BUSINASI

Introduksi

a. Definisi

Suatu tindakan  yang berupa  pelebaran canalis analis

b. Ruang lingkup

Adanya kesuliatan saat BAB, colok dubur didapatkan penyempitan canalis analis. Adanya riwayat operasi daerah anus

c. Indikasi operasi

Penyempitan anal canal

Teknik Operasi

  • Posisi litotomi,
  • Busi hegar Ø paling kecil dilumuri jeli → dengan hati hati dimasukkan kedalam anus.
  • Busi di perbesar sampai batas paling besar dapat dimasukkan.
  • Diulang tiap minggu sampai batas yang paling besar.

d. Komplikasi operasi

Nyeri

e. Perawatan Pascabedah

Penderita dapat rawat jalan

f. Follow-up

Tidak terdapat follow up khusus pada penderita pasca businasi.

6 Komentar

  1. Anak saya lahir dgn anus vestibularis,,, pada usia 3 bulan dilakukan operasi pembuatan anus tanpa colostomy… Saat ini usia anak saya 2 tahun. Saya pingin tanya ukuran busi untuk anak saya seharusnya nomor berapa? Kadang2 anak saya masih susah utk BAB. Thanks perhatiannya

  2. Anak saya lahir dgn anus vestibularis,,, pada usia 3 bulan dilakukan operasi pembuatan anus tanpa colostomy… Saat ini usia anak saya 2 tahun. Saya pingin tanya ukuran busi untuk anak saya seharusnya nomor berapa? Kadang2 anak saya masih susah utk BAB. Thanks perhatiannya

    • Businasi dengan dilator hegar memang harus dilakukan secara rutin dan bertahap dari ukuran kecil sampai ukuran yang besar mengikuti usia anak…tiap bulan jadwal berbeda-beda….mulai dari tiap hari…tiap 3 hari…2x/minggu…tiap minggu…sampai tiap bulan dan apabila anak nyeri dan berdarah maka jadwal diulang…mintalah petunjuk kepada dokter Anda…mudah2an kondisi putra anda semakin membaik…amiinnn

      • Umur 26th. Saya pernah operasi hermeroid, tetapi setelah operasi, bab saya susah keluar dan kalopub keluar hanya sebesar telunjuk jari ibu. konsultasi lagi dengan dokternya bahwa saya disuruh untuk terapi businasi. Berapa kali saya harus mengalami terapi tersebut? Apakah benar2 bisa pulih semula setelah pasca businasi. Thx

      • terapi businasi biasa dilakukan pada penderita wasir pasca operasi yang mengalami striktur (penyempiyan lobang anus)…insyaAllah dengan businasi teratur dan bertahap sesuai petunjuk dokter…lobang anus akan kembali normal


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

