dicabut atau blom dia ngak info sama saya, yang saya tanyakan adalah< apakah jahitan saya udah 3 minggu ini boleh di buka atau nanti tgg kering, sedangkan jahitan saya sudah kering, tapi blom rapat, masih ada tumbuh daging naik keatas, menurut dokter gimana ya?

        thx,

        atas jawabannya

      • menurut saya sebaiknya Sdr kontrol ke dokter bedah yang melakukan operasi tsb….karena operasi di telapak kaki biasanya untuk membuka jahitan agak lama diatas 3 minggu, mengingat kaki digunakan untuk menahan beban tubuh….ditakutkan jahitan akan lepas dan kulit terbuka kembali….mintalah saran ke dokter Sdr ya

  3. Alamat:
    Gedung C2.54, Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia, Depok 16424
    ats nama: Anin Shofial Muharromi
    hp: 081917728899

    Pesanan:
    3. ATLAS ANATOMI SOBOTA
    22. COLOR ATLAS of HISTOLOGY

    Tolong segera dikonfirmasi ke email sy ya.. trims

    • Baik…akan segera kami proses melalui email Sdri…..mohon sabar menunggu

      Salam hangat,

      MAS

  4. Assalammu’alaikum wr wb
    Dokter Aleq, terimakasih sebelumnya.
    Saya Linda dari Batam. Anak laki-laki saya Rayhan (12 thn), jatuh saat terlepas ketika memegang tiang gawang di lapangan bola sekolahnya pd Sabtu sore 09/Okt/2010 lalu. Saya bawa ke Rumah Sakit Harapan Bunda Batam untuk tindakan. Dari hasil rontgennya ternyata 2 tulang lengan kiri bawah (kira-kira 5cm di atas pergelangan tangannya patah. Menurut dokter spesialis bedah tulang yg terkenal & satu2nya di Batam yang berpraktek di rumah sakit tsb harus segera dilakukan tindakan operasi reposisi malam itu juga karena kedua tulangnya (yg besar & yg kecil) patah. Setelah menyelesaikan biaya adm dan surat2 pernyataan operasi lainnya, anak saya dibawa ke kamar operasi. Saya yakin & percaya krn menurut pegawai RS tsb, dokter itu adalah satu-satunya dokter ahli SpOT di Batam. Kita-kira 30-40 menit kemudian anak saya sudah selesai dioperasi dan dibawa ke ruang rawat inap. Kami lihat tangannya sudah di GIPS dan kamipun lega. Sampai keesokan paginya anak kami juga masih baik2 saja dan ketika dr anastesi dan selanjutnya dr bedah tulang tsb visit keesokan harinya tidak ada keluhan apa-apa sehingga kami sudah diperbolehkan pulang sore harinya. Sebelum pulang, saya meminta hasil rontgen post.op (setelah operasi)-nya dan diberikan oleh perawat yg berjaga saat itu sambil dipesankan agar ke2 gambar tsb dibawa lagi saat kontrol 2 minggu kemudian.
    Ketika kami melihat hasil rontgen yg post op, ternyata tulang yg besar memang sudah kembali ke posisi semula, tetapi untuk tulang yg kecil tidak. malah jaraknya agak jauh alias tidak nyambung. Karena dokter spOT tsb sudah pulang, saya disarankan untuk datang kembali keesokan harinya (senin 11/Okt/2010) utk menanyakan kepada dokter tsb. Jawaban yang saya terima :”Ohh..itu tidak apa-apa…Bu..yang penting tulang yg besar ini sudah nyambung lagi. Kalau yang kecil ini, nanti bisa mengikuti dgn sendirinya..tergantung kemampuan tubuh si anak untuk bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Operasi yang semalam itu adalah operasi reposisi, jadi tangan anak ibu tidak disayat. Hanya ditarik saja, terus dipasang gips… yahh..memang harus ada salah satu yg harus dikorbankan” Ketika saya terus bertanya, apakah tulang itu nanti bisa nyambung dgn lurus/bagus, beliau menjawabnya,”yahh..kalau ibu mau perfect ya harus dioperasi, disayat, pasang pen, jahit lagi, terus setahun kemudian pen nya dibuka lagi…”…..
    Sungguh…saya tidak merasa puas dgn jawaban seorang dokter ahli yg punya jam terbang tinggi spt beliau. Saya terbengong memikirkan jawaban spt itu, lalu beliau berkata,”Apakah masih ada lagi yg mengganjal di hati ibu ? Kalau tidak, silahkan, saya ada keperluan..” lalu beliau pergi begitu saja.

    Dokter Aleq,
    Apakah memang benar yg dikatakan dokter tsb di atas bahwa tulang yg kecil itu bisa baik dgn sendirinya sementara posisinya sekarang saja tidak nyambung ? Tindakan apa lagi yg harus saya lakukan, terpikir dlm hati saya ingin menemui pimpinan rumah sakit tsb, tetapi nanti anak saya akan kontrolnya ke sana juga, nanti dokternya tersinggung dan tidak mau melayani dgn baik lagi, apakah saya menunggu waktu kontrol yg masih 10 hari lagi, sementara tulang ini akan terus tumbuh.Padahal kami ingin yg terbaik utk anak kami, sehingga kami rela menjual apa saja utk membayar biaya yg cukup besar bagi kami (kemarin kami kena +/- 9.5jt) tetapi koq ya jawaban yg kami terima kurang memuaskan. Mohon saran dari dokter, saya tidak tahu caranya untuk mengirimkan hasil foto rontgen tsb. Apakah bisa discan ?

    Terima kasih sebelumnya, saya mohon jawaban dari dokter.
    Wassalam,
    Linda.

    • Yth Ibu Linda Rahmania

      Mohon maaf sebelumnya…..jawaban saya akan saya kirimkan via email ibu saja ya…..supaya tidak terlalu expose kalo saya cantumkan di Web-blog saya.

      Terima kasih
      Salam hangat,

      MAS

      • Dokter Aleq,
        Terima kasih sebelumnya, saya tunggu jawabannya (sampai saya menulis balasan ini saya belum terima email dari dokter. Hati saya masih belum tenang sampai saat ini, saya masih akan terus berusaha untuk mencari bbrp ‘2nd opinion’ ataupun cara yang terbaik untuk anak saya. Mohon pengertiannya atas kesan ketidaksabaran saya, pak.

        Terima kasih,
        Linda.

      • Email sudah saya kirim Ibu…..tolong disimak baik-baik ya….

    • Bu Linda, bolehkah saya memperoleh balasan dokter Aleq tersebut. Kalau berkenan, saya berharap dikirimkan copy-nya ke:
      sensei.zon@gmail.com.
      Terima kasih banyak.

  5. Assalamualaikum, mas…
    punten mas ini ida lagi…hehehe…mau tanya lagi, mas. sekarang tentang AGD dan laktat. kapan ya mas indikasi kita periksa AGD dan laktat, karena di antara para konsulen juga masih suka ada perbedaan pendapat tentang kapan AGD dan laktat diperiksa… matur nuwun sanget ya, mas…

    • Dik Ida yang selalu ingin tahu….

      Kita khan tahu bahwa dengan AGD…akan diketahui ada tidaknya perubahan O2 dan CO2 di tubuh melalui delivery O2 dari paru ke darah dan eliminasi CO2 oleh paru serta status asam-basa tubuh yang diakibatkan interaksi yang baik antara paru dan ginjal ….Nah pada keadaan2 patologi apa yang dapat menyebabkan perubahan2 tsb….seperti pada keadaan multiple trauma dengan hemorrhagic syok, trauma dada dengan RR > 30x/min……intinya adalah setiap keadaan patologi baik Trauma atau Non trauma yang menyebabkan BREATHING PROBLEM (ingat ABC pada ATLS) maka kita perlu cek AGD…..hal ini penting karena berkaitan dengan manajemen Ventilator nantinya.

      Untuk LAKTAT…..ingat “LISTEN WHAT THE CELL SAY”…….Laktat sangat penting bagi kita untuk mengetahui metabolisme intra sel (terutama di mitokondria) apakah dalam suasana AEROB atau ANAEROB…….sehingga warning bagi kita untuk segera menerapkan EGDT (Early Goal Directed Therapy) untuk merubah suasana intrasel jadi AEROB….karena laktat yang menumpuk akan menyebabkan kematian sel……yang berakibat MODS…….MOFS….dan akhirnya ke Forensik deh.

      Kapan Laktat diperiksa….apabila ada masalah di Airway, Breathing, dan Circulation….(baik trauma atau non trauma)…..karena masalah di ketiganya akan berakibat ANAEROBIC METABOLISM

      Naahhh…..ida mudah2an bisa menjawab rasa penasarannya ya…..

      • hehehe… maap yang kang aleq ida nanya terus… jangan bosen ya mas.. nuhun atas penjelasannya.. ^^

  6. Ass.Wr.Wb.
    Mas Aleq, punten ini ida lagi.. ida minggu depan kan maui maju TO LE. mau minta masukan kira2 yang perlu ida perhatikan dan perlu ida ketahui apa aja ya mas??? biar langsung lulus…nuhun ya mas…

    • Yang penting itu Anatomi dinding perut…..lapisan-lapisan otot…termasuk origo dan insersio…..bedakan lapisan-lapisan dinding perut di supra dan infraumbilikal……batas imajiner linea arcuata karena lapisan anatomi jelas berbeda.
      Pelajari macam2 approach LE……apa saja…..keuntungan dan kerugiannya….
      Selebihnya…tergantung patologi pasien yang mendasari mengapa kita melakukan LE…

      Good Luck……..

  7. ass.. tumpang nnya dunk..
    tarauma dada tentang hasil AGD menyebabkan asidosis respiratorik?
    kenapa bisa terjadi??
    bgung nie gak bsa jawab…
    makasih sebelum’a..
    wss..

    • Yth Sdri Mila

      Mohon maaf baru bisa jawab karena 4 hari kemarin internet saya lagi ngadat jadi baru lihat hari ini. Untuk menerangkan kenapa pada trauma dada terjadi asidosis respiratorik begini:
      1. Saat terjadi trauma dinding dada, manifestasi klinis yang dirasakan pasien adalah chest pain yang berakibat napas pasien jadi pendek-pendek dan ini disebut hipoventilasi, akibatnya terjadi retensi CO2 yang tinggi di dalam darah sehingga PaCO2 akan meningkat,

      2. Disisi yang lain O2 akan rendah dalam darah sehingga metabolisme intrasel bukan bersifat aerob tetapi anaerobik sehingga akan dihasilkan hanya 2 ATP dan ion H yang banyak dengan hasil sampingan berupa laktat.

      Sehiingga berdasarkan kedua kondisi tersebut diatas bisa dipastikan bahwa pasien mengalami ASIDOSIS RESPIRATORIK dan apabila ini berlanjut tanpa treatment yang baik dan tepat makan akan terjadi ASIDOSIS METABOLIK

      Mudah-mudahan bisa menjawab, Amiiiinn

  8. Dokter, apakah pembengkakan kelenjar di bawah mata bisa menyebabkan seorang laki-laki infertil ? seperti juga kalau pernah kena penyakit gandongen ? Terimakasih atas jawaban dokter.

    • Sdri Faila

      Kalo menurut saya hal itu tgt etiologi dari pembengkakan tersebut. Tapi sejauh pengetahuan saya jarang sekali etiologi-nya adalah virus-virus yang dapat menyebabkan infertilitas seperti Mumps virus. Dan juga sebailknya tidak semua orang yang terkena gondongen langsung mengalami infertilitas tergantung derajat keparahan infeksinya dan penyebarannya serta lamanya penderita terkena virus gondongen.

      Semoga bisa menjawab

  9. Assalamualaikum..
    Dokter sy mau tanya ttg benjolan di ketiak kanan sy..
    Kira2 2-3 bln yg lalu muncul nyeri di ketiak kanan sy, awalnya sy kira jerawat. Tp waktu sy raba tdk ada benjolan di permukaan kulit spt jerawat, tp ada bnjolan yg bentuknya tidak jelas.. Nyerinya tidak setiap saat dan bkn nyeri yg sangat, cuma kdg2 dok.. Terutama kalo sy amati dan kalo tdk salah tiap mau menstruasi nyerinya muncul..
    Trus sy cb cari di tmpt2 kelenjar limfe lain tdk ada benjolan serupa, sy jg mencoba sarari tp tdk ada benjolan di mamae sy..
    Kalo blh konsultasi, kemungkinan diagnosisnya apa dok?
    Trus pemeriksaan apa yg hrs sy lakukan utk memastikan penyakitnya?
    Trimakasih sebelumnya dokter, dan mohon jawabannya dokter..

    • Waalaikum salam Wr. Wb.

      Mbak rezti…benjolan di ketiak paling sering memang berasal dari kelenjar limfe namun bisa juga dari jaringan lainnya seperti kulit, lemak, otot dll. Kalo memang asalnya dari kelenjar limfe, benjolan ini bisa merupakan lesi primer seperti limfoma (neoplasma) dan limfadenitis (infeksi) ; atau lesi sekunder yaitu metastasis dari suatu malignancy (bisa berasal dari kanker payudara ataupun malignancy yang berada di ekstremitas atas seperti melanoma maligna). Tindakan mbak Rezti yang melakukan SARARI itu sudah bagus, artinya mbak sejak dini secara sadar sudah mencoba untuk mengetahui darimana datangnya benjolan di ketiak.
      Saran saya segera periksakan diri ke dokter terutama spesialis bedah/bedah onkologi untuk mencari penyebab benjolan. Untuk diagnosis penunjang terbaik dilakukan biopsi untuk dilakukan pemeriksaan patologi anatomi sehingga dapat diketahui apakah benjolan itu suatu proses inflamasi ataukah malignancy.

      Semoga jawaban saya bisa membantu, amiinn

  10. ass.wr.wb
    dok saya hanya ingin tau apa penyebab dari sakit biduran..??
    trs penanganannya apa..?
    soalnya saya sdh ke dokter tapi gak sembuh2….
    obat yg di ksh habis bidurannya kambuh lagi…
    saya sdh bosan dok mnum obat trs…!!

    mhon infonya dok…
    dan trma ksh sblmnya

    • Dear mbak Ferni

      Sebelumnya saya beritahukan dulu bahwa saya adalah dokter spesialis bedah, sedangkan keluhan yang dialami mbak lebih tepat ke spesialis kulit. Namun demikian saya mencoba memberikan jawaban secara umum tentang apa yang dikeluhkan oleh mbak Ferni.
      Keluhan ruam-ruam dikulit atau rash makulo-papular yang terjadi hilang timbul terutama hilang setelah diberi obat dan muncul kembali setelah obat tidak diminum, kemungkinan besar disebabkan oleh alergi/hipersensitiv terhadap suatu alergen tertentu, contoh: telur, ayam, sea food (udang dll), kacang-kacangan, suhu dingin, atau minuman tertentu, dsb. Untuk mengetahui dengan mudah dan murah mbak Ferni alergi apa, coba selalu diingat habis makan apa atau habis kontak dengan apa 1-2 jam yang lalu. Untuk bisa mengetahui secara pasti alergi apa, bisa dilakukan dengan tes berbagai macam alergen yang di teteskan di lengan biasanya dilakukan oleh spesialis kulit.

      Nah….mudah-mudahan bisa menjawab rasa penasaran mbak Ferni ya….

      Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, semoga bermanfaat, amiiinnn

      • terima ksh yah dok…
        mhon maaf sblumnya

  11. selamat sore dokter Yth..
    beberapa hari lalu tunangan saya menjalani operasi skin graft dengan menyambung pembuluh darah dr donor di bagian kaki kiri nya..
    skrg ia berada di ruang intensif, tanpa balutan atau perban dgn alasan agar jaringannya tidak rusak..
    pertanyaan saya, kira2 berapa lama agar kulit dan pembuluh darah yg disambung td mengalami perubahan yg baik dokter…?kalau memungkinkan saya bisa mengirim gambarnya dok..
    sekiann pertanyaan saya, terima kasih banyak dokter…

    • Dear Mas Arthur

      Sebelumnya saya turut prihatin atas apa yang menimpa tunangan saudara.
      Untuk skin graft ada 2 macam yaitu FTSG atau STSG. Kalo FTSG kulit yang dicangkokkan adalah seluruh tebal kulit sedangkan STSG, kulit yang dicangkokkan sebagian tebal kulit. Masing-masing mempunyai keuntungan dan kerugian. Secara umum untuk daerah cangkok (akseptor) biasanya dilakukan pressure dressing dengan tie over untuk memberikan efek penekanan pada kulit yang dcangkokkan dan dilihat dalam waktu 5-7 hari apakah cangkok kulit take (“nempel ke dasar jaringan”) atau tidak dan kulit yang dicangkokkan berwarna hitam atau tidak. Untuk daerah donor (tempat pengambilan kulit) kalo berupa STSG (biasanya di balut dengan elastic verband warna coklat di buka hari ke-14 namun kali berupa FTSG bisa dibuka hari 3-5 dan dirawat seperti luka biasa.
      Untuk masalah menyambung pembuluh darah….saya kurang paham….ini kasus apa…kenapa harus ada anastomosis pembuluh darah….namun kalaupun toh ada penyambungan dan tidak ada kebocoran biasanya dalam 3-7 hari sudah paten.
      Kalo Saudara mau mengirimkan gambar atau data-data lainnya silahkan

      Semoga bisa menjawab dan terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, Semoga tunangan Saudara lekas sembuh, amiinnn.

  12. Ass.Wr.Wb
    Salam kenal dok, maaf saya mau ber tanya apa penyebab mengecilnya otot paha setelah post op backer kist, kemudian penangannya serta pemeriksaan lebih lanjutnya seperti apa ?.
    Terimakasih
    Wassalam.

    • Waalaikum Salam Wr. Wb.

      Salam kenal juga mas Gugum,

      Mengenai operasi backer cyst di daerah poplitea jarang yang menimbulkan komplikasi berupa kerusakan saraf. Dan kalaupun terkena saraf saat dilakukan operasi maka saraf yang terkena kemungkinan besar adalah bagian distal nervus ischiadicus atau cabangnya yaitu nervus tibialis dan akibat yang ditimbulkan bukan di otot paha namun di otot-otot betis dan juga gambaran klinis tergantung derajat kerusakan saraf tepi tersebut mulai dari parese (kesemutan) sampai paralisis (lumpuh) hingga atropi (otot mengecil).

      Coba periksakan diri lagi ke spesialis bedah dan spesialis saraf siapa tahu kemungkinan ada penyakit lainnya. Dan juga konsultasi ke bagian rehabilitasi untuk mendapatkan advis tentang latihan gerak paha (fisioterapi) yang harus dilakukan untuk mencegah otot-otot paha bertambah mengecil.

      Mudah-mudahan bisa membantu, Wassalam

  13. terima kasih banyak dokter..bagian lukanya ada di pergelangan kaki bagian permukaan atas dokter..
    dokter jg sempat heran, pembuluh darahnya jalan semua, tapi kenapa kulitnya tdk berwarna merah ataupun putih dok, karena sebagian pembuluh darahnya rusak..kulit donor yg di cangkok dibalut kain/perban berwarna putih..
    menurut dokter yg menangani, dilihat dulu perkembangannya sampai 7 hari dokter..
    tunangan saya sudah 1 bulan lbh di sebuah rumah sakit pemerintah di daerah denpasar..
    setelah dilakukan perawatan luka selama 1 bln, br kmrn tgl 28 januari dilakukan tindakan operasi..menurut dokter, apabila dalam waktu 7hari kulit tetap berwarna hitam, akan dilakukan tindakan operasi ke 3..
    pdhl kami telah meminta penanganan terbaik dari dokter yg terbaik dan ruangan yg terbaik pula..kemana saya bisa mengirim gambar nya dokter?
    terima kasih banyak dokter atas jawaban dr pertanyaan saya..selamat malam…

  14. ralat sedikit dokter..
    luka di bagian permukaan atas telapak kaki,
    luka akibat kecelakaan yg mengakibatkan sebagian pembuluh darah rusak, sehingga dilakukan operasi bedah mikro (menyambung pembuluh darah) dan skin graft…
    lokasi donor dibalut dengan perban putih, dan akseptor dibiarkan terbuka yg menurut dokter utk melihat perkembangan kulitnya…
    saat ini pasien berada di ruangan intensif..
    terima kasih dokter…

    • Oh ya…..kelihatannya cukup serius trauma yang dialami mengingat pembuluh darah yang merupakan pen-suplai oksigen dan nutrisi juga mengalami kerusakan sehingga harus dilakukan penyambungan (anastomosis). Kalo kondisi seperti ini memang hidup/matinya kulit cangkokkan (take/tidaknya skin graft) tergantung aliran darah pada dan disekitar luka. Untuk keputusan skin graft segera atau menunggu terbentuknya jaringan granulasi (tissue bed untuk skin graft) tergantung dari penilaian dokter saat itu dan juga pilihan rekonstruksi luka (penutupan luka) tergantung dasar luka, luas luka, dan lokasi luka.
      Perawatan pasca operasi-pun akan membutuhkan waktu cukup lama karena kulit cangkokan akan di observasi dari hari ke hari. Memang Skin graft akan tumbuh baik bila bed (tempat menempelnya kulit cangkokan) berupa jaringan granulasi yang sehat.

      Bila Saudara berkeinginan untuk mengirimkan gambar klinis, silahkan dikirim ke email: bedahunmuh@yahoo.com

      Terima kasih atas kepercayaannya

  15. semalam udah sy kirin gmbr pasca operasi skin graft nya dok..
    terima kasih dokter..

  16. menurut dokter dr hasil foto yg saya kirim memang luka termasuk parah ya..?
    kata dokter yg merawat itu bkn skin graft, melainkan ”flap” apa gt dokter…?

    • Mohon maaf baru bisa jawab dan melihat foto-foto yang saudara kirim. Sayangnya gambar tertutup verban jadi tidak jelas apakah itu skin graft atau flap tapi memang kalo skin graft selalu ditutup verban rapat atau tie over seperti yang saya terangkan sebelumnya sedangkan pada tunangan saudara dibiarkan sedikit terbuka, sepertinya itu memang flap. Dan kalo melihat foto yang Anda kirimkan memang warna kulit flap tidak cerah alias merah kehitaman hal itu menunjukkan flap kurang mendapatkan suplai darah dengan baik, hal ini bisa disebabkan berbagai hal seperti flap terlalu tegang atau pedikel (sumber pembuluh darah) terputus, gizi yang buruk, penyakit metabolik lainnya.

      Saran saya selalu berkonsultasi dengan dokter yang merawat tentang perkembangan penyakit yang diderita oleh tunangan Anda, dan bersabar karena sepertinya cedera yang dialami cukup berat dan berkaitan dengan suplai darah di kaki.

  17. terima kasih banyak dokter.,
    jawaban dokter dpt saya terima dengan baik..
    mungkin beberapa hari kedepan tunangan saya akn menjalani terapi HYPERBARIC dokter..
    mungkin dokter bisa memberi saran2 atau alternatif lain untuk mempercepat proses penyembuhan nya dok, karena menurut dokter yg merawat kalau kali ini tidak berhasil jg, akan dilakukan cangkok ulang lagi dok..
    mengingat ini pun sudah dilakukan pencangkokan kulit sepanjang pangkal paha sampai di atas lutut (kenapa tidak seprti skin graft yg hanya sedikit ya dok..?)..
    terima kasih banyak dokter sudah meluangkan sedikit waktu untuk menjawab pertanyaan2 saya..
    wassalam,

    (arthur, denpasar – bali)

    • Ya mas Arthur harus sabar menghadapai cobaan tersebut, memang berat dirasa namun saya yakin dibalik itu semua pasti ada hikmahnya.

      Mengenai kenapa dokter tidak melakukan skin graft saja itu tergantung kondisi luka saat itu dan yang tahu saat itu adalah dokter yang merawat sekarang. Memang pilihan untuk menutup luka itu ada 3 yaitu: 1. tutup primer langsung bila luka tidak kotor dan jaringan (kulit, lemak atau otot) yang hilang tidak banyak; 2. Skin graft (bila didapatkan skin loss saja) ; 3. Flap (bila soft tissue lost banyak dan lokasi didaerah persendian), maka flap menjadi pilihan terakhir dan yang terbaik.

      Mengenai terapi alternatif tambahan apa……mohon maaf saya tidak bisa memberikan apa yang harus ditambahkankan tanpa melihat kondisi luka dan kondisi metabolik secara utuh pasien……nanti saya dikira Dukun lagi sama mas Arthur.

      Tapi prinsipnya begini, bahwa syarat luka dapat sembuh dengan baik adalah: 1. Luka harus steril (bebas infeksi/bakteri) 2. Suplai oksigen (melalui pembuluh darah) ke luka harus baik 3. Jahitan Flap tidak boleh terlalu tegang, apalagi suplai darah ke flap terjahit sehingga darah tidak mengalir ke jaringan flap 4. Kondisi metabolik harus diperbaiki termasuk (gula darah, elektrolit, Hb, dll)

      Mudah-mudahan bisa menjawab….dan mohon maaf bila tidak memuaskan.

  18. hehehehe..dokter dan dukun jalurnya beda dokter.. hehehe ;D
    jawaban dokter sangat memuaskan, dan memang penanganannya kurang lebih sama dgn apa yg dokter blg, jd memang flap kulit ini tdk di jahit dok, hanya di tempel saja menunggu hingga ada perubahan warna yg baik…
    kami menginginkan hasil yg perfect dokter, dan dokter yg merawat pun berusaha optimal untuk yg terbaik..
    saya hanya ingin memastikan saja dok, apakah prosedurnya memang seperti yg diharapkan, karena hati ini kurang puas dok kalau tdk mecari tahu sendiri dari ahli-ahli yg berpengalaman jg..
    sekali lagi terima kasih dokter atas semua jawabannya..mungkin kalau dokter berkenan memberikan alamat praktek nya, nanti bila ada waktu saat kami bepergian keluar daerah, kami bisa mampir ke tempat praktek dokter..
    terima kasih banyak dokter, selamat malam..
    wassalam..

    • okey baik…..ini saya attach ID Card saya, semoga bermanfaat…..

  19. ya akhirnya besok harus menjalani skin graft dok..
    skin flap yg waktu itu kulitnya menghitam dokter…

    • Yaah Sabar Mas Arthur…..mudah2an operasinya sukses, amiinnn

      • Dear Pak Dokter,

        Salam kenal,
        langsung saja to the point yaa.. setelah saya baca2 postingan antara Dokter dengan Mas Arthur, saya coba nyambung ikut nimbrung karena case-nya serupa
        Beberapa waktu yang lalu (februari 2012), istri saya mengalami kecelakaan lalu lintas, yang mengakibatkan perlu dilakukan skin graft.

        Saat ini (agustus 2012), kondisi bagian resipien/acceptor sudah berhasil mengering (+/- setelah 5 bulan). Namun yang jadi perhatian kami adalah bagian kulit donor, yang hingga 6 bulan ini kemajuan penyembuhannya naik turun.. sempat 2 minggu yang lalu tinggal beberapa spot saja. namun kemarin, ternyata luka yang masih basah meluas lagi. (setelah kami perhatikan ternyata terkait siklus menstruasi istri saya, saat mendekati masa2 menstruasi, luka mulai basah kembali)

        mohon share pengalamannya terkait hal ini. karena setelah sekian waktu, tidak hanya biaya saja yang jadi pertimbangan, namun yang terutama semangat untuk sembuh juga menurun. apabila melihat kondisi pengeringan luka yang naik turun.

        saya juga berpikiran untuk merawat luka menggunakan daun binahong yang sengaja kami tanam setelah kejadian. Bila ada pengalaman mohon di share..

        Buat Mas Arthur juga, kalo ada pengalaman yang mungkin bermanfaat boleh dong di share…

        Terima kasih, kami tunggu kabarnya

      • Dear mas Arifandri

        Proses penyembuhan luka pasca operasi dipengaruhi oleh banyak faktor al:
        1. Gizi pasien
        2. Lingkungan sekitar
        3. Teknik operasi
        4. Perawatan luka pasca operasi
        5. Ada tidaknya infeksi
        6. Penyakit metabolik yang menyertai pasien seperti DM (kencing manis dll)

        Luka yang tidak sembuh-sembuh perlu dicari tahu apa sebabnya…tentunya dokter yang kompeten akan menilai secara komprehensif penyebab luka tidak lekas sembuh…
        Menurut saya segera periksakan ke dokter…jangan sampai menjadi kronis dan timbul masalah dikemudian hari akibat proses inflamasi/infeksi kronis yang berkepanjangan dan dapat berakibat suatu malignancy dikemudian hari.

        Mudah2an penjelasan saya sedikit memberikan gambaran akan apa yang menimpa keluarga saudara.

        Salam hangat

      • Terima kasih atas penjelasannya dokter..
        terutama karena sudah meluangkan waktu untuk menjawab email kami
        Terima kasih.

  20. makasih banyak dokter..mudah2an operasi terakhir dok..sy tiap hr cma bsa pasrah dan berdoa sama tuhan..
    sampai sekarang saya g hbs pkir dok, smpe separah itu ya lukanya sampai operasi bedah pelastik sudah 3x dok..

  21. mau nanya ne….?

    balutan luka post operasi setelah berapa hari boleh di buka ?
    jahitannya hari keberapa di angkat?

    • Dear Irna

      Sesuai panduan Center of Infection Disease and Prevention bahwa luka post op itu dibuka setelah 24-48 jam sedangkan itu buka jahitan tergantung dari lokasi jahitan. Kalau di wajah 5-7 hari sudah boleh diangkat. Kalau lokasi selain wajah antara 10-14 hari. Namun wound healing itu tergantung juga dari banyak hal termasuk kondisi metabolik pasien, ada tidaknya infeksi luka, dan keadaan gizi.

      Semoga bisa menjawab

  22. Ass.Wr.Wb
    Yth dr.Aleq,
    Salam kenal dari Bandung ; apa Dokter tinggal diMalang ?
    Saya menemui kesulitan (apa Dokter dpt bantu ?) dlm memahami maksud/tujuan(apa maknanya)
    dari penjelasan medis sbb :
    1.Penyempitan ventrikal lateral kanan dan sisterna ambiens dan quadrigemia sisi kiri.
    2.Diffensiasi grey dan white matter hemi cerebri kanan tidak jelas.
    3.Infratentirial pons cerebelli dan CPA tidak ada kelainan.
    4.Sella dan pacella tidak tampak kelainan.
    5.Sinus sphenoid kanan berselubung dgn HU 40, sinus Paranasial;is lainnya baik.
    6.Orbita baik.Pneumatisasi mastoid kanan dan kiri baik
    7.Atensi herniasi transtentorial ascending.
    Mudah2an penjelasan Dokter dpt memberikan jawaban atas tanda-tanya yg timbul dipikiran
    (misalnya utk apa atau mau apa periksa2 kesitu?, apa kesannya bila hasilnya negatip atau
    positip? …..dstnya). Wassalam.

    • Waalaikum salam Wr. Wb.

      Salam kenal juga untuk Sdr Lukman di Bandung, jawaban saya adalah sbb:
      1. Saya memang tinggal di Malang sekarang ini, namun pendidikan spesialisasi bedah saya di Bandung yaitu di FK Unpad – RSHS
      2. Untuk pertanyaan mengenai pembacaan foto CT Scan atau MRI sebetulnya bukan kompetensi saya karena saya adalah ahli bedah dan yang Saudara tanyakan adalah kompetensi Ahli Radiologi. Bukannya saya tidak mau membantu namun mengingat bukan kompetensi saya dan nanti malah menimbulkan salah interpretasi, maka sebaiknya saya tidak memberikan jawaban di forum ini dan mengingat juga blog saya ini juga dibaca oleh masyarakat medis lainnya.
      Namun….untuk sekedarnya membantu memberikan pencerahan awal tentang interpretasi hasil imaging Saudara…maka saya akan menjawabnya via email Saudara.

      Mudah2an bisa membantu. Terima kasih atas kunjungannya.

  23. Waalaikum salam Wr.Wb

    Trims atas bantuannya yg kemarin ; mudah2an Dokter dapat bantu juga memberikan
    pandangannya atas masalah general medis yg saya baca di IlmuKeperawatan.net
    yg berjudul Trauma Kepala. Disitu tertulis ; “Kematian akibat trauma kepala terjadi
    pada tiga waktu setelah injury yaitu : 1.Segera setelah injury 2.Dalam waktu 2jam
    setelah injury 3.Rata2 3minggu setelah injury “.
    Lalu banyak kematian (akibat trauma kepala EpiduralHematoma, GCS 3-8) yg terjadi antara
    6-12 jam setelah injury, akan masuk pengelompokkan tiga waktu diatas yang mana ?
    TKS atas perhatiannya.

    .

    • Kalo ada pasien trauma kepala dengan EDH dan GCS 3-8 (termasuk cedera kepala berat = Severe Head Injury), maka termasuk no 1

  24. Mau pesan CD ni dok..
    1.38 Tehnik vena seksi
    2.25 emergency room
    3.51minor sugery & skin lesions
    4.1 5 minute clinical consult
    5.7 Asuhsn persalinan normal
    6.27 english medicine

    • Baik…akan segera kami proses melalui email Sdri…..mohon sabar menunggu

      Salam hangat,

      MAS

  25. Dokter, apakah pasien ca mamae dengan ER positif tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung estrogrn seperti kedelai dan hasil olahannya? Kemudian apa saja makanan yang mengandung estrogen? Terimakasih atas jawaban dokter…

    • Dear mbak Failasufah

      Mohon maaf sebelumnya sy baru bisa menjawab sekarang karena kesibukan minggu ini yang cukup padat.
      Jawaban saya atas pertanyaan mbak adalah sbb:

      1. Pasien Ca Mamma dengan ER (+) memang tidak boleh diberikan preparat estrogen dalam bentuk apapun (injeksi ataupun peroral) —- justru pasien seperti ini harus diberi adjuvant teraphy hormonal berupa anti estrogen atau dilakukan pembuangan ovarium untuk menstop produksi estrogen.

      2. Mengenai makanan kaya estrogen Sdri bisa searching di internet….banyak tuh…yang penting pasien juga harus menurunkan timbunan lemak (BB) bila gemuk karena estrogen juga bisa dibentuk di lemak.

      Semoga bisa menjawab
      Terima kasih atas kunjungannya

  26. Waalaikum salam Wr.Wb
    Menyambung pemisalan kondisi pasien trauma kepala diatas (EDH dgn GCS 3-8 dan status koma saat injury sampai lebih dari 6 jam) ingin saya tanyakan sedikit lagi sbb :
    1. Pada saat sdh dlm keadaan koma , apakah pasien masih dapat Muntah ?
    2. Tolong dikoreksi bila urutannya tak benar dari Tanda/gejala Klinis&nerologi stlh koma:
    Dlm 30 mnt ke-1; Muntah, Darah keluar dari Hidung/Mulut atau CSS keluar lwt kuping
    bila gendang T. robek dan pangkal lidah menghalangi Ofaring , Pupil Anishokor.,
    Gerakan bola mata boneka,Decorticate rigidity,dan decerebrate rigidity.
    Dlm 30 mnt ke-2 : Gurgling/Snoring, hemiparese/plegi, dan reflek patologis kanan-kiri
    Dalam 1-2 hari : Mata Panda, Battle Sign.
    Harap bantuannya bila ada yg salah atau kurang lengkap & trimakasih atas jawaban
    Dokter.

    • Mohon maaf saya sampai lupa menjawab pertanyaan Saudara…..

      Jawaban saya adalah sbb:

      1. Pasien koma semua reflek akan lumpuh alias nul (tidak ada sama sekali)
      2. Kalo kita menilai kesadaran pasien secara kualitatif urutannya sbb: compos mentis – Apatis – Somnolen – Stupor – Koma
      Untuk Kondisi KOMA, kalo kita ubah menjadi kesadaran kuantitatif (GCS) maka identik dengan GCS 3 (Eye = 1 ; Verbal = 1 ; Motorik = 1) —– pada kondisi ini semua reflek jelas sudah tidak ada dan pasien hidupnya membutuhkan bantuan alat dan obat seperti ventilator dan obat2 kardiovaskular.
      Yang Saudara sebutkan diatas seperti 30 menit ke-1 adalah kondisi yang bisa terjadi pada saat pasien compos mentis atau apatis —- namun kalo sudah terjadi decorticate atao decerebrate itu sudah terkena batang otak.

      JAdi yang Saudara sebutkan baik di 30 menit ke-1 atao ke-2 itu saling tumpang tindih…..seperti battle sign itu bisa terjadi jam-jam pertama trauma kepala tidak perlu menunggu 1- 2 hari tergantung dari berat ringannya trauma kepala dan hal itu menunjukkan adanya fraktur basis kranii dan bersamaan dengan keluarnya CSS lewat telinga yang ditunjukkan dengan HALO test (+)

      Sebaiknya Saudara mengikuti kuliah tentang Fraktur BAsis Kranii, Macam2 PErdarahan Intrakranial dan manifestasi klinisnya akibat kenaikan TIK….he he he…maksudnya supaya lebih paham dalam mengenali Tanda dan Gejala Trauma Kepala.

      Mudah2an malah tidak bingung ya…..

  27. Dokter, apakah benar kalo pasien ca mamae yang sedang radioterapi tidak boleh pijat karena katanya kalo dipijat (seluruh badan) oleh tukang pijat, sel kankernya akan menyebar ? Terimakasih atas jawaban dokter.

    • Penderita Kanker jenis apapun dan dimanapun posisinya….usahakan jangan dipijat-pijat….mengingat bahwa ikatan antar sel-sel ganas sangat lemah akibat penurunan jumlah E-cadherin…..sehingga mudah lepas dan mengadakan infiltrasi serta metastasis ke organ lain.

      Mudah2an bisa menjawab, amiinnnnn

      • Maaf dokter, menanggapi pernyataan diatas, kalau pasien sudah selesai paket kemoterapi nya, msih tetap tidak boleh dipijat ya?

      • sebaiknya ditempat bekas kanker jangan dipijat-pijat, kalau ditempat lainnya boleh

  28. Dokter, terimakasih atas jawabannya. Padahal sejak kena kanker saya sudah beberapa kali pijat kalo badan capek, karena saya tidak tahu kalo resikonya seperti itu, dan tidak ada yang memberitahu. Tapi semoga saja sel kanker saya tidak menyebar kemana-mana, karena saya sudah operasi, sudah kemo dan sekarang sudah radioterapi ke 17.

    • Amiinnn…….mudah2an mendapatkan kesembuhan yang paripurna….jangan lupa selalu berdoa.

  29. Waalaikum salam Wr.Wb.

    Saya masih sabar menunggu jawabannya atas pertanyaan tgl 3 April 2011 diatas.
    Sorry, bila dokter repot, saya sudah senang bila jawabannya singkat dan jelas saja.
    Salam hangat

  30. Asslamu`alaikum dr.Aleq..
    Saya mau tanya tentang refensi utk NeuroSurgery, soalx ada tugas ttg Trepanasi… trimz dok…
    *klo ada ppt ato mklah ttg trepanasi jga y dok…

    • Sudah saya sampaikan ya jawaban saya melalui email Sdri.

      Trimsfull atas kunjungannya

  31. Waalaikum salam Wr.Wb.
    Sy lulusan Google University(just kidding) yg sdh menghabiskan 1-rim kertas mengeprint artikel2 yg dokter sarankan tsb. Jadi maaf (agak rewel) utk ingin-tau reviewnya dari hal
    diatas. Meskipoun kelihatannya panjang tanyanya, tapi jawabnya boleh “Benar/Salah” saja.
    1. Pada korban CKB yg sdh koma dari sat injury, maka ia tak keluar muntah dan CSSnya
    lagi ? (dimisalkan memang terjadi fraktur basis kranii).
    2. Korban dlm kondisi spt point 1 diatas, apakah msh dpt mengeluarkan bunyi Gargling/Snoring
    dan apakah posisi pangkal lidahnya biasanya menghalangi Ofaring ?
    3.Tolong spy pd 5 tingkat2 kesadaran kwalitatif diatas dpt kira2 dimasukkan msng2 GCSnya.
    4. Bila batang otak korban sdh terkena, sedangkan ia langsung pingsan saat injury, selain
    timbul decorticate/decerebrate, apalagi tanda2 klinis/nerologi yg tampak ?
    Trimakasih, salam dari Bandung.

    • Mohon maaf…mas lukman ini siapa toh…bekerja dimana…dan sedang mengerjakan apa…kok tanyanya mendetail banget kayak dosen…..he he he

  32. Waalaikum salam Wr.Wb.
    Sy orang awam medis, tetapi krn pernah dijalan menemui orang koma krn kecelakaan,
    dan sy jadi bingung kepikiran terus tak dpt menolong orang. Krn termotivasi.,jadinya sy sdh banyak baca2 internet mengenai trauma kepala. Herannya semua disitu, yg dibahas hanya gejala/tanda klinis/nerologi saja, dgn tanpa ada ancer2 kapan/saat akan munculnya atau syarat2 tak munculnya tanda2 tsb. Bila taunya sesudah di Rontgen, rasanya waktu sdh
    lewat 1-2 jam ;korban dpt meninggal justru krn diagnosa penolong dijalanan yg kurang pengalaman praktis begitu, bukan?
    Sy rasa secara praktis hal ini perlu diketahui oleh semua penolong dijalan misalnya. Sy harap
    pertanyaan2 hal pengalaman praktis dokter tak menyulitkan dokter dan maaf bila meng
    gangu waktunya utk menjawabnya. Salam,

    • dear mas lukman

      mhn maaf baru bisa jawab sekarang……

      Penting diperhatikan dalam menolong korban kecelakaan di jalan:
      1. PAstikan bahwa anda dalam keadaan aman ketika menolong korban (hati-hati dengan api, listrik, bahan bakar minyak dll disekitar korban)
      2. Jauhkan korban dari sumber bahaya — pinggirkan pasien ke tempat yang aman
      3. Lihat dan dengar pernapasannya — apabila ada suara napas tambahan seperti kalo kita berkumur-kumur — berarti ada masalah dijalan napas apakah itu darah, muntahan, atau gigi palsu yang lepas dll — segera keluarkan karena ini akan mempercapat kematian.
      4. Jaga leher tetap lurus jangan ditekuk-tekuk karena kita belum tahu ada tidaknya cedera leher yang menyebabkan kelumpuhan atau bahkan gagal napas.
      5. Cari sumber perdarahan lainnya yang bisa dilihat dengan mata telanjang — bila ada dan perdarahannya aktif — segera hentikan dengan menggunakan kain seadanya dan ikat sampai darah terhenti (jangan terlalu kuat) — tindakan ini untuk menghindari korban dari syok yang berkepanjangan yang dapat mengancam nyawa.
      6. Bila pasien terjadi penurunan kesadaran dan bergerak-gerak tidak teratur — segera fiksasi pasien untuk menghindari cedera tambahan di tempat kejadian — bila ada oksigen, beri oksigen sementara untuk meningkatkan O2 di otak terutama apabila pupil mata korban melebar kedua-duanya.

      Yang penting adalah : sebelum ambulans datang — jaga saluran napas tetap baik dan lancar — hentikan perdarahan di tubuh korban bila ada — jaga leher agar tetap lurus — bila ada lengan atau tungkai yang patah segera pasang bidai kayu seadanya yang penting lengan atau tungkai yang patah tidak bergerak bebas untuk menghindari kerusakan jaringan lebih parah.

      Mudah2an bisa menjawab rasa penasaran saudara lukman…aminnn

  33. Dokter, apakah untuk mendeteksi bahwa saya sudah bersih dari sel kanker cukup dengan cek darah CEA dan CA 15-3 ? Tidak perlu USG ? Dan haruskah setiap kontrol bulanan selalu membawa hasil cek CEA dan CA 15-3 ? Soalnya sewaktu kontrol terakhir dokter saya nggak bilang apa-apa dan saya nggak berani tanya soalnya beliau kelihatan buru-buru dan pasien yang antri masih banyak.Terimakasih atas jawaban dokter.

    • Untuk follow memang lab itu yang mesti dibawa karena setiap ada kenaikan nilai CEA atau CA15-3 mengindikasikan adanya pertumbuhan tumor lagi (kambuh/recurrent) hanya saja mungkin tidak setiap minggu periksa itu bisa 3-6 bulan sedangkan untuk USG dapat dilakukan bila dicuringai adanya benjolan yang tumbuh kembali.

  34. saya pernah patah tulang pada 1 kaki kanan saya, dan satu kaki terdapat 3 bagian patahan,,,,saya berobat alternatif dan hasinya agak pincang dikit,,,,pertanyaan saya apakah bisa kaki saya di opersi dan hasilnya bisa lurus kembali dan jalannya bisa sempurna

  35. assalamu’alaikum dokter
    saya DM di jombang.. mau bertanya tentang metastase tumor ke vertebra dokter..
    khususnya mengapa pedicle (pediculus arcus vertebra) bisa menghilang dalam proses metastasenya???
    mohon bimbingannya dokter
    terimakasih

    • Sorry dik baru sempat kasih jawaban sekarang…..kegiatan di RS dan Kampus banyak banget minggu-minggu ini…jadi ndak sempet cek blog saya….btw pada prinsipnya sel-sel kanker suka dengan tulang-tulang yang pipih dan kaya pembuluh darah karena disitulah dia bisa hidup melalui proses angiogenesis disamping itu kenapa bagian tulang bisa hilang akibat aktifitas osteoclast dalam menghancurkan tulang melalui proses resorpsi.

      Mudah-mudahan bisa menjawab….dan salam untuk DM-DM di Jombang

  36. Salam kenal Dok…

    Sy Lisha di Depok, suami saya Yudi (28th) 2 bln yg lalu sempat dirawat selama 1 minggu di RS stlh divonis terkena abses perianal dan menurut anjuran Dokter yang menanganinya harus disegerakan untuk operasi pengangkatan abses tsb sblm bakterinya merusak jaringan2 lain yg msh sehat dan membentuk fistel. yang ingin saya tanyakan, apakah ada solusi lain selain operasi untuk menyembuhkan penyakit itu dok? sampai saat ini Sy dan suami belum memutuskan untuk mengambil jalan operasi karena miris sy dengar ketika dokter yg menangani suami menjelaskan bahwa operasi tsb tidak menjamin mutlak kesembuhannya dan masih ada kemungkinan penyakit itu kambuh lagi.
    mohon saran dan infonya Dok,…
    terima kasih

    • Salam kenal juga ibu Lisha

      Sebelumnya sy sampaikan bahwa perianal abses adalah suatu kondisi akut yang perlu penanganan segera karena berisiko terjadi sepsis (bakteri akan masuk ke aliran darah dan terjadi infeksi berat) —-operasi yang dijalani memang tidak mengenakkan mengingat akan terasa sakit dan tidak nyaman pasca operasi. Dan apabila tidak segera di insisi dan drainase pada perianal absesnya maka kemungkinan juga akan timbul komplikasi berupa terbentuknya fistula perianal yang akan mempersulit tindakan bedah yang akan dilakukan.

      MEngenai apakah akan kambuh lagi…tergantung pada tindakan yang akan dilakukan, asal insisi betul-betul tuntas dan dilakukan rawat terbuka serta antibiotika yang diberikan sesuai….insyaAllah tidak akan kambuh…malah akan cepat sembuh.

      Semoga menjawab keraguan ibu dan bapak amiinnn

      • Apakah ada penderita fistula sembuh total?

      • Luka Fistula ada juga bisa sembuh mas….banyak faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan sebuah fistula

  37. dok, maaf bisakah sy mengetahui bagaimana tanda2 terbentuknya fistula tsb.. (karena saat ini suami dalam keadaan tidak merasa sakit ) dan uraian dokter diatas cukup membuat saya lega untuk mengambil keputusan operasi tsb, sekali lagi terima kasih

    • Fistula adalah adanya hubungan antara kulit disekitar anus dengan usus besar bagian akhir (rektum)—tandanya adalah feces atau kotoran bisa melewati lubang tersebut bisa juga bercampur nanah apabila terjadi infeksi sekunder.

      • dokter, satu hal yang lupa saya tanyakan diawal, apakah operasi tsb berpengaruh dengan reproduksi suami saya nantinya. terima kasih

      • tidak bu….malah makin hot karena penyakitnya khan sudah hilang sehingga saat ML tidak berasa kesakitan….

    • Assalamualaikum Dr.Alex..

      Semoga dokter selalu dalam keadaan sehat, amin YRA. …
      Dok, izinkan saya berkonsultasi kembali mengenai penyakit suami saya. Sedikit mengulang konsultasi sebelumnya mengenai penyakit abses perianal yang diderita suami saya di 2010 lalu, belum lama ini (1 minggu lalu) suami saya kembali merasakan. Sebagai informasi, saat dulu direkomendasikan untuk operasi, suami saya masih belum berani juga kami masih berdiskusi mengenai biayanya. Karena berharap ada penyembuhan alternatif untuk penyakit tsb kami pun mencari tau seputar penyakit tersebut dari berbagai sumber (internet, dan kebetulan salah satu teman pernah menderita selama 11 tahun). Dari cerita teman saya tersebut, dia menjalani operasi sebanyak 3 kali sampai akhirnya dokter di salah satu rumah sakit swasta di jakarta mengatakan “ini harus operasi besar dan dibersihkan” begitulah kira2, setelah menjalani operasi tersebut dia tidak pernah kambuh lagi.
      Saya jadi semakin bingung, saat seminggu yang lalu abses suami saya kambuh lagi, kami pergi memeriksakannya ke klinik dokter umum, dari pemeriksaan 2 dokter (dokter umum) yang berbeda beliau-beliau justru mengatakan tidak perlu dioperasi.
      pertanyaannya dok:
      1. Apakah suami saya tetap harus menjalani operasi tersebut (sejujurnya jika ttp hrs operasi) dapatkah saya mengajukan agar suami saya dioperasi besar saja agar tidak kambuh2 lagi dan saya berpikir jika suami menjalani operasi kecil, saya khawatir dia tdk dapat bekerja normal karena melihat pekerjaan suami saya sangat berat. (suami bekerja sebagai salah satu staff gudang di sebuah percetakan)
      2. Kemanakah baiknya saya berkonsultasi mengenai operasi tsb, ke spesialis bedah umum/digestif?
      3. Mohon informasi Dr. Alex mengenai estimasi biaya operasi tersebut. (maaf ya dok pertanyaannya panjang lebar)

      terima kasih banyak, masukan dari Dr. Alex sangat berguna bagi saya.

      Wasalamualaikum…

      • Waalaikum salam Wr wb

        Ibu yang sedang kebingungan—-pertanyaan ibu memang panjaang dan lebar tp ndak apa2, sy akan coba jawab secara sederhana sj:
        1-Kalo benar itu memang abses perianal, sebaiknya memang dioperasi untuk menghindari komplikasi yang lebih parah—karena sebetulnya penyakit suami tergolong emergency, operasi yang saya sarankan oadalah operasi besar di RS dengan pembiusan bukan di klinik atau di Puskesmas yang sarannya kurang lengkap
        2-untuk operasi bisa ke spesialis bedah umum atau bedah digestif sama saja, yang penting dokternya ber-kompeten melakukan hal tersebut
        3-untuk biaya tergantung masing-masing rumah sakit dan kelas perawatan yang ibu gunakan, sy tidak bisa memastikan, ibu bisa tanya ke bagian front office RS ttg perkiraan biaya ya bu

        Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu

        Wassalam

  38. dokter uda 1 tahun saya menderita batuk.. sampe sekarang kok gag bisa sembuh-sembuh padahal uda di kasih obat. lah kapan hari saya rontgen ternyata saya mempunyai skoliosis. tetapi paru-paru saya katanya tidak ada infeksi .
    saya periksakan ke dokter yang lain ternyata kata dokternya batuk saya karena allergi ajah.
    terus gimana yaw dokter cara mengobatinya.. minta bantuan dokter..

    • To Mbak Nita

      Mohon maaf baru bisa kasih jawaban sekarang (habis dari luar kota mbak)…

      Kalo masalah skoliosis…insyaAllah tidak berhubungan dengan keluhan batuk yang mbak derita….asalkan dari foto rontgen dada tidak ada kelainan anatomi paru dan infeksi paru…..sedangkan untuk pengobatan sakit batuknya periksakan secara lebih mendalam ke dokter spesialis penyakit dalam atau Spesialis Penyakit Paru….kalo batuk lama biasanya diperiksa dahak dll.

      Kalo di bidang bedah….insyaAllah tidak ada indikasi bedahnya mbak…..semoga bisa menjawab rasa penasaran mbak Nita

      Terima kasih atas kunjungannya

  39. Ass pesan CD dok :
    1. Asuhan Persalinan Dasar (6)
    2. Asuhan Persalinan Normal ( 7 )
    3. First Aid for everybody ( 30)
    4. Learn first aid ( 47)
    5. Basic Life Support ( 50)
    6. Emergency Room-PC Game ( 26 )
    Dan bonus CD Emergency Room( 25 )
    Saya dah konfirm juga via email,mohon info lanjutan dok.Terima kasih .
    a.n Nur Laila d/a LPMP Kalimantan Timur Jl.Ciptomangunkusumo Km 2 Samarinda Sebrang Kalimantan Timur 75131

    • Dear Sdri Nur Laila

      ACC pemesanan CD sudah saya emailkan, tolong dicek ya…trims

  40. dok, sy mau konsultasi.
    saya punya ponakan umur 2,5 bln. skleranya berwarna kuning, feses pucat. tmbulnya klw tdak slah saat akn berumur 2 mg. kmr sudah cek lab hasil nya Hb 8,2. SGOT 127, SGPT 103, bilirubin 8,5. direk 3,54.
    apa ada kemungkinan ponakan sy mengalami obstruksi biliaris?
    kira2 penanganan slanjutnya bgmn?apa langsung dilakukan operasi?
    trimakasih.

    • Dear Sdri Fatri

      Sekilas dari informasi singkat yang Sdri tulis kemungkinan kearah obstruksi biliaris memang ada….di bidang bedah anak memang ada beberapa differential diagnosis (diagnosis banding) untuk bayi dibawah 1 bulan dengan klinis kuning, antara lain:
      1. Icterus fisiologis —> biasanya akan hilang dalam 2 minggu pasca kelahiran
      2. Hepatitis —> biasanya akan hilang (self limiting disease) dalam 1 bulan pasca kelahiran
      3. Atresia bilier —> ditandai kuning terus lebih dari 1 minggu dengan feses putih pucat seperti dempul
      4. Kista duktus koledokus –> ditandai dengan adanya: kuning, benjolan di perut atas dan anak rewel terus menerus

      Saran saya…segera cek TORCH baik ibu maupun bayi….dan juga Stercobilin feces (bila fasilitas ada di tempat Sdri)…..lalu cek USG Hepatobilier untuk melihat apakah saluran empedu terbuka atau menutup semuanya……bila dari USG tidak tampak saluran empedu…dan stercobilin feces (-)…kemungkinan besar suatu atresia bilier.

      Ada beberapa pilihan untuk tindakan suatu atresia bilier yaitu:
      1. Kasai Procedure —- ini adalah operasi bypass dengan menyambungkan antara usus halus dengan saluran empedu yang tersisa di dekat liver atau langsung disambung dengan liver —- namun operasi ini hanya bersifat sementara karena proses penyakit akan terus berlanjut —– dan mohon maaf akan berakhir dengan cirrhosis hepatis dan ascites.

      2. Transplantasi liver —- masalahnya adalah biaya yang sangat tinggi dan dibutuhkan donor liver dari salah satu orang tuanya yang cocok —- tentang keberhasilannya —-hanya Allah SWT yang tahu.

      Mudah2an bisa menjawab rasa penasaran Sdri….dan saya turut prihatin atas apa yang menimpa ponakan Sdri —- semoga keluarga diberi ketabahan —- jangan lupa berdoa dan sholat tahajjud (bila orang tua bayi adalah muslim) —- mudah2an Allah SWT memberikan keajaiban/mukjizat kepada bayi tersebut. Amiiiiinn

      Terima kasih atas kunjungannya

  41. Ass, pesan CD/DVD Kedokteran:
    41. INTRA-ARTIKULAR INJECTION
    45. ACCUPUNCTURE
    Saya dah konfirm juga via email, mohon info selanjutnya dok. Mksh.
    a.n dr. Ady Priyanto, Jl. Kamal Muara II, No. 28, Rt. 001, Rw. 003, Kel. Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara. Kode Pos: 14470

  42. dokter saya mau konsultasi
    anak saya perempuan umur 3,5 tahun di belakang lutut kaki kanan ada benjolan .setelah periksa katanya kista beker.,dokter menyarankan untuk bedah. yang saya mau tanyakan :
    1.apa gak ada cara lain selain di bedah?
    2.setelah di bedah ada gak efeksampingnya dengan pertumbuhan kakinya?
    3.benjolanya sih masih kecil,apa masih bisa ditunda?
    terima kasih tolong di balas

    • Dear Bpk Selamet Riyadi

      Baker Cyst adalah suatu tumor jinak yang diakibatkan oleh cairan sendi yang keluar dari rongga/tempat normalnya dan masih dibungkus oleh selaput sendi.
      1. untuk menghilangkan hanya dengan cara bedah
      2. asalkan pembedahannya baik — tidak akan mengganggu pertumbuhan kaki
      3. bisa ditunda kok pak — tumor ini bukan kasus cito tapi elektif — bisa ditunggu sampai usia bertambah — namun perlu diingat bahwa tumor juga akan membesar meskipun sangat pelan

      Mudah2an bisa menjawab rasa penasaran Bpk dan terima kasih atas kunjungannya di blog saya

      Salam

      • dokter ada gak video operasi cysta beker

      • Mohon maaf untuk sementara belum punya…karena saya sendiri belum sempat untuk mendokumentasi-kan kasus baker cyst yang saya operasi.
        Terima kasih atas masukannya.

  43. Assalamualaikum wr. wb.
    Salam kenal dok,
    Sebelumnya saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1432 H, mhon maaf lahir dan bathin :)
    Perkenalkan saya dr. Nurman Hidayat, saya mau minta bimbingan dan arahannya dok.
    InsyaAllah Juli 2012 atau Januari 2013 ini saya berencana mo mengambil PPDS, tapi saya masih bingung sebaiknya saya mengambil PPDS Bedah Umum, Orthopaedi atau Obsgyn.
    Menurut pengalaman dokter sampai saat ini dan prospek kedepannya saya sebaiknya ambil PPDS apa dok?
    Selanjutnya apa yang saya harus persiapkan mulai dari sekarang untuk mengambil PPDS tersebut dan buku – buku apa saja yang menjadi refensinya?
    Mohon arahan dan bimbingannya.
    Terimakasih banyak sebelumnya :)
    Wass.

    dr. Nurman Hidayat
    Email : dr.noerman@yahoo.co.id
    dr.noerman3@gmail.com

    • Dear dik nurman hidayat

      Kalau boleh saya sarankan untuk memilih bagian mana yang akan diambil sebaiknya didasarkan pada minat dan bakat adik, bukan karena semata-mata prospek kedepannya bagaimana. Semua bagian yang adik sebutkan itu baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Niat awal sekolah adalah untuk meningkatkan keilmuan dan keterampilan dibidang kedokteran dan bukan semata-mata mencari kekayaan.
      InsyaAllah kalau kita berdedikasi tinggi pada pekerjaan kita, maka uang/kesejahteraan akan mengikuti.
      Saran saya….merenung…sambil sholat istikharah…pilih sesuai hati nurani…semua spesialis punya pasiennya sendiri-sendiri…tidak ada yang satu lebih superior dari yang lain.

      Mudah2an bisa memberikan pencerahan kepada adik untuk memilih sekolah mana yang akan dituju…amiinnn

      Terima kasih atas kunjungannya

      • Terimakasih bnyk dok sblumnya konsultasi sya sudh dijwb, dan sudh memeberi pencerahan kpd sya sebagai junior.

        Klu boleh jujur dok, sudh kurg lebih 1 buln ini sya shlt istikarah tp msh blum dpt jwban yg meyakinkan hati, oleh krna itu sya b’konsultasi dgn doktr dgn harapan mungkin jwban istikarahnya lewat dokter.

        Klu prospek kedpn yg sya mksud bukn dlm hal kekayaan dok, tp prospek kedpn dlm bidang kemajuan ilmu dan teknologi. makanya sya bingung kira2 PPDS apa yg ilmu dan teknologinya selalu berkembang.
        Utk minat dan bakat sya dibidang bedah.
        Tp msh bingung antara bedah umum atau bedah tulang, keduanya benar sya suka.

        Maaf dok klu utk bedah umum buku pegangannya apa saja ya?

        Mohon pencerahannya kembali.
        Terimaksih :)

      • Kalau bicara perkembangan ilmu dan teknologi, dua-duanya sama baik sama-sama berkembang.

        Kalau di bedah umum, dik nurman nantinya bisa meningkatkan keilmuan lagi di tingkat konsultas baik digestif, pediatric, ataupun onkologi. dimana sekarang dan yang akan datang banyak sekali ilmu-ilmu bedah di 3 bagian tersebut yang berkembang baik kearah minimal invasif ataupun robotic surgery.

        Untuk buku pegangan bedah umum sangat banyak, namun diantara yang penting adalah sbb:
        1. Principles of Surgery – Schwartz (buku pegangan utama – mother of the book) —— note: buku pegangan utama dan sangat penting
        2. Trauma – Mattox
        3. The Trauma Manual – Peitzmann et al
        4. ATOM (Advanced Trauma Operative Management) – Lenworth M Jacobs et al
        5. Principle of Oncology – Devita et al
        6. Colon, rectal, and anus – Chassin et al
        7. Surgical Anatomy and Technique – Scandalakis et al
        8. Pediatric Surgery – Neil atau springer
        dan masih banyak lagi buku-buku tambahan, mengingat yang dipelajari adalah ujung kepala sampai kaki —– termasuk orthopedi baik Appley maupun brinker.

        Nah….selamat merenung kembali….jgn putus asa untuk berdoa ya

  44. Untuk operasi laparatomi dgn reseksi anastomosis ileum lazimnya prosedurnya seperti apa?? Apakah wajar dilakukan sampai 2xoperasi.
    Dalam hal ini pasien mengalami 2 operasi khusus pada tanggal yang sama. Apakah dilakukan dua kali sayatan di dua lokasi tindakan yang berbeda atau tidak

    • Dear Elena

      Jenis operasi laparotomi apakah one stage atau two stage tergantung penyakit yang diderita pasien. Apakah pasien dalam kondisi sepsis berat sehingga operasi harus dilakukan quick in dan quick out, setelah itu baru dilakukan perbaikan keadaan umum dulu baru dilakukan operasi berikutnya. Mengenai keputusan apakah 1 atau 2 tahap dokter bedah yang tahu dengan mempertimbangkan segala aspek demi keselamatan pasien.

      Mudah2an bisa menjawab

  45. assalamualaikum dokter..
    saya mau tanya apa ada perbedaan nama untuk batu empedu yang di tiap lokasinya.. misalnya batu empedu di ductus biliaris dengan di kandung empedu apa namanya berbeda

    • waalaikum salam

      iya memang berbeda…untuk batu kandung empedu bernama cholelithiasis sedangkan batu di ductus biliaris terutama di ductus choledocus (CBD) disebut choledocolithiasis

  46. Assalamualaikum dokter…
    saya mahasiswa dokter angkatan 2009, saya ingin tanya soal TA saya dok,, TA saya mengenai kanker dok, saya ingin membuat model mencit xenograft menggunakan sel kanker untuk diinjeksikan ke lidah mencit dok lalu saya kasih ekstrak daun tapak liman secara sublingual… apa bisa ya dok? saya sedikit ragu, takut kalo tidak berhasil…
    mohon saran serta bimbingan nya dok… trimakasih ^^

    • ide yang bagus…saya sarankan lebih baik dilakukan preliminary study terlebih dahulu terhadap beberapa mencit apakah dapat timbul kanker di lidahnya/rongga mulutnya atau tidak….coba cari jurnal yang sudah pernah melakukannya disitu biasanya ada metode penelitian yang menerangkan bagaimana para peneliti melakukan penelitiannya. Semoga berhasil

  47. dok saya co ass RS Gambiran Kediri. mnta bantuan materi ttg baca ct scan dan x-ray…. trimakasih dok. wassalamu’alaikum

    • Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
      Kira-kira materinya seperti ini….he he he:

      A. Untuk baca X-ray bisa dari luar kedalam atau sebaliknya, yang penting memenuhi ” SYARAT FOTO LAYAK BACA” seperti ini:
      1. Syarat Administrasi harus terpenuhi, seperti: harus ada nama, usia, nomor dan tgl foto, tanda R dan L.
      2. Semua bagian tubuh yang difoto masuk film
      3. Tidak boleh ada artefak
      4. Tidak Goyang
      5. Simetris
      6. Untuk Foto Dada/toraks —- inspirasi maksimal yang ditandai puncak diafragma setinggi ics V depan
      7. Daya tembus sinar rontgen cukup —- Kilo Voltage (KV) cukup
      8. Kontras sinar cukup —- Mili Ampere Second (MAS) cukup
      9. Cara interpretasi hasil rontgen tergantung foto tubuh bagian mana yang mau dibaca, misalnya saya kasih contoh foto toraks, maka cara bacanya sbb:
      a. Soft tissue —- ada massa, emfisema dll
      b. Costa dan Clavicula —– simetris, deformitas, fraktur dll
      c. Trachea —- di sentral, terdesak, terdorong dll
      d. Vertebra —- Alignment, Bone, Cartilage, Disc Space dll
      e. Diafragma —- normal, bulging, deformitas, retraksi, free air subdiafragma +/- dll
      f. Sinus Costofrenicus + Cardioprenicus —– normal, tajam, tumpul, terselubung dll
      g. Pulmo : * Hilus —- setinggi Vertebra toraks 5-6 dimana hilus sinistra lebih tinggi, trachea normal, melebar, kabur dll
      * Corakan bronchovaskuler —- normal: makin kesamping makin kecil + kabur
      + Infiltrat, Kalsifikasi, bayangan radioluscent / opaque +/-
      h. COR —- CTR normal: 45-50%, Aortic knob dll

      Untuk baca CT Scan prinsipnya Syarat administratif seperti X-ray harus terpenuhi baru CT Scan layak untuk dibaca, untuk urutan membacanya sbb:
      1. Soft tissue — massa, emfisema, swelling dll
      2. Bone —— diskontinuitas +/- (bisa juga dibaca pada Bone Window dari CT scan
      3. Massa Hiperdens abnormal —– bila ada —-> EDH (bikonvex type), SDH (crescent shape), ICH (hiperdens di parenkim otak), SAB (hiperdens di sulcus, gyrus, dan sylvian fissure), IVH dll
      4. Sulcus dan gyrus —- terdesak -/+
      5. Kontur cysterna perimesencephalon (quadrigeminal + sisterna basalis) —– normal/tidak —- untuk melihat ada tidaknya herniasi batang otak
      6. Ventrikel —- ukuran sesuai umur pasien ; tampak melebar atau terdesak ; ada bayangan hiperdens mass (bila + — IVH)
      7. Mid Line Shift — ada atau tidak — kalau ada diukur berapa mm bergesernya —- bila > 5 mm indikasi operasi

      Mudah-mudahan bisa sedikit membantu…….salam untuk adik-adik KoAs di sana ya

  48. Assalamualaikum dokter…
    mohon referensi situs web untuk jurnal bhs inggris bedah..saya dpt tugas referat tumor abdomen dokter.,,,susah sekali dpt jurnal yg bagus…mohon bantuannya dokter….terima kasih

    • kenapa susah….di webblog saya khan ada link ke NEJM….jurnal bedah apapun dan dari tahun kapanpun ada disitu….dan terpercaya lagi…segera klik link di bagian sebelah kanan dari web blog saya…mudah2an segera dapat solusinya…aamiinnnn

  49. hi dok… bagaimana kabarnya, saya lisha di depok yang tempo lalu pernah menanyakan perihal operasi “abses perianal” yg dialami suami saya. kali ini saya ingin bertanya mengenai penyakit yang diderita oleh ibu mertua saya yang sudah hampir 9 tahun lamanya. setelah menjalani beberapa rangkaian pemeriksaan seperti (MRI, CT Scan ibu saya didiagnosa mengidap penyakit TN( trimgeminal neuralgia) sampai pernah diputuskan untuk dioperasi saat dirawat di RS Karyadi Semarang… akan tetapi kala itu ibu saya bersikeras untuk tidak dioperasi karena sangat takut. tapi belakangan ini setelah berobat bertahun2 ke rs, alternatif (herbal) penyakit ibu mertua saya tidak juga kunjung sembuh. beliau pun sepertinya sudah mulai memberanikan diri untuk mau dioperasi, terus terang kalau saya melihat ibu mertua saya sedang merasakan nyeri tsb saya sgt tdk tega. pertanyaannya dok, apakah jalan operasi tepat bagi penyakit ibu saya, apakah efek samping dari operasi tsb, dan kira2 berapa biayanya sekarang ya dok?
    terima kasih untuk penjelasanya dok..

    salam hangat dan sukses selalu

    • dear ibu Lisha

      Sebetulnya ini bukan kompetensi saya…tapi saya akan coba sedikit membantu menjawab beberapa pertanyaan ibu sbb:
      1. Neuralgia Trigeminal merupakan suatu keluhan serangan nyeri wajah satu sisi yang berulang. Disebut Trigeminal neuralgia, karena nyeri di wajah ini terjadi pada satu atau lebih saraf dari tiga cabang saraf Trigeminal. Saraf yang cukup besar ini terletak di otak dan membawa sensasi dari wajah ke otak. Rasa nyeri disebabkan oleh terganggunya fungsi saraf Trigeminal sesuai dengan daerah distribusi persarafan salah satu cabang saraf Trigeminal yang diakibatkan oleh berbagai penyebab. Serangan neuralgia Trigeminal dapat berlangsung dalam beberapa detik sampai semenit. Beberapa orang merasakan sakit ringan, kadang terasa seperti ditusuk. Sementara yang lain merasakan nyeri yang cukup kerap, berat, seperti nyeri saat kena setrum listrik.

      2. Pengobatan pada dasarnya dibagi atas 3 bagian:
      a. Penatalaksanaan pertama dengan menggunakan obat.
      b. Pembedahan dipertimbangkan bila obat tidak berhasil secara memuaskan.
      c. Penatalaksanaan dari segi kejiwaan.

      3. Terapi Konservatif
      Perlu diingatkan bahwa sebagian besar obat yang digunakan pada penyakit ini mempunyai cukup banyak efek samping. Penyakit ini juga terutama menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Karena itu, pemilihan dan pemakaian obat harus memperhatikan secara cermat kemungkinan timbulnya efek samping. Dasar penggunaan obat pada terapi neuralgia Trigeminal dan neuralgi saraf lain adalah kemampuan obat untuk menghentikan hantaran impulse afferent yang menimbulkan serangan nyeri.

      4. Terapi Pembedah
      Pilihan terapi bedah dipikirkan bilamana kombinasi lebih dari dua obat belum membawa hasil seperti yang diharapkan atau untuk mereka yang tidak dapat mentoleransi efek sampingobat atau obat tidak efektif.

      5. Untuk biaya operasi tergantung masing-masing rumah sakit….sebaiknya ditanyakan langsung ke RS tempat akan dilakukan operasi.

      Nah…mudah2an sudah jelas….saya doakan semoga segera ada jalan keluar terbaik….amiinnn

  50. amin YRA ..terima kasih atas tanggapan dokter pertanyaan saya dan membantu memberikan informasi mengenai TN tsb meski bukan kompetensi dokter. sukses selalu ya dok

  51. Assalaamu’alaikum dokter,
    Saya ingin menanyakan tentang resiko kekambuhan ca mamae, apakah prosentase kambuhnya lebih banyak pada pasien dengan tipe ER, PR dan HER2 ketiganya positif ? Dan mengapa ada pasien yang kankernya masih kambuh juga walaupun sudah 3 tahun rutin mengkonsumsi Tamoxifen ? Apakah faktor terbesar penyebab terjadinya kekambuhan pada ca mamae ? Terimakasih atas jawaban dokter.

    • Waalaikum salam Wr. Wb.

      1. Bila ER, PR, dan HER2 positif memang risiko kambuhnya besar dan tumorpun cenderung lebih ganas dan lebih tahan terhadap kemoterapi.
      2. Tentang kambuh tidaknya kanker tergantung derajat kankernya, semakin berat derajatnya maka risiko kambuh juga semakin tinggi.
      3. Modalitas pengobatan kanker banyak macamnya….tentang penyebab kekambuhan banyak faktor bisa dari tumornya sendiri (stadium saat pengobatan) ataupun modalitas yang dipilih sesuai atau tidak dengan stadium dan grading kankernya.

      Mudah2an bisa menjawab…amiinn

  52. Selamat siang Dok, saya browsing dan mendapatkan blog Unmuh ini.
    Langsung saja Dok. Nama Junita, ibu RT, umur 41 th, berat badaab 67 kg, tinggi 165 cm, riwayat kesehatan baik, saya didiagnosa kista Baker, sudah MRI dan ukurannya juga lumayan besar, yang mau saya tanyakan
    1. Kista ini apakah berbahaya?

    2. jika seandainya saya biarkan dan ternyata pecah sendiri, cairan gel tsb akan mengalir ke mana? tidak berbahayakah cairan gel tsb ? krn saya baca juga bisa kemungkinan akan masuk ke emboli paru2.

    3. Jika tidak saya operasi dalam waktu dekat ini apakah pengaruhnya?

    4. kemungkinan komplikasi yg terjadi pasca operasi selalu ada atau tidak
    krn saya baca juga, di postingan blog ini, otot paha mengecil, ada juga pendarahan, terputusnya saraf sendi.

    5. jika hanya saya lakukan aspirasi dan suntikan apakah akan kambuh lagi, dan jika iya, apakah lama waktu kambuhnya dan akan berbahaya utk kista yg tumbuh lagi nantinya?

    Terus terang, saya takut akan komplikasi setelah operasi.
    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.

    • Wah..wah borongan nih pertanyaannya….baik akan saya coba jawab:

      1. Kista baker tidak berbahaya

      2. Bila pecah cairan sinovial (sendi) akan menyebar di jaringan bawah kulit sehingga dapat terjadi inflamasi lokal dan infeksi sekunder….bisa emboli apabila ada yang masuk ke pembuluh darah vena

      3. mungkin kalo besar akan ada rasa tidak nyaman (ngilu, nyeri, ada terasa menganjal kalo lutut ditekuk dll)

      4. Bila dikerjakan oleh ahlinya (spesialis bedah)….insyaAllah risiko komplikasi bisa diminimalisasi.

      5. Jika diaspirasi….risiko kambuh besar dan juga risiko radang dan infeksi sendi (arthritis)….bisa bahaya bukan..???

      Semoga bisa menjawab…amiiinnn

  53. Assalamualaikum wr. wb.
    Salam kenal dok, Selamat siang, senang sekali saya menemukan blog ini. :)
    Langsung aja ya Dok..
    Nama saya Ferdeaus, karyawan swasta, umur 31 th, berat badaab 80 kg, tinggi 169 cm. Sekitar tahun 1998 saya terkena musibah karena diserang dengan perampok bersenjata tajam, saat itu jari dan telapak tangan kiri saya terkena sabetan celurit. Setelah musibah itu saya langsung dilarikan ke rumash sakit terdekat. Setelah ditangani oleh dokter yg jaga waktu itu luka saya seelsai dijahit, tp setelah sekian lama ternyata otot jari saya tidak tersambung dengan baik mungkin hanya kulitnya saya yg dijahit. dalam hal ini jari telunjuk dan kelingking tidak bs digerakkan.
    Yang perlu saya tanyakan apakah setelah 13tahun ini saya masih bisa menymabung ototo / melakukan operasi susulan untuk menyambung otot telunjuk dan kelingking saya ini Dok. Dan kira2 berapa persen keberhasilan otot jari saya bisa digerakkan lagi dengan operasi susulan ini Dok? Mohon petunjuk dan sarannya Dok. Terima kasih.

    • Waalaikum salam wr. wb.

      langsung saja ya mas Ferdaus Kanba…..kalau melihat kejadian yang mas alami, kemungkinan besar saat terkena celurit, tendon untuk jari telunjuk dan kelingking putus…dan kemungkinan besar tidak disambung saat penjahitan sehingga tidak bisa digerakkan.

      kemungkinan untuk disambung lagi insyaAllah masih bisa…asalkan tendo masih ada terutama untuk otot-otot flexor digitorum/extensor digitorum tergentung saat itu yang putus yang mana.

      Mudah2an bisa menjawab rasa penasaran saudara…amiiinnn

      • Terima kasih dok atas jawabannya..! Kira2 untuk kesembuhannya butuh waktu berapa lama ya Dok..? Karena ini berhubungan dengan kerja saya, jd jauh-jauh hari saya akan luangkan waktu untuk persiapan operasi ini Dok. Kalo boleh tau skrg dokter praktek dimana? Kalo bs minta referensi buat dokter bedah yang reccomended di- Surabaya dong dok? Terima kasih sebelumnya.

  54. maaf dokter aleq.. aku mu tanya ni,, kalo operasi bakercyst bagaimana prosedurnya dari awal sampai akhir..? makasii ya pa dokter…

  55. assalamualaikum…..saya mau tanya dok,tmny saya umurny 20 tahun..dia sudah melakukan operasi skin graf yang ke 2 kaliny..yang pertama belum berhasil semua

    kira kira operasi yang ke 2 ini berhasih ga dok????teruz proses pemulihany sampai berapa lama dok???

    cara perawatan setelah melakukan skin graf itu apa dok??

    makasih y dok,semoga dokter dapat menjawab pertanyaan saya dan bisa bermaanfaat bagi teman saya itu

    salam
    Indri

    • waalaikum salam wr. wb.

      mbak indri yang baik sama temennya…sebelum saya sampaikan bahwa saya salut kepada anda yang begitu peduli pada temen anda.

      begini mbak…keberhasilan skin graft ditentukan banyak faktor, seperti:
      1. tissue bed tempat untuk menanam kulit—-harus bebas dari infeksi dan vaskularisasi cukup artinya jaringan granulasi yang kaya pembuluh darah cukup baik.
      2. penjahitan kulit ke tissue bed —– tidak boleh terlalu tegang dll
      3. kulit yang diambil —- harus baik
      4. gizi pasien —- harus baik untuk membantu proses penyembuhan dan “take” dari kulit yang ditanam

      untuk pemulihan ya tergantung dari faktor-faktor diatas, namun biasanya kalo yg dilakukan adalah STSG (split tickness skin graft) maka harapannya dalam 5-7 hari sudah “take” atau nempel.

      mudah2an bisa menjawab rasa penasaran mbak indri….
      terima kasih atas kunjungannya

  56. Dok, mau tny bln januari kmrn mama br saja menjalani operasi usus besar stad 2B dan mau dilanjutkan dgn kemo n radioterapi. Kira2 makanan ap saja ƴğ hrs dipantang dan ap ƴğ hrs sll dikonsumsi agar mama cpt pulih pasca operasi dan siap untuk kemo. Kira2 untuk stad 2B ϊτϋ hrs brp x kemo dan apakah kemungkinanya besar mama ϐïśa pulih total lg. Sblmny saya ucapkan terimakasih. Sukses trus ¥α Dok.

    • Dear mbak Lily

      1. PAda prinsipnya untuk persiapan kemoterapi dibutuhkan kondisi yang baik terutama kadar hemoglobin (Hb), fungsi liver dan ginjal.Hb minimal 10g% karena kalau kurang maka harus ditransfusi dulu, sehingga sebelum kemoterapi makan tinggi protein terutama protein hewani dan juga kalau ibunya mau makan ikan produk laut.
      2. untuk kemoterapi biasanya diberikan dalam 6 siklus (1 siklus kurang lebih 28 hari). jadi tiap 28 hari sekali akan dilakukan kemoterapi bisa 1-2 hari opname di RS lalu boleh pulang dengan membawa sejumlah obat untuk melawan efek samping dari kemoterapi.
      3. untuk kesembuhan….mbak dan keluarga harus selalu optimis, dan jangan lupa berdoa, insyaAllah Allah SWT memberikan kesembuhan yang paripurna kepada ibunya mbak, amiinnn

  57. ass.dok.saya mau tanya batas maksimal kita foto rontgen dalam setahun berapa kali ya?saya kemarin telah operasi skoliosis an sudah dirontgen 15 kali lebih dri bln september kmrin.trims

    • Wassalamualaikum Wr Wb.

      Mbak Mutiara ndak perlu takut dengan sinar rontgen….karena radiasi sesaat pada saat foto tidak akan menyebabkan mutasi sel-sel normal menjadi sel kanker.

      Semoga bisa menjawab rasa penasaran mbak, amiiinn

  58. Salam!! mau tanya kenapa kalo tarip tindakan operasi kok dibeda bedakan berdasarkan kelas rawatnya.? Bukannya tindakan operasi, kamar operasi dan alat2 operasinya sama saja??
    Kalau harga kamar sih kita ngerti taripnya beda2 dok…., karena fasilitasnya berbeda.
    Mohon penjelasannya ….tks

    • Kalau biaya operasi antara VIP dan kelas 3 disamakan maka kasihan pasien yang tidak mampu, pasti mereka tidak akan mampu bayar, makanya diambil kebijakan bahwa untuk pasien kelas 1, 2, dan 3 diturunkan sekian persen dari biaya VIP.

      mudah2an bisa menjawab rasa penasaran Saudara

  59. asallamualaikum dok. . .
    saya idien umur 25 thn,tangan kiri saya patah pas di tengah-tengah sikut sama pergelangan tangan sudah 3 tahunan gak nyambung tapi malah kaya jadi sendi gitu . . . apakah masih bisa disembuhkan dok????

    • apa yang dialami mas idien adalah salah satu komplikasi dari proses penyembuhan patah tulang yang tidak adekuat dalam penanganannya yaitu berupa PSEUDOARTROSIS, untuk mengkoreksi keadaan tersebut diperlukan tindakan pembedahan, insyaAllah masih bisa disembuhkan asal mau berobat dengan baik dan ikuti petunjuk dokter bedah di tempat saudara berada.

      • saraf msih normal semua tapi tidak pernah berani angkt-angkat berat soalnya takut . . . kalau pembedahan itu apa harus dilepas lagi ya dok tulang yang sudah nyambung??dulu nggak sempat dipasang pen cuma pijat jawa mungkin posisi tulangnya tidak pas pada posisinya makanya jadi kaya sendi

      • ya kalau operasi pasti dilakukan pematahan tulang (refrakturisasi) dan ditata sesuai/mendekati anatomi yang normal

      • kalau dilakukan pembedahan kira-kira biaya yang harus dikeluarkan sekitar berapa ya dok,saya pengin tanganku normal kembali dok bisa bekerja dan beraktifitas seperti temen-temen yang laen dok……….

  60. Selamat pagi dok,saya dava,pria 24 thn..otot tendon jari kelingking (tepatnya sendi antara telapak tangan dg jari kelingking putus) setelah habis di operasi.. 1 1/2 bulan kata dokter udah baik,tidak usah kontrol lagi,cuman suruh latihan gerak,tapi putus lg padahal tidak untuk angkat berat.kemudian dioperasi lagi baru 1 minggu ini,apakah ada yg salah dlm operasi dok?,dan bagaimana perawatan serta latihan2 yg harus saya lakukan agar tidak putus lg ? Terima kasih

    • Dear Mas Dava

      JAwaban atas pertanyaan Saudara adalah sbb:
      1. Tendon otot adalah salah satu jaringan tubuh yang miskin pembuluh darah sehingga jaringan seperti ini proses penyembuhannya agak lama
      2. Teknik penyambungan dan benang yang dipilih tergantung lokasi tendon/bentuk tendon — ini penting untuk meningkatkan kekuatan penyambungan tendon
      3. Untuk latihan cukup melakukan gerakan flexi dan ekstensi jari kelingking tanpa beban terlebih dahulu (setelah 1 bulan)
      4. Untuk menilai apakah ada yang salah dalam operasi kasus Saudara, mohon maaf saya tidak bisa memberi penilaian karena saya tidak tahu apa yang dilakukan oleh dokter kepada Saudara.

      Mudah-mudahan operasi yang kedua ini lebih baik sehingga tidak terjadi komplikasi lagi di kemudian hari, amiinnn

      • Selamat pagi dok,

        Apakah sambungan tendon akan kembali normal sesuai fungsinya dan berapa lama dok ? Dan makanan apa yang bisa saya konsumsi agar cepat sembuh ? Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

      • Saya tunggu penjelasannya dok..

      • InsyaAllah bisa, untuk proses penyembuhan tergantung gizi pasien, umumnya tendon akan mulai menyembuh diatas 6 minggu

  61. Dokter, apakah anak yang ketika kecil (usia 1 atau 2 tahun) sering terjatuh dari tempat tidur, atau terpeleset dan kepala membentur keramik (sampai benjol) maka bisa menyebabkan kecerdasannya berkurang ? Mungkinkah terdapat cedera otak ringan ? Dan bisakah keadaan itu diperbaiki dengan obat semacam encepabhol, bila sekarang usianya sudah 7 tahun ? Terimakasih atas jawaban dokter.

  62. Assalamu’alaikum wr.wb

    dokter saya mau tanya klo orang yang melahirkan secara sesar itu apakah juga mengeluarkan darah nifas?

  63. Dokter, saya masih menunggu jawaban atas pertanyaan saya di atas. Terimakasih.

  64. Dokter, apakh bisa jari yang sudah terputus selama kurang lebih seminggu dapat disambung kembali dgn menggunakan jari aslix.. dan jika bisa rumah sakit mana yang bisa menanganinya? mkasih dokter

    • kalo sudah lama ndak bisa, apalagi penyimpanan jari yang terpotong (amputee) tidak baik karena setiap organ kita butuh vaskularisasi/aliran darah untuk dapat hidup.

  65. Dok, saya ingin tanya.. Papa saya usia 52 th. Udah hampir 2 bln (sejak bulan des ) ada bisul di sekitar anal. Setelah konsultasi, dokter mendiagnosa itu fistula ani dan akhirnya papa saya operasi pada Bulan feb kemarin. Tetapi setelah bbrp minggu operasi luka tak kunjung mengering dan masih menimbulkan nyeri. padahal papa saya sudah melakukan prosedur yg diajarkan dokter. Yang ingin saya tanyakan apa itu perlu di operasi ulang lagii? bagaimana penanganan yang tepat post operasi? Dan kasus seperti itu kesalahan pembedahan atau obat yg tidak cocok? Terima kasik dok..

    • mohon maaf saya agak kesulitan menjawab pertanyaan saudara karena saya tidak melihat kondisi klinis papa saudara.

      prinsipnya adalah bila itu benar fistula ani:
      1. tentukan dulu apakah letak tinggi atau rendah, karena akan mempengaruhi jenis operasi yang dilakukan
      2. karena operasi berada didaerah kotor (tempat BAB) maka harus dijaga kebersihannya

      PErlu tidaknya operasi ulang tergantung kondisi klinis sekarang

      mudah2an bisa menjawab

  66. Dok,saya mau tanya..saya berumur 27 thn mengalamai kecelakaan motor tgl 15 mei 2012 dan tulang clavicula kanan saya patah..dan saya menjalani operasi pemasangan pen pada tgl 16 mei 2012…sekarang seminggu 1x saya kontrol ke dktr tulang dan disarankan utk disuntik supaya tulang yang patah joint nya bisa lebih cepat sembuh,apakah suntikan itu perlu saya jalani??jujur biaya suntikan nya sangat mahal..lalu apakah ada efek sampingnya??saya lupa nama suntikannya apa krn saya kurang jelas mendengarnya..kalo tidak alsikatol atau alsikanol..mohon bantuan dokter..terima kasih

    • Dear Mas Nico

      KAlo melihat usia mas Nico yang masih muda insyaAllah proses penyembuhan secara alami masih bisa diandalkan…artinya tanpa terapi support-pun proses bone healing akan berjalan dengan normal, asalkan gizi baik. Namun kalau mas Nico keberatan dengan biaya, sebaiknya dikomunikasikan saja dengan dokter yang merawat ya……mudah2an dokternya mau mengerti kesulitan mas.

  67. Dok, bpk sy kt dr kena abses perianal lalu diberi antibiotik & di clysma tiap pagi & sore, sdh di clysma 7x. AB meropenem 3x sehari.. Tp sdh 1mg lbh gk ada perubahan. Lalu stlh 1 mgg di colok dubur kt’y tbk fistel., dan hrs di colostomy. Benarkah pengobatannya hrs spt itu? Oya, kencing bpk jg pake selang sdh 1bln gnti selang 5x, tp pas dicoba lepas selang gk bsa keluar. Mohon pencerahannya…

    • Dear mbak Yanti

      1. Prinsip pengobatan pada ABSES PERIANAL adalah operasi berupa insisi dan drainage pada daerah sekitar dubur. Pasca operasi pasien bisa diminta puasa selama 2-3 hari dan makanan/nutrisi diganti lewat infus, hal ini bertujuan agar pasien tidak BAB dulu demi menjaga luka operasi tetap bersih, selanjutnya bila dilakukan rendam duduk dengan kalium permanganat setiap kali pasien BAB.

      2.Fistel perianal terjadi apabila terapi terhadap perianal abses tidak adekuat…..prinsip terapinya adalah dilakukan fistulectomy atau fistulotomy yaitu pengangkatan fistel. Pasca operasi sama dengan perianal abses.

      3.Tindakan colostomy dilakukan apabila luka didaerah anus sangat luas dan kotor, hal ini dilakukan semata-mata demi menjaga kebersihan daerah anus akibat luka terbuka yang hebat.

      Mudah2an Bapaknya mbak Yanti segera mendapat solusi yang terbaik, ammiinnn

  68. selamat siang dok…saya ingin bertanya..umur saya 25 th, laki laki..3 bln yg lalu saya berbenturan saat main bola setelah di rontgen hanya ada OA ringan…tetapi ada masalah lain yaitu sekarang lutut saya bisa bergeser sendiri yg akibatnya membuat saya tdk bisa berlari..kata dokter jaringan ikat dilutut saya ada kemungkinan sobek…pertanyaannya kalau harus dioperasi pstilah sangat mahal, apakah jaringan ikat lutut saya sembuh hanya mengkonsumsi obat”an seperti glucosamin with condroitin…apakah ada alternatif penyembuhannya berhubung saya berbentuk faktor biaya….trima kasih dok

    • Dear mas Yusuf

      PAda prinsipnya apabila yang mengalami ruptur atau robek adalah ligamen atau tendon memang proses penyembuhan akan cukup lama, mengingat kedua organ tersebut pembuluh darahnya sedikit sekali (avaskular). MEmang sebaiknya di operasi, namun bila tidak mampu bisa dilakukan terapi medical / konservatif dengan diberikan preparat glucosamin dan condroitin dan bila diperlukan anti nyeri juga boleh untuk terapi simtomatis.
      Yang penting untuk beberapa minggu lutut harus di imobilisasi (jangan banyak bergerak) bisa ditambahan knee support (karet/deker) untuk membantu meng-imobilisasi lututnya mas yusuf, setelah 3-4 minggu boleh dimulai gerakan ringan flexi-extensi (ditekuk2) dengan ringan.
      Mudah2an berhasil…..selama kita berusaha dan berdoa insyaAllah harapan masih ada…..selamat mencoba

  69. Assalamualikum. dr Aleq mhon pncerahnya.. sy mmpunyai bayi brusia 2 bulan dan kmrn divonis mnderita hernia umbilikalis. prtanyaan saya apakah jalan satu2nya untuk sembuh hanya operasi, tidak adakah alternatif lain? jika harus dioperasi usia berapakah yg paling ideal? dan adakah potensi komplikasi atas penyakit ini? atas jwaban doktr saya sampaikan jazakallah kheir

    • Waalaikum salam Pak Abd Aziz

      Untuk hernia umbilikalis sebaiknya ditunggu dulu samap usia diatas 1 tahun, oleh karena dengan pertumbuhan anak biasanya diameter hernia akan semakin mengecil bahkan harapannya bisa menutup sendiri.Selama menunggu lubang hernia umbilikalis bisa ditutup dengan koin yang diplester-kan di atas umbilikus.

      Untuk potensi komplikasi kecil sekali pasca operasi. Ndak usah kuatir, asalkan lubang hernia tidak lebar, insyaAllah bisa ditunggu dulu.

      • dok, apakah bayi yang menderita hernia umbilcus berpotensi menderita hernia sacrotalis juga? trmksh

      • tidak selalu mas….yang bisa dilakukan adalah wait and see…and then treat…

  70. selamat pagi.. saya hawa 19 tahun, belakangan ini tangan dan kaki saya mudah berkeringat dan memerah padahal saya sedang tidak melakukan aktvtas yg mnybbkan itu, tangan dan kaki sya jg mudah dan sering skali kesemutan, sekali waktu tangan sya trasa lemah dan sakit di prglangan tangan, kira2 mnurut dokter itu bagaimana dan kenapa ya ko bsa sprti itu? dan apakah itu ada kaitannya dgn ksbukan saya akhir2 ini.. akhir2 ini saya dsbukkan brbgai mcm tgas kantor dan kuliah hingga terkadang hrus bgadang smlman dmi slsainya tgs itu..

    • dear mbak Hawa

      Saya sarankan sebaiknya Sdri periksa ke dokter (spesialis penyakit dalam atao saraf) supaya bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium, siapa tahu ada komponen darah yang bermasalah. Memang aktifitas yang tidak seperti biasanya juga bisa menyebabkan keluhan yang mbak rasakan. Untuk sementara waktu bisa dicoba obat-obat yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12 dosis tinggi, banyak kok di apotik dan tidak perlu resep dokter, coba diminum pagi sama sore selama 1 minggu, dan jangan lupa mandi air hangat agar pembuluh darah terbuka semua sehingga aliran darah bisa lancar sampai ke ujung-ujung tubuh mbak Hawa. Oh ya hindari, hindari makanan berlemak dan banyak sayur serta buah. Selamat mencoba !!

  71. saya pria brumur 29 thn. Pd tgl 6 juni 2012 saya operasi otot tendon bagian atas jari telunjuk kiri saya tpatnya pd ruas yg pertama. Sampai saat ini dr ujung jari saya dipasang pen sampai ruas pertama agar tdk byk grak dulu,apalagi dibawah jari saya diberi bantalan sprti gips. Yang ingin saya tanyakan :
    1. brapa lm waktu sampai otot tendon saya bnr2 menyatu dg kuat?
    2. apakah ada kemungkinan otot tendon jari saya bs putus lg?
    mohon bantuan jawabannya ya dok,trima ksh.

    • 1. Untuk tendon dibutuhkan waktu agak lama (lebih dari 6 minggu), karena tendon miskin pembuluh darah sehingga proses penyembuhan membutuhkan waktu.
      2. Kalo proses operasinya baik, dan proses penyembuhannya sempurna dan mengistirahatkan tangan minimal 3 bulan….tendon akan kuatkembali meskipun tidak sekuat semula.

      • 1. knapa stiap saya nguap jari saya yg di operasi selalu bergetar?
        2. apakah jari saya tsb bisa ditekuk sperti smula dok?
        trima ksh atas jawaban pertanyaan sbelumnya.

      • 1. sebetulnya sulit diterangkan apa yang mas rino tanyakan tsb, mgkn disebababkan saat menguap otot-otot juga ikut kontraksi termasuk otot2 kecil di tangan
        2. insyaAllah bisa asalkan dilakukan fisioterapi yang benar….segera minta petunjuk dokter anda untuk menghubungi fisioterapis terdekat dikota anda.

      • kenapa stlah 2 minggu pen dan penyanggah jari saya dilepas, jari saya msh sulit ditekuk sprti biasa?ruas pertama blum bisa ditekuk,sedangkan ruas kedua hanya bisa ditekuk 45 derajat saja,itu pun sudah terasa sakit.?!

      • MAs Rino Irawan

        Jari-jarinya memang akan masih kaku dan sakit bila digerakkan karena selama di imobilisasi dengan pen otot-otot jari dan tangan tidak bergerak sama sekali sehingga kaku. Namun jangan kuatir lakukan latihan terus menerus untuk membiasakan otot-otot bergerak dan memamjang mengikuti pergerakkan jari/tangan. Saran saya hubungi fisioterapi terdekat supaya anda diberitahu bagaimana gerakan yang benar.
        Jangan putus asa.

      • Apa dokter ada referensi utk di kota pekanbaru – Riau? Mohon bantuannya dok,trima ksh..

  72. dokter saya mau nanya
    beberapa hari lalu ada saudara saya dilakukan operasi yang namanya flap (kalo gak salah) pada kaki kirinya akibat luka lumayan dalam,tetapi sekarang hasilnya warnanya pucat kulitnya setelah dilakukan itu,yang saya tanyakan apakah operasi ini gagal?tanda2 berhasil dari hasil operasi flap pada kulit itu seperti apa?
    mohon jawabannya terima kasih

    • mbak Rini

      tanda flap gagal ada beberapa yaitu:
      1. jahitan lepas
      2. bernanah
      3. warna flap menghitam
      Kalau masih pucat hal itu bisa disebabkan karena tarikan dari flap atau suplai darah agak berkurang, namun bukan berarti gagal, bisa ditunggu dan diobservasi dan bisa dibantu dengan kompres cairan infus hangat diatas flap, mudah2an flap-nya berhasil ya….amiinnn

  73. Assalamualaikum dok,
    Saya usia 28thn,pd bulan februari 2012 terkena siraman minyak panas hingga menyebabkan telapak kaki kiri saya kena luka bakar hebat (grade 2) dan lgsg dibw ke RS terdekat pd saat itu jg u/ dilakukan pertolongan pertama dan diopname.
    5hr kemudian saya dioperasi dan dokter bedahnya menempelkan amnion (terbuat dr plasenta) pd luka bakar saya.yg setiap 5hr sekali hrs diganti.saya mengalami 4kl operasi penggantian amnion tsb.
    Luka benar2 kering pd bulan juni 2012,namun mengakibatkan keloid yg tebal dan luas yg menimbulkan rs gatal,sakit dan sangat tdk nyaman.Dokter bedah sdh menyuntikan 1-2cc trilax setiap seminggu sekali,namun sdh habil 3 ampul trilax tp blm ada hasilnya.keloid nya msh ttp tebal dan luas.
    Akhirnya awal juli saya cb konsul ke dokter spesialis bedah plastik&rekontruksi dibandung,beliau menyatakan hrs skin graft,krn keloidnya tdk akan kempes dgn suntikan dan beliau sampaikan bhwa jari2 kaki saya yg terkena luka bakar lama2 akan melenting dan kaku.donor kulitnya diambil dr bagian perut.
    Yg ingin saya tanyakan:
    1.Apakah operasi skin graft ini bs gagal? Jika gagal,apa sebabnya dan bgmn solusinya?
    2.Apakah pengambilan donor kulit dr perut akan menjadi keloid jg?krn saya melahirkan anak pertama melalui operasi caesar dan ada bekas keloid tipis
    3.Ada resikonya tdk bila saya hamil & melahirkan melalui caesar kembali stlh dilakukan skin graft dgn donor dr kulit bagian perut?
    4.Bila berkenan saya ingin mengirimkan foto luka keloid saya,bs saya krm kmn ya fotonya?
    Mohon jawabannya y dok,krn saya butuh bnyk informasi serta penjelasan sblm mengambil keputusan operasi ini.terimakasih sblmnya

    • Waalaikum salam Wr Wb. Mbak Yussy

      Sebelum saya turut prihatin atas apa yang menimpa mbak, mudah2an tabah, sabar, dan masalah yang mbak hadapai mendapat solusi yang terbaik,a amiiin
      JAwaban saya atas pertanyaan mbak adalah sbb:
      1. Operasi tanam kulit ini juga bisa gagal, namun jangan berpikir bahwa operasi ini selalu gagal, harus selalu optimis. Kalau gagal bisa dilakukan operasi ulang dengan mengambil sisa kulit ditubuh yang masih ada.
      2. insyaAllah tidak
      3. tidak ada masalah, silahkan hamil kembali, insyaAllah aman
      4. silahkan mengirim foto apabila mbak tidak keberatan, foto bisa dikirim ke email: aleq.sander@yahoo.com

      Mudah2an bisa menjawab keragu-raguan mbak amin

      • Dokter terimakasih atas penjelasannya,cukup membuat saya tenang.krn jujur saya trauma dgn sakit pasca biusannya habis.
        Saya sudah kirimkan fotonya melalui email.
        Namun ada 1 hal lagi yg saya ingin tanyakan,kira2 brp lama pemulihan yang diperlukan pasca operasinya sampai lukanya benar2 kering dan kaki srta jari nya bs berfungsi dgn normal kembali?
        Terimakasih bnyk atas jawabannya

  74. Slamat malam dok,
    ini saya ada keluhan pada kulit wajah saya yang terinfeksi dan iritasi yang meninggalkan bekas warna kemerahan dan bopeng yang ga hilang selama 6 bulan, udah saya bawa ke klinik kecantikan dan dokter kulit tapi hasilnya tidak memuaskan.
    Apakah perlu untuk operasi plastik atau skin graft?
    Mohon bantuannya dok.
    Trimakasih

    • Selamat malam Mas Brian

      Terus terang saya tdk bisa memberikan pendapat terhadap apa yang menimpa Sdr karena saya tidak melihat bagaimana kondisi wajah Sdr.
      Apabila berkenan Sdr bisa mengirimkannya ke email: aleq.sander@yahoo.com

  75. Malem dok.
    Saya mozak, laki laki, usia 38th, lbh kurang 3 minggu lalu saya patah tulang clavikula sebelah kiri, saya berobat ke bengkel tulang, tapi walo sdh diluruskin, posisi tulang berobah lagi, kemudian kontrol terakhir katanya tulang sdh mulai nyambung dan susah diluruskin lagi…sekarang posisi tulang ada yg menonjol…dan msh terasa sakit. Harus bagaimana dok solusinya apa tulang sy bisa diluruskin lagi posisinya ? Trmksh sya nantikin sekali jawaban nya.

    • Siang Pak Mozak

      Tonjolan di klavikula bapak adalah calllus yang sudah terbentuk akibat proses penyembuhan alamaiah patah tulang. Prinsip masih bisa diluruskan tapi dengan pembedahan.

  76. Yth Dokter,
    Saat ini orang tua saya.
    1. Usia : 73 Tahun
    2. Jenis Kelamin : Laki-laki
    3. Riwayat cidera :
    Juga penderita Diabetes
    Kemaren jatuh pas jalan dari kamar dirumah.
    Alamat rumah Yogya
    Saat ini dirawat di RS Sardjito
    4. Sudah di-rontgen dan ada Fraktur Subcapital Collum Femur di kaki sebelah kiri.
    5. Pengobatannya bed rest di RS. Dan masih penanganan diet diabetes krn diabet-nya 245

    Yang keluarga kuatirkan adalah masalah operasi karena Bapak diabetes
    Foto rontgen bisa dikirimkan juga kalau diperlukan

    Konsultasi-nya adalah :
    Kita keluarga sedang menimang-nimang untuk pengobatan alternatif patah tulang di Yogya di ( Ibu Kris ) yang bisa mengobati tanpa operasi.
    Kira2 menurut Dokter, mana yang lebih tepat ditempuh untuk hal ini ?
    Apakah operasi Dokter ataukan dengan pengobatan alternative ?
    Mohon sarannya.

    • Yth Bpk Totok Sediyantoro

      Jawaban sy atas pertanyaan Bpk adalah: tergantung dari keyakinan Bpk dan keluarga. Mhn maaf sy tidak bisa memberikan pendapat apakah apabila ditempuh jalur operasi dalam kondisi orang tua Bpk seperti itu akan menjadi lebih baik ataukah jalur alternatif yang lebih baik.Saya yakin dokter si RS Sardjito juga punya pertimbangan2 tertentu sehingga menyarankan untuk operasi.
      Saya hanya memberikan gambaran bahwa usia tua dengan penyakit metabolik seperti DM/Kencing manis memang akan berisiko bagi proses penyembuhan pasca operasi, mengingat vaskularisasi juga sudah berkurang sehingga “bone healing time” juga memanjang, belum komplikasi yang mungkin bisa terjadi, sehingga tindakan konservatif lebih bijaksana diutamakan untuk treatment ortu Bpk.
      Sy sarankan lebih sebelum mengambil keputusan, sholat istikharah dulu untuk menentukan jalan yang terbaik baik ortu, biar bagaimanapun ikhtiar itu wajib hukumnya, namun harus bijaksana.
      Semoga bisa menjawab, amiinnn

  77. pa dokter saya tety…..
    saya pernah mengalami penyakit benjolan di tangan..awal’y saya kira tulang yang menonjol,,saya periksa ke dokter ahli ortopedi.trus kata dokter harus operasi,,ternyata penyakitnya nama’y ganglion…saya langsung di operasi…yang saya mau tanyakan
    1.harus’y penyakit ganglion itu di periksa dokter yang ahli pa???
    2.berapa lama ya proses penyambuhan tangan saya setelah operasi tersebut..karna tangan saya belum bisa di tekuk….apa yag harus saya lakukan,,,,terimakasih dokter…
    salah…

    • Yth Mbak Tety

      1. Untuk ganglion tidak perlu diperiksakan ke PA, karena sudah jelas dan bukan merupakan neoplasma/kanker, ganglion disebabkan cairan sendi yang keluar dari tempat asalnya, biasanya akibat tekanan yang berlebihan di persendian atau proses inflamasi di sendi.
      2. Pasca operasi memang membutuhkan waktu 3-6 minggu untuk bisa pulih seperti sedia kala, coba fasioterpi ringan dengan melakukan gerakan menekuk-nekuk ringan pergelangan tangan, obat anti nyerinya juga diminum sesuai anjuran dokter, sabar ya mbak….insyaAllah akan kembali normal kembali…amiinnn

    • trimakasih dokter atas jawabannya…
      ada yg saya mau tanyakan lagi….saya sudah 3 minggu menjalankan operasi ganglion ini…tangan saya masih belum bisa di tekuk,,apakah tulang saya akan menempel dan tidak bisa di tekuk lagi…..karna untuk di tekuk kebawah sangat susah dan keras…apa saya harus segera periksa kedokter lagi secepatnya,,,,tapi kata dokter saya,,saya harus periksa 2minggu lagi….???trimakasih karna dokter mau menjawab
      balas

  78. Selamat siang Dokter..
    saya fany (p) 21 tahun.
    saya memiliki beberapa kiloid di tubuh yang mengganggu estetika karena ukurannya besar (5-6 cm)
    pertanyaan saya dok, bisa tidak dilakukan pembedahan untuk mengilangkan kiloid tersebut? apakah kiloid tersebut bisa muncul kembali?
    terimakasi Dokter

    • Yth mbak Fanny

      InsyaAllah bisa asalkan dikerjakan dengan halus dan diberi salep khusus insyaAllah bisa dicegah timbulnya keloid pasca operasi.

  79. Dok, apakah bisa skin graft untuk estetika? Tolong jelaskan !
    Kira2 berapa ya dok biaya operasi skin graft seluruh kulit wajah? Ini untuk estetika karena kulit wajah saya udah banyak bopeng dan warnanya merah kyk iritasi gitu..
    Mohon pencerahannya ya dok,

  80. Assalamualaikum, siang dokter, nama saya novi, usia 24th, kurang lebih 6 bln yll saya telah menjalani op fraktur tibia dextra, dan dinyatakan oleh dokter Ɣaήğ memeriksa saya tulang sudah menyatu, yang mau saya tanyakan kok sampai saat ini jalan saya belum bisa normal ya doc? Masih sedikit pincang, Apa saya perlu menjalani fisiotherapy ya doc, terus kira2 saya bisa jalan normal seperti semula butuh waktu brp lama ya doc? Sebenarnya sekarang sudah tidak sakit.., trimakasih sebelumnya ya doc:)

    • wassalam wr wb

      kalo memang sudah terjadi bone healing sempurna, apalagi dengan operasi pemasangan plate memang harusnya sudah bisa berjalan dengan normal apalagi sudah 6 bln yl.
      saya kurang tahu scr pasti apa yang dirasakan oleh mbak novi, apakah kaku-nyeri atau kaki panjang sebelah dll.
      untuk fisioterapi memang seharusnya sdh dilakukan setelah operasi, namun tidak ada kata terlambat, apalagi kalo ada stifness, lebih baik ke fisioterapi.

      mudah2an bisa menjawab mengingat saya tidak melihat kondisi mbak secara langsung
      wassalam

  81. assalamualaikum.. dokter saya habis oprasi abses mandibula, trus kata temen saya dileher saya ada luka besar kaya ada bolongan,,kira kira luka di leher saya bakalan sembuh berapa hari ya dokter???trus apakah akan kembali semula?? berhubung luka saya tidak dijahit..terimaksih dok.. wsalam

    • waalaikum salam….untuk luka yang dibiarkan terbuka memang butuh waktu untuk menutup melalui proses granulasi dan epitelialisasi….waktunya tergantung banyak faktor al:
      1. Keadaan Gizi pasien
      2. Ada tidaknya infeksi
      3. dll
      Yang penting selalu jaga kebersihan dan kelembaban didaerah luka, insyaAllah proses wound healing akan berjalan dengan baik…jangan lupa minum obat-obatan dari dokter ya.
      wassalam

      • ok mkasih dokter atas informasi dan batuannya…:)

  82. Assalamualaikum dok,, siang,, gini ibu saya uda operasi payu darah dan uda kemo 5 x alhamdulillah agak mendingan, dan penyakitnya uda stadium 4. yang saya tanyakan dok,, stelah kemo brapa kali, kondisinya ngedrop dan efeknya muntah2 dan lemas,, pa dokter bisa beri solusi untuk mengurangi yang demikian itu,, lewat obat2an atau yang lainnya dok,,, trimakasih wassalam

    mahon maaf, tak tunggu jawabannya

    • Waalaikum salam Wr. Wb.

      Kalau ndak salah kemo akan selesai dalam 6 siklus ya?
      Untuk efek samping kemoterapi berupa mual dan muntah bisa dibantu dengan obat2an anti muntah bisa juga dikombinasi dengan golongan antasida, Sdr bisa berkonsultasi dengan dokter yang melakukan kemoterapi, untuk rasa tidak enak makan sebenarnya itu mrpk gabungan efek samping mual dan muntah, Sdr bisa mencoba diberitakan vitamin2 tambahan terutama yang kandungan vit B complexnya tinggi dan juga sediakan makan-makanan yang ibu Sdr suka (favorit), tdk perlu dipaksa cukup sedikit2 tapi sering, bisa ditambahkan madu asli, insyaAllah Ibu Sdr akan siap menjalani kemo ke-6

      semoga Sdr dan ibu tabah menjalani cobaan ini dan tetap semangat dalam berobat

      • Trimakasih dok atas jawabannya,, tp kalo bole,, pa dokter bisa beri resep yang sdemikian itu,, krn sy mau beli aja di apotik terdekat,, karna rumah kami jauh dengan RS, Sdangkan ibu saya waktu operasi dan kemo itu pake ASKES, scr mnyeluruh memang Gratis dok,, tp ada sbagian Obat2an yg G di kasi n sruh beli sndiri krn faktor terbatas,,, mohon maaf Dok,, kalo ngrepotin
        Semoga Doktr di bri Sehat Jasmani-Rohani Amin..,…

      • ya baik insyaAllah nanti saya balas via email saja ya….

  83. salam kenal dokter,sblumnya saya brsyukur krna tlah mnmukan blog yg sngat2 brmanfaat ini..
    Kemudian yg ingin saya tnyakan adalah mngnai penyakit bpak saya (59th) yg d.diagnosa dokter kanker darah jenis acute myelogenous leukemia (AML) Adlah berapa kali bpk sya hrus mnjalani kemoteraphy?? berapa persen kmungkinan ksmbuhannya dan apakah bsa sembuh total??apakah pnykit trsbut adalah pnykit yg sngat brbahaya??bisakah pd saat menjalani kemoteraphy di selingi dengan obat2an herbal sprti sarang semut atau jus manggis xamthone plus??

    • Yth Sdr Agung Anugrah

      Sebelumnya mohon atas keterlambatan jawaban sy…begini untuk kasus kanker darah sebaiknya ditanyakan langsung ke spesialis penyakit dalam konsultan hemato-onko di kota anda.
      Untuk masalah herbal yang saudara sebutkan silahkan saja dikonsumsi ndak apa2 meskipun digabung dengan kemoterapi standar jg ndak ada masalah, malahan efek sinergi yang timbul dari penggabungan 2 macam terapi tersebut.
      Mudah2an ayahanda Sdr diberi ketabahan dan proses terapi berjalan dengan lancar, amiiinnn

  84. Askum,,, siang Dok,,, mana kok G da blasan Dari Doktr,, skrg yg saya tanyakan lagi dok,, sy skrg mngalami penyakit KUSTA Tingkat MB dan Pengobatan uda kurang lebih 6 BULANAN,, Yg sy tanyakan Dok,, kpn bisa sembuh dan pa da pengobatan cpat,,, krn sy denger bisa mencapai 2 tahunan,,, trimakasih Dok,,, sy tunggu jwbanny,, Afwan Mengganggu Aktifitas Doktr,, Wassalam,,,!

  85. dok, saya ingin bertanya, kuranglebih 3 minggu yg lalu saya terjatuh dan mengalami memar dibagian lutut namun terdapat benjolan kecil di lutut saya yg belum hilang sampai skrg dan terasa sakit jika ditekan, kenapa ya dok?

    • Coba di foto ronsen dulu saja…supaya jelas apa itu benjolan pasca trauma

    • asalamualaikum mba cindi…..saya ningsi
      mba… mau tanya… benjolan dilututx itu dah hilang belum……???

      soalnya 11 hari yang lalu saya kecelakaan dan ada benjolan dibawah pipi tempat memar terjadi…
      soalnya saya sangat kuatir mba…..
      tolong dibalas yah mba……
      tolong……

  86. pak dokter saya mau bertanya, mengapa terjadi pembengkakan di daerah ginjal kanan sampai 6 kali lipat meyelimuti, ketika di ronsen .apakah mungkin bisa seperti itu dok???
    trima kasih,

    • Saya sarankan utk melakukan pemeriksaan CT SCAN Aabdomen supaya kondisi sebenarnya ginjal lebih jelas karena pemeriksaan CT ini merupakan gold standar utk kasus tumor dalam Perut , mudah mudahan bisa menjawab rasa penaasaran sdr .

  87. amin.
    Terima kasih dokter atas jawaban’y
    Tuhan memberkati

  88. Siang dok,
    Ipar saya (laki2, 32thn) mengalami cedera saat futsal ±1bln lalu (ini pertama kalinya dia main futsal). Pergelangan kaki kanannya tidak sengaja ditendang oleh partnernya. Pertama dipikir keseleo/cedera otot biasa, shg dia pergi urut dan setiap kalo diolesi counterpain, dan painkiller spray. Saya baru tau hari ini ternyata ipar sy baru ke dokter, dan divonis rupture archilles dan disarankan terapi pembedahan. Ipar saya takut dan berusaha mencari 2nd opinion, apakah ada alteranatif terapi selain pembedahan, dok? Jika memang harus operasi, standar prosedurnya seperti apa? (Garis besarnya saja jika tidak merepotkan).
    Terima kasih dok..

    • Bila memang benar tlh tjd ruptur tendon achiles memang sebaiknya dioperasi krn tendon its besar Dan penting utk pergerakan kaki . Utk operasi nya ya dibuka diatas tendon lalu disambung dgn benang khusus Dan tennis khusus , smg bias menjawab rasa penaasaran sdr, ammiin

  89. dok,saya mau tanya tentang patah tulang pada pergelangan tangan dan paha kanan. nama saya tyas anita umur 23th,perempuan.
    saya mengalami kecelakaan pada tanggal 14 sept 2012,saya mengalami patah tulang paha dipasang pen dan tangan sebelah kanan tulang hasta dan pengumpil patah dua2nya,dan dipasang pen ditulang hasta sedangkan ditulang pengumpil dipasang semacam kawat yang diikat.
    alhamdulillah,untuk tulang paha tidak ada keluhan sekarang sudah belajar berjalan dengan tongkat,yang saya tanyakan adalah
    1.kapan kaki saya bisa berjalan dengan normal??
    2.tangan saya terasa kaku dan sakit bila digerakkan,apalagi tangan saya cuma bisa muter sedikit,apa tangan saya bisa balik kayak dulu lagi dok??bisa muter2 karena saya mengalami kesulitan dalam beraktifitas karena tangan saya kaku
    3.apa saya perli untuk di fisioterapi dok,agar bisa mengembalikan fungsi tangan saya,mengingat saya adalah seorang teller.
    saya berharap dokter memberikan pengetahuan kepada saya.
    terima kasih

    • Mohon maaf mbak anita baru bisa jawab hari minggu ini….
      Tentang pertanyaan mbak….begini jawaban saya:
      1. untuk kaki sebenarnya sudah bisa dipakai berjalan normal, mengingat operasi seduh september yang lalu dan telah dilakukan pemasangan plate di tulang, shg proses penyembuhan menjadi lebih cepat.
      2. untuk tangan yang kaku…saran saya lakukan fisioterapi dan mintalah obat-obat pelemas otot supaya pergerakan tangan tidak kaku…coba dibantu dengan dikompres air hangat 3x sehari…mudah2an bisa membantu
      3. fisioterapi perlu mbak…apalagi tugas mbak sebagai customer service.

      • maaf dok,baru membaca balasan dokterr
        saya sudah menjalankan perintah dokter untuk menjalani fisioterapi dan sudah saya keluhkan kalo jari kelingking + jempol saya it kebas akhrya dikter terapi ngasih tindakan terapi yang dipanas i it dok,,alhamduliilah sekarang saya sudah mulai baik gak terlalu kebas lagi,tetapi tangan saya masih belum bisa muter dok,,pa nanti bisa muter dok??

  90. dokter aleq YTH
    saya seorang ibu rumah tangga dengan seorang anak yang berumur 9bl (BB 5,2kg) dengan kelainan hirschprung disease (HD) yang dijadwalkan kolostomi bulan desember besok
    yang ingin saya tanyakan ada 2
    1. adakah celah bagi seorang pasien HD untuk normal secara konvensional (tanpa operasi apapun :-D) karena jujur sebagai ibu saya belum siap mental mengantarkan anak ke meja operasi
    2. jika nanti saya (terpaksa) siap membawa anak menjalani kolostomi,persiapan apa yang harus saya lakukan berkaitan dengan fisik si kecil?apakah beberapa hari sebelumnya harus dikurangi asupan makannya?karena saya dengan sebelum operasi anak harus puasa dulu (ini salah satu hal yang membuat saya tidak sampai hati)..apa yang terjadi jika kami”curi2″ kesempatan memberikan minum sedikit karena tidak tega?
    semoga dokter berkenan menjawab kecemasan saya ini
    terima kasih

    • Sebelumnya saya turut prihatin atas apa yang menimpa putra ibu, jawaban saya sbb:
      1. sampai saat ini belum ada terapi HD tanpa operasi mengingat ini adalah kelainan bawaan dimana saraf usus tidak terbentuk.
      2. untuk anak yang akan operasi memang diharuskan puasa minimal 4 jam…saya sarankan ibu taat dan patuh pada petunjuk dokter anestesi demi keselamatan putra ibu selama tindakan pembiusan.
      Sabar ya bu…semoga operasinya nanti berjalan lancar…amiiinnnnn

  91. Assalamu’alaikum wr.wb,,
    Dokter Aleq,terima kasih sebelumnya,,
    Saya Vivi, 27 tahun,,tanggal 18 September 2012 mengalami kecelakaan motor sehingga menjalani luka jahitan pada kaki kiri. Keterangan dari dokter yang menangani, hasil rontgen normal dan lukanya lumayan dalam, secara keseluruhan tidak masalah dan sudah diperbolehkan pulang serta tunggu proses penyembuhan. Konsumsi obat asam mefenamat, amoksisilin dan multivitamin. Kondisi saat itu mulai dari betis sampai telapak kaki bengkak, dan telapak kaki miring sekitar 45o, anjuran dokter agar terus digerakkan agar sendinya tidak kaku. Mendekati 2 bulan saya bisa belajar jalan tanpa menggunakan tongkat walau posisi telapak kaki masih miring. Saya telah menjalani fisioterapi 6 hari berturut – turut. Merasa penasaran karena kondisi kaki saya masih bengkak dan miring setelah dirontgen ulang (2 November) hasil bacaannya dari dokter Sp.Rod “Ukuran tulang pembentuk sendi normal. Sela dan permukaan sendi talokruralis normal, tampak fragme tulang posterior medual talius. Susp fraktur talus”. Setelah konsultasi ke dokter Sp.OT, diketahui bahwa ada tulang yang patah dan tendon yang putus (dislokasi pada tulang). Menurut keterangan dari beliau mestinya sejak penanganan awal kaki saya dipasang gibs. Saat ini diajurkan untuk menggunakan sepatu koreksi (AFO) dan konsumsi obat ossein hydroxyapatite 800mg dan eperisone HCl 50mg. Jika belum berhasil maka akan dioperasi.
    Dokter, jujur saya kurang paham dengan bacaan rontgen tersebut. Dan mendengar kemungkinan akan dioperasi, saya cemas, tidak bisa jalan normal lagi. Untuk bisa jalan normal apakah membutuhkan waktu yang lama? Dan apakah pergi ke tukang pijat merupakan salah satu alternatif pengobatan yang baik?
    Semoga dokter berkenan memberi penjelasan, terima kasih,,wasalam.

    • waalaikum salam wr wb

      seharusnya hasil bacaan itu ditanyakan ke dokter Sp OT nya , tapi ndak apa2 akan coba sy jawab , maksudnya foto rontgen itu adalah bhw tulang sendi kaki yg patah adalah tulang talus yg berhubungan lgs dg tulang betis /tibia . menurut sy lebih baik diikuti sj saran dari Sp OT, bila tdk berhasil dgn AFO memang lebih baik dioperasi Karena tendon itu jaringan yg susah nyambung sendiri dan Bila tdk disambung kaki akan miring terus dan susah berjalan .

      • terima kasih penjelasannya dok,,
        tapi apakah dengan penggunaan AFO dan konsumsi obat saja kecil kemungkinan untuk normal kembali,atau memang sebaiknya segera dioperasi? berhubung kejadiannya sudah lebih 2 bulan. kemungkinan sembuhnya bagaimana Dok?
        maaf karna banyak bertanya, semoga Dokter selalu diberi kesehatan oleh YME, dan sukses selalu,,terima kasih, wassalam

  92. Ass, wr, wb..

    Dok, saya mau tanya, di belakang lutut kiri saya (lipatan antara paha dan betis) muncul benjolan agak keras tp tdk gerak. Ketika ditekan rasa nyeri tdk ada. Benjolan itu sdh seminggu ini dan tdk ada perubahan. Apakah benjolan itu merupakan peradangan otot krn efek olah raga atau apa ya Dok? Selain itu sudah lama saya ada keluhan lutut srg ngilu/sakit kalau sdg jalan menuruni tangga. Umur saya 30 th, perempuan, pengobatan selama ini hanya diolesin salonpas cream dan belum periksa ke dokter sama sekali.
    Apakah benjolan itu berbahaya Dok?

    Wass, wr, wb.

    • Waalaikum salam Wr Wb.

      Melihat cerita singkat mbak fahmi…kemungkinan itu suatu baker cyst atau kista akibat cairan sendi keluar dari tempat asalnya, mengingat mbak sudah ada keluhan sering ngilu di lutut sejak lama….saran saya segera periksakan ke dokter terdekat untuk memastikan apakah benjolan itu?

  93. assalamualaikum wr.wb
    saya wanita berumur 29 thn, saya baru menjalani operasi caesar karena hamil diluar kandungan, sekarang masih 5 hari setelah operasi.
    pertanyaan saya
    1. menu apa saja yang harus saya konsumsi setiap hari untuk mempercepat penyembuhan luka ?
    2. ada saudara yang menyarankan untuk meminum ekstrak binahong,bolehkah meminum obat tersebut padahal kita masih meminum obat resep dari dokter ?
    3. susu yang kita minum haruskah yang khusus untuk pasca oprasi?
    trimakasih atas perhatian dan jawabannya dok, wasalam

    • waalaikum salam,
      1. makanan pasca operasi tidak ada yg khusus kecuali operasi ttt Dan kondisi khusus, jadi utk but dian silahkan makan apa sj yg penting halal alias tdk ada pantangan apapun, terutama protein lebih banyak utk membantu proses penyembuhan.
      2. obat dari dokter diminum sj nanti bisa diberikan yg lainnya.
      3. tidak perlu susu khusus, ibu makan spt biasanya sj, hanya protein hewaani diperbanyak .
      semoga cepat sembuh, amin

  94. Selamat siang dok.
    Langsung saja, tgl 16 okt 2012 kemarin bapak saya (61 th) habis operasi tumor di usus halus. Ususnya sudah bagus cuma sampai sekarang Luka sayatan diperut gak kunjung nempel jaitannya lepas terus padahal sudah dijait 2 kali. Saat ini saya masih di RSUD Batang, kata dokter yang menangani (dr. Muryanto) lepasnya jaitan dikarenakan bapak sering batuk (saat batuk perut jadi besar) dan itu tidak masalah nantinya lukanya akan nutup sendiri tapi butuh waktu lebih lama.
    Yang ingin saya tanyakan apakah benar kata dokter tersebut.
    Terimaksih

    • Selamat siang,

      Jahitan luka yang lepas pasca operasi memang bisa lepas oleh beberapa sebab salah satunya adalah batuk yang hebat dan dalam, karena bila batuk pasti tekanan dalam perut akan meningkat dan luka yang belum sembuh sempurna bisa terbuka kembali (dehiscens). Mudah2an bisa menjawab pertanyaan Saudara.

  95. terimakasih penjelasannya dok.
    jika rawat jalan kira2 gimana cara dan obat apa saja yang diperlukan untuk membersihan luka yang masih ngebuka tersebut

    • Proses penyembuhan untuk luka yang sudah terbuka menganut proses “secondary wound healing” dimana akan tumbuh jaringan granulasi bahkan parut, proses ini membutuhkan waktu lama tgt kebersihan luka dan gizi pasien, kompres selalu luka dengan cairan steril (Normal saline 0.9%) dan tutup dengan kassa steril lembab. mintalah petunjuk kepada dokter ahli bedah di kota anda untuk memberikan obat-obatan baik oral maupun topikal untuk membantu proses penyembuhan luka yang sudah terbuka.

  96. selamat malam , saya mau tanya ni , sudah sekitar 2,5 tahun ini saya sering mengalami sakit kepala pd bagian belakang, kekebalan tubuh menurun , mudah banget sakit , terus penglihatan semakin hari semakin kabur , itu harus bgaimna ya ? apa harus rontgen ?

    • saran saya sebaiknya Sdri konsul ke ahli saraf dan ahli mata supaya segera dilakukan pemeriksaan penunjang diagnosis yang tepat, mengingat mata sangat vital bagi kehidupan kita.

  97. maaf dok saya ingin bertanya, sekitar 2-3 bulan lalu 3 jari tangan saya yg bagian dalam terkena sayatan pisau, kemudian dijahit di dokter umum.. tapi kenapa sampai sekarang walaupun kulit luarnya sudah bagus lagi tapi fungsi jari2 tangan saya tidak normal yaitu tidak bisa menekuk dengan sempurna ‘hanya bisa bengkok sedikit’ dan juga masih terasa nyeri jika saya paksa untuk di bengkokkan ‘dikepal’ apakah wajar?? mohon tanggapan dokter, terimakasih sebelumnya

    • Yth Sdr. HAstomo

      Berdasarkan cerita Sdr ada bbrp kemungkinan yang bisa terjadi:
      1. ketika tersayat pisau ada sebagian tendo (penghubung antara otot dan tulang) yang putus sehingga jari-jari susah digerakkan
      2. tendon tidak putus namun luka cukup dalam dan proses penyembuhan terjadi jaringan fibrotik di lapisan dalam kulit sehingga menimbulkan perlekatan antara tendo dan jaringan sekitarnya —> akhirnya tendon susah bergerak.

      Sdr bisa konsultasi dengan ahli bedah di kota Sdr untuk mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif, semoga bisa menjawab pertanyaan Sdr.

  98. Yth. Dokter,
    Ayah saya, usia sekarang 73 tahun sdh 2x operasi wasir (terakhir operasi sekitar tahun 2004). Kini mengeluh tonjolan dari dubur sering keluar lagi, bahkan frekuensi bleeding sering. Terakhir pingsan krn HB cuma 7 sampai hrs rawat inap. Dokter spesialis bedah digestive mengatakan bhw ayah saya menderita prolabs dan disarankan bedah stapling. Menurut dokter bagaimana resiko operasi ini utk ayah saya yg sdh berusia 73 tahun dan apakah sebaiknya saran dokter tersebut saya turuti mengingat ayah sering sekali berdarah setiap BAB. Atas penjelasan dan masukan dari dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Yth Mbak Niken

      Untuk kasus Ayahnya mbak, memang sebaiknya dilakukan stapling, disamping hasilnya lebih rapi pun juga mengurangi rasa nyeri pasca operasi, untuk risiko operasi insyaAllah minimal, asalkan hasil laboratorium baik.
      Kalau berdarah terus-menerus, menurut saya sebaiknya dilakukan operasi saja (dgn stapler), mengingat perdarahan yang terus menerus apalagi di usia akan sangat tidak bagus bagi organ-organ vital.

  99. selamat malam dokter.mohon maaf dokter tangan saya kan putus waktu kecil jari manis sebelah kanan dan di amputasi apakah ada metode medis untuk menyambunbung tangan saya yang sekarang bumtung ini…terima kasih

    • Mas agus…saya sarankan Sdr untuk langsung berkonsultasi dengan ahli orthopedi di kota anda….sekedar informasi bahwa untuk saat ini yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan jari buatan (prothesis)…untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan berkonsultasi dengan SpOT

  100. selamat mlm Dok. Sy baca postingan di atas bahwa ruptur tendon achiles harus operasi y Dok? Tendon achiles sy robek partial karena kecelakaan (1 Nov), tadinya dikira hanya memar (krn hasil ronsen di IGD normal), namun karena tidak membaik maka 3 minggu kemudian sy ke dokter spot dan disarankan USG otot. Akhirnya diketahui bahwa tendon tsb sobek partial. Dokter menyarankan operasi. Namun karena 2 minggu setelah itu sy ujian di kampus, sy menunda operasi dan dokter mengijinkan. Selang 2 minggu setelah sy selesai ujian, sy ke dokter lagi. Namun setelah diperiksa (digerak-gerakan, disuruh jalan, dsb) dokter bilang kalau perkembangannya sudah bagus. Lalu dokter bilang tidak usah operasi saja kalau begitu. Saya juga bertanya apakah nanti bisa lebih baik dari kondisi sekarang dan dokter bilang bisa. Untuk sekarang saya disuruh latihan naik turun tangga. Naik tangga tidak masalah, namun untuk turun masih belum bisa karena kaki bagian betis masih belum bisa menekuk sempurna. Sy lega bahwa sy tidak jadi operasi namun masih mengganjal jg krn dari referensi yg sy baca, kebanyakan memang memerlukan operasi. Apakah menurut dokter, tanpa operasi, cedera tendon achiles memang bisa sembuh sendiri walaupun lama? trima kasih.

    • Selamat pagi mbak Ikasari

      Sebaiknya anda operasi saja untuk mnenyambung tendon yang ruptur mengingat tendo itu penting untuk pergerakan kaki. Tendon achiles adalah tendon yang besar dan sedikit sekali perdarahan disanan sehingga bila ia mengalami cedera atau ruptur akan cukup lama untuk sembuh, jadi sebaiknya dioperasi saja, toh operasinya simple dan tidak terlalu membuka jaringan banyak.

  101. Selamat Malam Dok, saya mau tanya, anak perempuan saya dari lahir ada benjolan kecil di bawah lengan sebelah kanan, sy coba periksakan ke laboratorium untuk di foto/CT scan, dan hasilnya adalah tulang2nya bagus, tetapi sangat dicurigai soft tissue mass,
    pertanyaan saya:
    Apakah ini sangat berbahaya dok?
    Apakah benjolan tersebut akan bisa membesar?(sejauh ini usia anak saya 6bulan, benjolannya masih sama ukurannya)
    Bagaimana cara menyembuhkannya dok?
    Apakah dengan bedah dapat menghilangkannya dok?
    Usia berapa yang pas untuk dilakukan bedah tsb dok?
    Maaf pertanyaan saya banyak sekali, karena saya kuatir sekali dengan anak saya (anak pertama saya dok).
    Terima Kasih dok, saya tunggu jawaban dokter.

    • Selamat pagi ibu Atiek

      Benjolan yang ada dilengan putri ibu sebaiknya dilakukan biospi baik dengan cara eksisi (operasi kecil) atau biopsi jarum halus (FNAB) dimana tujuan biopsi tersebut adalah untuk mengetahui jenis tumor yang ada dilengan putri ibu.
      Setiap benjolan di tubuh kita yang abnormal baik jinak apalagi ganas, bisa berpotensi bertambah besar, meskipun untuk tumor jinak kecepatan membesarnya lambat.
      Sebetulnya untuk usia (saat ini 6 bulan), tidak ada masalah, namun ibu bisa menunggu perkembangan tumor tersebut sampai usia anak 1 tahun, apakah tetap atau bertambah besar.

  102. ass.wr.wb
    umur saya 19th , laki2 , saya mau konsultasi , tentang sakit saya , saya baru operasi jari , jari manis saya putus sktr 2,5 cm . trus apakah sisa jari manis saya masih bisa digerakan ? atau masih bisa menggegam/diteku ?

    • waalaikum salam wr wb

      Mas bayu ndak usah kuatir sisanya masih bisa digerakkan karena saya yakin tenndon otot masih ada, jangan lupa fisioterapi ya mas.

  103. Dok, saya baru saja melakukan operasi lepas pen pada tangan kiri saya yg patah setahun lalu,,pd tangan kiri saya trjadi patahan pada tulang besar dan tulang kecil’a.saat dilepas pen tulang besar’a sdh tersambung dengan sempurna,tetapi tulang kecil msh ada retakan bahkan disamping patahan tsb trjadi pengikisan tulang sehingga dokter OT mencangkok bagian yg terkikis itu dengan tulang sintetis..yg saya tanyakan mengapa tulang kecil saya mengalami hal sprti itu dok? Apa penyebabnya? Dan apa ini berbahaya. Terima kasih

    • Memang ada beberapa komplikasi dalam proses penyembuhan tulang diantaranya delayed union atau proses penyembuhan yang lambat, hal ini disebabkan beberapa faktor seperti: a. fragmen fraktur yang tidak baik (tulang pecah berkeping-keping sehingga aposisi tidak bagus), b. infeksi, c. nutrisi/gizi yang buruk dan masih banyak lainnya. Mbak utami tidak usah kuatir, khan sudah dilakukan bone graft…mudah2an tulang yg terkikis bisa tumbuh kembali, yang penting makanan harus bergizi dan banyak mengandung kalsium, mintalah obat-obat suplemen kalsium kepada dokter anda dan saya yakin pasti ahli ortopedi-nya sudah memberikan obat tersebut.

      • dok,kasus di atas mirip dengan kasus saya tapi saya belum lepas pen bru berjalan 4 bulan pemasangan pen nya. pada tgl 27 des 2012 saya foto rongsen ingin melihat perkembangn tulang saya,alhamdulillah sudah terlihat menyambung tetapi masih blm penuh…tulang hasta saya di pasang pen dan tulang pengumpil saya di pasang pen juga tetapi bentuknya seperti kawat.pa boleh pelepasan pen kurang dari satu tahun??
        karena tangan saya sering terasa nyeri soalnya dekat dengan sendi sktr 1cm dari sendi saya dok??
        saya tkut akan terjadi kaku apabila menunggu 1 tahun lagi,mengingat tangan saya blm bisa muter secara full cuma 90 derajat ja…mohon petunjuknya dok…terima kasih

  104. dok, saya pria umur 20 tahun, payudara saya terlihat tidak normal, agak besar dan mancung.
    1.apakah saya kena ginekomastia ?
    2.ke dokter ahli bagian mana saya harus konsultasi ?
    3.apabila diambil tindakan bedah, berapa biaya nya ? sy tinggal di bandung
    terimakasih

    • Selamat malam mas adit, saya akan menjawab pertanyaan sdri:
      1. kemungkinan ya anda kena kelainan tersebut
      2. sebaiknya konsultasi dulu ke ahli bedah di kota anda, bisa juga ke dokter ahli andrologi
      3. biaya tergantung masing2 RS dan kelas perawatan yang dipilih, kalo Sdr tinggal di Bandung bisa datang ke RS Hasan Sadikin di poli spesialis bedah plastik di samping UGD RSHS

  105. Salam dokter ,
    Saya mau nanya tentang baker cyst yang saya derita, ada nggak dok cara penyembuhan selain operasi atau dengan cara apa supaya benjolan di belakang lutut saya bisa hilang dok? Trus baker cyst klu di biarkan bisa tambah besar dan berbahaya nggak dok
    Salam
    Indra

    • waalaikum salam

      Saran saya sebaiknya dioperasi saja karena tidak ada obat yang bisa menghilangkan penyakit tersebut, dan memang semakin lama semakin membesar akibat tekanan dari berat tubuh mas indra, mudah2an bisa menjawab

  106. Dokter saya mau tanya.. saya laki2 berumur 35 tahun mengalami Fraktur mandibula dirahang kanan dan kiri dan mengalami operasi diMakassar menggunakan bedah plastik dan menggunakan plat atau pen titanium, sudah jalan 2 Tahun baru sekarang sebelah kanan terasa nyeri apakah perlu segera pencabutan pen? dan apakah saya bisa melakukan pencabutan pen tanpa bedah plastik lagi?

    • Apabila ada keluhan nyeri dibekas operasi terdahulu sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter ahli bedah di kota Anda supaya dilakukan pemeriksaan lebih detail termasuk foto rontgen untuk mengetahui kondisi terakhir posisi tulang dan plat. Siapatahu nyeri bukan disebabkan dari plat/pen namun ada peradangan di lokasi yang berdekatan dengan bekas operasi terdahulu.
      Untuk pencabutan pen harus dilakukan pembedahan….prinsipnya dapat dilakukan oleh ahli bedah yang kompetan….boleh bedah umum, bedah plastik atau yang lainnya asalkan Sdr yakin bahwa dokter yang menolong Sdr sanggup mengerjakan operasi tersebut.

  107. selamat siang dok,,,
    saya mau berkonsultasi mengenai patah tulang tangan saya yans kedua tulang tangan saya dipasang pen antra tulang hasta dan tulang pengumpil saya jaraknya 1 cm dari sendi..
    yang saya tanyakan
    *kenapa tangan saya blm bisa muter secara full?? saya pernah tanya sama perawat fisioterapinya kenapa tangan saya gak bisa muter scr full dia bilang karena ada 2 pen dan saling mengunci mempertahankan posisi masing2,apakah benar seperti itu??
    *apa setelah pen nya nanti dilepas bisa muter full??
    *saya dengar lepas pen itu minimal 1 thn,klo tidak ada 1thn pa boleh dilepas??saya takut klo tidak bisa muter lagi kayak dulu soalnya dekat persendian(takut jadi kaku kalo kelamaan tidak di gerakkan)
    mohon konsultasinya dok,,terima kasih

    • Selamat malam Mbak Anita

      Saya akan coba jawab bbrp pertanyaan yang Sdri ajukan:
      1. tentang lengan yg blm bisa muter scr full….apa yang dikatakan fisioterapis Sdri itu benar….yang penting selalu rajin untuk fisioterapi agar otot-otot lengan tidak kaku dan mengecil.
      2. setelah pen dilepas InsyaAllah bisa muter lagi mbak…jangan kuatir
      3. untuk melepas pen harus dilihat foto rontgen dulu apabila sudah betul2 nyambung tulangnya maka prinsipnya pen bisa dilepas….sebaiknya tunggu diatas 6 bulan….sabar ya mbak.

  108. Ass dok mau pesan CD
    11. BIOLOGI SEL
    15. INTERACTIVE PHYSIOLOGY of HEART
    27. ENGLISH MEDICINE
    31. GET IT BIOCHEMISTRY
    40. INTERACTIVE HUMAN BODY
    45. ACCUPUNCTURE
    48. MAKING BABIES
    62. PHYSIOLOGY OF EYE
    69. SKELETON INTERACTIVE
    80. INTERPRETASI BUNYI JANTUNG PARU
    89. INTERACTIVE PHYSIOLOGY of MUSCULAR
    90. INTERACTIVE PHYSIOLOGY of RESPIRATORY
    bonus
    96. MANAJEMEN ELEKTROLIT
    98. INTERACTIVE ELECTROCARDIOGRAPHY
    sudah kirim email ke bedahunmuh.yahoo.com. dan sdh transfer k BNI
    a/n Hessi Harisawati, Perum. Bumi Batara Gowa blok A-6/8 kab.Gowa Sulawesi selatan
    tinggal tunggu konfirmasinya dok trm kasih

    • Yth Sdri HEssi di Sulsel

      CD pesanan Sdri sudah kami kirimkan dan kami sudah mengirimkan email konfirmasi ke email Sdr, mohon ditunggu proses pengiriman CD ke tempat tujuan Sdri.

      Terima kasih atas kepercayaannya

  109. Assalam,
    Dok, nama saya dwi, saya laki-laki berumur 23.thn, sekitar dua minggu tgl.6 januari kemarin saya mengalami kecelakaan di jalan terserempet dengan mobil dan jari kelingking sebelah kanan saya dislokasi pada sendinya dan ujung jari juga hampir putus karena luka robek, setelah dilakukan operasi hasil diagnosis dokter arteri saya putus dan tendon juga putus total. Tangan saya lalu di gips selama satu minggu dan alhamdulilahnya ujung jari saya hidup kembali jaringannya, setelah dilepas gips saya masih merasa agak nyeri pada kelingking saya dan agak kaku untuk digerakan dan bila digerakan juga minim gerakan yg bisa dilakukan. yang ingin saya tanyakan;
    1. bagaimana fisioterapi untuk kasus kelingking saya dok?
    2. untuk tendon yang putus apakah dapat kembali normal?
    3. lalu apakah kelingking saya yang kaku(tidak bisa lurus total ataupun di tekuk total posisiny) itu hal wajar dan butuh waktu berapa lama hingga kondisi normal lagi?

    berhubung musibah yang saya alami ini masih belum lama, saya ingin sekali tahu bagaimana proses dan cara penyembuhannya agar tidak berlarut-larut dibiarkan saja.

    terima kasih dok ,

    • Wassalamu’alaikum Wr Wb

      1. fisioterapi pada jari-jari adalah dengan menggerakan jari-jari mendekati/menyentuh telapak tangan (flexi-ekstensi), bila terasa nyeri atau mintalah obat-obatan anti nyeri dan muscle relaxant ke dokter Sdr untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.
      2. untuk tendon yang putus kalo sudah disambung insyaAllah bisa normal kembali meskipun penyembuhannya butuh waktu agak lama.
      3. Sdr harus sabar dalam melatih kelingking, kemungkinan tidak bisa lurus total seperti sediakala mungkin ada mengingat jaringan lunak di kelingking pernah cedera dan pasti meninggalkan jaringan ikat disekitar luka, yang penting adanya bahwa luka di jari tidak infeksi sehingga proses penyembuhan berjalan dengan baik. Coba dikompres juga pakai air hangat agar aliran darah ke jari lebih terbuka.

      Semoga Sdr diberi kesembuhan oleh Allah SWT, amiinn

      • Baik dok, terima kasih atas saran dan informasinya. Semoga Allah membalas segala kebaikan anda. Amiin

      • Amiinn

    • Yth mas Dwi

      Mohon maaf atas keterlambatan sy menjawab pertanyaan Sdr.
      1. fisioteterapi cukup dengan menggerakan jari kelingking menyentuh ibu jari, lakukan dengan rutin dan bila sudah bisa gerakkan kelingking menyentuh telapak tangan. Bila terasa nyeri dan kaku mintalah obat-obat anti nyeri dan anti kaku otot kepada dokter Sdr.
      2. penyembuhan tendon butuh waktu agak lama, karena tendon sangat minim pembuluh darah, saran makanan harus bergizi dan high protein.
      3. mas dwi harus sabar mengingat lukanya cukup hebat dan menyebabkan arteri serta tendon putus total, harus bersyukur bahwa jari masih hidup, yang jelas bisa 3-6 bulan dalam proses recovery jarinya mas. Yang penting cegah jangan sampai infeksi dan makan bergizi tinggi.

      • Assalam..

        Dok, ini hasil rontgen terakhir jari saya, ternyata ada dislokasi yang mengakibatkan kelingking saya menjadi kaku dan minim digerakan setelah pembukaan gips tempo lalu, apa salah satu solusinya harus dengan operasi dok? lalu perlukan di pasang pen dalam? Apa resiko dari penyembuhan operasi tersebut?

        Trims

      • waaalaikum salam…

        MEnurut saya sebaiknya di operasi sj agar hasilnya lebih bagus dan difiksasi dengan kawat (IMW) supaya tidak terjadi dislokasi lagi. Asalkan tidak ada infeksi dan gizi bagus insyaAllah proses penyembuhan akan berjalan lancar

  110. Hi there just wanted to give you a quick heads
    up and let you know a few of the pictures aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue.
    I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same results.

  111. dok saya mau tanya adabenjol,an di blakang lidah apa itu peyakit dok trims

    • Yang jelas apabila ada suatu benjolan ditubuh kita yang seharusnya tidak ada, kemungkinan besar itu suatu penyakit. Saran saya segera periksakan ke spesialis bedah di kota Sdr.

  112. assalamualaikum
    dok,kemarin saya habis kontrol rutin tiap bulan k dokter tulang yang mengopersai saya dulu.
    saya patah tulang paha dan pasang pen,sudah 5 bulan jalan 6 bulan dok…saya terkadang jalan tidak memakai tongkat apabila jarak dekat apakah itu aman dok?? tetapi klo untuk jarak jauh saya selalu pake tongkat
    saya kemarin juga menayakan lutut saya terasa nyeri klo buat berdiri setelah duduk terlalu lama,katanya dokter saya itu d sebabkan ukrn paha saya sebelah kanan sdikit kecil dari pada yang kiri sehingga lutut saya kocak (bunyi klek,tetapi setelak bunyi rasanya enakan klo buat berjalan) apakah itu berbahaya dok??
    dokter saya menyarankan agar saya naik turun tangga mengunakan kaki kanan agar ototnya tidak lemas dan mengecil,tetapi saya takut patah lagi dok sebab saya kmrn melkukanya rasanya nyeri,jadi saya bingung harus gmn??
    apakah saya bisa berjalan normal tidak pinjang dok???
    terima kasih…
    saran dari dokter saya tunggu
    wassalamualaikum

    • Waalaikum salam…

      1. Untuk pasca operasi patah tulang paha dan telah dipasang pen selama hampir 6 bulan seharusnya sudah sembuh dan kuat untuk dibuat jalan, mengingat proses penyembuhan tulang tidak melalui proses pembentukan kalus (bila dibiarkan tulang menyatu tanpa operasi).
      2. Bisa jadi bunyi “klek” itu akibat pergeseran sendi yang disebabkan adanya tendon/ligamen disendi lutut yang robek/putus/mengalami laxity. saran saya coba diperiksakan ke dokter lebih detail bila perlu CT scan/MRI. Untuk sementara pasang karet elastic di lutut (dekker) agar tidak tll sering jd pergeseran antar sendi yang menyebabka sendi jadi “aus”
      3. Lakukan fisioterapi yang ringan, yang penting kaki harus sering digerakkan supaya otot-otot tidak mengecil, minta obat-obat penahan sakit dan pelemas otot kepada dokter anda.

      Selalu optimis, memang membutuhkan waktu yang agak lama pasca trauma tersebut. Sabar dan selalu berdoa ya.

      • kira2 pa dok obat penahan sakit dan pelemas otot??
        karena kemarin saya gak di kash obat untuk itu cuma obat ossoral 800 dan CDR saja
        apa fisioterafi kecil yang dimaksud dokter itu naik turun tangga dan bersepeda??? karena dokter saya kemarin menyuruh saya melakukan itu??
        dok,gmn caranya menyamarkan bekas luka (keloid) di tangan saya??karena sakit dan sedikit menonjol
        terima ksih atas konsultasinya dok

  113. permisi dok,numpang tanya…
    kenalan saya jari kelingkingnya putus dan harus dikasih gips
    umurnya sekitas 70-an,kira-kira sembuhnya brp lama dok?trus kira2 berapa harga yang harus dibayar untuk operasi,mohon dibalas…terutama kisaran biayanya!terimakasih dok

    • 1. Sembuh dalam 2-3 bulan
      2. Untuk biaya operasi tergantung masing-masing RS, kalo disuruh memberi perkiraan biaya sekitar 10jt

  114. assalamualaikum dok, sya mau tanya,,bapak saya kusnendar umur 60 tahun baru operasi amputasi 30hri yang lalu biasanya benang jahitannya dilepas lagi pa tidak dok,

    • waalaikum salam…

      Biasanya untuk kasus amputasi pada saat penjahitan luka menggunakan benang yang tidak diserap sehingga harus dilepas apabila sudah kering, terutama apabila menggunakan benang jahit warna hitam pasti dilepas setelah luka kering.

  115. assamualaikum dok, saya mau tanya, bapak saya usia sekitar 60 tahun mengalami nyeri di bagian wajah, rasanya seperti sakit gigi,bahkan wajah seperti ditusuk2. gigi seperti dibor, ud konsultasi ke dokter gigi dan gusi, tidak ada masalah, rontgen juga dtidak ada masalh..ada kemungkinan terkenal trigenimal neuralgia (ada gangguan pada saraf no.5(istilah dokter) selingkuh dengan saraf yang lain)..kira2 dana yang dibutuhkan untuk bedah trigeminal berapa ya dok?kl misalkan tanpa bedah saraf bisa sembuh ngak dengan cara ap?..terima kasih sebelumnya

    • waalaikum salam….
      PEnyakit ini memang sangat menyakitkan akibat iritasi pada saraf trigeminal yang disebabkan oleh berbagai macam seperti tumor atau ggn pembuluh darah, pilihan terapinya sebagai berikut:
      1. tahaap awal bisa menggunakan obat-oabatan Karbamazepin dan Gabapetin, bisa dikombinasi dengan obat-obat anti inflamasi lainnya. Pada sebagian besar kasus, pengobatan medis cukup efektif. Jika pengobatan medis gagal atau terbatas oleh efek samping yang signifikan, maka operasi menjadi pilihan yang baik untuk pasien dengan trigeminal neuralgia, seperti Dekompresi Mikrovaskular, Gangliotomi Radiofrekuensi Perkutan, Chemoneurolysis Gliserol Perkutan, Operasi Pisau Gamma dll.
      2. untuk biaya operasi tergantung dari jenis operasi yang dipilih dan masing-masing RS sudah mempunyai standar biaya sendiri-sendiri. Saran saya konsultasi dulu dengan ahli bedah saraf di kota anda terlebih dahulu untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh ttg penyakit yg dialami oleh bapak Sdr.
      3. dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu termasuk MRI untuk melihat apa penyebab dari trigeminal neuralgia yang dialami Bapak Sdr.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan Sdr

  116. Selamat malam dok.
    Saya mau tanya. Perihal operasi saya, pagi tadi sekitar jam 9 saya dioperasi atau lebih tepatnya bedah mulut akibat gigi bungsu saya.
    Dan sekitar jam 8 malam, secara tidak sengaja jahitan saya sepanjang 2 cm terputus (tidak sadar tau-tau sudah saya keluarkan dari mulut saya). Apakah itu berbahaya/itu kejadian yang alami dok?
    Terimakasih.

    • Selamat malam mas, sebaiknya Sdr segera kontrol ke dokter yang melakukan pembedahan di mulut Sdr. Biasanya jahitan dalam mulut itu dipakai benang yang mudah diserap oleh tubuh, asalkan tidak ada luka operasi yang terbuka di bagian dalam mulut, insyaAllah aman.

  117. Anak sy prempuan umur 2thn,analis dkter megacolon hischprung dease type klasik,d daerah jateng rs mana yg bs nangani,n prakiraan biaya brp?

  118. Sy kelik.Anak sy prempuan umur 2thn,analis dkter megacolon hischprung dease type klasik,d daerah jateng rs mana yg bs nangani,n prakiraan biaya brp? Makasih sblmny.

    • Sdr bisa membawa putri Sdr ke Rs-RS besar di jawa tengah seperti di Yogyakarta atau di Semarang, untuk perkiraan biaya operasi tergantung masing2 RS. Kalo operasi hanya one stage (1 tahap) disiapkan sj biaya sekitar 50juta insyaAllah aman

  119. salam kenal dok. saya irma, mahasiswa keperawatan di salah satu universitas di sulsel, dok, saya tertarik dgn penjelasan2 dokter yg mudah dimengerti. bolehkah saya meminta materi2 kuliah dokter yang tertera pada halaman materi kuliah?

    • mhn di kirimkan alamat email sdr, insyaAllah akan saya kirim

      • med148_gotten@ymail.com
        makasih sebelumnya dokter.. sukses selalu dalam pelayanannya

      • sama-sama ya

      • mohon maaf dok, materi kuliahnya belum sempat dikirim ya?

  120. Yth. Pak. dokter

    Ass. Wr. Wb.
    Saya Ruspan Umur 52 tahun, sebulan yang lalu saya kecelakaan yang mengakibatkan tendon archiles kaki kanan saya putus menurut pemeriksaan dokter dan dokter menyarankan untuk operasi guna merekonstruksi tendon terebut. Adapun keluhan yang saya rasakan sekarang adalah nyeri pada tendon (pergelangan kaki kanan). pertanyaan saya apakah :
    1. tendon yang putus tersebut dapat disembuhkan tanpa operasi
    atau dapat tersambung kembali;
    2. Obat apa yang harus saya konsumsi untuk penyembuhan tendon
    tersebut.

    Demikian atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam

    Ruspan

    • Waalaikum salam

      Sebaiknya di operasi untuk menyambung tendon yang putus, karena tendon termasuk salah satu organ yang sulit untuk tersambung mengingat jumlah darah yang menuju tendon sangat sedikit, apalagi tendo yang putus adalah tendon achilles, tendon ini penting untuk pergerakkan otot-otot daerah betis.

      Semoga bisa menjawab

  121. asalamualaikum dok… umur saya 19 tahun… saya baru selesai kecelakaan dan mendapat sedikit jahitan diatas alis kiri dan tepat memar dibawah mata.

    tapi setelah 10 hari, didekat jahitan masi sdikit mati rasa dan tepat dibawah memar terbentuk daging yang sdikit mengeras…
    apakah ini wajar dok? jika tidak apa yang harus saya lakukan?
    apakah ini terjadi penyumbatan darah?

    tolong dibalas dok…. karena hal ini mengganggu pikiran saya saat kuliah……makasi sebelumnya dok…

    • waalaikum salam wr wb.

      saya akan coba jawab pertanyaan saudara:
      1. untuk mati rasa di bekas jahitan, insyaAllah akan berkurang dalam beberapa minggu kedepan karena saat ini masih dalam proses radang dan masih terjadi pembengkakan sehingga saraf yang ada disekitar luka juga ikut berkurang sensitifitasnya.
      2. mengenai teraba keras di bawah jahitan, hal itu karena terbentuknya jaringan ikat ditempat jahitan dibawah kulit.

      Mudah2an bisa menjawab

      • terimakasi banyak dok…..jawabannya sangat membantu

        terus dok saya ingin bertanya lagi dok….
        1. kenapa sampai sekarang memar yang berwarna biru itu belum hilang total dan membentuk daging….Meski belakangan dah mulai mengecil. Apakah faktor makanan juga ikut mempengaruhi???

        2. mana yang benar dok… saat terjadi memar dan peradangan begini di kompres pake air dingin atau air hangat ya dok??????

        saya sangat kuatir dok dengan daging yang mengeras dibawah tempat memar, karena sebelum ini saya pernah melihat kasus memar yang tak menghilang bertahun- tahun dan membentuk daging…..

        maaf sebelumnya udah banyak bertanya dok……

  122. selamat malam dokter Aleq
    maaf mengganggu waktu-waktu pelayanan dokter yang tentunya sibuk
    saya irma, yang beberapa hari yang lalu meminta izin untuk mendownload bahan kuliah PSIK. apakah bahan kuliah yang saya maksud sudah dapat dikirimkan?
    juga kalau boleh saya minta bahan tentang tumor mamma. kemarin dapat tugas tentang tumor mamma.
    terima kasih sebelumnya dokter

    • mohon sabar menunggu ya dik irma

      • baik. terima kasih dokter Aleq

  123. assalamualaikum ,,saya rizky 1 bulan lalu saya kne musibah kclakaan yang menyebabkan jaru telunjuk tangan saya hilang 1 ruas ..sy mau tanya apa bisa tumbuh lagi dok..terima kasiih

    • apa bisa daging nya tumbuh lagi dok..minimal

      • wassalamu’alaikum wr wb

        mhn maaf mas untuk jari yang sdah hilang saat kecelakaan (Traumatic amputasi) tidak bisa tumbuh lagi

    • waalaikum salam, mohon maaf mas jari yang sudah teramputasi saat kecelakaan tidak bisa tumbuh lagi

  124. Siang dok,

    Saya winda. Sejak november 2012, ASI saya mengalami penyumbatan (2 hri tidak menyusui krn anak saya sakit) yang menyebabkan payudara saya (kiri) bengkak sampai sekarang. Oleh dokter laktasi dan dokter bedah saya didiagnosis Galactocele. Sejak november saya sudah berusaha melakukan berbagai treatment untuk bisa memompa asi saya, baik dengan pijat, kompres panas dingin, pompa dengan breastpump electric dan tngan, serta terapi ultrasound dan tents. tapi tetap tidak ada cairan asi yang keluar. Saat ini payudara saya sangat bengkak bahkan (maaf) putingnya sampai tertarik ke dalam. Rasa nyeri yang sangat hebat dan tidak ada cairan asi yang keluar. yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah penyembuhan hanya dengan insisi dan drainase mamae dok?
    2. kalo iya, berapa lama kira2 waktu yang dibutuhkan untuk operasi dan recovery nya?
    3. apa ini sudah mastitis ya dok (tapi permukaan kulit payudara saya tidak merah, hanya keras sekali)
    4. saat ini saya sedang mencoba terapi hebal dengan minum daun pepaya, temulawak dan bawang dayak. menurut dokter herbal saya, lama kelamaan bengkaknya akan larut dan melunak. Apakah mungkin ya dok, sumbatan ini bisa lunak secara alami.

    Mohon penjelasannya ya dok.
    Terima kasih sebelumnya.

    • Malam mbak Winda, mohon maaf baru sempat jawab.
      1. ya betul tindakan bedah harus dilakukan bila ASI tidak bisa keluar dengan berbagai manipulasi (berupa insisi drainase)
      2. operasi hanya 15 menit, setelah operasi 1-2 hari bisa rawat jalan, tergantung kondisi
      3. mudah2an belum, makanya segera dilakukan pengeluaran ASI karena rentan terinfeksi bakteri terlebih apabila mbak Winda mengalami infeksi di tempat lain.
      4. lebih baik di operasi saja mbak Winda

      Mudah2an bisa menjawab

  125. malam dokter,mau tanya benjolan yang ada di bawah ketiak saya dari kecil hingga sekarang tetapi akhir-akhir ini saya merasakan sakit dan merah pada benjolan tersebut,solusi yang paling tepat apa dokter dan seandainya dilakukan operasi kecil kira-kira biayanya berapa,trimakasih

    • pagi mas alexander

      menurut saya sebaiknya dilakukan pembedahan berupa eksisi tumor setelah itu dilakukan pemeriksaan patologi anatomi untuk dapat diketahui jenis tumornya. untuk biaya operasi tergentung besar kecilnya tumor dan masing2 RS. lebih aman siapkan saja sekitar 2 juta, mudah2an sudah cukup termasuk obat2an pasca operasi

  126. trimakasih dokter atas masukan tentang penyakit saya,sukses selalu

  127. asslmkm pak doktr,,sya Rani umur 22th,
    dr.,masalah gak sih oprasi lepas pennya berbeda dengan dr.bedah yg masang pen sbelumnya??kemaren sya oprasi di jawa dan prawatan di daerah sya, dr. sana bilang gak masalah jika sya siap dilepas disana, tp pndapat banyak yg bilang kalo mau hasil sempurna kmbali saja ke dr.bedah yg masang.
    sya mau tanya dr. dgn hsil pmriksaan fto cruris dekstra AP/lateral sya,,
    [tampak union fraktur pd 1/3 distal os tibia dan os fibula knan yg trpasang P-S fikasasi,aposisi dn kedudukn baik, callus (+), trabekulasi tulng baik, prmukaan dn celah sendi tmpak baik, tak tmpak soft tissue massa/swelling.]
    ini maksudnya apa dr.??apa kondisi tulng sya sudh pulih n bsa dilepas??dan soal jahitannya dr.,jahitan dengan lem itu bagus mana y dok??mau kita kan gak terlalu terlihat bekas jahitanya??
    trimakasih dr.aleq

    • waalaikum salam wr. wb.

      1.arti dari foto rontgen adalah bahwa patahan tulang telah menyambung dengan baik
      2. untuk pelepasan plate boleh sama dokter bedah yang berbeda, ndak apa2, ilmunya sama kok
      3. untuk pejhitan luka pasca operasi apakah jahitan atau lem insyaAllah sama bagusnya, kalau tidak ingin ada bekas luka minta saja kedokternya untuk dijahit dibawah kulit supaya bekasnya tidak kelihatan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa ada tidak bekas operasi bukan hanya ditentukan dari teknik penjahitan saja, namun banyak faktor termasuk penderita sendiri.

      mudah2an bisa menjawab pertanyaan Sdri, amin

  128. assalamualaikum,,
    Saya cahya umur 27 , seminggu yg lalu jari kelingking sya putus(ruas tengah) tinggal kulit sedikit sm pembuluh darah tinggal 1(kt dokter) karena tergencet motor .terus disambung tp otot sm pembuluh darah yg 1 nya tidak disambung .skarang ini ujung jari sya bengkak dan kadang kerasa nyeri dan sperti kerasa agak panas sampai satu telapak tangan dan 2 hari kemarin benangnya itu sangat terasa sekali tp sekang sdh tidak(benang hitam kyk benang buat sol sendal), wkt kemarin ganti perban ada nanahnya di perban .saya di kasih resep obat meloxicam ,zegavit sama cepspain(tp di ganti CEPIXIME krn harganya kemahalan untuk saya)..
    Yang mau saya tanyakan , apakah semuanya itu normal dan kira-kira berapa lama jahitan bisa dibuka dan saya bisa sembuh total ?,
    Apakah obat yang saya minum sudah tepat , atau dokter punya alternatif obat yang lain ?,

    Terimakasih dok , mohon penjelasannya ..

    • waalaukum salam mas cahya

      trauma yang Sdr alami memang cukup berat mengingat jari kelingking hampir putus dan pembuluh darah juga ikut putus, meskipun ada sebagian kulit yang masih nyambung. kehidupan ujung jari kelingking Sdr sangat tergantung pada pembuluh darah diatasnya karena sifatnya vaskularisasinya adalah “end artery” sehingga apabila tdk nyambung dengan yang diatas maka bagian bawah akan menghitam. namun kita masih berharap bagian kulit yang tidak putus masih ada kolateral / cabang2 kecil yang menuju jari bagian ujung.
      masalahnya sekarang luka keluar nanah berarti ada proses infeksi disitu, luka yang demikian memang akan mengganggu proses penyembuhan, saran sy luka harus dirawat setiap hari 2x (pagi dan sore) untuk mengeluarkan nanah mintalah petunjuk dokter Sdr. untuk obat mintalah obat2an yang dapat membunuh bakteri anaerob, seperti metronidazol dll

      mudah2an bisa menjawab

      • alhamdulillah ujung jari tidak menghitam .. untuk penyambungan daging dan tulang kira-kira berapa lama dan buka jahitannya ?, skarang sudah 3minggu tp msh belum di buka jahitannya,msh ada bagian yg belum kering … kalau obat untuk luka agar cepat kering apa ya ?, skarang ini yg di pakai yg bentuknya kaya jaring ,skitar 3hari skali di ganti…

        begini dok ,sodara saya baru saja di cesar , lukanya tidak di jahit tp di LEM .itu aman tidak ya ,hal yg harus di hindari apa dan berapa lama sembuhnya ?, Terimakasih

      • Prinsipnya jahitan luka akan dilepas apabila luka telah kering dan sudah menyambung satu sama lain….mengeai waktu masing2 pasien berbeda.
        Tidak ada pantangan makan dalam proses penyembuhan luka yang penting kaya protein.
        Metode penjahitan apapun asalkan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang kompeten insyaAllah aman, karena mereka telah mengetahui indikasi dan kontraindikasi dalam menjahit berbagai macam luka.

      • alhamdulillah ujung jari tidak menghitam ..
        untuk penyambungan daging dan tulang kira-kira
        berapa lama dan buka
        jahitannya ?, skarang sudah 3minggu tp msh belum
        di buka
        jahitannya,msh ada bagian yg belum kering … kalau obat untuk luka agar cepat kering apa ya ?,
        skarang ini yg di
        pakai yg bentuknya kaya jaring ,skitar 3hari skali di
        ganti… begini dok ,sodara saya baru saja di cesar , lukanya
        tidak di jahit tp
        di LEM .itu aman tidak ya ,hal yg harus di hindari apa
        dan berapa lama
        sembuhnya ?,
        Terimakasih

  129. Selamat Siang Dokter. Saya Harry. Kmrn saya kecelakaan. Jari tengah & manis tangan kanan saya kelindas gear roda motor. Jari tengah cuma bagian ujung yg hancur termasuk bagian kuku sedang jari manis sepertinya setengah ruas ujung jari pertama hancur termasuk tulang’ny. Kmrn dokter d RS ambil tindakan utk memotong sedikit sisa tulang yg masih keluat pd jari manis. Kemudian kedua’ny djahit! Jd utk jari manis hanya dpotong setengah ruas paling ujung jari. Saya mau nanya. Apakah ada cara untuk menambah bagian kedua jari yg hancur, mungkin dgn bedah? Klo ada, solusi’ny seperti apa? Saya sangat berharap ada fast respons. Dan sangat berterima kasih untuk balasan’ny. Semoga tuhan memberkati.

    • Mohon maaf baru jawab sekarang mas……

      Kalo melihat cerita mas harry…kelihatannya kena finger tip injury baik pada jari tengah maupun jari manis dan yang lebih berat adalah jari manis. Kalo tulang sudah hilang sebagian memang jari akan menjadi lebih pendek dan ini risiko pada kasus trauma semacam ini. Kalo pun toh dipaksakan dipasang protesis saya ndak yakin protesisnya ada untuk menambah panjang jari2.
      Menurut saya yang penting jari2 tidak infeksi dan masih vital (aliran darah ke jari baik) sehingga tidak menghitam…itu sudah sangat bagus. Memang secara kosmetik akan mengganggu ya….sabar ya mas

  130. pak…saya baru siap sc….tapi saya srng merasa nyeri d bagian perut..apa ada pengaruh karna aktvtas nae turun tangga pak….

    • ya bisa jadi bu….karena ketegangan otot2 dinding perut akibat beraktifitas

  131. assalamualaikum,, kalau jahitan dibukanya lama ,apakah ada efeksamping ?, sdah 25hari tp jahitan sya belum dibuka karena luka bagian atas basah kya ada infeksi ,skitar 5hri yg lalu kebasahan perbannya tp bru sehari kemudian baru di ganti . Apakah ini tdk apa atau berbahaya ?,
    Terimakasih dok

  132. Terima kasih untuk respon’ny. Saya mau nanya lagi Dokter. Kemarin sudah kali ke 2 saya kontrol k RS & yang terkhir terlihat bagian ujung kedua jari bekas luka trsebut sperti menghitam. Apakah hal tersebut adalah proses normal atau kah karena infeksi? Maaf sebelum’ny, saya coba browsing & mendapat beberapa artikel n video yg memperlihatkan bahwa bekas luka yg hitam itu seiring waktu akan kembali menjadi normal. Apakah hal tersebut benar? Klo hal tersebut bukan suatu yg normal, langkah apa yg harus saya lakukan? Skali lagi banyak terima kasih untuk penjelasan’ny…

    • luka yang menghitam bisanya akibat supplai darah berkurang sehingga banyak sel-sel yang mati….namun masih bisa dicoba untuk membuat aliran darah ke bagian lagi baik kembali dengan cara sering dikompres dengan air steril hangat pada bagian luka dan jangan lupa makan makanan yang bergizi ya mas

  133. dok, kaka saya baru saja mendapat musibah, jari telunjuk tangan kanannya hancur, selain amputasi apa yang bisa dilakukan, dan apabila harus diamputasi, apakah ada solusi untuk mengganti jari tangan kanannya, thanks dok

    • untuk saat ini sepengetahuan saya terutama di Indonesia belum ada, kalaupun toh diganti dengan prothesis dari titanium itu pun susah disamping itu gerakan jari palsu ndak mungkin terjadi karena tendon-tendon otot yang menggerakkan jari-jari tidak ada. menurut saya yang penting bekas operasi baik dan tidak mengalami infeksi itu sudah sangat bagus.

  134. Assalamualaikum dokter, , ibu saya 50th didiagnosis nefroptosis dextra dan dilakukan operasi nefropaksi dengan mini laparotomi,, post operasi nefrokapsi dextra 3 Minggu yang lalu, , . Sebelum operasi Hasil lab urin dan darah baik.. Ada 3 insici, insici pertama sempat sudah kering namun 3 hari terakhir mengeluarkan cairan bening dan darah merembes.. Penggantung ginjal diikatkan di otot belakang ginjal (penjelasan dokter bedahnya) .. Juga sedang demam.. Pertanyaan saya 1. Apa mungkin ini mengarah ke infeksi? 2. Karena jarang literatur tentang nefropaksi, saya kurang tau bagaimana prognosisnya? Apakah dalam 3 atau 4 Minggu post operasi, beliau bisa bepergian jauh (termasuk naik pesawat yang banyak naik turun tangga juga)? Mohon informasinya terimakasih banyak..

    • waalaikum salam
      Ginjal Terapung (Nephroptosis) merupakan salah satu jenis penyakit ginjal yang terjadi karena ginjal selalu mengalami pergerakan, kadang-kadang salah satu ginjal bergerak sedemikian rupa sehingga dapat diraba melalui dinding rongga perut.
      dalam beberapa kasus, ginjal terapung tidak menimbulkan gejala. Namun pada beberapa orang ada yang mengeluhkan rasa nyeri akibat terganggunya peredaran darah. Selain itu juga tersumbatnya saluran air kencing. Dikeluhkan pula rasa pegal, kencing merah, kolik atau infeksi.

      “Ini bukan kasus penyakit, ini hanya merupakan sebuah kondisi yang sisebut ren mobile (kondisi jatuh turun) di mana ikatan ginjal longgar.”

      menjawab pertanyaa Sdr, akan saya jawab sebagai berikut:
      1. tanda-tanda infeksi biasanya didapatkan nanah yang merupakan produk bakteri….konsultasikan dengan dokter bedah Sdr untuk melihat luka tersebut….sementara waktu dapat dikompres dengan air steril (air infus)….yang penting selalu dijaga kebersihan sekitar luka dan makan makanan bergizi.
      2. kalau sudah digantung….dan berhasil insyaAllah prognosisnya baik
      3. naik pesawat sudah boleh kalo sudah 1 bulan….insyaAllah penggantung sudah kuat dan terbentuk jaringan fibrotik yang adekuat antara ginjal dan dinding abdomen (perut)

  135. pagi dok saya indri usia 23th, tgl 30 april kemare sya melairkan anak sya dengan bantuan operasi caesar, padaal sya rasa jaitan operasi caesar sya ini sudah lumayan bagus, tpi kok sekarang jaitan sya yang sebelah ujung kiri sya rusak sampai kelihatan benangnya, mungkin saat sya tidur sya gak sengaja menggaruknya karena disekitar bekas jaitan emang terasa gatal,
    yang saya tanyakan apa yang sya harus lakukan, bahaya atau tidah hal seperti ini….trim dok.

    • ssaran saya segera periksakan ke dokter kandungan yang mengoperasi saudara apakah perlu dijahit ulang atau tidak…jangan sampai luka terbuka sehingga menjadi sarang bakteri dan menimbulkan infeksi….sementara ditutup dulu dengan kasa steril ya bu

  136. dok, say mengalami patah lengan atas. dan sudah operasi pasang pen. setelah dibuka gendongan sekitar sebulan sesudah operasi, tangan saya tidak bisa diluruskan, maupun ditekuk. otot lengan atas saya jadi mengeras(kaku). apa yang harus saya lakukan dok? terimakasih sebelumnya

    • coba hubungi fisioterapis di RS terdekat di kota anda, otot anda mengalami stiffness akibat lama tidak diapakai. jangan takut dan putus asa…lakukan latihan-latihan ringan dengan berusaha menekuk lengan berkali-kali dengan kekuatan yang semakin besar dari hari ke hari….sering kompres dengan air hangat ya atau beli alat infra red (pemanas) di toko-toko yang menjual alat kesehatan. mintalah obat-obatan pelemas otot kepada dokter Anda.

  137. selamat malam Dok….
    saya erma usia 45 thun pnya mslh mammae seperti di bwh ini:
    **Bulan juli 2012 saya opsi tumor mammae I hsil PA :
    # jaringan kanan uk 4x3x2 cm warna kecoklatan…
    # jaringan kiri 4x3x3and 2x2x2 warna putih
    gambaran histologik Fibroadenoma mammae….

    **Bulan Feb 2012 oprsi mammae II HASIL PA :
    #jaringan berkeping keping warna kecoklatan
    Gambaran histologik mammary Displasia dan Fibroadenoma mammae ,tdk ganas

    **Bulan Mei 2013 oprsi Mammae III hasil PA ;
    # jar mammae dextra uk 7x4x3 warna kecoklatan…
    # jar mammae sinistra uk 9x5x3 warna kuning kecoklatan
    Gambaran histologik keduanya mammary Displasia tdk ganas

    pertanyaan saya :
    1 Apakah kalau di biarkan akan bisa jadi ganas ?
    2 kenapa pertumbuhan jaringannya cepat sekali dan antra op yg 2 dan 3 jaraknya cm 3 bln dan uk tumornya ke cepat besar….
    3 Baru 2 minggu pasca op sdh timbul benjolan 1 ruas jari klo di pencet mobile…..
    4 apakah sebabnya…dan apakah jalan penyelesaiannya harus di OPRASI trus…smp kapan akan berakhir klo tumbu2 dan tumbuh terus….
    5 sekarang ke 2 payudara saya sudah bekas parut semua…skrg baru 1 bln op sdh ada3 benjolan lgi dan mnrut dkter onk observasi 3 bln lg di USG baru ambil tindakan lg unt OPRASI ….
    6 Apa harus oprasi ttrus biar tdk jadi ganas Dok mohon petunjuk trimakasih

    • selamat malam ibu erma, saya akan coba jawab beberapa pertanyaan ibu:
      1. betul….kalo dibiarkan menjadi ganas….mengingat hasil PA terakhir berupa displasia payudara yang merupakan lesi pre kanker
      2. pertumbuhan cepat akibat tipe sel tumor mengarah ke keganasan….menurut saya lebih baik diambil payudara saja, daripada tumbuh kanker dikemudian hari…mengingat operasi berkali-kali juga menimbulkan trauma tersendiri bagi jaringan payudara dan dapat mempercepat pertumbuhan tumor

      mudah2an bisa menjawab pertanyaan ibu

  138. halo doc
    saya ingin minta tolong
    saya ingin bertanya
    saya baru menjalankan alarplasty
    disebelah kanan saya menutup sempurna jahitannya
    sedangkan kiri saya tetap tidak mau rapet kulitnya
    walaupun sudah dijahit
    saat dilepas menganga lagi dan kadang masi mengeluarkan darah dikit
    saya sekarang sekarang saya refinis scar
    yang kanan kering kirinya saya lihat sudah seminggu tetap tidak menutup rapat kulitnya
    kenapa ya doc
    apakah bisa diwajah dijahit benang yang larut
    karena kalo begini saya tidak mau menganga
    saya sangat menyesal
    tapi saya tidak bisa mutar waktu
    apa bisa dok djahit lagi supaya rapet dengan benag larut
    terima kasih doc

    • salah satu penyebab jahitan lepas lagi adalah bahwa jahitan terlalu tegang…ada beberapa teknik sebetulnya untuk membuat jarak antar kulit yang dijahit tidak terlalu jauh sehingga tidak terlalu tension saat dijahit….pada prinsipnya untuk kulit wajah sebaiknya memakai benang yang halus dan tidak diserap…jangan takut/trauma mbak…yang penting jahitan tidak terlalu tegang insyaAllah tidak akan lepas / menganga lagi

  139. Dok, saya mau tanya.. Saya seorang ibu muda yang memiliki kelebihan berat badan.. Tapi badan saya susah di turunkan berat badannya.. Masalahnya dulu Ikut dan jadi Atlet olahraga Beladiri Taekwondo dan di tuntut Olahraga Fisik yang setiap hari latihan 3x sehari.. Saya sendiri berhenti karena saya merasa Fisik saya sudah tidak kuat lagi.. Sekarang saya sangat gemuk tapi gemuknya kencang, Betis saya besar seperti Binaraga dan otot lengan saya yang dulu besar sekarang jadi lemas dan kendur.. Tapi yang paling mengganggu adalah lemak di perut.. Saya melahirkan th 2012 dengan Operasi caesar karena otot miss V terlalu kencang dan kuat, bahkan di picu 4x tidak ada efek sama sekali.. Saya ingin sedot lemak tapi katanya, hasil sedot lemak tidak rata.. Saya berfikir, jika kelak saya Hamil lagi Bisakah Operasi caesar di laksanakan bersamaan dengan pengambilan Lemak berlebih di daerah Perut.. Terimakasih sebelumnya dok..

    • sepertinya permintaan ibu susah untuk dijalankan….mengingat dua operasi itu sangat berbeda sekali…bila dipaksakan dalam satu kali operasi akan berisiko…saran saya…salah satu dijalankan dulu baik hamil lalu SC setelah bbrp bulan atau tahun kemudian baru liposauction atau sebaliknya.

  140. dok, saya baru saja kira-kira seminggu yang lalu operasi angkat tumor di payudara. di sekitarnya terdapat ruam/memar apa itu tidak apa-apa?

    • itu biasa mbak akibat proses peradangan pasca operasi….mintalah obat-obatan anti radang kepada dokter yach

  141. assalamualaikum dok. nama saya yan handayana, saya mau tanya
    2 bulan yang lalu saya memeriksakan anak saya ke dokter mata
    karena mata anak saya yang sebelah kanan menonjol kedepan
    dan setelah diperiksa sama dokter mata harus di CT scan dan
    hasilnya anak saya di duga mengidap penyakit OD PROPTISIS
    dan harus di oprasi. yang saya tanyakan :

    1. apakah harus tetap di oprasi
    2. berapa persenkah tingkat keberhasialan oprasi tersebut
    3. apa dampak pasca oprasi
    4. apakah akan terjadi gangguan pada mata anak saya
    5. ganguan apa saja setelah pasca oprasi

    wasalam

    • ass wb wr

      mohon maaf sebelumnya saya bukanlah ahli penyakit mata, sebaiknya kalao bapak ingin second opinian terhadap keadaan putra bapak…datang saja ke spesialis mata lainnya di kota anda. Memang kelainan ini membuat mata seakan melotot marah dan sangat tidak nyaman dalam bergaul.
      sabar dan terus cari informasi ya pak

  142. I had been honored to obtain a call from a
    friend as he found the key guidelines shared on the website.

    Browsing your blog post is a real wonderful experience.
    Thanks again for thinking of readers like me,
    and I wish you the very best.

  143. Assalamualaikum dokter, nama saya Huda, saya mpy seorang putri yang saat ini berusia 2th. Anak saya lahir dgn anus vestibularis, dan pada usia 3 bulan dilakukan operasi PSA. saat ini ukuran busi anak saya 14. Yang saya ingin tanyakan berapakah ukuran businasi yang tepat untuk anak seusia anak saya mengingat anak saya masih sering kesulitan dalam BAB. Dan sampai usia berapa businasi harus terus dilakukan Dok?
    Trimakasih sebelumnya dok, saya sangat mengharap jawaban dari Dokter. Wassalamualaikum.

    • waalaikum salam…..Businasi dengan dilator hegar memang harus dilakukan secara rutin dan bertahap dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar mengikuti usia anak…tiap bulan jadwal berbeda-beda….mulai dari tiap hari…tiap 3 hari…2x/minggu…tiap minggu…sampai tiap bulan dan apabila anak nyeri dan berdarah maka jadwal diulang…mintalah petunjuk kepada dokter Anda…mudah2an kondisi putra anda semakin membaik…amiinnn

  144. pak dokter, sy mau tanya, bbrp waktu yg lalu anak sy opname karena typus+DB, pd saat penggantian infus, secara tdk sengaja suami melihat ada ruang udara di infus kira 4 cm masuk ke aliran infus dan terlanjur masuk ke dlm tubuh anak sy, suami sangat shok akan hal itu, sy pun agak mengkhawatirkan, kami komplain ke dokter,dan sepernya dokternya pun sudah menegur keras perawat yg saat itu jaga, kata dokternya..lama2 bisa hilang dengan sendirinya…tp kami tetep sangat mengkhawatirkan..Dokter Aleg..benarkah apa yg di katakan dokter yg meriksa anak sy itu…trus apa yg harus kami lakukan? …atas bantuannya saya mengucapkan terima kasih

    • memang sebaiknya tidak boleh ada udara masuk kedalam pembuluh darah karena akan menjadi emboli…namun memang ada kemungkinan udara akan masuk ke sel lewat kapiler (pembuluh darah paling ujung) sehingga tidak menimbulkan masalah…sebaiknya bapak dan ibu tenang dulu tidak perlu kuatir…selalu lihat kondisi/keadaan anak…bila anak bapak/ibu dalam kesehariannya masih baik…insyaAllah tidak menjadi masalah…

  145. Malm dok, sy ghita sy pernah mengalami trauma kepala saat sy jatuh dr motor. Saat sy smp kls tiga. Sy drawat di RS. Slama satu bulan, dokter pd saat itu mnyrankan utk operasi namun kluarga tdk mpnyai uang pd saat itu shinga pnymbuhan sy mlalui obat n brobat jalan slama setahun. Yg sy tnyakan apakah trauma kpala itu bs kambuh stlah 11th yg lalu? Krna skrg2 ini sy mengalami pusing yg sakit skli di bagin tmpat kpala sy yg trbntur. Atas phatiannya makasih ya dok

    • Malam mbak ghita…mohon maaf baru jawab karena kesibukan yang padat bulan ini, mengenai trauma kepala yang pernah dialami 11 tahun yang lalu memang sewaktu-waktu bisa timbul keluhan, apalagi waktu itu mungkin terdapat perdarahan dalam otak, tapi mbak harus bersyukur bahwa sampai sekarang masih bisa beraktifitas, mungkin waktu itu perdarahannya minimal. Saya sarankan sebaiknya dilakukan foto CT Scan kepala ulang mengingat sekarang ada keluhan sakit kepala yang hebat…

  146. Dokter kami ingin menanyakan arti dari tes darah anak kami yang berumur 2 bulan, anak kami baru pulang setelah opname di RS selama 12 hari diindikasikan kekurangan vit K, pendarahan intrakranial, dan gangguan liver/hati/kuning. Awalnya kami naik pesawat bersama anak kami usia 2bulan. lalu setelah 5 hari dirumah, anak kami rewel dari jam 10 mlm s/d jam 5 pagi dan tidak tidur. Setelah jam 5 pagi baru mau tidur setelah minum ASI. Tapi ketika bangun tidur, mata anak kami hanya terbuka yang kiri dan agak kejang, lalu kami bawa ke RS dan dicek darah Hb cuma 4, leukosit dan bilirubin tinggi, PT/APTT memanjang (pembekuan darah lambat) . Lalu ada pembesaran pupil di salah satu mata, sehingga dilakukan USG Kepala dan hasilnya ada pendarahan diotak sehingga otak kiri bergeser 6mm dari batas tengah. Lalu USG Hati ada peradangan di hati. Sekarang masih rawat jalan, dan kemarin baru tes darah dan hasilnya (Bilirubin total 7,3 ; SGOT 230 ; SGPT 233 ; Alkali Phosphatase 1301 ; Albumin 5 ; Gamma GT 46,5) kami lampirkan ke email bedahunmuh@yahoo.com Mohon kiranya dapat dianalisis kemungkinan yang terjadi dan solusi atas penyakit anak kami.

    Terima kasih

    • sebelumnya kami turut prihatin atas apa yang menimpa putra bapak, ini adalah kasus yang jarang dimana ada perdarahan di otak apalagi sampai menyebabkan falx cerebri bergeser ke kanan sebesar 6mm, bisa jadi perdarahannya cukup banyak, hal ini yang menyebabkan pupil mata kiri melebar (dilatasi) dan biasanya diikuti dengan kelumpuhan tangan dan kaki sebelah kanan. Menurut saya ini hal yang sangat berbahaya bagi anak Bapak sebaiknya segera dilakukan decompresi atau segera konsultasikan ke dokter spesialis bedah saraf di kota Anda. Mengenai bilirubin yang tinggi bisa jadi ada penyakit lain yang terjadi bersamaan dengan perdarahan otak, sebaiknya konsultasikan juga masalah penyakit kuning putra bapak ke spesialis anak agar dapat ditelusuri penyebabnya apakah infeksi (virus, parasit dll) atau karena kelainan bawaan lainnya, sabar ya pak mudah2an segera ada solusi untuk putra tercinta, amiinnnn

  147. Great post! We will be linking to this great content on our site.

    Keep up the great writing.

  148. Malam Dok, saya Yanti umur 20 th. saya ingin tanya Dok, dibagian ketiak sebelah kiri saya ada benjolan kecil dan jika ditekan sedikit terasa sakit. kira2 karena apa ya Dok? apakah ada hubungannya dengan tulang clavicula sebelah kiri saya yg pernah patah ketika umur saya 15 th dan tulang saya disambung kembali dengan pen, tapi sampai sekarang pen nya belum diambil kembali. mhn jawabannya Dok. trimakasih.

    • Malam mbak Frida, benjolan kecil di ketiak seringkali berupa peradangan pada kelenjar getah bening dan bukan akibat pemasangan pen di clavicula, coba periksakan di dokter spesialis bedah untuk memastikan apakah benjolan kecil itu suatu tumor jinak atau ganas.

  149. Dear dokter..
    Ayah saya ,Pada tahun 2011 mengalami tumor pada usus besar dan telah dioperasi untuk pemotongan tumor pada usus besar nya,ayah saya dioperasi oleh dokter di indonesia..setelah pemotongan usus tersebut dokter indonesia membuatkan colostomy bag pada perutnya.untuk memastikan sel kanker pada tubuh ayah saya sudah benar2 bersih maka ayah saya menjalankan kemoterapi di singapura..kemo dilakukan 8 kali dengan obat xeloda yang dilakukan di singapura..setelah selesai di kemoterapi, kembali berskonsultasi dengan dokter indonesia untuk mengembalikan pembuangan usus saya secara normal..ayah saya dianjurkan untuk colonoscopy..pada saat colonoscopy di temukan polip polip pada usus sebanyak 8 buah dan harus diangkat..setelah 6 bulan melakukan colonoscopy lagi ditemukan 6 buah polip..kemudian,8 bulan setelah itu terdapat keluhan pada bagian anus bagian bawah..pada anus bagian bawah keluar cairan setiap 20menit sekali dan saya sulit buang air besar lewat colostomy bag ..sehingga saya harus minum obat pencahar untuk dapat mengeluarkan tinja2 yang tidak dapat keluar..setelah itu saya melakukan pet ct scan,dan ternyata terdapat sisa sel yang mencurigakan yang terdapat pada usus saya yang terletak di dekat anus bagian bawah..pertanya an saya,apa yang harus dilakukan?apa kah dengan pemotongan kembali dan usus saya bisa di kembalikan ke tempat semula tanpa harus menggunakan colostomy bag atau dengan cara lain?dan saya juga ingin bertanya..penyambungan usus sebaiknya dilakukan oleh dokter yang sama yang membuatkan colostomy bag atau dapat dilakukan dengan dokter lain?soalnya kami ada rencana ingin melakukan operasi mengembalikan usus ayah saya di singapura atau penang..terimakasih dokter

    • Sebelumnya saya turut perihatin atas apa yang menimpa Ayah saudari carolina.

      Mengenai Ca Colon (kanker usus besar) yang telah dilakukan pembuangan dan colostomy namun kemudian tumbuh polip2 pasca kemoterapi dan terakhir ada masalah di daerah anus dari hasil PET SCAN, saya akan coba jelaskan sbb:
      1. Tindakan yang dilakukan oleh dokter pertama sudah tepat yaitu pemotongan tumor dan pembuatan kolostomy
      2. Adanya polip2 pascakemoterapi xeloda pada pemeriksaan colonoskopi, mungkin itu suatu sinkronous metastasis dari tumor pertama atau Ayah Anda terkena jenis Ca colon berupa FAP (familial adenomatous poliposis), memang diagnosis ini perlu dilakukan anamnesis dan pemeriksaan secara lebih mendalam terhadap ada tidaknya mismatch repair gen dst
      3. Adanya masalah di daerah anus sebaiknya segera ditindaklanjuti dengan biopsi tumor disekitar anus
      4. Mengenai apakah colostomy bisa dikembalikan lagi….jawabannya pada prinsipnya BISA asalkan usus besar di distal kolostomy bebas dari tumor ganas
      5. Sebaiknya untuk pengembalian kolostomi…dikerjakan oleh dokter yang sama, karena dia mengetahui riwayat penyakit Ayah Sdri

  150. Dok, suami saya baru operasi hernia kanan dan kiri Tgl.6/8, sejak Tgl. 7/8 sdh kembali di rumah, aktivitas hanya berbaring, duduk dan kadang berdiri/jalan sedikit. Tp sejak kemarin, tgl 9/10 bagian pangkal batang kemaluan berwarna kehitaman, dan hari ini sdh menjalar ke buah zakar dengan warna merah kehitaman, juga di bagian kedua pinggang (sebelahan dengan luka jahitan) ada berkas spt itu. Apakah hal ini biasa atau harus diwaspadai? dan apakah yg bisa saya lakukan, dok? terima kasih.

    • itu hal yang tidak biasa bu pasca operasi hernia, sebaiknya segera periksakan ke dokter yang melakukan operasi.

      • kami sdh konsultasi lg, dok. dan diberikan thrombophob gel di daerah yg merah kehitaman itu. apakah bbrp orang memiliki reaksi demikian setelah operasi, dok? krn kata dokter bedahnya nanti bisa hilang sendiri. terima kasih atas penjelasan dokter.

  151. Dear Dokter…

    Terimakasih dokter atas jawaban yang dokter berikan..
    Mengenai pengembalian colostomy pada posisi semula,apa benar2 harus di lakukan oleh dokter yang pertama kali menangani ayah saya dalam pembuatan colostomy tsb dok?soalnya saya agak ragu dok dengan dokter yang menangani ayah saya karena kemarin kami konsultasi tentang masalah cairan yang terus menerus keluar dari anus ayah saya,dokter tersebut bilang hal tersebut adalah hal biasa..katanya memang anus masih mengeluarkan cairan dan itu wajar..padahal menurut pet ct scan,ada sel yang dicurigai itu adalah sisa keganasan dari tumor terdahulu..makanya kami berfikir bahwa sel yang mencurigakan yang berdekatan dengan anus itu merupakan sumber mengapa ayah saya terus mengeluarkan cairan pada anusnya..benar atau tidak ya dok?
    Dan satu lagi dok,maksudnya harus dilakukan biopsi tumor disekitar anus,brarti harus segera dilakukan operasi dong ya dok?tetapi dokter tsb malah bilang nanti aja operasi sambung ususnya..sekitar bulan oktober atau november dikarenakan dokter tersebut akan ada cuti..saya jadi mulai meragukan dokter tersebut dan ingin mencari second opinion ke dokter lain dok..
    Bagaimana menurut saran dokter?apa dokter memiliki rekomendasi dokter bedah bagian usus yg bagus dok di indonesia?tadinya kami berencana untuk mencari second opinion ke dr di singapura atau penang dok..,apa dokter punya saran lain?terimakasih dok..saya tunggu jawabannya :)

    • kalao memang keluarga tidak ingin dioperasi oleh dokter pertama ya silahkan melakukan second opinion…boleh di singapura atau penang…karena pada prinsipnya keluarga berhak menentukan siapa dokter yang diminta untuk melakukan operasi termasuk second opinion (hal ini dilindungi oleh UU RI). yang penting keluarga harus yakin dan percaya pada dokter yang menangani pasien tsb, semoga ada solusi terbaik di negeri seberang ya mbak

  152. Terimakasih dok atas tanggapan dan jawabannya ya,smoga kami bisa diberikan jalan terbaik dan dokter tebaik untuk kesembuhan ayah saya…:) hehe..thanks

  153. Siang dok..
    Anak saya berumur 2 tahun..sekitar 5 bulan yg lalu muncul semacam daging yg tumbuh disekitar lehernya, penampakan luar berwarna agak kemerahan dengan diameter sekitar 1cm dan tinggi dari permukaan kulit 1 cm juga, berbentuk lebih menyerupai bundar. Kelihatannya “daging tumbuh” ini agak sakit (bukan gatal) karena terlihat perasaan tidak enak saat saya pegang. Menurut dokter yg memeriksa ini adalah semacam jaringan yg pertumbuhan yg tidak sempurna dan tindakan yg harus dilakukan adalah dengan operasi (namun tidak urgent). Pertanyaannya: 1) bagaimana proses pembedahannya nanti apakah dibius total lalu daging tersebut dipotong dari luar?? 2) adakah metode bedah yg sangat minim sakitnya dan bekasnya pasca operasi? dan berapa estimasi biayanya dibanding dengan yg operasi biasa (misal dengan laser mungkin, maaf saya tidak tahu apa2 ttg operasi ini). Terima kasih atas penjelesannya?

    • pagi pak…

      sekilas dari cerita bapak tentang daging tumbuh di leher putranya…memang banyak sekali kemungkinan diagnosisnya seperti hemangioma (tumor jinak pembuluh darah) mengingat bapak menyebutkan warnanya kemerahan. memang untuk tumor lebih baik ada gambar atao dokter bedahnya memeriksa langsung pak, tidak bisa hanya diceritakan.
      1. mengenai operasi sebaiknya bius total saja mengingat: a. putranya masih anak-anak…risiko bergerak dan takut saat operasi sangat besar shg mengganggu operasi, b. lokasi di leher sangat berbahaya karena banyak organ-organ penting…sehingga lebih baik dibius total
      2. untuk bekas operasi insyaAllah minim sekali pak….dgn teknik penjahitan khusus…insyaAllah tidak berbekas apalagi masih anak-anak dimana tubuhnya masih berkembang.
      3. mengenai biaya tergantung masing-masing RS dan jenis kelas perawatan yang diminta pak

  154. kalo tulang kaki udah menyatu tp aligmentnya ga rata, masih bisa dibenerin ga ya?

    • insyaAllah masih bisa tergantung seberapa parah tidak alignmentnya

      • dengan cara apa? dioperasi kah?
        kn uda 2bulan di gip tp pembentukan
        kalus masih minimalis dan aposisi
        aligment malah lebih buruk dari
        sebelumnya, jadi saya putuskan untuk
        pindah ke alternatif (di pijit), apakah
        tindakan saya sudah benar?

  155. dengan cara apa? dioperasi kah?
    kn uda 2bulan di gip tp pembentukan kalus masih minimalis dan aposisi aligment malah lebih buruk dari sebelumnya, jadi saya putuskan untuk pindah ke alternatif (di pijit), apakah tindakan saya sudah benar?

  156. Selamat sore dok..

    Perkenalkan dok saya Budi dari Medan umur 35 Tahun (tidak merokok), Langsung saja dok Kira-kira bulan April 2013 saya mengalami sulit BAB selama 1 Minggu. Setelah saya kedokter saya diminta menjalani kolonoskopi ditemukan adanya penyempitan colon didaerah descending hingga kamera dari kolonoskopi tidak dapat melewati area tersebut, lalu area tersebut dibiopsi dan hasilnya tidak nampak tanda-tanda keganasan. Lalu saya diminta untuk CT scan abdomen dan hasilnya Normal. Saya diberi obat radang usus (Salofalk + Urticef + Phalecarps) hasilnya kotoran saya dapat keluar dengan normal dok, Oleh dokter saya didiagnosa Radang Usus, Pertanyaan saya :
    1. Mungkinkah Radang usus tanpa saya pernah merasakan sakit dok?

    2. Saat ini keluhan tersebut muncul kembali, mungkinkah penyakit yang sama atau penyakit lain dok, mengingat saya kurang disiplin dalam minum obat?

    • Selamat pagi pak Budi…di medan..horasss

      1. Radang usus banyak sekali macamnya…dan tidak semua jenis radang usus menimbulkan sakit pak.
      2. Mengenai keluhan muncul kembali….bisa jadi terjadi kekambuhan…apalagi Bpk tidak rutin minum obat. Mengingat radang usus memang cukup lama pengobatannya karena setiap hari selalu dilewati feces yang banyak mengandung bakteri….jadi saran saya…teruskan berobat ya pak, mudah2an cepat sembuh

  157. hallo dok….
    dok, anak saya berumur 6,5 th di belakang dengkul nya tubuh benjolan(baker’s cyst) itu ada sekitar dia berumur 3 thn,nah mumpung belum terlalu besar apakah yang hrs saya perbuat,dan bahaya ga sih dok?juga di leher nya ada benjolan kecil,kata dokternya adalah tb kelenjar bahaya ga sih dok?mohon solusi nya.terima kasih

    • sebaiknya diangkat saja mumpung masih kecil….karena tumor ini cenderung bertambah besar…ntar akan menggangu aktifitas si anak…untuk benjolan di leher…sebaiknya di biopsi terlebih dahulu…untuk menentukan apakah akibat TBC atau bukan….kalo memang TBC…harus minum obat TBC selama 6 bulan bu…tapi apabila karena radang non spesifik yang aman

  158. sy sudah operasi mata ikan di kaki sudah sktr 1bln lalu.pd minggu ke 2 benangnya dicabut.nah ada luka kecil ditengah seperti menganga sdkt(tp uda kering n ga dalam). nah di sekeliling bekas luka itu klo ditekan terasa keras (bukan sprti tertusuk pas dl ada mata ikannya). itu wajar ato gmn ya??takut nih klo operasi lagi T.T

    • terus terang saya susah membayangkan cerita mas okfian…kecuali kalo saya dikirimkan gambarnya…kala disekitar luka jahitan terasa keras itu hal yang wajar akibat terbentuknya jaringan ikat pasca operasi

      • yg saya maksud bekas luka sudah hilang..hehe
        ooh..karna terbentuknya jaringan ikat ya dok..itu sudah bisa buat aktifitas misalnya main futsal lg?trs jaringan ikat itu untuk jd kulit/daging normal lg lama ga dok?

  159. ingin tanya, rekan saya ada yg terpotong jarinya pas satu ruas kuku jari di jari kiri jari manis, jika ingin rekonstruksi berapa biaya total dan dirumah sakit mana untuk bandung ? apa resiko terburuk jika di rekonstruksi krn luka sudah kering.

    • coba hubungi spesialis bedah plastik (dr Hardi) di Poli Spesialis RSUP Hasan Sadikin Bandung….tanyakan langsung ke beliau mas

  160. Asw.. dok
    Saya Masya,
    Saya ada Ponaan Cow skrg berumur 25 thn,
    waktu kecil umur 3-4 thn tumbuh semacam bisul sbyk 7bh tmbuh di bawah telinga smpai leher, di bawa ke dkter n dilakukan pembedahan ato di belah tuk keluarin nanahnya. alhasil beberapa mggu kemudian dy smbuh.
    tp efek dr pembedahan itu sprtnya ada saraf y terpotong hingga mata y kanan tdk bs tertutup dg normal n wajahnya y kanan tdk simetris sprt mata n wajah sblah kiri (sprt org terkena stroke). n efek dr itu mata sblh kanan sering merah.
    Menurut dkter apa dy msh bs dilakukan operasi tuk menormalkan wajahnya?
    Terimakasiih sblumnya…

    • waalaikum salam bu….

      dari hasil cerita ibu tentang keponakannya….menurut saya memang ada saraf wajah yang terkena…namanya nervus facialis (N.VII)…kerusakan saraf memang sulit diatasi apalagi sudah bertahun-tahun….namun usaha tetap harus dilakukan…coba pergi ke dokter spesialis saraf untuk minta masukan/solusi untuk kasus keponakan ibu.
      Biasanya diberi obat-obatan yang berhubungan dengan saraf perifer….dan juga kompres hangat untuk membuka pembuluh darah disekitar saraf wajah….mudah2an ada perbaikan ya bu

  161. Selamat Siang,

    Saya mengalami nyeri sendi dan pembengkakan pada jempol kiri, tengah kiri dan telunjuk kanan. Ketiga jari tsb tidak bisa ditekuk sampai habis (akan terasa sakit)kalau diluruskan tidak ada masalah. Kejadian ini sejak 3 bulan yg lalu dan sampai sekarang masih. Bulan Januari 2013 jari-jari saya tsb disuntik langsung ke permukaannya dengan suntikan Flamicort dan Lidocain, hal ini kata dr SPKK nya untuk menghilangkan gatal dan kulit kasar di jari2 saya tsb.
    Setelah 2 bulan kulit saya mulus kembali dan persoalan jari bengkak dan sakit timbul setelah 6 bulan (bulan Juli) sampai sekarang. Sudah konsultasi ke dr bedah yg lain dan katanya tidak ada pengaruh dari suntikan tersebut malah suntikan tersebut biasa dipakai untuk menghilangkan nyeri. Sudah di rontgen, semua normal.Asam urat imunoserulogi ANA (EIA) nnormalDisarankan untuk merendam pakai air panas yg dicampur garam, sudah saya lakukan tapi tetap bengkak. Mohon jawabannya di kirim ke saya di atas. Terima kasih atas bantuannya,

    • Kalo jari 1-3 (jempol ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah) tidak bisa ditekuk…kemungkinan ada masalah dengan saraf di lengan yaitu saraf medianus yang menggerakkan otot-otot dijari 1-3…..bisa jadi ada carpal tunnel syndrome….coba minta CT-Scan pergelangan tangan untuk mengetahui apakah ada penjepitan saraf medianus tersebut

  162. dok anak sy baru berumur 11 tahun sudah 2kali menjalani op.skingraft di kaki kanan,yg alhamdulillah utk bagian daerah betis hasil bagus tapi di bagian atas telapak kaki agak legok dan masih suka mengeluarkan sedikit nanah klo ada penekanan.yg ingin sy tanyakan apakah hrs dilakukan op.skingrftnya lagi untuk menutupi kakinya yg masih legok dan agak basah itu,kalaupun tidak salep atau obat apa yg bisa saya berikan,sebelumnya terimakasih dok utk perhatiannya

    • Bila dibawah skingraft terdapat nanah….kemungkinan besar skingraft gagal dan sebaiknya dibuka kulitnya dan dibersihkan terlebih dahulu…dalam artian infeksi dihilangkan terlebih dahulu.
      Untuk kondisi legok terus terang saya tidak bisa memberi pendapat medis karena saya tidak melihat langsung apa yang dimaksud legok oleh ibu.

  163. selamat sore dokter
    mau minta saran, adik saya mengalami patah tulang pada betis kiri,,5 hari yang lalu dilakukan pemasangan pen pada tulang yang patah,,yang ingin saya tanyakan dokter,,pada waktu jalan menggunakan tongkat,,apakah kakinya menyentuh lantai dan seberapa kuat injakan kakinya,,kemudian apakah ada obat yang bisa cepat dalam penyambungan tulang betis yang patah

    • sebaiknya tetap menggunakan tongkat sampai 3-4 minggu, kalopun toh ingin kaki menyentuh lantai usahakan tidak menahan beban tubuh secara total (partial weight bearing)…..minumlah obat-obat yang tinggi kalsium seperti CDR dll..

  164. selamat malam, dok nama saya nia kurnia , umur 37 tahun, dok saya seorang bidan dan bekerja di salah satu puskesmas di banten. begini dok pada bulan mei 2013 saya bersama rekan sesama bidan menolong persalinan ny S g1 p0a0, proses melahirkan cukup sulit dok tapi proses normal. setelah 20 hari melahirkan ny S ini mulai mengeluh susah buang air besar, setelah di periksa oleh dokter umum atasan kami ternyata ny S ini menderita ambeien. tapi rupanya dari hasil periksa dan penjelasan yang kami berikan ny S ini tidak merasa puas bahkan berkesan menyalahkn bahwa anus beliau ikut terjahit waktu melahirkan tsb. dan yg melakukan penjahitan tersebut adalah saya dok, dengan tehnik jelujur dan subcutis. adapun luka robekan perineum yg ny S alami letaknya di labia mayora sinistra , mukosa vagina hingga perineum dgn kedalaman robekan grade 2. dan saya yakin tidak melakukan kesalahan ataupun kecerobohan pada saat melakukan penjahitan. yang ingin saya tanyakan dok apakah pernah ada kasus rectum ikut terjahit pada saat melahirkan? dan bagaimana mengatasinya bila ini sudah berlagsung lama? maaf dok pertanyaan ini saya ajukan krn ingin memenuhi rasa ingin tahu saya. tambahan ya dok ny S biasa anc di tempat saya, sejak hamil sudah pernah mengeluh BAB susah,, dan saya mengenal ny S dan kelurganya sudah lama ,dan saya tahu kondisi ekonomi, sosial serta jiwanya

    • Sebelumnya saya turut perihatin atas apa yang menimpa Sdri…..
      1. Kasus rectum ikut terjahit saat menjahit episitomy sangat jarang
      2. Bila ternyata rectum ikut terjahit…memang sebaiknya di buka kembali jahitannya dan dilakukan repair….sebaiknya dilakukan oleh ahli bedah
      Untuk sementara selama Pasien masih bisa BAB tidak perlu kuatir dulu….

  165. Slamat siang dok, saya titus 20 th, mau konsultasi,
    Awal September kemarin saya kecelakaan, saat itu langsung dibawa ke RS, bagian kaki bawah dekat jari² kaki sobek dan setelah rontgen ternyata tulang (seperti tulang tempurung pada lutut, saya kurang tau namanya) pada jempol kaki saya ada yg lepas, dan saat itu dioprasi untuk mengambil nya, akhirnya berhasil diambil dan kemudian dijahit. Kata dokter, tulang itu akan tumbuh pulih selama 2 bulan. Setelah beberapa hari, saya melihat hasil rontgen, wlaupun saya awam tp saya melihat kok jari kedua pada kaki seperti patah. Mungkin dokter yg menangani saya saat itu terlalu fokus dg jempol dan tidak memperhatikan jari disampingnya. Dan kemarin akhirnya saya bertanya pada dokter lain (bukan yg menangani saya saat itu) ternyata memang patah, dan dia bilang kalau mau dibenahi ya harus dipasang pen. Dan saya diberi waktu satu minggu (mulai dari sekarang) untuk mengkonfirmasi pemasangan pen / tidak. Nah pertanyaan saya dok, apa memang perlu dipasang pen pada jari kaki saya? Sedangkan sudah hampir 1 bulan. Dan jika tidak dipasang pen, apa dampak pada kaki saya? Slama ini saya berjalan menggunakan “krek”. Mohon bantuannya. Trimakasih dok.

    • Untuk perlu tidaknya dipasang pen tergantung alignment dari fragmen tulang yang patah…kalo patah tapi masih lurus dan posisinya baik cukup dipasang spalk saja…….atao bila perlu hanya dipasang kawat saja yang dikenal dengan istilah IMW (intramedulary wiring)

  166. malam dok..
    saya kebetulan mahasiswa unmuh, saya mau bertanya saya mempunyai bekas cacar air di wajah sdah lama tapi bekasnya tidak mau hilang hilang.. mlah kadang jadi warna merah.. apa mungkin bisa di tuntaskan dengan pencakokan kulit,efek setelah pencakokan,dan lama perawatan pasca pencakokan nya ?? dan tempat buat pencakokan kulit di malang yang bagus dan terjamin di mana dok?
    sebelumnya terimah kasih

    • sebaiknya dilihat dulu seberapa besar bekas cacar tersebut…silahkan periksa sj dulu di RS UMM ya

      • dok,konsultasi nya di dokter spesialis bedah plastik yah ?? tks dok

  167. dok saya kena penyakit scoliosis sudah 9 tahunan yg lalu sudah mencoba alat bantu dari rmha skit , dan berbagai macam alternatif ,tapi karen abiaya akhirnya berhenti . . alhmdulilah kemiringan gak smpai 30 derajat
    cara mengobati gimna yaa apa masih bisa normal lagi atau tidak ?
    mungkin bisa sedikit mengurangi kelengkungan dan caepk pada tulang belakang ini . . dan mau tanya boleh tidak penderita skoliosis minum obat peninggi badan soalnya kan dampak dari penyakit skoliosis ini pertumbuhan tidak bisa normal (pendek) maksih sbelumnya mohon dibalas ..

    • memang sebaiknya penyakit Sdri dilakukan stabilisasi posterior alias operasi….itu yang paling menjanjikan…untuk obat-obat peninggi badan menurut saya tidak perlu karena tubuh Sdri tidak bisa tinggi karena pertumbuhan tulang belakangnya melengkung, bisa saja mengandalkan pertumbuhan tulang2 panjang di tungkai asalkan garis pertumbuhan tulang belum menutup.

      • saya ctra pndrta skoliosis yg ingin tinggi jg..maksudnya tulang menutup gmn y dok?apa ada kmungkinan derajat bertambah klo mngkonsumsi pnggi bdn?
        thanks

      • kalo garis pertumbuhan tulang2 panjang (ephipyseal growth plate) sudah menutup, maka tidak bisa tubuh menjadi lebih tinggi lagi….meskipun ditarik2 atau pakai metode yang lain..malah cedera yang akan terjadi…..

  168. Permisi dok
    Saya ahmad robosky (17 tahun) pada awal maret tahun 2012 yang lalu kaki saya terlindas truk kontener tapi alhamdulillahnya tidak patah saya setelah itu dibawa ke rumah sakit dan saya menjalani 3 operasi
    operasi pertama – daging beserta kulit dari betis di sesetin dikarenakan kata dokter jaringannya sudah mati dan meninggalkan sedikit daging dengan syaraf yang masih utuh setelah 2 minggu setelah operasi pertama saya diperbolehkan pulang untuk rawat jalan ( saat itu saya masih memakai kursi roda )
    operasi kedua – operasi ini dilaksanakan pada 1 bulan setelah saya pulang dari rumah sakit soalnya saat itu daging saya telah tumbuh sendiri ( kata dokter karena amsih muda ) nah disini saya menjalanin operasi skin graft yang pertama untuk menutupi bagian depan (lukanya sekeliling dari betis sampe mata kaki) disini saya sempat dirawat 12 hari dan deperbolehkan pulang untuk rawat jalan pada selang waktu 3 minggu setelah rawat jalan dokter menyuruh saya belajar memakai tongkat saat itu saya masih memakai 2 tongkat
    operasi ketiga – setelah itu saya masuk lagi ke rumah sakit untuk operasi yang ke tiga yaitu skin graf untuk menutupi bagian belakang setelah operasi itu saya dirawat 11 hari kemudian suruh rawat jalan (disitu saya belom boleh memakai tongkat) selang 3 minggu luka saya yang di bagian belakang udah lumayan mengecil ( yahh sekitar 2 kali 3,5 inci ) selang 3 bulan saya sudah boleh berjalan biasa karea luka saya tinggal 1 kali 1 inci tapi selang 2 atau 3 bulanan luka saya membesar lagi hingga 2 kali 3,5 inci dan sampai sekarang lukanya terus begitu dok mengecil dan membesar .

    mohon sarannya dong dok untuk luka saya ini apakah ada obatnya agar dapat menutup luka yang terbuka . dari awal skin graf sampe sekarang sudah hampir 1,2 tahun dan saya masih belom sembuh . bisa minta rekomendasi apasaja obatnya ga dok ? terimakasih dok saya sangat membutuhkan bantuan dokter

    • sebetulnya agak susah saya memberikan saran mengingat saya tidak mendapatkan gambar klinis tungkai Sdr yang luka tsb…coba dikirimkan dulu foto tungkai Sdr ke email saya di aleq.sander@yahoo.com, terima kasih

  169. Aslamualaikum.. Dok daging jari telunjuk saya Terpotong sebagian sehingga tulangnya terlihat kemudian oleh dokter UGD tulang ujungnya di potong sedikit ujungnya bukan 1 buku. katanya biar engga infeksi. Setelah 2 bulan daging dan kuku tumbuh kembali tapi hanya setengah. Pertanyaan saya apa mungkin bisa telunjuk saya di cangkok daging agar sejajar lagi dengan telunjuk yang satunya sedangkan tulangnya sudah di potong sedikit? Terimakasih

    • waalaikum salam….menurut saya agak sulit untuk menambah panjang jari-jari…mengingat sebagian tulang sudah dipotong…yang penting hasil operasi terdahulu tidak mengalami infeksi itu sudah sangat bagus mas…

  170. slmat mlm dok. saya m. husni, umur 59 th. riwayat sakit saya adalah tumor parotis ada di dekat teling sebesar bakso, dan tgl 3 sep. 2013 saya di operasi dan alhamdulillah sakses.
    yang saya mau tanya dok.
    1. berapa lama jahitan bks operasi d bka dan berbahayakah kalau terlalu lma.
    2. setelah operasi mulut saya agak mencong tdk sprti smula, bisakah normal kembali.
    dan bagaimana sebaiknya menyikapi mulut mencong ini.
    kiranya cukup sekian dan trma ksih bnyak dok.

    • 1. biasanya jahitan dibuka diatas 10 hari…tapi itupun tergantung masing2 pasien…karena proses penyembuhan antara 1 pasien dengan lainnya berbeda…jadi harus dilihat secara klinis pada jahitannya…kalaopun toh agak lama juga gak apa2 jangan khawatir
      2. memang risiko operasi tumor parotis adalah muka agak mencong….coba beri obat-obatan yang merangsang saraf tepi…mintalah ke dokter Sdr…juga bisa dibantu dengan sering dikompres air hangat….mudah2an berhasil ya

  171. saya pria 57 tahun setahun yl terkena IBD radang usus besar, obat yg diminum salofalk 500 dan imuran, jika alfa meminum obat sering kambuh, haruskah seumur hidup meminum obat tsb

    • terus terang ya….bapak harus bersabar ya…coba diminum juga obat-obatan yang kaya anti oksigen seperti omega 3, 9 dll…terutama minyak ikan salmon mudah2an bisa membantu pak

  172. Ass,dr. Alex,ada contoh2 soal PA ?? Krn sy pingin ikut ujian PPDS PA,kalau ada dokter dlm waktu dekat ini,terima kasih banyak sebelumnya dr.alex,sy sangat berharap bantuannya dokter,,,

    • http://www…saya gak punya tuh untuk soal-soal PA….coba tanyakan saja ke PPDS PA dimana Sdr mendaftar sekarang…mereka biasanya punya contoh-contoh soalnya….good luck yach

  173. ass. saya irfan. saya pernah sakit lutut degan rasa yang sangat nyeri pada ssat berusia 11 taun karena lutut saya tertarik akibat menahan beban yang yang berat,,ketika lutut saya tertekuk akibat beban yang berat di pundak,,kemudian saya paksa untuk mengangkatnya terus,,kemudian di saya merakasakan sakit yang amat nyeri dan pedih setelah saya memaksa untuk mengangkatnya. krmudian,,setelah berapa taun kemudian, saya merakaan ada seperti sebesar kelereng di daerah lutut dan dapat bergerak kesana kemari,,,apabila bulatan keras tadi masuk keantara sela tulang tempurung atau otot,,terasa amat sakit apabila di lutut di tekuk. saya pernah konsultasi ke dokter umum katanya hanya pembekuan darah akibat luka dalam. saya mohon kepada bapak agar memberikan penjelasan dan cara menyembuhkannya secara tradisional atau medis. atas jawabannyua saya ucapkan terima kasih..

    • www. untuk mengetahui kondisi lengkap pada lutut Sdr memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan penunjang berupa imaging….baik CT scan atau MRI atau minimal X-ray polos. saran saya konsultasi dulu ke dokter untuk minta pengantar guna melakukan pemeriksaan tsb. Sebaiknya segera diketahui apa yang menjadi penyebab nyeri hebat di lutut dan benjolan apa yang ada di lutut….jangan menunda2 pemeriksaan mas…lebih cepat lebih baik…mengingat ini kejadian sudah lama dan lutut cukup penting untuk menopang tubuh dalam melakukan segala aktifitas.

  174. met pagi dok ,mf menganggu waktux
    sy anisya sy berumur 19 tahun dok,,,,,akhir2 ni sy sering sakit tulang belakang lebih tepatx ditulang ekor,,,,,,kira2 apa itu sebabx dok????
    terus ap ada yg dikatakan osteoporosis dini ??

    • coba difoto dulu ya….untuk mengetahui kondisi tulang ekor dan sekitarnya…lebih baik periksakan segera ke dokter ahli bedah terdekat.
      untuk osteoporosis di usia muda memang jarang, itupun kalo ada biasanya faktor keturunan.

  175. saya umur 30th barusan operasi pelepasan pen pd pundak kiri,yg saya dengar dari orang2 kalo pen dilepas akan ada lubang bekas baut dipen, kalo memang benar berapa lama luka dan lubang itu dapat pulih dan dapat melakukan aktivitas angkat beban?

    • untuk lobang bekan pen akan menutup sendiri dalam 1-2 bulan tergantung gizi pasien….banyak makan sayur dan protein hewan…bila perlu supplement yang mengandung kalsium.
      untuk aktifitas angkat beban berat diatas 20 kg sebaiknya ditunggu dulu sampai 3 bulan.

  176. selamat pagi dok..

    mau tanya, mama saya terkena kanker payudara.. usia 56an th. menurut hasil pemeriksaan :

    USG Lower upper abdomen, ct scan kontras dan tanpa, thorax normal,

    CEA 11.3 ng/ml dan CA 15-3 594.6 U/mL. dan wbc 13.5 K/uL.

    hasil core biopsi kanan. invasive carcinoma of no special type, *pathological gr. II.

    ER : 90% Strongly stained.
    PR : negative
    Her-2/Neu : Negative

    dok untuk seperti ini tindakan seperti apa yang diberikan? mengingat tensi mama saya naik turun bila mama mikir tentang penyakitnya tersebut.

    dokter menganjurkan untuk di kemo. hanya saja kami belum dijelaskan prosedur kemo seperti apa, harus berapa kali dalam 1 waktu (minggu/bulan/tahun)

    kemungkinan 4 hari kedepan bila memang mama sudah siap, kita akan ke rs untuk persiapan kemo..

    mohon masukannya dok..

    Terima Kasih

    • Selamat pagi…mohon maaf baru bisa jawab hari ini

      untuk tindakan apakah kemo dulu apakah langsung operasi sebaiknya didasarkan pada stadium kanker payudaranya.
      yang jelas tumor di payudara mama saudara adalah ganas dengan ER (+). biasanya kalo disarankan untuk kemo dulu….pada kanker payudara stadium III….setelah itu baru di operasi dan dikemoterapi lagi 3 seri. lalu dilanjutkan obat antiestrogen mengingat ER (+).
      memang pengobatan kanker tidak sesederhana yang kita bayangkan….banyak tindakan medis yang harus dilalui dan harus bersabar ya….

  177. Usia sy 37th, BB 51, TB 158. Saya sering merasa sakit pinggang dan pegal2 seluruh sendi setiap bangun tidur sejak usia ±12 th an. Usia 22th saya ke dokter orthopedy dan dinyatakan scoliosis dengan 1 bengkokan.
    Usia 25 saya menikah kemudian hamil, melahirkan bayi dg BB 4,2kg. Selama kehamilan tdk ada keluhan berarti, tp setelah melahirkan seringkali tdk bisa mengangkat bayi dan menyusui dg posisi miring.
    ± usia 29an bengkokan nya menjadi 2.
    Usia 30 saya melahirkan anak ke 2 dg BB bayi sama 4,2kg. Setelah melahirkan, sy sering tidak bisa menggangkat kaki kanan…
    Desember 2009 sy mulai Donor Darah, awal 2010 pinggang sy mulai gampang sakit, jangankan ngangkat2 yang berat, batuk pun kalau posisi tidak pas, saya tidak bisa menggerakkan badan karena kesakitan. Agustus 2010 badan miring ke kiri, tdk bisa menggerakkan kaki kanan di jalanan yg agak menanjak, 24 jam nyeri seluruh sendi, dll.
    Jum’at siang 25 oktober 2013 donor saya yang ke 9, malam nya saya mulai merasakan sakit lebih banyak.
    Saya mau tanya scoliosis boleh mendonorkan darahnya? Apa dampak nya?
    Apakah akan menular atau berpengaruh buruk kepada orang yang menggunakan darah saya?
    Terima kasih, saya sangat menunggu jawabannya

    • Sebelum saya turut prihatin atas apa yang menimpa ibu…sebaiknya ibu melakukan terapi untuk scoliosisnya mengingat semakin berat derajat scoliosisnya maka keluhan akan semakin berat…konsultasikan segera hal itu pada dokter bedah tulangnya ya bu…mungkinkan dipasang pen untuk stabilisasi posterior dll.
      untuk donor darah tidak apa2 bagi penerima darah ibu…tidak perlu kuatir dan tidak akan menular….saya salut pada ibu yang masih mau mendonorkan darahnya demi kepentingan orang lain…padahal ibu sendiri sekarang sedang sakit berat…mudah2an amal ibu diterima oleh Allah SWT…aamiinnnn

      • Assalamualaikum…
        Terimakasih banyak atas jawabannya, sy jd tdk hawatir lagi terhadap pengguna darah sy. Tp maaf msh ada yang mengganjal dok…
        Dengan donor, apakah tidak akan memperburuk scoliosis nya?
        Kemudian, menurut artikel yg sy baca, scoliosis merupakan penyakit turunan walaupun berbeda tingkat keparahannya.
        Anak ke 2 sy perempuan (7th), sy tdk sanggup membayangkan suatu saat anak sy mengalami apa yg sy rasakan selama ini.
        Apakah bisa di kurangi resikonya? Misal dg vit, kalsium, makanan, olah raga, dll
        Terimakasih. Wassalam…

  178. maaf dok saya mau tanya,apa benjolan di payudara selalu kanker ? kalo iya,apa memang harus slalu di oprasi ?

    • benjolan di payudara tidak harus kanker….bisa jadi tumor jinak…segera periksakan ke ahli bedah di kota Anda ya supaya segera dapat diketahui jenis tumor tersebut

  179. dok??? halooo

  180. apa manfaat pengobatan tradisional untuk korban patah tulang??

    • patah tulang yang bisa diobati di pengobatan tradisional adalah yang jenis tertutup artinya tidak ada kulit yang robek….karena pada prinsipnya…tulang secara alamiah akan menyambung sendiri…asalkan di fiksasi supaya tidak banyak bergerak (istilah medisnya: dipasang bidai atau gips)

  181. asskum dok…saya santo,umur 23th,mohon pertolongannya,,,,tgl 23 oktbr saya mengalami kecelakaan,lengan tangan atas patah,tgl 24 oktbr saya operasi pasang plat,,,,
    sebelum operasi 5 jari saya tidak bisa bergerak ke atas,cenderung ke bawah tp ujung2 jari masih terasa,,,dipergelangan tangan seperti tidak ada kekuatan,,,,semua area kulit terasa jika disentuh…
    yg saya tanyakan ;
    1. apakah jari2 saya bisa kembali normal? butuh berapa bulan ?
    2. urat mulai dari siku sampai jari kok kyk kesemutan/tebal,,,itu kenapa ya dok ?
    3.apakah ada saraf yg putus ? tp dokter bedahnya di bali bilang sarafnya ada yg iritasi,,,perkiraan 3 bln sembuh,,,,
    4. saya kecelakaan dan operasi di bali,,,tgl 28 saya pulang k jombang,,,,ketika saya periksa ulang di rsud jombang kok pelayanannya kurang memuaaskan kemudian analisa dokter jombang dan bali kok berbeda,,,,kata dokter jombang ada sarafnya yg putus,,saya jadi kawatir,,,tks,,,,

    • waaalaikum salam wr. wb.
      1. untuk kembali normal 100% sepertinya sulit…mungkin sekitar 80%…itupun sudah sangat bagus mas….yang penting lakukan fisioterapi ya
      2. akibat pengaruh inflamasi pada serabut saraf mas…mintalah obat2an anti radang dan perangsang saraf perifer ya
      3. ya..ya…harus sabar…betul itu dokternya
      4. lakukan fisioterapi….sering berjemur dan rendam lengan dengan air hangat..minum obat2an untuk saraf tepi selama 2-3 bulan…mudah2an ada hasil…jangan takut dulu ya….harus sabar…

  182. Assalamualaikum… dok mau tanya apa bekas lubang tindikan di telinga bisa dihilangkan? kalau bisa dengan cara apa? terima kasih

    • waalaikum salam…..bisa dihingkan dengan cara dioperasi

    • waalaikum salam…..bisa dihilangkan dengan cara dioperasi…..konsultasikan dengan dokter bedah di kota Anda yaa

  183. terimakasih ya dok atas informasinya dan sarannya,,,,,,
    mengenai pernyataan dokter yg maksimal 80% itu kenapa ya dokter ?
    mohon penjelasannya,,,,,,

  184. dokter tempat prakteknya dimana ?

  185. dok mau nanya, klo cedera lutut yg udh 7bulan msih bisa d sembuhkan ? soalnya masih terasa sakit di lututnya. trus kenapa setelah cedera lutut itu, paha saya jd lebih kecil daripada paha sebelahnya. tolong pencerahannya dok

    • bisa tidaknya lutut yang sudah cedera 7 bulan yang lalu diperbaiki….tergantung dari keparahan dari cedera lutut tersebut….seharusnya memang waktu segera konsultasi dengan ahli bedah/orthopedi di kota anda untuk mendapatkan tindakan yang terbaik untuk kasus Anda. PErlu serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui kelainan apa yang tjd sekarang pada lutut Sdr…seperti pemeriksaan imaging (X-ray atau MRI). Mengetahui paha yang mengecil…kemungkinan cedera tempo dulu itu mengenai saraf yang mensarafi otot-otot di paha, bisa saya saraf yang lebih tinggi (seperti di daerah pinggang) yang terkena….menurut saya segera periksakan ke dokter spesialis bedah/orthopedi di kota Anda, atau kalo tidak ada…minimal dokter spesialis saraf terlebih dahulu jg boleh.

  186. selamat malam dok… terima kasih atas jawaban dr.
    dok saya mau tanya, tentang manfaat daun sirsak yang kata orang bila direbus bs bermanfaat untuk penderita kanker…

    tp kmrn dr yang menangani mama saya blg jangan minum daun sirsak tsb… saat saya tanya knp, jawabnya pokoknya jangan..

    sebetulnya apakah rebusan daun sirsak tersebut untuk kanker payudara gr 2. ER + memang tidak baik dok? terima kasih

    • selamat sore….mengenai daun sirsak dan kulit manggis….Sdr bisa baca di web-blog saya ya….www.bedahunmuh.wordpress.com

  187. permisi dok,numpang tanya tangan saya kan habis jatuh dari motor dan patah lalu saya pijatkan ke sangkal putung udah sembuh dan kejadian jatuhnya itu 4 bulan yang lalu tapi akhir akhir ini sering sakit dan kumat kumatan, kemaren saya pijatkan lagi, tapi tangan saya tambah sakit dan membesar tak sentuh tangan saya kaku dan keras,tambah sakit dok, lalu solusinya saya harus gimana ? apakah saya harus kedokter bedah langsung di rontgen ? atau gimana ? solusinya

    • ya sebaiknya langsung konsultasi ke dokter bedah…supaya segera dapat di diagnosis apa sebenarnya yang terjadi pada tangan Sdri…mudah2an segera mendapat solusi yang terbaik ya….

  188. dokter, saya punya kasus 3 jari tangan kiri sy putus akibat kcelakaan krja terjepit rantai konveyor di pabrik, jari telunjuk dan jari tengah hilang 2 ruas, jari manis hilang 1 ruas, dokter rs siloam waktu itu menyarankan utk di amputasi krn jaringan pd jari yg trputus sdh kering trserap sarung tangan yg masih saya kenakan yg berakibat bnyk jaringan yg sdh mati shingga tidak bisa utk di sambung kmbali, skrg kondisi jari sdh di amputasi dan sudah sembuh, yg ingin saya tanyakan adlh apakah ada metode penyambungan dg jari tiruan/palsu, sekedar utk menutupi *cacat permanen ini, metode sprti apa yg paling baik jika dilihat dr kasus yg saya alami, dan bgaimna efeknya utk kesehatan jari yg masih trtinggal dan bisa brtahan brp tahun.
    serta kira2 diperlukan biaya brp utk operasi?
    terima kasih.

    • untuk menambah panjang jari-jari yang sudah putus, bisa ditambahkan protesis khusus, datanglah ke unit fisioterapi-rehabilitasi dan konsultasikan untuk kemungkinan penambahan protesis jari-jari. Untuk biaya bisa ditanyakan di unit tersebut.

  189. selamat malam dok apa benar obstruksi biliaris pada BBl itu susah untuk sembuh
    terimakasih

    • itu maksudnya BBL ya…bayi baru lahir kah?…kalo iya…memang terjadinya obstruksi biliar pada BBL sangat susah disembuhkan, kebanyakan akibat virus terutama CMV yang berakibat atresia biliar….contoh yang sudah ada adalah anak Bilqis.

    • Selamat pagi bu nesya….kebanyakan obstruksi biliaris pada bayi baru lahir bersifat congenital akibat paparan virus terutama CMV. Obstruksi yang ditimbulkan bukan hanya sekedar sumbatan biasa akibat batu seperti pada orang dawasa namun disebabkan karena tidak terbentuknya saluran empedu yang mengalirkan cairan empedu dari hati ke usus 12 jari, yang disebut dengan atresia bilier.

  190. dok saya mau tanya sepuluh hari yg lalu saya habis operasi ganglion di pergelangan tangan saya sudah 3 kali kontrol, pas kontrol ke 3 jahitan sudah dibuka tapi luka operasinya belum rapat terus luka diperban lg seminggu lagi harus balik kontrol lagi apa luka operasinya bisa rapat sendiri dok, saya takut kalo belum rapat berarti saya harus operasi lg dong dok

    • insyaAllah bisa rapat sendiri bu, asalkan daerah luka tetap dijaga kebersihannya dengan sering diberi antiseptik dan dikompres dengan cairan steril seperti cairan infus Normal saline, makan makanan yang tinggi protein seperti produk hewani, dan juga yang penting jarak antara kulit yang terbuka tidak lebih dari 2mm karena kalau terlalu lebar akan timbul jaringan parut (keloid) yang tidak baik dari segi kosmetik.

    • insyaAllah bisa rapat sendiri asalakan selalu dijaga kebersihan luka dan sekitarnya dan jangan lupa diit tinggi protein ya.

  191. Assalamu’alaikum dok, saya mau bertanya tentang fungsi, kelebihan dan kekurangan , proses pemasangan serta cara kerja dari titanium miniplate pada fraktur wajah,dok..terima kasih atas penjelasannya dok..

    • wwww. prinsipnya adalah bahwa fungsi miniplate ini untuk membantu proses penyatuan tulang wajah patah agar lebih cepat, kelebihan titanium yaitu bahwa bentuk tipis, lebih tipis dari steinless steel namun labih kuat. pemasangannya jelas melalui operasi dan pasien harus dibius total, dimana tulang wajah patah disitu nanti titanium dipasang dengan cara tulang di bor dulu lalu dipasang screw/baut agar titanium menempel dan meng-imobilisasi fragmen tulang yang patah. mudah2an bisa menjawab pertanyaan Sdri.

    • waalaikum salam wr wb

      Titanium miniplate mempunyai kelebihan lebih ringan tapi lebih kuat dibandingkan plate yang biasa, untuk kekurangannya ya harganya lebih mahal mbak dara, mudah2an bisa menjawab ya

  192. Assalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatu om aleq …
    sebelum’a saya minta maaf kalo memanggil dgn om hehehe …
    Nama saya Aditiya Permana , umur 17 tahun.

    Saya mau nanya om, dipergelangan tangan sebelah kanan saya terdapat benjolan, awalnya kecil dan lembek tapi sekarang benjolan’a aga besar sdikit dan keras sprti tulang tapi kalo dipencet lama-kelamaan sakit dan juga sekarang sya merasakan benjolan’a aga kebelakang sedikit karna didepan’a udh numbuh kya gtu lg cuman aga sedikit kecil sekarang ini ..
    kata orang terdekat saya, penyakit ini nama’a Kista sprti Cairan jahat gitu ..
    bnyk yg menyarankan operasi saja dan “ada juga yg menyarankan di pencet aja setiap hari lama kelamaan bakal ilang kok” tapi ada yg bilang juga kalo keseringan dipencet bakal numbuh lagi tapi di lain tempat.

    bulan depan desember tidak tahu tgl brp tante saya akan membiayai saya untuk melakukan operasi. tapi saya ingin mengetahui apakah operasi itu mempunyai efek samping yg negatif atau tidak, Dok?
    terima kasih ..
    Wassalamu’alaikum wa rohmatullahi wa barokatu

    • www. sepertinya tumor yang Sdr derita adalah ganglion, yaitu cairan sendi yang keluar dari tempatnya dan masih dibungkus oleh selaput sinovial, sehingga berbentuk kista. tumor ini bila semakin membesar memang akan menimbulkan rasa ngilu di pergelangan tangan dan juga kosmetik yang tidak bagus. Sebaiknya dioperasi saja, isyaAllah kalo operasinya baik tidak akan timbul masalah.

    • benjolan di pergelangan tangan paling sering berupa kista ganglion yaitu cairan sendi yang keluar dari tempatnya dan dibatasi oleh selaput sendi, sebaiknya dioperasi saja dan jangan dipencet2 ya mas, insyaAllah untuk operasi tidak ada efek yang membahayakan.

  193. Ass, wr, wb, Dok..

    Saya Fahmi, perempuan umur 31 th. Kira2 setahun yg lalu saya pernah berkonsultasi dg dokter mengenai backer cyst tetapi sampai saat ini saya belum melakukan operasi. Ada yg mau saya tanyakan :
    1. Benjolan backer cyst saya sudah mulai membesar dan juga ada keluhan di kedua lutut saya, sering sakit/linu. Rencananya saya akan operasi backer cyst sekalian mengobati keluhan kedua lutut saya itu. Saya harus menemui dokter bedah umum atau bedah orthopedi atau ke dokter spesialist penyakit dalam yg khusus reumathik dan sendi? Mohon arahannya..
    2. Selain backer cyst, saat ini saya juga ada keluhan usus buntu (sdh rontgen appendicogram dan hasilnya non filling) cuma jarang sakit. Apakah usus buntu bisa disembuhkan tanpa operasi?
    3. Apabila usus buntu nya juga hrs operasi, saat ini yg harus saya jalani terlebih dahulu apakah operasi backer cyst dulu atau usus buntu dulu atau bagaimana ya dok?

    Terima kasih atas arahannya Dok..

    Wassalam.

    • waalaikum salam wr wb..
      1. untuk operasi baker cyst Sdr bisa ke dokter bedah umum atau orthopedi bukan ke internist
      2. usus buntu yang Sdr alami sekarang dalam kondisi kronis yang akan kambuh-kambuhan seumur atau keburu pecah saat exacerbasi akut. tidak ada obat yang bisa mengembalikan usus buntu seperti sediakala selain operasi
      3. sebaiknya operasi usus buntu dulu karena bila usus buntu keburu pecah dapat mengancam nyawa
      mudah2an bisa menjawab pertanyaan Sdr
      Wassalam

  194. Selamat siang dok,
    saya Alex usia 43 tahun, saya karyawan yg bekerja disbh perusahaan dan banyak menghabiskan waktu duduk dibelakang meja. Lebih kurang 3 bln yg lalu mengeluh sakit dan nyeri bagian disekitar pinggang, bokong dan paha, apalagi jika duduk dlm jangka waktu lama. Setelah dilakukan MRI, diagnosa dokter sbb ;
    1. terjadi bulging disc pada discus intervertebralis L4-5 dan L5-S1 dgn peregangan ligamentum anulare yg masih utuh.
    2. Terjadi multiple tarlov cyst a/r extradural radix spinalis segmen L5 bilateral.
    Namun demikian kondisi tsb bukan mengarah kesisi bagian luar (punggung) melainkan kearah bagian dalam/depan (perut).
    Pertanyaan saya;
    1. Apakah sakit/nyeri yg sy alami berhubungan dgn kondisi tsb.
    2. Sejauh apa potensi yg mungkin terjadi (kedepan) dgn kondisi tsb
    3. Terapi/tindakan/pola/gaya hidup apa yg perlu dilakukan dgn kondisi tsb.
    Demikian disampaikan, atas pencerahannya disampaikan terimakasih.

    Salam,
    Alex

    • Selamat pagi….

      1. kemungkinan besar nyeri yg Sdr alami berhubungan dengan kondisi discus di L-4-5 bisa jadi ada HNP yang menjepit urat saraf
      2. kemungkinan tungkai tidak bisa digerakkan sama sekali, tergantung derajat keparahan dari herniasi atau pendesakan ke saraf
      3. sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan ahli bedah saraf di kota Anda, biar segera mendapatkan penanganan yang sesuai.

      Semoga mendapatkan kesembuhan ya

  195. Assalamu’alaikum dok..
    Salam kenal dan salam sehat :)
    Dok, saya lagi nyari buku yang berkaitan dengan sistem kariovaskuler dan pencernaan.. Ada nggak dok ?

    Mohon balasannya ya dok..
    Trims sblmnya :)

    • waalaikum salam…

      sebetulnya banyak buku2 tentang itu…tergantung diperuntukkan untuk apa/level mana….perawat..mahasiswa FK…residen atau apa?…coba cari di gramedia…uranus..atau jaringan toga mas di kota Anda.

  196. selamat siang dok,saya sudh 5 Bulan selesai oprasi dok,tp akir2 ni bekas jahitannya terasa perih bila kaki saya di gerakan dok,,knpa ya dok..??terima ksih

    • kalo jahitan luarnya sudah kering dan luka menutup serta tidak ada tanda2 peradangan, menurut saya tidak perlu dikhawatirkan. Proses penyembuhan luka ada fase dimana terbentuk jaringan fibrotik yang memang jaringan ini bersifat keras, akibatnya jaringan ini menekan2 jaringan sekitarnya yang lunak, tapi insyaAllah seiiring dengan berjalannya waktu jaringan ini akan sedikit melunak (fase remodelling) dan Anda akan terbiasa dengan keadaan tersebut.

  197. Apakah bisa tumbuh, payudara yang dioperasi ( bedah ) waktu masih bayi ( anak saya ) ?

    • tergantung dari jenis operasi apa yang dilakukan saat masih bayi

  198. Asslm..
    Dok..2 minggu yg lalu saya menjalani operasi caesar dan baru hari ini buka perban. Yg mau saya tanyakan setelah perban dibuka dan saya raba di bekas luka jahitannya saya baru tau klu ternyata masih ada sisa/simpul benang yg keluar di ujung kiri luka jahitan…itu gimana ya dok?? Kira2 tindakan apa yg akan dilakukan dokter klu saya kontrol nanti? Atau cukupkah klu saya cek ke bidan dkt rumah aja? Oya, saat masih diperban luka jahitan tdk terasa perih tp setelah perban dibuka kok jd terasa perih ya dok? Sementara kata bidan jahitannya sudah kering..

    Sebelumnya makasih banyak ya dok..

    Wassalam

    • Sebaiknya ibu kontrol dulu ke dokter kandungan yang melakukan operasi, karena dialah yang tahu persis jenis benang yang dipakai apakah diserap atau tidak ya….selanjutnya boleh ke bidan. untuk nyeri saat dibuka perbannya sebetulnya bukan karena perbannya yang dibuka namun proses inflamasi memang sedang berlangsung sehingga menimbulkan rasa nyeri, mintalah obat penahan nyeri kepada dokter ya.

  199. dok ini ratna 22 september 2013 lalu saya mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang di tulang kering,setelah 2 bulan saya amati kok tulang yg d atas pemasangan pen agak menonjol kira” apa perlu saya melakukan ronsen lagi dan kira” berapa bulan harus di lakukan ronsen lagi pasca operasi

    • silahkan mbak ratna kalo ingin foto rontgen lagi tidak harus menunggu berbulan-bulan untuk mengetahui bentuk tulang pasaca operasi. Seharusnya pasca operasi sudah difoto dan ditunjukkan oleh dokter serta dijelaskan mengenai hasil pemasangan plate dan kesejajaran tulang pasca reposisi.

  200. Selamat sore Bapak,kami hanya sekedar bertanya. anak kami umur 2 tahun baru saja menjalani operasi sedangkan setelah menjalani operasi masih dirawat sampai benang jahitan dilepas. pertanyaan kami Bapak, Berapa hari umumnya benang jahitan akan dilepas setelah seorang anak selesai menjalani operasi?Terimakasih

    • tergantung lokasi operasi dimana pak. kalo diwajah bisa 4-5 hari, kalo di badan bisa 7-10 hari, dan di kaki bisa 10-14 hari. perlu diketahui bahwa hari tidak bisa dijadikan patokan mutlak untuk pengangkatan jahitan, banyak faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan dan masing2 pasien berbeda2. yang paling ideal adalah dilihat kondisi luka secara langsung apakah sudah kering atau belum.

  201. selamat pagi dok.. mau tanya lagi ya..

    mama saya sudah 2 x kemo..
    kemo 1 dan ke 2 : cycloposphamide + taxotere..

    2 hari setelah kemo selalu diberikan injeksi leucogen.. yg mau saya tanyakan injeksi leucogen untuk apa? kalau misalnya tidak diberikan injeksi tsb bagaimana resikonya? mengingat biayanya cukup mahal..

    setiap 3 minggu sekali kemo.. terima kasih..

  202. dok saya mau tanya hasil rontgen saya setelah mlakukan apendicogram.
    tertulis: tampak kontras mengisi lumen cecum,colon ascendens dan colon transversum.pasase kontras lancar,tak tampak filling/additional defect.tak tampak indentasi ektra luminer incisura dan haustrae normal.gambaran appendix tidak terisi kontras.kesan non filling appendix. tolong penjelasannya dok?

    • itu artinya appendix atao usus buntu menyempit akibat keradangan kronis sehingga kontras tidak bisa mengisi lumen/saluran usus buntu. menurut saya sebaiknya di operasi saja mbak mengingat bahaya exacerbasi akut (kambuh secara mendadak dan bertambah parah)

  203. dokter saya mau bertanya,, ada pria berusia 30th telah dilakukan penjahitan luka pada tangan,, dan setelah 3 hari luka belum mengering dan timbul sedikit nanah, nyeri dan agak merah lalu telah dibersihkan kembali serta telah diberi antibiotik oles dan antibiotik yg dminum,,menurut dokter apa yg harus dilakukan??apa perlu menggunakan perban yg dapat menyerap nanah agar cpt sembuh?

    • bila luka bernanah sebaiknya 1-2 jahitan dibuka sebagai window agar nanah bisa dikeluarkan/keluar dengan mudah lalu dilakukan pencucian luka melalui window tersebut sampai bersih….bila perlu dipasang karet untuk drainage sementara. Antibiotika diperlukan untuk mereduksi jumlah bakteri….lebih baik lagi bila dilakukan kultur terhadap nanah yang keluar sehingga bisa diketahui antibiotika yang sensitif/sesuai dengan jenis bakteri yang tumbuh di bekas luka jahitan.

  204. Asslm…
    Sy hendri, 20 thn, mahasiswa, tinggal di bekasi.

    Dok, kebetulan saya habis 2 kali operasi (usus buntu sama pelengketan usus besar). Bekas operasinya berbentuk horizontal (setelah opra usus buntu) dan vertikal (setelah opra pelengketan usus besar). Pasca 4 thn opra pelengketan usus sy sudah masuk dan senang mengikuti kegiatan beladiri atau silat. Beladiri yang diadakan setiap seminggu 2 kali dan tiap durasinya 2 jam. Sy sudah 4 kali latihan. Latihan dasarnya ada loncat-loncatan, push up, sit up, dsb yang berhubungan gerakan-gerakan bebas beserta tenaga dalam. Yang sy sangat khawatirkan sy sudah mengikuti beladiri, bekas operasinya takut kenapa-napa. Yang sy tanyakan :

    1. Apakah boleh dok pasca 4 tahun operasi pelengketan usus besar mengikuti kegiatan beladiri yg gerakannya bebas beserta tenaga dalam?

    2. Apa efeknya setelah operasi mengikuti kegiatan bela diri?

    3. Kalau misalkan sy mengikuti pertandingan tiba-tiba bekas operasi sayab dipukul oleh lawan efeknya seperti apa? Mohon penjelasannya Dok…

    Wasslm….

    • ass. wr. wb.
      mas hendri di bekasi saya akan coba jawab 3 pertanyaan Sdr:
      1. kegiatan beladiri dan tenaga dalam boleh dilakukan…apalagi operasi terakhir sudah 4 tahun yang lalu. tidak perlu khawatir, yang penting pola makan dijaga selalu berserat tinggi untuk menghindari perlengketan ulang.
      2. kalo operasi sudah lama dan luka operasi sudah menutup sempurna, saya kira tidak ada efek yang membahayakan.
      3. sekali lagi tergantung proses penyembuhan…bila sudah sempurna ya paling terasa sakit saja.
      mudah2an bisa menjawab rasa penasaran Sdr.
      wassalam

  205. Kepada Yth. Dokter Alek
    dari : Sri R
    Dok umur saya saat ini 37 tahun punya anak 3 kira – kira sudah 6 tahunan ada benjolan diketiak kanan awalnya kecil lama – lama besar tidak sakit kalau ditekan baru sakit benjolan agak keras tapi kalau dipegang tidak lari – lari tetap disitu sekarang diketiak kiri juga ada benjolan tapi lebih besar yang sebelah kanan (kira – kira sebesar setengah telur ayam), saya udah konsul ke dokter bedah di Rumah sakit harapan Bunda Batam dianjurkan operasi katanya benjolan tersebut kelenjar payudara, yang saya tanyakan apakah harus dilakukan tindakan operasi, apa penyebabnya ya dok apakah ada obat alternatif lain karna saya agak trauma dioperasi karna telah caesar 2 kali, makasih bayak dok saya tunggu jawabannya.

    • Kepada Yth Ibu Sri R
      Setiap benjolan yang abnormal di tubuh dianggap sebagai tumor…dan tumor itu bisa jinak atau ganas. untuk mengetahuinya ada beberapa cara sepert: 1. FNAB (sel-sel tumor diaspirasi/disedot); 2. dilakukan biopsi eksisi (tumor angkat melalui proses pembedahan). Kedua tindakan tersebut penting untuk mengetahui jenis dan macam tumor.
      Menurut saya sebaiknya dioperasi saja apalagi sudah mulai tumbuh di tempat lain (ketiak kiri)…patut dicurigai merupakan tumor dari kelenjar getah bening.

  206. Asalamuallaikum mas aleq..
    Saya pernah alami patah tulang betis kiri, tulang besar dipasang pen tulang kecil dimasukin besi dlm sumsumnya sebagai penyambung -/+ sebesar lidi.
    Yg mau saya tanyakan, nantinya saat oprasi lepas pen kan ada lubang2 bekas baut pen.
    Nah apakah lubang2 tadi akan ditutup dgn bahan tulang instan atau apa, atau dibiarkan berlubang begitu saja ya Dok. Terus untuk lubang di sumsum tulang kecilnya juga gimana.
    Kalo lubang bekas baut dan besi tadi tidak ditutup, akan berapa lama sembuhnya setelah oprasi lepas pen Dok.
    Haryanto SR, KALTIM.
    Terimakasih…

    • waalaikum salam wr. wb.

      pada prinsipnya lubang bekas pen (screw/baut) dan juga besi sebesar lidi (wire) akan menutup secara alami…namun bisa juga saat pengangkatan ditutup dengan bone wax….jangan khawatir tentang hal tersebut.

  207. dok mau tanya teman saya usia 30th dijahit di pergelangan tanganny karena tersayat besi dan dijahit 5 jahitan,,setelah 3 hari kemudian kontrol dan lukanya msh basah , keluar nanah serta agak merah dan sakit,, lalu diberi obat antibiotik yg di oles pada luka maupun antibiotik yg diminum,,, menurut dokter penanganan selanjutny bagaimana? ap perlu jahitanny tersebut dibuka dulu lalu dibersihkan ato dilakukan pembersihan luka saja sudah cukup? ato ada penanganan lain? terimakasih dokter……….

    • sebaiknya 1 jahitan dibuka sebagai window untuk keluarnya nanah dan dilakukan pencucian melalui window tersebut dengan cairan antiseptik dan perhidrol untuk mengeluarkan semua nanah dan jaringan nekrotik.

  208. Salam kenal dok..anak laki2 saya umur 2 tahun, di bagian antara mata dan telinga kirinya(kira2 jarak 1cm dr telinga) terdapat benjolan berwarna biru, seperti warna urat atau lebam, kira2 2 bulan yll, saya liat sih kecil seperti jerawat, krn tdk terlalu mengganggu jd saya gak ambil pusing soal benjolan itu, tp dlm mggu terakhir ni saya liat benjolannya agak membesar, diameter 1 cm, kl di tekan tidak terasa sakit..pernah konsultasi ke dok sp anak, tp kt dok nya mgkn itu jaringan lemak, dan di pegang sepertinya benjolan itu bs bergeser..mnrt dok sp anak itu tumor jinak dan tidak berbahaya, tp untuk pastinya mau di biopsi..tp saya takut dgr mau di biopsi, krn anak saya msh kecil,.kasian..yg mau saya tanyakan, apakah mmg perlu di biopsi dok? Dan seandainya di suruh operasi, apakah tidak berbahaya? Soalnya letak benjolannya dekat urat nadi yg berdenyut..Pernah saya cari informasi, ktnya ada yg di suruh minum obat 6 bln – 12 bln berturut2 biar benjolannya sembuh..dengar minum obat sampe gitu lama, saya jd takut, anak sekecil itu minum obat sama berbulan2, apa gak berbahaya bagi ginjalnya?tolong di balas ya dok..sampe skrg saya belum bawa biopsi, krn msh berharap benjolan itu bs sembuh dengan sendirinya..ada kemungkinan gak dok benjolannya bs sembuh dengan sendirinya? Sebaiknya di operasi atau konsumsi obat terus menerus? Tolong sarannya ya dok, saya takut salah langkah..Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok..

    • ibu lily yang baik

      melihat cerita sekilas ibu, kemungkinan putra ibu terkena tumor jinak dari pembuluh darah atau disebut hemangioma, tumor ini akan membesar seiring dengan bertambahnya usia anak.
      menurut saya sebaiknya dioperasi saja bu…untuk mengetahui jenis dan macam tumor secara pasti, insyaAllah operasinya gak berbahaya kok.

  209. siang dok…sy boni anak sy umur 13 thn .pd thn 2009 pernah operasi di bagian leher kiri di krnkan adanya benjolan yg berupa bisul besar .dari hsl lap ada pembentukan mikro abses .setelah 2 thn kemudian benjolan tersebut timbul lg persis di tmpt bekas operasinya hgg skrg msh sering kambuh .yg ingin sy tanyakan apakah ada solusi untuk penyenbuhan dan bahayakah dok ?mohon saran dan infonya dok… terimakasih .

    • untuk kasus abses yang sering kambuh, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih detail seperti foto X-ray dengan memasukkan kontras melalui lubang tempat keluarnya nanah, sehingga dapat diketahui kemana saja arah saluran-saluran dan sumber nanah tersebut. pemeriksaan ini digunakan untuk guide (pembimbing) dalam melakukan operasi pembersihan bekas nanah yang sudah lama.

    • sebaiknya dilakukan operasi pembersihan ulang yang lebih radikal dengan mengangkat dan membersihkan seluruh fistula yang ada supaya tidak terjadi kekambuhan di kemudian hari.
      bahaya abses bila dibiarkan lama adalah: 1. sering timbul infeksi yang merupakan penyebaran dari bakteri di tempat abses, 2. fistula akan semakin memanjang karena pada prinsipnya nanah akan mencari jalan keluar selain fistula, 3. bisa timbul sepsis (infeksi yang berat), 4. bisa berdegenerasi ganas (kanker)

  210. selamat malam Dok,
    saya mau bertanya, ibu saya menjalani operasi di lidah bagian samping akibat peradangan akut pada juli 2011, setelah operasi semua baik kembali, namun tiba-tiba skr bekas operasi dl terbuka kembali, apakah mungkin jahitan yg dahulu lepas atau radang yg baru?ibu saya memiliki riwayat penyakit diabetes

    • untuk kasus ibunya mbak susi memang harus dilihat dulu secara klinis, apakah betul2 terbuka atau hanya inflamasi saja. apalagi ada faktor risiko lain seperti diabetes melitus. saran saya coba periksakan dulu ke dokter bedah di kota Anda, supaya dilakukan penilaian terlebih dahulu.

  211. Sore dokter saya mau tanya saya di vonis ada kista dermoid susp kista musinosum dgn multikistik sbsar 9cm itu mnrt bbrapa dktr yg saya temui rencanya saya akan di laparotomi tp ada slh satu dktr yg menyuruh saya utk CT scan abdomen bawah stlah saya lakukan sy dpt hasil kesan : Destruksi korpus vertebra Tampak lesi kistik multiseptasi dgn bercak kalsifikasi ukuran 12,84×7,38×11,2 cm yg melekat pada m. Psoas kiri sampai ilio psoas kiri, menyangat pada bagian dindingnya dan meluas ke paravertebra L5, fraktur kompresi L4-L5 dgn listhesis L4-5 (grade 1 )itu artinya apa ya dok,saya bingung sbnrnya saya kista atau karna tlg belakang saya ( saya pernah riwayat jatuh hmpir 2 th lalu, sy pernah dtg ke sp ort dan di suruh di lakukan operasi pasang pen karna ada kerusakan discuss di L4-L5 dan ada syaraf trjepit jga krna sy takut di operasi krna tkt tdk bisa hamil dan sy tdk dtg lgi ke dktr tsb ) mohon bantuan nya ya dok,trma ksh bnyak sblmnya dok,:)

    • Ibu Tary yang baik
      Sebenarnya ibu memiliki 2 penyakit yang berbeda yang kista di ovarium kiri dan masalah tulag belakang akibat jatuh 2 tahun yang lalu).
      Sebenarnya kedua penting mengingat kista sudah besar dan ada fraktur kompresi yang berisiko menjepit saraf dan berakhir dgn kelumpuhan.
      Coba ibu diskusikan dengan suami dan dokter mana menurut ibu yang lebih mengganggu dari keduanya, baru nanti diputuskan apakah pembuangan kista atau pemasangan pen meskipun sebenarnya sudah terlambat.
      Kalaupun toh indung telur diangkat…toh masih ada 1 bu….gak perlu khawatir.

  212. saya mau tanya, saya punya kaka sekitar 3 tahun yang lalu dia menjalani operasi karena menurut dokter abses di kepala. setelah menjalani operasi itu ada efeknya, seperti mata sebelah kiri yang kurang berfungsi lalu kk saya juga jadi kejang-kejang dan periodenya itu sekitar sebulan atau 2 blan skali. pernah waktu bulan apa itu, kejangnya itu berkelanjutan jadi 5 mnit skali. kejangnya itu seluruh badan. dan untuk sekarang sh alhamdulillah belum kambuh lagi kejangnya. tapi saya mau tanya kalau suatu waktu nanti kejangnya itu kambuh langkah awal untuk menanganinya itu bagaimana ya? kadang kan tidak bisa langsung dibawa kerumah sakit. terima kasih sebelumnya.

    • saya sarankan sdri untuk periksa ke spesialis saraf supaya bisa dilakukan pemeriksaan yang lebih teliti ttg penyebab pasti dari kejang yang Sdri alamai, mengingat sebenarnya operasi pengangkatan abses diluar tulang kepala tidak menyebabkan kejang kecuali kalo ada abses di otak.

  213. alat yg di masukkan ke telinga it ap namanya ?

    • maksudnya alat untuk apa ya mas…..kalo alat untuk melihat telinga bagian tengah atau membran telinga disebut otoskopi

  214. Selamat Pagi Dok,

    Saya mau tanya, 2minggu lalu kakak sy menjalani operasi batu empedu, memang aneh para dokter bilang rata2 yg kena batu empedu yang sudah berumur, namun kakak sy baru berumur 27thn.

    Sebelum operasi kami sdh menceritakan kpd dokter riwayat ayah kami yg meninggal setelah operasi batu empedu, ternyata saat dioperasi terdapat cancer usus. Dan ayah sy hanya bertahan 8bulan :(

    Dokter tetep menyarankan operasi batu empedu, alhamdulillah berjalan lancar dan terdapat 2batu empedu dan pengangkatan kantung empedu krn empedu kk sy rusak.

    Namun pasca operasi kulit dan mata kaka sy menguning, tidak bisa bab dan perut begah terkadang merasa seperti mag.
    Tp utk badan dan bekas operasi tdk bermasalah krn makin kesini semakin membaik.

    Kemarin hasil CEA nya tumor marker 0,3ng/ml dan 0-5ng/ml

    Bagaimana dokter hasil lab tersebut? Dokter mengatakan tdk ada masalah, namun mengapa muncul angka tersebut?
    Apa hasilnya baik-baik saja dok?

    Dan sakit menguning apakah baik2 saja? Karena temanku pernah didiagnosa penyakit mag namun sdh 1bulan tdk sembuh ternnyata dicek ulang terkena hepatitis.

    Mohon jawabannya dok mengenai penyakit kakak sy,
    Karena kk saya sangat kuatir akan terjadi seperti ayah saya.

    Trims dok bantuannya.

    • Menurut saya sebaiknya dilakukan pemeriksaan CT Scan Abdomen / Cholangiografi Mbak supaya diketahui secara menyeluruh penyebab kuning dan perut terasa begah, terutama kondisi liver/hati kakak Sdri apakah terdapat smbatan disepanjang jalur empedunya.

  215. assalamualaikum dokter,,
    2 hari yg lalu saya mengalami kecelakaan yg mengharuskan bibir dan kaki saya dekat jari harus dijahit.
    saya tidak merasakan sakit pada jahitan di bibir. tetapi pada bagian kaki mengalami pembengkakan dan keluar semacam cairan.apa ini normal dok? terima kasih

    • sebaiknya diobservasi saja dulu….luka selalu dirawat dan minum obat secara teratur…asalkan bukan nanah yang keluar insyaAllah tidak apa2

  216. siang dokter. nama saya pebriani. saya usia 27 tahun. saya mengalami patah tulang di kaki dan tulang selangka 9 tahun yang lalu. karena sdh ngilu dan sdh agak menggangu aktivitas saya maka rencana nya saya tgl 30 desember ini akan operasi lepas pen. operasi nya di femur dan clavicula sbelah kiri. kata dokter ortopedi nya klo setelah opreasi 2 atau 3 hr blh pulang. dan saya tdk perlu memakai tonkat. apakah betul begitu? berapa lama waktu yg say perlukan untuk istirahat sampai saya bisa kerja kembali bekerja, naik turun tangga, mengingat pekerjaan saya yang banyak berdiri dan mengangkat beban dokter?
    terima kasih sebelumnya doter

    • Sebaiknya istirahat dulu untuk menunggu penyembuhan kulit dan jaringan dibawahnya yang dijahit saat operasi pengangkatan pen ya kurang lebih 2-3 minggu, namun usahakan saat bekerja nanti jangan terlalu berat ya bu

  217. Selamat siang dok, saya mau tanya nih dok, hari minggu yang lalu saya melakukan cauter untuk menghilangkan kutil di wajah, nah hari ini tepatnya 2 hari setelah cauter tersebut saya berniat untuk mengganti perban sendiri, saat saya buka perban yg lama darah keluar terus menerus, lalu saya tempel hansaplast darah berhenti… Nah yang saya ingin tanyakan :
    1. Berapa lama proses penyembuhan yang benar untuk cauter tersebut?
    2. Apakah wajar ketika sudah 2 hari belum kering lukanya dok?

    Terima kasih sebelumnya :)

    Best rgrds,
    Audrei

    • 1. sebenarnya kalo tidak ada perdarahan dan kauter bekerja efektif 3-4 hari sudah sembuh
      2. mhn sabar dulu ya mas….karena proses penyembuhan antara 1 pasien dgn lainnya berbeda2 dipengaruhi banyak faktor

  218. Aslm Dok. Saya laki-laki usia 42th.Tiga bulan yang lalu saya menjalani operasi pengangkatan kista ganglion di pergelangan kaki, luka sudah sembuh dengan baik, akan tetapi rasa kebas di antara pergelangan kaki hingga ibu jari belum pulih, juga bengkak yang masih tersisa disekitar pergelangan kaki hingga ibu jari belum kempes juga. Mohon petunjuk bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih Dok.

    • sebaiknya di kompres dengan air dingin dan obat2an dari dokter diminum terus mas, jangan lupa kalo tidur kaki ditaruh diatas bantal ya supaya aliran darah lancar dan bengkak berkurang

  219. halo dok, saya mau nanya. saya habis terkena kecelakaan sebulan yang lalu yang membuat jari kelingking saya kehilangan dagingnya sedikit dibagian atas dan sampe tulangnya keliahatan sedikit. jari saya sudah di perban dan dikontrol hingga kata dokter spesialis saya lukanya sudah bisa kering perlahan dan tidak harus dikontrol lagi. hingga sudah beberapa lama hingga itu lukanya tidak kunjung kering, sampai sekarang. saya juga sudah memberikan obat salep “mebo”. namun masih saja tidak kering. bagaimana tindakan sebaiknya dok? berhubung lukanya tidak mau tertutup. bisakah kena air? karena lukanya sebenarnya tinggal sedikit lagi tertutup, cuma tidak mau tertutup juga.

    • Silahkan kena air gpp asalkan setelah mandi diberi antiseptik boleh alkohol, rivanol atau betadine agar selalu steril sehingga proses penyebuhan luka alamiah bisa terjadi dengan baik….boleh ditambahkan mebo salep.

  220. dkter saya mila 27 thn..tlg dkter jlskn ttng bedah repair vagina. kasus sy septum vagina.

    • intinya sekat/septum yang membagi 2 vagina dilakukan pembuangan dengan pembiusan, namun perlu di teliti pula apakah jumlah uterus/rahim 1 ato 2, operasi harus hati2 mengingat dibawah vagina ada rektum dan diatasnya ada saluran kencing

  221. Kepada Yth. Dokter Alek
    dari : Achmad Riyanto

    assallamualaikum wr. wb.

    Dok umur saya saat ini 20 tahun dan saya punya keluhan pada kaki saya terutama di bagian betis yang dulunya bekas operasi patah tulang setelah tertabrak sepeda motor . waktu operasi usia saya 5 thn dok dan dari operasi tersebut menyisakan bekas luka sepanjang 12 cm dan di bagian sebelah tulang betis tengah terjadi “tonjolan” ketika kaki berpijak, tetapi ketika kaki keadaan rilex tonjolan tersebut menghilang yang dulu setelah operasi katanya itu tempat pembuangan darah kotor makanya di buat lubang yang di lalui pipa. Namu… ketika tungakai tertekuk malah bagian tonjolan tersebut mengalami cekungan. . . ” terdapat rasa nyeri sesekaki di saat tertentu. Usut punya usut ternyata setelah saya berusia 15 thn kaki saya yang bekas operasi malah mengalami pemanjangan 3 cm dari kaki yang normal. saya berkonsultasi dengan dokter ortopedi, ternyata mendapat jawaban bahwa otot bagian kaki saya tersebut terputus dan sebagian dagingnya hilang”…dan soal tulang yang mengalami pemanjangan sulit untuk sembuh.
    menurut dokter apakah kaki saya bisa sembuh kembali dari apa yang saya alami sekarang ??

    Besar harapan mendapat jawaban dari dokter dan solusi terbaik dari dokter.
    Terima kasih.

    • agak sulit untuk menjelaskan kepada Sdr tentang apa yang menimpa Sdr, mengingat saya tidak mendapat gambaran langsung dari tungkai sdr, menurut saya sebaiknya Sdr melakukan second opinion atau minta pendapat dokter orthopedi lain di kota Anda. pada prinsipnya operasi pemendekan atau pemanjangan tulang bisa dilakukan namun tetap melihat kondisi klinis/tulang dan jaringan sekitar tulang apalagi pasca trauma lama.

  222. selamat siang dan salam kenal dokter, kami punya anak tunggal umur 16 th dan belum menikah, hasil usg dinyatakan ada kista di ovarium kanan dan kiri. Dokter menganjurkan operasi karena diameter kista sdh 5 cm dan 8 cm.
    Kami pasrah dengan saran operasi tsb. setelah dioperasi hasilnya ternyata menurut dokter hanya ada 1 kista dan setelah saya tanya mengapa hanya 1 sedangkan saat di usg ada 2 dokter menjawab yang satunya ternyata hanya pembengkakan pd ovarium.
    Hasil lab patologi anatomi yaitu tidak ditemukan sel ganas pada selaput/jaringan kista tersebut.
    Pertanyaan saya sbb :
    1. Apa betul yang satunya pembengkakan ovarium, ataukah sebenarnya pada ovarium yang satunya memang ada kista tapi tidak dioperasi sekaligus. kalau memang betul mengapa dokter tidak berterus terang baik secara medis ataupun non medis ataukah kondisi ini memang disengaja. Kami takut kalau harus operasi lagi krn biayanya 25 juta, apakah kami bisa complaint dengan kasus ini?
    2. Ovarium yang bengkak apa berbahaya bagi anak kami dan bagaimana dengan masalah keturunan setelah menikah.
    3. Pada saat dioperasi kami ditunjukkan fotonya, pada foto tampak ovarium yang dibedah dan ada kista didalamnya. Setelah kista diambil secara medis apakah ovarium tersebut dijahit kembali ataukah diangkat/diambil sekalian. Kalau hanya dijahit berarti anak kami masih punya 2 ovarium dan ovarium yang dijahit tersebut apa masih berfungsi dengan normal ( dapat menghasilkan set telur), seandainya oleh dokter ovarium diangkat/diambil berarti anak kami hanya punya 1 ovarium kalau memang demikian mengapa dokter tidak menjelaskannya. (setelah diopersi kami hanya ditunjukkan selaput/jaringan kista yang sudah dibuang cairannya)
    4. Bisakah kista tumbuh lagi, ataukah sebaiknya kami segera menikahkan anak kami satu-satunya ini?

    Demikian kegalauan kami, mohon advised dokter. Kami ucapkan terima kasih

    • Saya akan coba menjawab pertanyaan Bapak semampu saya mengingat saya buan dokter yang melakukan tindakan operasi:
      1. untuk pertanyaan no 1 ini saya tidak bisa menjawab sebaiknya ditanyakan lagi kepada dokter yang melakukan operasi pada putri Bpk
      2. sebaiknya ovarium yang bengkak dilakukan observasi dulu saja pak dan terapi dari dokter kandungan di kota Bpk….terutama bagaimana siklus menstruasi stlh operasi, bagaimana status hormonal putri Bpk pasca operasi dll
      3. sebaiknya Bpk menanyakan langsung kepada dokter kandungannya langsung….Bpk mempunyai hak untuk mendapatkan keterangan sejelas-jelasnya kepada dokter…tidak usah ragu…dan untuk mengetahui berapa jumlah indung telur bisa juga diketahui dari Pox USG pasca operasi.
      4. Kemungkinan kista tumbuh lagi masih bisa pak. Sebaiknya Bpk periksakan dulu kondisi kelamin bagian dalam dan status hormonal putri Bpk…tidak perlu ketakutan dulu dan buru2 untuk menikahkan putri Bpk. Sebetulnya Bpk boleh juga melakukan second opinion supaya mendapat kejelasan dari dokter lain yang mempunyai kompetensi yang sama kalau memang dokter sebelumnya kurang komunikatif.
      Mudah2an bisa menjawab kegalauan Bpk dan keluarga…amiinnn

  223. selamat malam,
    saya Lia dari surabaya.
    2 bulan yang lalu saya habis jatuh dari motor, telapak kaki saya sobek dan harus dijahit dengan 24 jahitan dalam dan luar,
    yang saya mau tanyakan, sudah 2 bulan tp kenapa ya tidak bisa nyambung yang dijait, keliatan ada renggangnya sedikit, jadi keliatan daging dalemnya, tp sudah kering,tp juga belum bisa jalan,
    apa kalo dibiarkan akan nyambung dengan sendirinya?
    kalo dibiarkan bahaya apa tidak jadi masalah?

    terima kasih :)

    • jahitan di kaki apalagi di telapak kaki memang sebaiknya dibuka saat 3-4mgg stlh penjahitan dan selama itu pula tidak boleh berjalan dgn menggunakan telapak kaki karena bisa berakibat jahitan /bekas jahitan terbuka. Namun proses penyembuhan tidak hanya tgt ada faktor teknik operasinya sj, faktor pasien (gizi, gaya hidup, kebersihan dll) juga berpengaruh.
      Sebaiknya Sdri konsul kan ke dokter bedah di Surabaya supaya dinilai kondisi lukanya seperti apa

  224. Saya berumur 30thn..12 hari yang lalu saya melakukan operasi untuk membuang keloid pada dengkul..setelah 3hari saya kontrol dan hasilnya baik luka mengering..lalu pada hari ke 9 saya disuruh buka jahitan.Luka masih ditutup perban untuk 3hari,katanya setelah 3hari saya disuruh membuka perban sendiri.serta diberitahu untuk tidak banyak bergerak dulu..pada hari ke 3 saya pun membuka perbannya dan mengoleskan salep Pirotop yg diberi oleh dokter saya..tapi saya lihat luka bekas jahitan itu kok terbuka lagi sedikit.Dan ketika terkena salep rasanya sakit.sampai tidur malam saya terganggu.Apa yang harus saya lakukan ya Dok?

    • Sebaiknya Sdri konsultasi lagi dengan dokter yang melakukan pembedahan….hal itu akibat kolagen di tepi luka belum kuat, apalagi luka jahitan di bagian tungkai (menahan beban tubuh)….biasanya oleh dokter dilakukan aproksimasi dengan plester. Yang penting jaga kebersihan sekitar luka dan makan makanan yang bergizi

  225. Apakah ada penderita fistula sembuh total dari penyakitnya?
    Karna kebanyakan pasien tdk pernah muncul ketika akhir pengobatan, jadi sampai sekarang belum ada tanda jelas bahwa fistula sembuh total, dari beberapa kasus, setelah luka bekas insisi tertutup, terbentuk lagi lubang menyerupai lubang bisul dan mengeluarkan nanah(pus).

  226. Permisi dok, kl blh sy mau konsul. Anak sy (10 bln) baru menjalani operasi pembuatan lubang (maaf) anus, dr lahir anus ada ttp ada kelainan yaitu posisinya lubangnya terlalu dkt dgn vaginanya, ukurannya kecil dan tdk elastis spt pd umum nya dan di bwh anus nya ada seperti benjolan daging kecil yg mkn lama mkn besar. Dktr mendiagnosa kl benjolan itu sepertinya cikal bakal anus nya tp krn faktor trtentu sehingga tdk jadi anus dan menyarankan pembuatan lubang baru dgn posisi lbh ke bawah tanpa harus menjalani operasi klustomi. Dan yg mau sy tanyakan kira2 brp lama luka jahitan di lubang anus nya bs kering dan apakah cara membersihkan kotorannya dgn betadin dan menutupnya dgn kain kassa sdh ckp ? Soalnya sy melihat di bks jahitannya ada seperti cairan yg seperti nanah sdgkn operasinya sdh seminggu yg lalu, ktk sy tny dokter bedahnya beliau blg kl itu adlh benang nya ttp sy msh ragu. Dr dokter anak menyarankan tes lab utk mengembangbiakkan bakteri yg ada di luka nya utk mengetahui antibiotik yg cck, apakh tes lab itu perlu ya dok ??

    Trmksh sblm nya

    • proses penyembuhan luka operasi antara 5-10 hari namun tergantung kondisi pasien dan lokasi luka….luka jahitan di anus harus dijaga kebersihannya mengingat anus selalu dilewati oleh feses yang banyak kuman. Apa yang sdh Ibu lakukan itu sudah baik yaitu dengan memberikan betadine setiap aanak BAB.
      untuk saran dokter anak yang ingin melakukan kultur itupun juga baik supaya bisa diketahui jenis kuman dan macam antibiotik yang sesuai untuk anak tersebut.

  227. selamat siang dokter, saya ingin bertanya 2 minggu yg lalu sy menjalani operasi minor untuk mengambil beberapa kutil pada telapak jempol kaki saya,setelah dioperasi terdapat luka lebar pada jempol kaki saya,terus dijahit lebar sekali jahitanya dan sangan tidak beraturan,selain di jempol kaki jg di jari kaki lainnya,setelah 1 minggu setelah operasi jahitannnya diambil tp ternyata sakitnya luar biasa dan sy gak tahan dengan skitnya sampe teriak2 menangis, akhirnya diputuskan benang jahitannya tidak diambil, kata dokternya benang jahitannya nanti akan hilang dengan sendirinya,1minggu setelah operasi jempol kaki sy jahitanya kering tp tyt setelah itu ada luka basah pada jahitannya dok, apa yang harus sy lakukan dok, mohon sarannya dok, terimakasih

    • menurut sy sebaiknya Sdri konsultasi ke dokter bedah di kota Sdri. saya sendiri tidak bisa melihat kondisi telapak kaki Sdri seperti apa dan benang yang dipakai untuk menjahit jenis apa?. Mintalah saran kepada ahli bedah di kota Sdri mudah2an dapat solusi terbaik ya

  228. Selamat sore dok..
    3 tahun yang lalu ibu saya (60 tahun) menjalani operasi pemasangan pen pada tulang punggung (dekat tulang ekor/ ruas kelima).
    apakah pen yang sudah ditanam pada tulang punggung harus diangkat juga ya dok..?? karena aku khawatir jika pen tersebut diangkat,penderitaan ibu saya yang selalu saja kesakitan karena tulang yang ngengsol (antara kanan dan kirinya) sebelum operasi akan dirasakan kembali setelah pengangkatan pen tsb.
    sebaiknya bagaimana ya dok?

    • untuk pengangkatan pen atau tidak ya tergantung pasien….kalao pasien merasa takut…ya tidak diangkatpun jg gak apa-apa asalkan kondisi tulang dan pen bagus (tidak terjadi infeksi dll)

      • selamat pagi dok,,

        terima kasih dok atas penjelasannya :):)

  229. selamat malam,,
    Dok,saya siska umur 21thn. saya mau tanya, dulu di bawah mata saya ada danging tumbuh waktu saya berusia 5 bulan.
    saya sudah pernah di operasi..tetapi daging tumbuh itu tumbuh lagi sampai usia saya saat ini. yang saya mau tanyakan bagaimana cara mengobatinya dok..
    terima kasih..

    • sebaiknya dilakukan operasi lagi namun harus sampai akarnya dan benjolan hasil operasi tersebut diperiksakan ke ahli Patologi Anatomi supaya diketahui jenis tumor nya apa?? Coba konsultasi dengan ahli bedah di kota Sdri ya

      • terimakasih ya dok atas informasinya dan sarannya,,,,,,

  230. selamat pagi dok , saya punya anak usia 6 tahun perempuan kejatuhan kaca kena kaki kanan bagian belakang tendonnya putus dan dua arteri juga putus sudah di oprasi .masalahnya s udah 3 minggu tapi luka di bagian tendon masih basah solusi dan saran yang baik kami harapkan ,dan makanan apa yang cepat untuk menyembuhkan luka di tendonnya itu , minum jelly gamat apakah di sarankan

    • prinsipnya jaga selalu kondisi luka steril dan lembab, bisa dibantu dengan kompres kassa yang dibasahi rivanol atau cairan infus seperti cairan NS (normal saline). Obat antibiotika dari dokter tetep diminum sedangkan jelly gamat silahkan saja kalo anaknya mau bu

  231. Slmt siang dok, dok saya mau tanya mengenai kanker kolorektal. Kebetulan saya ada tgs kuliah mengenai hal itu. Blh ditanyakan di sini dok? Knp akhir 2 ini fnomena kanker kolorektal di usia muda mningkat ya dok? Kalau dr literatur yg saya baca memamg ada pengaruh mutasi apc terutama jika muncul di dekade ketiga, tp di indonesia sndiri tnyata byk yg muncul di dekade keempat kehidupan. Apakah penjelasannya sama dok? Terimakasih byk seblmbya dokter Aleq. Sukses

    • Etiologi dari kanker kolorektal ada yang bersifat sporadic (akibat iritasi makanan) dan herediter (keturunan/bakat)….mengenai kenapa sekarang muncul di usia muda hal ini disebabkan karena perubahan gaya hidup dari masyarakat terutama pola makan yang cenderung konsumtif, serba instan (makanan cepat saji), junk food, dan bakar-bakaran. Makanan tersebut cenderung dapat menyebabkan mutasi gen APC

  232. pak dokter saya safa,
    1. saya punya luka di kaki bagian kulit keras. dari mulai kecelakaan sampai sekarang sudah hampir ad 1 bulan namun makin bengkak dan parah. mulanya luka itu dijait namun setelah itu ternyata jaitannya sangat buruk karena sisa krikil di kaki blm dibersihkan. akrnya infeksi sampai akrnya tdk bsa untuk dilakukan penjaitan ulang kembali. dan akirnya infeksi sampai sekarang. makin lama makin bengkak dan makin terasa sakit dan parah. apa yang harus saya lakukan.???

    2. saya batuk tdk berdahak sdh ad 1 bulan gak ad sembuhnya. berbagai obat sdh dcoba namun nihil, sampai obat dokter pun gak mempan. tapi untuk akr2 nie cuma klo merasa dingin, capek, atau kena asap aja saya batuk, tapi lama berentinya, sampai rasanya di kepala belakang dan dada. ap yang harus saya lakukan???

    • Mas Safa…
      1. mendengar cerita Sdr, kemungkinan Sdr terkena selulitis akibat infeksi pasca penanganan yang tidak adekuat, sebaiknya hubungi dokter bedah di kota Anda untuk dilakukan pengobatan dan debridement secara adekuat.
      2. menurut saya sebaiknya Anda Opname dulu…bisa jadi akibat sepsis (infeksi berat) pada kaki Anda sehingga perkembangan bakteri berakibat menurunkan daya tahan tubuh Anda

  233. saya Bagus dari Bali<ingin memesan CD 1. MCC,CD 4.Anestesia, CD 7.APN, CD 8.Baystate medical emergency,CD10.Best medical collection, CD 19 Clinical neurology, CD 27.English Medicine, CD 45.Akupuntur,dan CD 51 Minor surgery,apa masih ready?

  234. dok, saya baru tiga hari lalu operasi kecil mata ikan dipergelangan tangan kanan saya, tepatnya 4cm dibawah jempol tangan kanan saya. dokter yang mengoperasi saya menyarankan untuk membersihkan jahitan sendiri dirumah menggunakan alkohol sampai nanti 10 hari kemudian diambil benang jahitannya. yang saya tanyakan, bagaimana cara membersihkan jahitan dengan benar? dan apa saja tanda timbulnya infeksi pada jahitan yang mudah dilihat? saya tunggu jawabannya :)

    • Sdri cukup mengoleskan sambil menekan ringan daerah sepanjang jahitan dengan alkohol. untuk tanda2 infeksi biasanya: nyeri pada luka, kemerahan disekitar jahitan sampai keluar nanah dsb

  235. Selamat malam dok, saya mau bertanya… Kenapa untuk melakukan foto MRI saya harus menunggu 3 bulan setelah saya di periksakan? terima kasih atas kerjasamanya

    • sebaiknya Sdr tanyakan langsung kepada dokternya. karena MRI bisa dilakukan kapanpun dan kalo ada penundaan bisa jadi ada alasan lain, yang tahu alasan tsb adalah dokter dan bagian MRI. coba ditanyakan langsung saja kepada mereka ya.

  236. pagi dok, saya mahasiswi s1-keperawatan, mau sdkit sharing, saya ambil judul skripsi pengaruh rebusan daun sirsak terhadap tingkat penyembuhan kanker. dari beberapa jurnal yg saya baca, memang ada kandungan di daun sirsak itu sndiri yg bisa membunuh sel kanker, lalu yg mau saya tanyakan, bagaimana mengukur kesembuhan pd penyakit kanker itu sendiri? apakah ada cara lain slain rontgen atau pemeriksaan biopsy? apakah bisa dilihat dari keadaan umum pasiennya? terima kasih dok

    • terus terang judul kamu agak susah dik dan butuh biaya banyak bila menggunakan hewan coba. dan kalo dilakukan pada manusia harus melewati komite etik dan responden setuju. namun kankernya harus yang sejenis. menurut saya sebaiknya kamu ganti judul saja mengingat kamu adalah mhs Keperawatan. Untuk menilai tingkat kesembuhan kanker tergantung dari jenis kanker yang kamu lakukan penelitian. contoh untuk kanker paru bisa dengan foto rontgen, untuk kanker kolorektal dengan tumor marker dan colonoscopy. tingkat kesembuhan kanker tidak bisa dilihat dari keadaan umum pasien….tdk valid

  237. Assalamualaikum… dok saya mau tanya, bagai mana yah cara mengganti perban sehabis oprasi bedah kuku??
    Oia cara pemakaian SANOSKIN itu gmn yah dok?

    • waalaikum salam wr wb,

      pasca operasi kuku (ekstrasi kuku)….sdri tinggal mengganti verband dengan verband yang baru, apabila lengket Sdri bisa memberi air steril seperti NaCl pada verband yang lengket dengan bekas operasi sampai terlepas, setelah itu diberi sanoskin gel dan ditutup lagi dengan verband steril yang baru dan diplester, bisa juga diberikan tulle sebelum pemberian sanoskin gel.

  238. Assalamualaikum dokter, saya anisa 20 tahun. Ada benjolan di kepala sebelah kiri, sebesar setengah kelereng, tidak ada rasa nyeri, konsistensi keras seperti menyatu dengan tulangnya. Kira2 sudah 2,5 tahun, dan ukuran tidak berubah. Seingat saya dulu saya pernah terbentur tembok tp tidak terlalu keras, lalu muncul benjolan ini. Tidak ada keluhan lainnya. Belom pernah saya periksakan. Sebaiknya saya periksa ke dokter umum, atau langsung ke dokter bedah?
    Kira2 bahaya atau tidak dok?

    • waalaikum salam wr wb,

      sebaiknya sdri langsung periksa ke dokter bedah saja supaya dilakukan pemeriksaan lebih detail termasuk dilakukan pemeriksaan rontgen (imaging)….jangan takut dik….lebih cepat diketahui lebih baik. Kalo mendengar cerita Sdri bahwa pernah ada riwayat trauma, kemungkinan merupakan bekuan darah lama dan teroganisasi menjadi jaringan fibrotik, tapi lebih jelasnya diperiksakan saja ya.

  239. Dok, 8hari lalu jempol kanan saya kena mesin potong kayu hingga 70%kulit luar jmpol robek dr 1cm bwh kuku(jahitan 7cm bebentuk huruf n). Kata dokter ortopedinya tendon putus harus segera operasi dsambung tendonnya.
    Tpi biaya operasinya saja hrs 18jt lbh,, karena saya lagi nganggur jdi blm ada BPJS, trpaksa kakak saya pergi pinjam spaya pd mlm itu jg saya segera bisa jalanin operasi.
    Tapii dok, apakah biayaa operasi memang smahal gitu atau saya dbohongin oleh pihak RS.

    Dan 2hri lalu baru saja kontrol blk k RS untuk cek n gnti obat (cuticell classic n dbungkus lgi seperti semula dgn support serta gulung dgn kain) dikasih jua obat antibiotik n antiperih.
    Dok, saya ingin tanya;
    1.Apa fungsi cuticell dan bgsnya brp lama gntibaru lbh cpt smbh??
    2.Antibiotik n antiperih itu apa wajib dmakan dan apa akan memperlambat pnyembuhan pd kulit ??
    3.Kpn baru bisa cabut benangnya??
    4.Bagusnya makan makanan n buahan apa sj agar kulit yg djahit dan tendon yg dsmbung cpt sembuh?
    5.Dan kira” berapa lama bisa sembuh total ??

    Trimakasih yaa dok,

    • Sebelumnya saya turut prihatin atas musibah yang menimpa Sdr.
      Saya akan coba jawab semampu saya ya.
      1. untuk masalah biaya tergantung jenis operasi dan RS masing2, memang bisa berbeda antara satu RS dan RS lainnya, tapi yang penting sekarang ini adalah bagaimana merawat luka pasca operasi.
      2. fungsi cuticell adalah menyerap eksudat (cairan radang) agar luka cepat kering, biasanya diganti kalo sudah basah, lama penggantian tergantung banyak sedikitnya cairan radang
      3. antibiotika dan antinyeri wajib diminum ya, gak usah kuatir akan menghambat proses penyembuhan
      4. benang dilepas kalo sudah kering biasanya 7-14 hari
      5. buah2an bebas dimakan asalkan tidak alergi dan tidak menimbulkan perih di lambung
      6. sembuh total kira2 1 bulan

      mudah2an bisa menjawab ya

      • Trimakasih dok telah mnjawab smua prtanyaan saya.
        Tpi dok, nih mau tnya lgii.
        Tdi saya buka kain yg bgks tgn saya,krena gataL skali.
        Stelah tbuka smua, bukusan luka saya kliatan bekas darah dan nanah yg telah kering hingga mengeras , tindakan apa yg harus saya lakukan dok?? Apa haruz segera cek balik k RS dok(tpi dok ortopedinya selasa bru ada dtempt)??

  240. dok, apa ada pasien yg memerlukan donor ginjal, golongan darah saya A

    saya ingin mendonorkan satu ginjal saya untuk membantu orang yg lagi sakit

    • alhamdulillah….terima kasih sebelumnya atas kesediaan Sdr/i, kalao ada yang membutuhkan nanti insyaAllah saya hubungi via email

  241. dok apakah kulit daging hidung yang anjlok bisa kembali kesemula

    ceritanya: ada tahi ditengah hidung yang cukup besar
    kemudia saya kasih kapur gamping campur sabun colek
    lalu mengenai daging hidung yang pigir kemudian anjlok apakah kulit daging bisa utuh semula

    • insyaAllah masih bisa mas, silahkan hubungi/konsultasi dengan dokter bedah plastik di kota Anda.

  242. sarap pada pergelangan tangan saya putus sekitar dua bulan yg lalu akibat erkena pecahan kaca,begitu juga dengan pmbuluh darah n uratnya juga ikut terputus, tetapi kata dokter yg melakukan tindakan operasi tangan saya berkata bahwa saraf yg menghubungkn ke jari kelingking n manis tidak bisa disambung, prtanyaannya;apakh saraf yg tidak bisa disambung itu bisa tersambung dgn sendirinya atau tidak n bagaimana caranya? safiq-25th

    • saraf yang putus dan tidak bisa di sambung lagi tidak akan bisa menyembung dengan sendirinya. akibatnya pergerakan jari kelingking dan jari manus terganggu….saraf yang mempersarafi jari tersebut dinamakan nervus ulnaris. cobalah minum obat-obatan yang bekerja untuk saraf tepi dan lakukan fisioterapi secara rutin, mudah2an ada perbaikan meskipun tidak bisa maksimal, tapi usaha tetap harus dilakukan, jangan putus asa, oh ya jangan lupa direndam dengan air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke ujung-ujung jari. mudah2an bermanfaat…amiinnn

  243. Assalamualaikum dokter.. Ayah saya seorang penderita diabetes, dari hasil pemeriksaan radiologi mengatakan : struktur tulang pedis kanan baik, tampak diskontinuitas os navicularis kanan. Luksasi talo-navicularis joint kanan. Suspek luksasi talo-naviculare joint kanan. Dokter bedah ayah saya menyuruh amputasi,, Apakah jalan satu2 nya memang harus amputasi dokter? Terima kasih

    • Anda menderita diabetic foot. penderita spt Anda dibagi beberapa tipe berdasarkan wagner. penentuan operasi amputasi atau tidak ditentukan oleh wagner tipe berapa kaki Anda sekarang ini. Amputasi dilakukan apabila sudah terjadi gangren/pembusukan di kaki mulai dari kulit sampai daging bahkan tulang. Namun tindakan amputasi tergantung pada pasien (Anda), kalo Anda tidak bersedia di amputasi maka dokter pun tidak akan pernah melakukannya.

      • Terima kasih dokter atas jawabannya.. dalam kasus ini kulit dan dagingnya masih bagus, hanya tulangny yg mengalami fraktura dan pergelangannya oglak aglik gtu dok dan membengkak. Apakah bisa dpasang pen tanpa diamputasi agar bisa berjalan normal kembali? Terima kasih..,

  244. dokter,salam kenal,mau tanya nih dok kalau seorangwanita terkena abses karena suntik KB, bolehkah program hamil,balas ke email saja dok ya? ilmi.sdn.cermelor@gmail .com makasih

    • mohon maaf email Sdri tidak bisa kami buat untuk memberi balasan jawaban, jadi ini jawaban saya:

      boleh saja hamil gpp, tapi abses nya juga segera diobati, bila perlu dilakukan tindakan operasi kecil untuk membersihkan abesnya ya

  245. selamat siang dok….
    saya habis operasi pemasangan k wire di jari tangan sya dok,
    k wire nya sedikit dikeluarkan untuk memudahkan pengambilan k wire tsb bilamana sudah waktunya.yng sya tnyakan adalah,bilamana waktu pencabutan k wire tiba,gman prosedurrny dok,,apakah jari tangan saya di bius,lalu di cabut,,atau bagaimna dok…?????
    kira2 biaya pencabutan k wire tsb brapa dok?????

    terima kasih dok…

    • Selamat pagi…

      1. pencabutan k-wire menunggu bone healing sudah terjadi antara 4-6 minggu, bisa diketahui dengan foto rontgen ulang
      2. kawat langsung dicabut pelan-pelan tanpa pembiusan, tapi kalo nyeri sekali bisa dibantu dengan pembiusan
      3. biaya pencabutan tergantung masing-masing RS

      mudah2an bisa menjawab ya

  246. Ass…..Begini mas,1 tahun yg lalu di bagian smping betis kaki saya terkena pisau mesin babat rmput ,kaki saya mengalami luka yg parah hingga urat kaki saya terputus jga dan hampir mngenai tulangnya…jd yg saya ingin tanyakan sampai skarang kaki saya jika berjlan menjadi cacat,,telapak kakinya tdak bsa d angkat..knp bgtu y mas?????apakah msih bsa dioprasi agar bsa berjalan normal????jawabn mas sgt saya harapkan

    • waalaikum salam wr. wb……..

      kalo mendengar cerita Sdr sepertinya banyak otot dan tendon(penghubung antara otot dan tulang) yang putus atau bahkan hancur saat kejadian 1 tahun yg lalu. Akibatnya kemungkinan susah dilakukan repair secara sempurna sehingga pergerakan kaki menjadi susah.
      Kalo kejadiannya tahun lalu, seperti susah untuk dilakukan perbaikan karena sudah terbentuk jaringan fibrotik yang keras dan lengket satu sama lainnya. Namun demikian saya sarankan Sdr untuk konsultasi dengan spesialis bedah di kota anda, tetap semangat ya mas

  247. dok sya mau tanya, kaki saya tergores aspal kena 3 jahitan, setelah 1 minggu kata dokternya bisa dibuka. setelah dibuka, esok harinya luka tersebut malah menganga terbuka, gk rapat gtu. nah cara penanganan dan pengobatan yang bagus dan cepat kaya apa ya dok, terima kasih

    • sebaiknya dilakukan debridement total (pembersihan luka) lalu dicari jaringan yang sehat dan ditutup, sebaiknya sdri datang berkonsultasi ke spesialis bedah ya biar ditangani secara komprehensif.

  248. Dok saya pnya luka jahitan d pangkal jempol luka nya d jahit luar dalam tapi kok udah 9 hari masi bengkak aja .dan juga apakah udah bsa d bkak jahitan nya sayèa lihat jahitan nya udh mlai mengering. Mohon jawaban nya dok

  249. Salam kenal Dok. Nama saya Richard. Pada bulan Oktober 2012 istri saya terpaksa menjalani mastektomi radikal termodifikasi akibat kanker payudara dengan ER-positip. Pada saat operasi dilakukan, istri saya berumur 45 tahun. Sebagai pengobatan lanjutan, dokter hanya memberikan obat Tamoxifen 20 mg dengan dosis 1 tablet/hari untuk dikonsumsi selama 5 tahun ke depan.
    Atas anjuran dokter untuk mengurangi resiko kambuhnya kanker payudara, maka pada bulan Maret 2013 istri saya menjalani operasi Hysterectomy radikal. Pada awalnya tidak ada efek samping yang serius. Namun sejak bulan Maret 2014, istri saya mengalami rasa gatal yang hebat. Rasa gatal justru hilang jika konsumsi Tamoxifen dihentikan, namun dokter melarang isti saya untuk menghentikan konsumsi Tamoxifen. Beberapa obat tambahan yang diberikan dokter tidak mampu menghilangkan rasa gatal. Mohon saran dok untuk mengatasi masalah istri saya. Terimakasih atas perhatian dokter

    • sebelumnya saya turut prihatin atas apa yang menimpa istri pak richard.

      efek samping tamoxifen berupa gatal dan ruam-ruam di kulit memang bisa terjadi pada pasien meskipun jarang, namun biasanya bisa diatasi dgn pemberian obat-obatan anti gatal…kalaopun toh meski sudah diberi obat anti gatal namun gatal tetep ada dan tidak berkurang sehingga mengganggu kualitas hidup, sebaiknya berkonsultasi lagi dengan dokter yang bersangkutan atau bisa konsul ke spesialis kulit. atau bisa juga dipertimbangkan tamoxifen diminum separoh dosis dulu dan dilihat responnya, menggingat tamoxifen digunakan sbg anti estrogen untuk menghindari terjadinya kekambuhan pada kanker payudara, namun bapak jangan kuatir meskipun tamoxifen dikurangi jadi separoh toh istri bapak sudah dilakukan pengangkatan indung telur sebagai produsen estrogen.

      • Terimakasih atas jawaban dokter.

  250. met mlm dok q punya paman umur 50an dada sblah kiri mulanya ada benjolan kecil.skrang mlah bengkat n hasil ronsen katanya ada cairan di paru2 yg menimbulkam nanah.mau ke rmh skit terbentur biaya.tlong solusi lain dok n itu penyakit apa n penyebapnya apa mksih dok

    • kemungkinan paman mengalami epmyema yaitu adanya kumpulan nanah di rongga dada, penyakit ini bisa disebabkan karena infeksi. sebaiknya dilakukan evakuasi untuk mengeluarkan nanah karena akan sangat berbahaya bila berkembang menjadi infeksi berat. kalo tidak ada biaya sebaiknya digunakan fasilitas BPJS saja mas

  251. Ass, wr, wb. Dok..

    Sebulan yg lalu sy menjalani operasi laparoscopy appendik. Posisi 3 tempat yg dilubangi yaitu : tepat dibwh pusar, perut bawah sebelah kiri, dan di atas pangkal paha (perut bawah bgian tengah agak ke bawah). Kondisi ketiganya saat ini kl dipegang terasa keras, dan yg plg msh agak mengganggu yg di atas pangkal paha krn agak lebar bks laparoscopynya dan kl ditekan msh terasa nyerinya (tp gak nyeri sekali).
    Yg mjd pertanyaan sy :
    1. Agar bekas laparoscopynya tdk terjadi keloid dioles salep apa ya Dok?
    2. Sampai kapan kondisi bekas laparoscopynya tdk keras lagi dan tidak nyeri lg kl ditekan terutama yg di pangkal paha?
    3. Apakah sy sudah bisa melakukan olah raga ringan seperti senam lantai yg melibatkan perut (sit up, dll)?

    Saat ini sy sdh tidak minum obat dan oles salep dari dokter bedah lagi.

    Mohon arahannya ya Dok. Terima kasih.

    Wassalam

    • wassalamualaikum wr wb

      1. untuk salep keloid banyak macamnya, seperti kelocote dll, mintalah saran ke dokter yang mengoperasi sdri untuk penggunaan macam salep antikeloid
      2. biasanya rasa nyeri sdh mulai berkurang setelah 2mgg seiring dengan proses inflamasi mulai menurun, namunn pembentukan jaringan fibrosis akan memberikan sensasi tebal dan sedikit nyeri bila dibuat bergerak. rasa tebal dibawah kulit ini akan hilang dalam waktu 2 bulan sampai 1 tahun tergantung masing-masing pasien, namun ini adalah proses normal
      3. sebetulnya sudah gak apa-apa kalo sudah 1 bulan silahkan saja mbak

  252. Siang dok
    Dok ada yang mau saya tanyakan
    Ibu saya sebenarnya tdk ada keluhan apapun dan tiap tahun rutin kontrol hasil nya jg bagus. Tapi 2 minggu lalu ibu saya operasi angkat kantung empedu dg laparoskopi, dokter yg mengoperasi melihat ada yg kurang bagus kemudian diambil dan diperiksa PA hasilnya adenocarsinoma well differented. Kemudian oleh dokter dianjurkan ct scan dan endoskopi + colonoskopi + tes darah penanda tumor. Itu pun hasilnya jg baek semua.
    Saya bingung dok, apa ada kemungkinan human error maksud saya apa ada gambaran yg mirip dg sel kanker? Kenapa hasil PA blg metastasis sedangkan disuruh tes yg lain2 hasilnya bagus semua? Tolong balasan nya dok…. terima kasih byk

    • Malam Mbak Yuli

      Hasil PA berupa adenoCa Well Diff mengindikaasikan adanya kanker yang berasal dari kelenjar atau yang menyerupai kelenjar. tergantung saat itu contoh jaringan yang dicurigai dan diambil sebagian berasal dari mana.
      Apabila CT scan+endoskopi dan Colonoskopi ternyata baik juga penanda tumor baik, sebaiknya dilakukan evaluasi ulang 6bln sampai 1 tahun sekali.
      Sebetulnya ada pemeriksaan yang lebih canggih dari Pox diatas yaitu PET Scan. Dengan alat ini tumor sekecil apapun dapat terdeteksi. Pemeriksaan ini hanya ada di Jakarta yaitu di RSCM dan RS Gading Pluit.

  253. Selamat Siang dokter. Saya mau minta bantuan informasinya. Sepengetahuan dokter BPJS bisa tidak mengcover operasi kista dengan laparoscopy ? Kalau bisa RS mana di jogja yang bisa mengcover nya? saya ucapkan terimakasih atas informasinya

    • Sdri sebenarnya bisa langsung menanyakan ke RSUD dr Sarjito di Yogya, apakah tindakan laparoskopi di cover oleh BPJS

  254. Assalamualaikum wr wb
    Dok saya mau tanya,, saya syam sekarang berumur 23 tahun.. pada waktu saya umur 7 tahun tulang sendi lutut terjadi pergeseran tempat karena jatuh, akibatnya siku tangan kiri saya bengkok, menurut dokter waktu saya periksa pengobatannya hanya melalui fisioterapi tidak operasi.. selama usia 8-22 tahun sudah tidak terasa sakitnya. namun menginjak usia 23 tahun rasa sakit itu datang lagi… yang saya mau tanyakan, apa bisa tangan lutut saya disempurnakan kembali?
    terima kasih,, syam

    • Waalaikum salam Wr. Wb.

      Riwayat trauma masa lalu tanpa koreksi yang tepat oleh dokter menyebabkan bone healing (penyembuhan tulang) tidak baik dan berakibat sendi bengkok sehingga mengurangi pergerakan sendi Sdr.
      Untuk perbaikan tergantung seberapa besar pembengkokan sendi yang terjadi dan melibatkan tulang apa saja. Saya sarankan Sdr berkonsultasi dengan spesialis bedah tulang di kota Anda. Bila sebelumnya sudah pernah ke Spesialis tulang coba lakukan second opinion dengan mendatangi Spesialis Bedah Tulang yang lainnya di Kota Anda.
      Mudah2an ada solusi bagi Anda

  255. mlm dok
    saya real sayusi laki2 umur 23th
    saya mngalami putus jari telunjuk sebelah kiri satu ruas jadi apa yg harus saya lakukan agar tangan saya bisa kelihatan normal lagi dok
    terima Kasih..

    • Selamat Sore mas Sayusi

      Bila satu ruas jari putus…sebaiknya dilakukan perbaikan dan bila perlu rekonstruksi jari…segera bawa ke dokter spesialis bedah terdekat di kota Anda

  256. Dok saya mau tanya,1 tahun yg lalu tangan kiri saya terkena kaca,lukanya cukup dalam,dioperasi.sekarang luka luarnya menutup,yg saya ingin tanyakan,kenapa tangan saya sebelah kiri agak kempes / mengecil dan rasa mati disekitar ujung jari rasa kebal & kuku saya agak ke kuningan tidak seperti biasanya ,apakah ada syaraf yg terputus tdk terjahit didalamnya?atau salah sambung ?

    • MAs Tobing

      Kondisi yang dialami mas bisa jadi akibat ada Saraf yang terputus.
      Bila sudah lama agak susah diperbaiki….sebaiknya konsumsi obat-obatan yg berguna untuk saraf tepi….dan kompres daerah tangan dengan air hangat.
      Saran saya datanglah ke fisioterapi terdekat dikota Anda untuk berkonsultasi ttg apa saja gerakan yang harus dilakukan dan mungkin membutuhkan terapi tambahan di bagian fisioterapi tsb.
      Mudah2an ada solusi terbaik untuk masalah tsb.

  257. asslammualaikum dok,,
    saya mau konsultasi,, saya pernh kcelakaan waktu klas 2 Sd,, kaki kiri saya dilindas oleh ban mobil sehingga d punggung telpak kaki saya hancur, membentuk seperti kwah,, dulu sdah dilakukan 2x operasi dengan cara menutupi bgian luka tersebut dengan kulit paha saya,, setelah operasi karena tidak ada biaya lgi saya rawat jalan,, berhubung ekonomi smkin tdak memngkinkan saya tdak pernh kmbli k dokter yang mngobati saya lagi,, saya bawa kaki saya yang hancur itu td pulang tnpa di obati lagi, cuma selalu saya bersihkan apabila keluar cairan dari luka yang bolong tersebut,,kluarga ku merujuk saya untuk urut trdisional agar bisa berjlan mskipun seblumnya dokter melarang uuntuk d urut krena lukanya msih bsah,tpi apa daya saya berasal dari kluarga yang tdak mampu, setelah dengan tekun di urut saya pun bsa berjalan, luka sayya pun kering dgan sendrinya, saya seprti orang normalkmbli sama sekali tdak sakit, bsa berlari dan berjalan,namun sekarang saya sudah kliah memasuki smester 3, peristwa itu 10 ttahun yang lalu, bekas luka nya yang bolong membentuk kawah membuat saya tdak percaya dri apalagi saya seorang prempuan,, bekas luka ini cukup meganggu sya,, di ddpan mata kaki saya ada 2 lobang kecil itu lah yang sering mengeluarkan cairan beberapa ttahun yang lalu,, tapi sekrang sdah tdak lgi..
    yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan untuk spaya bkas luka tersebut bsa mulus kmbli,, kalau operasi kira – kira membtuhkan biaya berapa ?? tolong dok..

    • Waalaikum Salam Wr Wb.

      Mbak Jesti luka yang mbak keluhkankan pada prinsipnya bisa dilakukan rekonstruksi, hanya sj gmn rekonstruksinya tgt bentuk luka dan kedalaman luka.
      Saran saya datang sj untuk berkonsultasi dengan dokter bedah di kota Sdri.
      Untuk biaya sangat tergantung masing-masing RS dan jenis operasi yang akan dilakukan. Mbak juga bisa memanfaatkan fasilitas BPJS supaya bisa memperingan biaya.

      Mudah2an ada solusi terbaik baik Mbak JEsti, amiinnn

  258. Assalamualaikum wr.wb, Maaf dok sebelumnya krn btnya out of track, sy ingin menanyakan ttg ppds urologi kira2 buku pegangan yg wajib dibaca agar siap teori dan ilmu agar bisa sukses ujian masuk ppds urologi apa saja ya dok? Terima kasih bny dok. Saya ingin mencoba ppds urologi UGM. Maaf out of track, krn sy dr univ swasta yg baru sj berdiri d solo dan anktn kedua, jd tdk pny bny info lbh lnjt dan kenalan senior ppds urologi.

    • Wassalamu’alaikum wr wb

      Sebetulnya banyak sih mulai EAU guidelines, AUA, Campbel Urology (textbook), atao buku urologi dasar tulisan dr basuki purnomo juga bisa dibaca spy ada gambaran dasar ttg penyakit2 urologi beserta penatalaksanaannya.

      Mudah2an sukses ya

  259. halo dok..mau nanya nih,anak saya patah tulang clavicula dah

    d operasi dan 2 bln kemudian tepat ny tgl 16 juli 2014 d buka pen nya,dokter pesan 2 mggu kemudian buka jahitan ,berhubung hari raya,saya potong sendiri jahitan yg berupa benang biru,apakah sisa benang biru yg di dalam daging berbahaya,…? mohon balasan nya

    • tidak pak….tidak berbahaya….biarkan saja….cukup diberikan antiseptik seperti betadine ato alkohol

  260. Salam kenal dok saya imam 23th sebulan lalu saya menjalani operasi pemasangan pen di clavikula .. saya mau tanya berapa lama saya harus istirahat sampai saya bisa bekerja kembali dan melakukan aktifitas dengan tangan kanan saya dok sedangkan saya bekerja di perusahaan Plat baja.. dan peranh tangan kanan sangat dibutuhkan untuk mengangkat

    • insyaAllah dalam 2 bulan sudah kuat mas, cuman jangan langsung dipakai angkat terlalu berat ya…bertahap sesuai kemampuan mas imam

  261. Asswbwb
    Sya mau konsultasi
    Saya mmpnyai bekas hitam yg ckup tebal d paha atas bag dalam dkdua sisi yg lmyan bsar..karena jamur..dan sering kambuh..apakah tndakan pengambilan kulit paha d bag it bs dlakukan?
    Apakah ad resiko nya..dan apakah hasilnya bs memuaskan

    • waalaikum salam wr wb

      pada prinsipnya bisa…namun harus dilihat dulu kondisi kulit dipaha yang terkena jamur dan sekitarnya

      konsultasikan dengan dr spesialis bedah umum/plastik di kota anda ya mas

  262. Dokter kulit,
    saya berusia 26 tahun, dan 20 tahun yang lalu saya terkena luka bakar d kedua kaki saya mulai dari lutut sampai mata kaki. Waktu kecil saya bermain2 di api dan terjatuh ke api sehingga meninggalkan bekas yang sangat jelek sekali. Saya minder dengan teman wanita yg lain yang mempunyai kulit yang mulus. Dok, bisa kah saya menghilangkan bekas luka tersebut dengan operasi plastik atau cangkok kulit? Kalau bisa kira2 berapa biaya yang d butuhkan? Tolong dijawab dok. Karena penting buat saya.

    • Pada prinsipnya bisa….cuman harus dilihat dulu kondisi klinis kulit/scar bekas luka bakar di kedua kakinya mbak…Saran saya konsultasikan saja keluhan mbak santi ke dokter bedah/plastik dikota mbak. untuk biaya sangat bervariatif tergantung kondisi kaki dan rekonstruksi apa yang akan dilakukan.

      mudah2an bisa menjawab pertanyaan mbak santi dan mudah2an segera mendapatkan solusi

  263. Selamat siang dok, suami saya umur 37 thn di deteksi dokter menderita kanker anus :
    Hasil colonoscopy menunjukkan ada kanker anorectal
    hasil city scan menunjukkan ada penebalan mukosa sirkumferensial di rectum sepanjang lebih kurang 4,7cm dan berjarak lebih kurang 2,2cm dari anus, sugestif malignancy yang tampak berbatasan langsung dengan kelenjar prostat. tak tampak dilatasi usus di proximalnya.
    CA 19-9 = 131.71 dengan nilai referensi < 37
    CEA = 4.24 dengan nilai referensi 0 – 5.0

    suami di rujuk untuk radiotherapy. saya ingin tau dengan gejala seperti diatas tindakan radiotherapi seperti apa yang akan suami saya terima. dan perkiraan biaya dok agar saya bisa bersiap-siap.
    terimakasih dokter

    • Apakah ada hasil Patologi Anatomi (PA)? biasaya apabila dicurigai suatu keganasan maka dokter bedah akan melakukan biopsi yaitu mengambil sebagian tumor untuk diperiksa dibawah mikroskop guna mengetahui/memastikan ada tidaknya sel-sel ganas. Kalo membaca hasil CT scan dan memang kemungkinan suatu keganasan yaitu Carcinoma rektum. Tumor Marker CA 19-9 juga tinggi meskipun tumor marker bukan digunakan untuk menentukan diagnosis.
      Apabila akan dilakukan radiotherapy biasanya akan dilakukan radiasi langsung pada tumor dalam beberapa seri. untuk masalah biaya bisa ditanyakan langsung ke RS dimana akan dilakukan radiotherapy.

      mudah2an bisa menjawab pertanyaan Sdri.

  264. Assalamualaikum Dok,

    Mau tanya, sy abis operasi usus buntu 3 bulan yang lalu dan sudah tidak ada keluhan lagi. Apakah sy sudah bisa mengikuti latihan bela diri lagi ya Dok?
    Terima kasih.

    Wassalamualaikum.

  265. Selamat pagi dok..
    Nama saya santi umur 27 tahun.
    20 tahun yang lalu saya mengalami kcelakaan luka bakar pada bara api lebih tepat nya tinggal abu panas. Saya masuk ke dalam abu panas trsebut dan tidak tahu kalau abu itu memang panas. Ternyata kaki saya terbakar saya terduduk saking panas nya jadi kaki saya terbakar sampe lutut. Saya malu kalau menggunakan celana2 pendek dok. Yang mau saya tanyakan jika saya melakukan operasi apakah luka bakar tersebut bisa hilang dan mulus spt sedia kala..? Atau bisa dengan cangkok kulit? Jika bisa berapa kira2 biaya yg d perlukan dok?
    Mohon jawabannya dok.
    Terimakasih

    Santi

    • Selamat malam mbak Santi

      Kalo mendengar cerita mbak santi…seperti sekarang ini timbul keloid/hipertropic scar akibat luka bakar di kakinya mbak Santi. Untuk tindakan operasi yang paling sering dilakukan adalah dengan membuang jaringan keloid tersebut lalu ditutup dengan cangkok kulit. Operasi bisa dilakukan beberapa kali tergantung luas dan kondisi luka serta jaringan donor kulit.
      Untuk biaya tergantung masing-masing RS, yang jelas dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Konsultasikan hal tsb ke dokter spesialis bedah di kota Sdri. Bertanyalah ttg segala sesuatunya lebih detail saat konsultasi. Mudah2an ada solusi terbaik untuk mbak Santi. amiinnnn

  266. Dok suami saya pasang pen dan hampir 2 tahun keluar cairan berbau dan berwarna kuning.. Pen dipasang di tulang besar kaki kanan. Apakah bisa sembuh dok.. Yang dia rasakan gatal .. Cara yang baik untuk kesembuhan dia apa dok ? Tolong di jawab dokter karena saya bingung

    • Selamat malam

      kalo mendengar cerita ibu, kemungkinan suami ibu mengalami osteomielitis pasca pemasangan pen. ini adalah salah satu komplikasi dari operasi. prinsipnya bisa disembuhkan baik dengan obat-obatan terutama antibiotika ataupun kombinasi dengan operasi (debridement). untuk macam antibiotika, sebaiknya dilakukan kultur thdp cairan warna kuning tersebut supaya dapat diketahui abntibiotika yang cocok untuk kuman tsb.
      ibu tidak perlu bingung….silahkan konsultasi dengan ahli bedah/orthopedi di kota ibu ya

  267. Salam dok,

    Ada yg mau saya tanyakan mengenai kondisi fraktur yg saya alami
    Kira2 1 1/2 bulan yg lalu saya mengalami fraktur radius ulna di tangan kiri saya yg disebabkan karena kecelakaan.

    Saat ini hanya menjalankan terapi altenatif saja, dan menurut sang terapis tulang saya sudah menyambung. Tapi melihat keadaan saya saat ini hasilnya masih kurang memuaskan. Tulang ulna menyambung tetapi pada bagian yg patah seperti menonjol sepanjang 2-3 cm, sepertinya menyambung tapi posisinya menumpuk dan tangan saya terlihat lebih pendek 2-3 cm dari yg normal.

    Pada bagian radius distal lebih menonjol dibanding lengan yg normal sehingga masih merasakan nyeri pada bagian tersebut dan terlihat adanya tonjolan/ruam/bengkak pada bagian bawah lengan (tulang radius) yg patah. Tapi bila ditekan tidak begitu sakit. Itu kenapa yah dok? Gerakan lengan pun terbatas

    Lengan kiri bawah saya tidak bisa memutar seperti layaknya tangan normal. Gerakan pronasi dan supinasi saya terbatas, bisa melakukan supinasi tapi tidak bisa melakukan pronasi. Apakah ini pengaruh dari tulang yg menyambung dengan tidak sempurna?
    Lengan kiri saya bisa menekuk kearah atas tanpa masalah atau gerakan fleksi, jari2 pun bisa mengepal. Hanya saja apabila saya menahan barang yg agak berat seperti piring berisi makanan, maka terasa nyeri pada bagian sekitar radius distal atau pada bagian yg ada bengkak?

    1. Apakah hal ini masih bisa diperbaiki dok? Mengingat sudah hampir 2 bulan fraktur nya.

    2. Kira-kira berapa lama masa penyembuhannya setelah ada tindakan perbaikan/operasi pada lengan saya ini?

    3. Berapa kira2 biaya untuk tindakan operasinya dok? Mengingat saya memang mengalami keterbatasan biaya?

    Saya tunggu respon dari dokter, atas perhatian dan kebaikannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam.

    • Selamat malam….

      Sebelum saya turut prihatin atas apa yang menimpa mas denny….namun saya sayangkan mengapa sejak awal tidak langsung ke jalur medis dengan mendatangi ahli orthopedi untuk dilakukan operasi, mengigat fraktur di lengan sangat tidak stabil alias mudah bergerak apalagi kalo tidak difiksasi dengan gips yang adekuat, sehingga proses healing fraktur tidak sempurna alias superposisi (tumpang tindih) shg menimbulkan gangguan pergerakan dan kosmetik gak bagus.
      1. saya kira masih bisa diperbaiki….datanglah ke orthopedi di kota anda sj mas….konsultasikan keadaan Sdr….mudah2an ada solusi terbaik.
      2. kalo dilakukan ORIF dengan pemasangan pen/plate….proses penyembuhan akan lebih cepat….hanya saja untuk pergerakan perlu waktu dengan melakukan fisioterapi untuk mengembalikan otot-otot yang kaku
      3. biaya relatif mas…..dikonsultasikan saja ke dokternya.

      mudah2an bisa menjawab


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.