DISEKSI SUBMANDIBULA

Introduksi

a. Definisi

Pengangkatan kelenjar liur submandibula berikut kelenjar getah bening pada trigonum submandibula  (batas : margo mandibula – m. digastrikus venter posterior – m. digastrikus venter anterior kontralateral)  dan kelenjar getah bening serta jaringan lunak sekitarnya.

b. Ruang lingkup

Benjolan di tepi bawah mandibula batas jelas, konsistensi, kenyal, padat, atau keras.

c. Indikasi operasi

Tumor kelenjar liur submandibula yang mencurigakan keganasan.

Keadaan patologis lain (sialolithiasis, dsb)

d. Kontra indikasi Operasi

Ko-morbiditas berat

e. Diagnosis Banding

Limfadenopati submental

f. Pemeriksaan Penunjang

FNAB

Teknik Operasi

Menjelang operasi

  • Penjelasan kepada penderita dan keluarganya mengenai tindakan operasi yang akan dijalani serta resiko komplikasi bila terjadi lesi pada n. hipoglossus,  n. lingualis, disertai dengan tandatangan persetujuan dan permohonan dari penderita untuk dilakukan operasi. (Informed consent).
  • Memeriksa dan melengkapi persiapan alat dan kelengkapan operasi.
  • Penderita puasa minimal 6 jam sebelum operasi.
  • Antibiotika profilaksis, Cefazolin atau Clindamycin kombinasi dengan Garamycin, dosis menyesuaikan untuk profilaksis.

Tahapan operasi

  • Anestesi umum, intubasi orotrakeal dengan fiksasi tube kearah kontraleteral dari tumor
  • Telentang, kepala ekstensi dengan menaruh ganjal bantal dibawah pundak penderita. Meja operasi head up (20-25o)
  • Desinfeksi lapangan operasi luar dengan Hibitane-alkohol 70%  1:1000
  • Lapangan operasi dipersempit dengan duk steril
  • Insisi  sesuai garis lipatan kulit dengan pola insisi  dimulai dari 2 cm posterocaudal titik angulus mandibula, sayatan kemedial menuju titik hioid , sampai hampir midline lengkung kedepan mengarah ke mentalis. Rawat perdarahan yang terjadi dengan  koagulasi kauter atau ligasi benang sutera 3/0.
  • Dengan bantuan asisten memegang hak tajam arah 60o keatas, kekranial dibuat flap sampai margo mandibula, kekaudal sampai tepi m. omohioid. Perdarahan dirawat, flap diteugel dengan menjahitkan kekulit memakai benang sutera 2/0. R. marginalis mandibula N. VII diidentifikasi dan diselamatkan.
  • Menyusuri tepi  korpus mandibula  dilakukan pembebasan kelenjar liur submandibula, kelenjar liur berikut kelenjar getah bening di area trigonum submandibular dan  submentalis dieksisi (batasnya:  digastrikus posterior, digastrikus anterior kontralateral, tepi korpus mandibula) preservasi n. hypoglossus dan n. lingualis.
  • Duktus Warthoni diligasi dengan benang sutera 3/0 sekaudal mungkin dan dipotong.
  • Rawat perdarahan yang terjadi.  Pasang redon drain no.12, fiksasi dengan benang sutera 2/0.
  • Jahit luka lapis demi lapis, lemak dan subkutis dengan benang vicryl atau dexon  3/0, kulit dengan ethilon atau dermalon  4/0. Pasang selang drain dengan botol vakumnya.
  • Tutup luka operasi dengan kassa steril 2 lapis dan dihypafix.
  • Tulis laporan operasi dan pengantar P.A. dengan deskripsi, sketsa yang jelas.

g. Komplikasi operasi

Komplikasi dini paska operasi: Perdarahan

Komplikasi yang terjadinya lambat:

  • Kerusakan n. hipoglosus  atau n. lingualis
  • Infeksi
  • Fistel

h.  Mortalitas

Mortalitas rendah

i. Perawatan Pascabedah

  • Infus Ringer Lactate dan Dextrose 5% dengan perbandingan 1 : 4 (sehari)
  • Setelah penderita sadar betul, bisa dicoba minum sedikit-sedikit, kemudian bila setelah 6 jam tidak mual muntah bisa diberi makan.
  • Drain redon diobservasi produksinya, dicatat kwalitas, jumlah cairan yang keluar dalam 24 jam, kemudian divakum ulang.
  • Drain redon dilepas jika produksinya < 10 cc/24 jam.
  • Luka operasi dirawat ganti verban pada hari ke-3
  • Penderita dipulangkan sehari setelah angkat drain, dan dianjurkan kontrol di Poli Bedah dengan membawa hasil P.A. serta resume rekam medik dari ruangan.
  • Angkat jahitan pada hari ke-7 setelah operasi

j.  Follow-Up

Tiap minggu sampai luka operasi sembuh

Tahun ke 1                 : tiap 3 bulan

Tahun ke 2                 : tiap 4 bulan

Tahun ke 3-4             : tiap 6 bulan

Tahun ke 5                 : setiap tahun

52 Komentar

  1. dok, saya andini 25 tahun. ayah saya supardji 51 th 10 bulan. beliau didiagnosis menderita tumor submandibula dan telah diperasi. pasca operasi, jahitan operasi di leher awalnya tidak bermasalah. lalu tiba-tiba diwilayah jahitan muncul gumpalan seperti gumpalan darah. awalnya sebesar kacang. lalu beberapa hari ini gumpalan membesar dg diameter sekitar 3cm.
    yang ingin saya tanyakan, apakah terjadi komplikasi pada operasi ayah saya. atau sebenarnya apa yang telah dialami oleh ayah saya, dok.
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    andini,
    19 juni 2011

    • Dear mbak andien

      Kemungkinan tumor mengalami rekurensi atau kekambuhan — bisa jadi jenis tumor yang diangkat adalah tumir ganas — segera beritahukan ke dokter dan tanyakan jenis tumor apa —karena biasanya tumor hasil operasi itu diperiksakan jenisnya di bagian patologi anatomi.

  2. Dok, saya melki 25 tahun, setahun yang lalu saya pernah operasi tumor submanibula kelenjar getah bening, operasi berjalan baik, tp setelah setahun berjalan tiba-tiba terjadi pembengkakkan kembali di daerah yang pernah di operasi, apakah bengkak itu berbahaya dok.?
    dulu hasil patologinya menyatakan bahwa tumor yg saya derita itu tumor kelenjar getah bening yang Tidak Ganas, terima kasih sebelumnya.

    • Saran saya coba mbak periksa lagi ke dokter bedahnya….ya
      tapi insyaAllah kalau dulu bukan keganasan…..ndak apa2…perlu diketahui bahwa kelenjar getah bening di bawah dagu banyak sekali jumlahnya…dan dia bisa membesar akibat infeksi, radang, neoplasma dll

      • dulu saya pernah minum obat herbal rebusan daun sirsak dok, selama 4 bln bengkak kembali kempes, tp setelah saya berhenti mengkonsumsi selama 2 bln, tiba2 benjolan kembali muncul di tempat yg sama dok…apakah ini akibat akar tumor yg msh ada, karena di belakang daun telinga saya terdapat kelenjar yg mengeras, dan tidak dapat dioperrasi karena banyak terdapat saraf…terima kasih dok.

      • KEmungkinan besar tumor Sdr tumbuh lagi (recurrent) mengingat KGB (kelenjar getah bening) di leher tidak diangkat…sehingga sel-sel tumor masih ada dan pasti akan ber-proliferasi kembali. Saran saya sebaiknya segera mengubungi dan berkonsultasi dengan dokter bedah di kota Sdr.

  3. dok saya fitri 15 tahun
    dok ,mas saya juga mengalami itu ? kata dokter harus dikemotrapi ?
    akibat yang paling fatal efek sampingnya apa dok ? efek jangka panjang dan pendek ? makasi saya butuh jawaban dok ..

    • Mohon maaf baru bisa jawab, saya sangat sibuk minggu-minggu ini sehingga belum sempat buka blog saya.
      Begini mbak……..Efek samping kemoterapi ada cukup banyak seperti:
      A. Komplikasi segera: shock, aritmia jantung, nyeri daerah suntikan
      B. Komplikasi dini: mual-muntah dan panas badan
      C. Komplikasi lambat: diare, stomatitis, alopecia(kebotakan), depresi sumsum tulang, hiperpigmentasi kulit, dll

  4. Dokter, saya Mudjtahidah 44 tahun.
    Saat ini saya ditemukan massa semi solid di submandibula medial. Tampak massa hipoekhoik bentuk bulat, ukuran 2,93 cm x 2,41, 3,29 cr. Tak tampak kalsifikasi.
    Dg color doppler tampak sedikit vaskuler pada massa tersebut.
    Thyroid kanan & kiri dlm batas normal. Dan para dokter menyarankan saya untuk operasi.
    Pertanyaan saya:
    – Berapa lama operasi berlangsung.?
    – Berapa lama dirawat di rumah sakit?
    – Apa bisa terjadi komplikasi?
    – Apa akibatnya bila saya memutuskan untuk tidak dioperasi, selain akan bertambah besar? Apa akan terjadi masalah pd jaringan lain disekitarnya & akan mengganggu fungsi di daerah sekitarnya? Karena saat ini kalau saya menelan terasa sakit tapi menurut dokter.Sp THT tidak apa2.
    Apa saran dokter tuk saya.
    Terimakasih,

    • Yth ibu Mudjtahidah di Balikpapan

      Sebelumnya saya mohon atas keterlambatan sy dalam menjawab pertanyaan ibu mengingat kesibukan saya yg sangat padat minggu-minggu ini. Saya akan coba menjawab secara sederhana supaya ibu paham ttg apa yang saya sampaikan.
      1. Lama operasi tergantung dari jenis tumor dan tingkat kesulitan saat operasi, sepertinya tumor ibu berupa campuran antara cairan dan massa padat mengingat pada USG didapatkan massa hipoekhoik. Kemungkinan operasi bisa berlangsung kurang dari 1 jam.
      2. Bila tidak ada komplikasi insyaAllah dalam 2 hari bisa pulang, tapi perlu diingat bahwa ini semua tergantung jenis tumor dan tingkat kesulitan saat operasi, karena bila ternyata ada perlengketan atao perdarahan mungkin bisa beberapa hari di RS.
      3. Komplikasi sudah saya sebutkan spt pada butir 1/2 diatas.
      4. yang jelas tumor akan semakin besar dan menekan jaringan sekitar sehingga akan menimbulkan rasa tidak nyaman berupa nyeri, ngilu dan mungkin masalah kosmetik mengingat lokasi tumor di bagian depan. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan dulu ini tumor jinak atau ganas, caranya dengan biopsi baik dengan biopsi jarum atau melalui tindakan operasi sehingga diperoleh jaringan tumor yang utuh.

      Mudah2an bisa menjawab rasa penasaran ibu, terima kasih

      • Terima kasih dokter.
        Saya telah menjalani biopsi dg jarum hanya tdk didapat hasilnya untuk itu dokter bedah akan melakukan melalui tindakan operasi sekalian mengangkat tumor,
        Terima kasih,
        Mudjtahidah

  5. selamat sore dok saya hari rabu kemarin oparesi tp kenap ko klo di tekan sakit kali apa penyebabnya maka nya td saya ke poli bedah psabg drin itu aja hari rabu besok saya ke poli bedah lagi makasih atas jawaban nya

    • Mohon maaf informasi yang Sdr berikan kurang lengkap seperti pasca operasi apa dan dimana lokasinya, tapi begini secara umum luka operasi jelas akan menimbulkan rasa nyeri mengingat terjadi proses radang ditempat operasi dan biasanya dokter memberikan obat anti nyeri. Namun apabila nyeri tersebut disertai pembengkakan yang hebat dan kemerahan disekitar luka operasi mungkin telah terjadi infeksi, sebaiknya Sdr selalu berkonsultasi dengan dokter bedah di tempat Sdr, karena bila terdapat nanah maka harus di drainage (dikeluarkan) dengan pemasangan drain juga antibiotika harus ditingkatkan dosisnya atau diganti dengan golongan yang lebih broad spektrum. Bila memungkikan lebih baik dilakukan pemeriksaan kultur nanah supaya diketahui jenis bakterinya apa dan jenis antibiotika apa yang sesuai.

  6. selain langkah operasi apakah ada cara lain untuk mengatasi tumor submandibula.. karena selama ini sebelum menjalani operasi saya disarankan oleh teman saya untuk minum obat herbal dan hasilnya tumor yang ada pada leher saya perlahan mengecil tolong keterangannya bisa apa tidak mengatasi tumor tersebut tanpa operasi…?

    • sebaiknya dilakukan operasi saja mas…karena dengan operasi tumor bisa terangkat sampai ke akarnya dan dapat diketahui jenis tumor tsb, jinak atau ganas….karena apabila ganas biasanya dilanjutkan dengan beberapa macam pengobatan

  7. asssalammualaikum..dok, saya srielinda ,,, saya juga menderita sakit bengkak di bawah dagu ,,sudah di periksa kata dokternya saya menderita sakit tumor submandibula,akan tetapi saran dokter itu menganjurkan operasi,,tapi saya tidak mau di operasi,,adakah jalan lain selain operasi dok?

    • waalaikum salam

      menurut saya sebaiknya dioperasi saja mbak…sekalian biar tahu apakah tumor itu jinak atao pra-ganas atao malah ganas.
      jangan menunda2 operasi….nanti bisa menyesal di kemudian hari. tidak perlu takut….sekarang dunia kedokteran sudah semakin maju.

  8. selamat siang bapak/ibu , saya pernah operasi tumor submandibular pada usia 18 thun ,tapi belum ada satu tahun pembengkakan di leher saya terjadi , apakah penyebabnya ? Terimakasih

    • tergantung jenis tumornya waktu itu….dan apakah sudah diangkat secara intoto (lengkap beserta kapsulnya) atau tidak.

  9. Assalamu’alaikum ww

    Dokter, saya Mudjtahidah 27 Mei 2013 saya sdh menjalani operasi.

    Makroskopis: sebuah jaringan ukuran 2×1,5×1 cm, warna putih kecoklatan. pd irisan penampang tampak massa padat putih.
    Mikroskopis: Sediaan operasi submandibula terdiri atas jaringan ikat fibrokolagen, jaringan otot. Diantaranya tampak proliferasi sel-sel endotel pembuluh darah membentuk struktus kaverne. Tidak tampak tanda-tanda keganasan pd sediaan ini
    Kesimpulannya Limfangioma a/r Submandibula.

    Pd 22 Agustus 2014 saya menjalani pemeriksaan USG thyroid. Hasilnya:

    Thyrois kanan & kiri: bentuk & echotexture normal, tdk tampak masa, kalsifikasi maupun degenerasi kistik.
    Regio sublingual: tdk tampak abscess, tdk tampak pembesaran kelenjar lymph.
    Regio submandibula, tampak struktur massa, berbatas tegas, solliter, hypoechoic, ukuran +/- 0,7×0,3cm pd submandibula dextra.
    Regio submandibula sinitra; tidak tampak massa.
    Kesan: Post operasi regio submandibula relatif baik, tdk tampak massa, abscess maupun cyst Limphadenopathy submandibula dextra.

    Saya mohon informasi, saran & pendapat dokter.

    Bila saya harus kedokter sebaiknya saya kedokter apa krn saya disarankan utk memeriksakan kembali 2 bln setelah pemeriksaan 22/8/14 kemaren?

    Terima kasih atas perhatian dokter.

    Wasalam,

    Mudjtahidah.

    • waalaikum salam

      mohon maaf sebelumnya atas keterlambatan jawabatan saya

      menurut saya tujuan dokter menganjurkan Sdri untuk kontrol lagi adalah untuk melihat/deteksi dini apakah ada tanda2 kekambuhan mengingat tumor yang Sdri derita adalah limfangioma. tumor jenis ini memang mudah kambuh kembali setelah operasi pengangkatan I. apalagi bila ternyata tumor tidak bisa diangkat secara intoto (lengkap) karena alasan tertentu seperti lokasi tumor dekat dengan organ vital berbahaya seperti saraf dan pembuluh darah besar dll

  10. Dok saya yanti 22 tahun,setaun lalu saya operasi.
    Di leher sebelah kanan ada 1 benjolan,ϑαϞ sebelah kanan ada 3,
    Tapi yg di ambil yg sebelah kiri saja,,itupun satu krn yg laen nya msi kecil ϑαϞ sulit di cari.
    ΘαϞ ini hasil dari lab nya dok
    Sialadenitis kronis. Non spesifik a/r submandibula
    Makro:jaringan bentuk tdak tratur ukuran 1X1/2X1/1/4 cm
    Pada penamppakan tmpak masa coklat abu” padat
    Mikro:kelenjar”seromkus di sekitarnya bersebukan ringan sel radang,diantranya tampak sel” leemak matur ϑαϞ tidak tmpak tanda” keganasan,
    Yg saya mau tanyakan
    1.Minta kjelsan atas ppnykit itu
    2.Klo. Badan saya lg drop meriang atau ada sariawan knpa bnjolan itu brsa kencang ϑαϞ cenut”
    3.Apakah bahaya tidak klo benjolan yg laen tdk di operasi
    Mohon pnjelasan nya dok,,terimakasih

    • Sebetulnya benjolan itu harus sy periksa dulu terutama lokasi dan konsistensinya, karena benjolan di leher bisa akibat lebih dari penyakit baik primer ataupun sekunder, akan tetapi karena sudah ada hasil PA maka saya akan mencoba menerangkan sedikit ttg sialadenitis
      Sialadenitis infeksi berulang-ulang di glandula submandibularis yang dapat diserati adanya batu (sialolith) atau penyumbatan. Biasanya sistem duktus mengalami kerusakan. Kelenjar ini terasa panas, membengkak, nyeri tekan dan merupakan tempat serangan nyeri hebat sewaktu makan. Pembentukan abses dapat terjadi didalam kelenjar maupun duktus. Sering terdapat batu tunggal atau multiple
      Sialadenitis merupakan keadaan klinis yang berhubungan erat dengan penyumbatan batu duktus submandibularis. Penyumbatan tersebut biasanya hanya sebagian dan oleh karena itu gejala yang timbul berupa rasa sakit postpradial dan pembengkakan. Kadang-kadang infeksi sekunder menimbulkan sialadenitis kronis pada kelenjar yang tersumbat tersebut, tetapi keadaan ini jarang terjadi.

      Pada semua keadaan, lubang masuk duktus harus diperlebar dengan beberapa probe lakrimal. Batu pada duktus dapat dikeluarkan dengan membuat insisi ke duktus dari mukosa mulut. Batu yang terletak lebih di dalam, memerlukan insisi linear eksternal.
      Bila faktor penyebab tidak dapat dihilangkan, sebaiknya usahakan untuk memperbesar aliran dengan cara mengunyah permen karet. Periode akut dapat dikontrol dengan kombinasi antibiotic dan massage kelenjar. Pada keadaan yang lebih parah, gejala yang ada dapat dikontrol dengan pengikatan duktus atau parotidektomi permukaan.
      Pengikatan duktus hanya dilakukan bila ada hiposekresi yang hebat, misalnya bila sindrom sicca atau kerusakan kelenjar telah sangat besar. Bila kecepatan sekresi tinggi, parotidektomi merupakan indikasi.
      Kadang-kadang terjadi infeksi akut pada kelenjar yang tersumbat, dan perawatan dengan antibiotic (terutama penisilin) diperlukan sebelum perawatan yang lebih menyeluruh dilakukan.
      Langkah pertama adalah untuk memastikan Anda memiliki cukup cairan dalam tubuh Anda. Anda mungkin harus menerima cairan intravena (melalui pembuluh darah). Berikutnya, Anda akan diberikan antibiotik untuk menghancurkan bakteri. Setelah saldo cairan telah dipulihkan, dokter gigi Anda dapat merekomendasikan permen asam tanpa gula atau permen. Mereka dapat merangsang tubuh memproduksi air liur lebih banyak. Jika infeksi tidak membaik, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk membuka dan tiriskan kelenjar. Jika sialadenitis disebabkan oleh batu di saluran, batu itu mungkin perlu dihilangkan dengan operasi

  11. Dok saya baru menjalani operasi tumor pada kelenjar sub mandibula. Dan 2 minggu lagi hasil biopsi keluar. Dok kira2 berapa persentase jinak/ganasnya tumor pada kelenjar submandibula? Terimakasih

    • frekuensi relatif untuk kanker hanya 1,5 – 5% dari seluruh kanker. sabar saja menunggu hasilnya ya, mudah2an jinak, amiinnn

  12. hallo dok.. saya yanie punya benjolan dileher sebelah kanan dan saya udah periksa melalui biopsi n hasil kesimpulannya TU. submandibula dextra, FNAB : adenoma pleomorfik of salivary gland.. nah yg ingin saya tanyakan apakah submandibula tersebut sifatnya ganas or jinak? saya bisa minta alamat rumah sakit dokter bertugas? karena saya rencana mau operasi cuman dikota t4 sy tinggal saat ini hanya memiliki 1 dokter bedah tumor dan banyak pasien yang menunggu jadwal untk dioprasi (salah satunya adalah saya).

    • Kalo melihat hasil FNAB tumor Sdri adalah jinak.
      Kalo Praktek saya di Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang – Jawa timur

  13. dok hasil ct scan saya tampak pemadatan soft tissue di sub mandibula kanan 3,8 x 2,6 cm, tp kata dokter tht dan bedah umum gak masalah, tidak perlu di operasi, karena waktu diraba benjolannya tak teraba, termasuk saya sendiri juga bingung posisi benjolannya dimana, meski saya kadang merasakan nyeri yang berpindah pindah di rahang dan wajah, memang jika dilihat dari luar tmn2 kntr bilang sedikit ada pembengkakan di pipi kanan, tp saat saya konsultasikan dengan dokter bedah mulut, itu mungkin asimetri wajah, saya harus gimana dok

    • sebaiknya di observasi saja dulu mbak dalam 2-6 bulan kedepan, apabila dirasakan ada benjolan dan makin membesar mbak bisa langsung periksa kembali ke ahli bedah untuk direkomendasikan biopsi (FNAB). yang penting secara klinis tidak teraba dengan pemeriksaan dokter, ya mbak lina tenang saja

  14. Dok, saya audina 18 tahun. 2minggu yang lalu saya pernah menjalani operasi biopsi submandibula.

    Mikroskopis: sebuah jaringan ukuran: 1cmx0,8cmx0,2cm, warna putih kecoklatan kenyal.

    Mikroskopis: sediaan berupa kelenjar getah bening dengan jaringan limfoid terdiri dari sel-sel limfosit matur. Tampak follikel-follikel yang hiperplastis mengandung sentrum germinativum. Pada bagian luar di lapisi kapsel jaringan ikat fibrokolagen.
    Tidak tampak tanda ganas maupun proses spesifik.
    Kesimpulan: Hiperplasia reaktif kelenjar getah bening a/r Submandibula dextra

    Saya mohon informasi dan saran dokter. Sebelumya saya ucapkan terima kasih

    • mbak audina, kalo membaca hasil biopsi menurut saya tidak perlu ditakutkan mbak tapi tetap waspada. hiperplasia reaktif kelenjar getah bening (kbg) adalah reaksi adaptasi kgb akibat adanya proses di tubuh yang berdekatan dengan kgb tersebut seperti inflamasi dan atau infeksi yang nonspesifik. yang penting tidak ditemukan tanda-tanda keganasan. mintalah obat2an kepada dokter Anda, biasanya diminum selama 2-3 minggu

  15. Dok saya maura 19 tahun minggu lalu saya bedah stt submandibula dextra dan hasil PA
    Makros: sebuah jaringan ukuran 2cmX0,7cmX0,6cm warna kecoklatan kenyal. Mikros: Sediaan kelenjar getah bening dilapisi kapsel jaringan ikat fibrokolagen jaringan limfoid terdiri dari sel2 limfosit,sel plasma dan sedikit sel PMN tampak follikel sebagian mengandung sentrum germinativum..
    Kesimpulan: lymphadenitis chronis non spesifik a/r colli sinistra.

    Pertanyaan saya:apa lymphadenitis chronis dan sel PMN itu, dan saya masih memiliki 3bnjolan dileher apakah hasil PA di atas tidak akan membuat benjolan yg sebagianya akan membesar..

    Mohon informasinya dok,Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    • limfadenitis kronis adalah keradangan pada kelenjar getah bening di leher yang lebih dari 3 bulan lamanya
      Non spesifik artinya bahwa penyebab radang tsb bukan akibat kuman TBC
      sel PMN adalah sel-sel radang polimorphonuclear
      segera sj diobati dan kontrol rutin ke dokter

  16. Dok kalau boleh tau waktu tes urine hasil dari urine saya kristal amorf positif maksudnya apa yah dok?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    • berarti dalam urine mengandung kristal2 (bahan badan) yang bisa menjadi inti terbentuknya batu saluran kemih terlebih apabila dalam hidup sehari2 kurang minum

  17. Dok saya zia usia 20 tahun. Akhir bulan juni kemarin saya di diagnosis mengidap tumor submandibula dan sudah di operasi tanggal 26 agustus kemarin. Setelah kurang lebih sebulan pasca operasi keluar hasil lab nya yang menyatakan bahwa saya dianjurkan untuk pemeriksaan imunohistokimia yang kemudian saya di rujuk ke dokter bedah kanker di rsup, terus di telinga saya juga ada benjolan kecil yang apabila di tekan sakit dan ada benjolan kecil di bekas jahitan operasi kemarin. Yang ingin saya tanyakan, sebenernya saya itu kenapa dan pemeriksaan imunohistokimia itu apa dan bagaimana? Terus kira” benjolan yang di telinga saya itu apa dan kenapa tawa dok? Saya sudah tanya ke dokter yang kemarin operasi saya, saya malah disuruh tanya ke dokter bedah kankernya. Sedangkan untuk bertemu dengan dokter bedah kanker di rsup harus terjadwal dan jadwal saya masih satu bulan lagi, padahal saya membutuhkan penjelasan secepatnya. Terima kasih dok, ditunggu jawabannya

    • Untuk imunohistikimia sebenarnya tinggal mengambil dari sediaan tumor terdahulu untuk dicat dengan teknik dan pewarnaan khusus supaya hasilnya bisa lebih jelas lagi apalagi hasil PA sebelumnya kikuchi lymphadenopahty…mungkin tujuannya pemeriksaan IHC supaya dapat gambaran lebih jelas apakah mengarah ke keganasan kelenjar getah bening atau tidak…mengingat ada keluhan tambahan benjolan kecil di dekat telinga.
      Mengenai benjolan diatas jahitan sebaiknya dievaluasi apakah bertambah besar dan adakah keluar cairan dari benjolan tersebut

  18. Oh iya dok, ini isi hasil lab saya.
    Makroskopik: diterima 2 buah jaringan dengan ukuran 2×1,5x1cm dan 1,5×1,5x1cm, warna coklat muda, kenyal. Sebagian cetak 1 kaset.

    Mikroskopik: sediaan terdiri dari atas jaringan limfoid berkapsul dengan gambaran arsitektur terganggu. Masih di temukan folikel limfoid sekunder. Tampak kelompokan-kelompokan sel-sel histiosit dengan sitoplasma bervakuol(doanya)/foam cells. Ditemukan debris-debris sel. Tampak sel plasma. Tidak ditemukan neutrofil.

    Kesimpulan: histologik sesuai dengan kikuchi lymphadenopathy.

    Anjuran: pemeriksaan imunohistokimia untuk menyingkirkan kemungkinan keganasan dan konfirmasi diagnosis. Terima kasih, ditunggu jawabannya dok

  19. selamat sore dokter saya mempunyai benjolan disisi kanan belakang leher. tdnya cma satu tp kemudian ada lagi numbuh yang 1 kecil.
    saya sudah usg dan hasilnya itu bagus dan kata dokternya itu benjolanya masih didalam lapisan kulit. saya juga sudah ronsen paruparu dan jantung dan hasilnya normal.
    saya juga tidak pernah merasa demam, keringat dingin dan saya tidak merasa berat badan saya menurun.kondisi badan saya selalu fit.
    benjoalnya pun tidak membesar dan tidak mengeci hanya segitu-situ saja.
    yang saya rasakan hanya pegal dr leher sampai ketiak.
    saya sudah konsultasi ke dr.bedah dan katanya harus di biopsi.
    tp keluarga saya tidak ada yang setuju kalo saya di biopsi ataupun di operasi.
    pertanyaan adakah cara lain agar bisa sembuh dok? dengan minum obat atau therapy.
    jujur saat ini saya galau dan takut.

    • menurut saya sebaiknya dilakukan biopsi….biopsi dengan jarum halus atau dikenal dengan FNAB tidak sakit dan tidak berbekas…hasilnya bisa diketahui dalam 1-2 jam. dari hasil biopsi itulah kita bisa mengetahui diagnosis dan terapi yang tepat

  20. Dok,saya Isna tinggal di Kebumen.
    3 minggu yang lalu saya dioperasi karena Tumor submandibula bekas operasinya pun belum kering…operasi berjalan lancar tapi kata mama,saya selama proses operasi terjadi pendarahan sehingga memakan waktu lama sekitar 4jam’an.Banyak saudara dan teman saya menyarankan agar saya rutin minum rebusan daun sirsak agar tumor saya tidak muncul kembali.
    Yang ingin saya tanyakan dok.apa benar rebusan daun sirsak bisa mencegah tumor tumbuh kembali?
    Memang tumor submandibula bisa muncul kembali walau operasi sudah dilakukan(hasil P.A saya bagus..tumor adalah tumor jinak)?
    Kata teman2 saya pasca operasi,saya menjadi orang yang sangat pelupa,apa itu bagian dari resiko operasi?
    Dokter saya hanya nyaranin jaga pola makan saja.

    • Mbak Isna harus bersyukur bahwa tumor yang diderita bersifat jinak

      Mengenai daun sirsak, memang kaya akan anti oksidan, kalaupun toh diminum ya bagus2 saja, gpp dilanjutkan saja untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

      Mengenai sifat pelupa pasca operasi, menurut saya tidak ada hubungannya, coba dibantu saja dengan obat2an yang membantu kinerja saraf

      Mudah2an mbak isna cepat pulih kembali ya, aamiiinnn

  21. Ass. Dokter Tika sy berusia 28th. Beberapa hari yg lalu sy mengalami keluhan dibwh rahang gigi. Awalnya gatal2 dan esoknya nyeri sedikit di leher itu dan adanya pembengkakan. Esoknya makin bengkak. Lalu sy periksakan ke dokter bedah tumor…dan dilakukan USG soft tissue regio submandibula dg hasil seperti ini dok: kutan subkutan tdk menebàl. Tampak pembesaran diffuse gld mandibula kanan ukuran 3,2×2,3 cm (dibandingan sisi kiri 3×1,3 cm). Dengan doppler hipervaskuler. Parotis D ukuran N, echoparenkim homogen. Kesan: Swelling dan hiperbaskular gld sunmandibula D mengesankan sialadenitis…. dengan hasil diatas tersebut sy disuruh observasi dulu dg minum antibiotik slama kurang lebih 2mingguan. Bila ttp bengkak maka sy disarankan melakukan biopsi.. pertanyaan sy apakah hasil itu sy terkena tumor kanker? Dan apakah itu termasuk tumor jinak atau ganas.? Apakah memang solusinya harus biopsi ya dok..

    • وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ هُ
      mbak tika…diagnosis saat ini adalah sialadenitis…ini peradangan pada kelenjar ludah dibawah rahang, makanya oleh doktet diberi antibiotika terlebih dl. Bila mengecil berarti memang radang. Namun bila tetap kemumgkinan suatu neoplasma (pertumbuhan baru) shg diperlukan tindakan biopsi utk memgetahui jinak atau.ganas.
      mudah2an bisa menjawab rasa penasaran mbak tika

  22. siang dok, mohon penjelasannya?
    organ: colli dextra dan sub mandibula dextra.
    makroskopis: diterima jaringan ukuran 3x2x1 cm, cokelat, 1 kupe.
    mikroskopis: sediaan menunjukkan jaringan tumor limfoid difuse, sel tumor berukuran besar bulat monoton, sitoplasma sedikit, dan inti hiperkromasi.
    kesimpulan: colli dextra dan sub mandibula dextra: diffuse large B cell lymphoma non hodgkins.
    pengobatan telah berjalan satu tahun dan telah di lakukan tiga kali operasi dan sekarang dokter telah memberikan saran untuk dilakukan kemo..
    ditunggu info dan sarannya dok, terima kasih?

    • Assalamu’alaikum Wr Wb

      Sebelumnya saya mohon maaf atas keterlambatan saya dalam memberikan jawaban atas pertanyaan Sdr Satrio

      Kalo melihat hasil PA memang Sdr menderita salah satu kanker kelenjar getah bening di daerah leher kanan dengan tipe non hodgkins. Tumor ganas ini memang salah satu tumor yang bersifat kemosensitif dan radiosensitif artinya mudah untuk dibunuh/dihambat baik dengan kemoterapi ataupun radiasi.
      Saya rasa diikuti saja saran dari dokter sdr….mudah2an dengan kemoterapi bisa memberikan perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik, aamiinn

  23. dok, anak saya umur 10 thn, tgl 30 agustus 2016 kmrin oprasi krn ada benjolan dleher kanan dan hasil PA,,, makroskopi jaringan ukuran 0,5×0,3×0,2cm bentuk oval padat kecoklatan, jaringan keabuan agaknya dinding kista diameter 1 cm
    mikroskopi jaringan limfoid normal dan jaringan ikat dengan dinding rongga dilapisi epitel selapis (endotel?), lumen kosong, tdk tampak tanda ganas maupun proses spesifik
    kesimpulan gambaran hispatologi lebih kearah lymphangioma (submandibula dextra)
    yg mau sy tanyakan, bahayakah?? cara pencegahannya seperti apa agar tdk kambuh lg, krn kt dokter bedah tempat anak sy berobat klo muncul benjolan lg harus kemoterapi, trm ksh

    • kalo hasilnya limfangioma maka itu adalah tumor jinak, inshaallah kalo tumornya diambil lengkap tidak kambuh lagi.
      tetap semangat ya bu

  24. pagi dok, mohon penjelasannya.. tentang penyakit yang saya derita.. umur saya 22 tahun
    7 bulan yang lalu ada benjolan di bawah dagu sebelah kanan dan kiri , dokter umum menyarankan untuk di operasi namun setelah saya cek di rs dan di biopsi hasil nya :

    makroskopis : benjolan multiple coli sinistra , sebesar kedele dan jagung , batas tegas, mesil.

    mikroskopis: biopsi jarum benjolan coli sinistra menunjukkan gambaran reactive hiperlasia jaringan limfaid.
    # tak tampak tanda ganas..

    dan dokter tht mengatakan kalau tdk perlu operasi, kira kira bagaimana ya pengobatannya dan penanganan nya .? apa hrs di operasi atau di biarkan saja.. mohon masukannya dok,,,trimakasih

  25. pagi dok … saya ayu umur 22 tahun. di leher saya muncul benjolan sebelah kanan dan kiri , saya sudah memeriksakan di dokter umum dan menyarankan saya untuk operasi, namun setelah saya coba di rs. saya di biopsi dan hasilnya :
    -makroskopis : benjolan multiple coli sinistra , sebesar kedele dan jagung , batas tegas mesil.
    -makroskopis :
    biopsi jarum benjolan coli sinistra menunjukkan gambaran reactive hiperlasia jaringan limfaid.
    # tak tampak tanda ganas.
    kata dokter tht tdk di oprasi tdk apa apa. bagaimana ya dok sebaiknya saya harus periksa lagi cek, atau di operasi atau bagaimana ya … saya takut kalau penyakit berbahaya…

    • melihat hasil PA sdri sebaiknya diobati terlebih dahulu 1-2 minggu, bila benjolan masih menetap sebaiknya dilakukan BE (biopsi eksisi) untuk melihat gambaran mikroskopis secara utuh dari kelenjar getah bening sdri. setelah itu baru ditentukan apa tindakan selanjutnya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

  • BUKU ATLAS PA – MHS FK

  • KALENDER

    Mei 2010
    S S R K J S M
        Jun »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • HITUNGAN PENGUNJUNG

  • PENGUNJUNG BLOG-KU

    free counters
  • MAPPING PENGUNJUNG BLOG