EKSISI HEMANGIOMA

Introduksi

a. Definisi

Eksisi Hemangioma merupakan prosedur pembedahan untuk mengambil tumor jinak pembuluh darah yang biasanya terlentak  di kulit.

Pembedahan meliputi pengambilan hemangioma dengan meminimalisasi efek samping fisik berupa jaringan parut dan efek psikologi yang timbul.

b. Ruang Lingkup

Hemangioma merupakan tumor jinak yang berasal dari pembuluh darah. Sekitar 30% timbul pada saat lahir, sisanya timbul sekitar beberapa minggu pasca lahir. Biasanya berupa titik berwarna pucat dengan batas tegas, dan semakin jelas apabila bayi menangis. Bentuk  hemangioma  sangat sangat bervariasi, mulai dari  yang berbentuk  datar, kemerahan  yang dikenal  sebagai hemangioma superficial, sampai dengan bentuk hemangioma yang terletak dilapisan dalam kulit dan berwarna biru yang dikenal sebagai hemangioma profunda. Selama usia 6-18 bulan, hemangioma mengalami pertumbuhan ukuran yang pesat, hal ini disebabkan karena pembelahan abnormal sel-sel. Bentuk akhir hemangioma sangat bervariasi. Hampir semua hemangioma, membutuhkan waktu lambat dan panjang untuk menyelesaikan proses involusi. Proses ini terjadi setelah proses proliferasi. Tanda awal proses involusi adalah warna merah tumor yang semakin dalam, permukaan tumor tampak abu-abu, dan timbulnya titik putih. Pada umumnya, 50% dari semua hemangioma menyelesaikan tahap involusi pada umur 5 tahun, dan 50% – 75% sisanya selesai umur 7 tahun.

c. Indikasi operasi

1. Pertumbuhan tumor mengancam nyawa

2. Pertumbuhan tumor menimbulkan masalah medis

atau psikososial

3. Tumor yang mengalami ulserasi

d. Kontra indikasi operasi

Perlu dipertimbangkan apabila letak kelainan pada organ vital.

e.  Diagnosis banding untuk hemangioma

Lymphangioma, AV  malformasi

f.  Pemeriksaan penunjang

  • Laboratorium darah lengkap
  • Radiografi
  • CT Scan
  • MRI
  • Angiografi
  • Biopsi

Teknik Operasi

  • Lakukan aseptik dan antiseptik pada daerah operasi lalu berikan anestesi lokal jika hemangioma tidak terlalu besar. Anestesi dilakukan blok atau infiltrasi.
  • Jika hemangioma tidak terlalu besar maka eksisi dilakukan secara lentikular atau bentuk seperti lensa/elips dengan sumbu panjang searah dengan arah ketegangan kulit sehingga akan menghasilkan jaringan parut yang minimal berupa garis lurus.
  • Angkat semua jaringan vaskular yang abnormal.
  • Hentikan perdarahan yang terjadi baik dengan ligasi ataupun diatermi.
  • Tutup luka operasi lapis demi lapis.
  • Pada hemangioma yang luas mungkin diperlukan angiografi untuk mengetahui detil vaskular yang memperdarahi lesi tersebut dan juga tehnik embolisasi untuk memblok pembuluh darah tersebut.
  • Kemudian dilanjutkan pengangkatan seluruh lesi vaskular abnormal tersebut.

g.  Komplikasi operasi

Komplikasi tersering adalah perdarahan durante operasi. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan thermoscapels (scapel dengan tenaga panas listrik) atau diatermi/elektrokoagulan.

h. Mortalitas

Angka morbiditas dan mortalitas pasca pembedahan hampir mendekati nol, hal ini disebabkan oleh adanya tehnik pembedahan yang baru dan instrumen pembedahan yang mencegah perdarahan intra operatif.

i. Perawatan Pasca Operasi

Pasca operasi, tempat dimana  dilakukan pembedahan, ditutup secara steril, dan rawat luka dang anti penutup luka secara rutin. Penderita melakukan level aktifitas minimal. Tujuan perawatan ini untuk mencegah hematoma pasca operasi.

j.  Follow – Up

  • Penilaian penanganan lebih lanjut dari pemulihan gejala dan kejadian berulang dari hemangioma sangat diperlukan
  • Yang dievaluasi:   – Gejala Klinis

– Pertumbuhan Tumor

67 Komentar

  1. assalamualaikum

    sangat menarik dok artikelnya n bmanfaat sekali…saya merupakan dokter ptt
    yang saya ingin tanyakan untuk melakukan pembedahan pada hemangioma apakah boleh dilakukan oleh dokter umum???
    karena pada rumah sakit tempat saya bertugas tidak ada dokter spesialis bedah..
    selama ini sih dibiarkan saja xixixi

    • Dear dik Avicena

      Mungkin untuk hemangioma kapiler atau nevus simplek dengan diameter < 1 cm masih bisa dikerjakan oleh dokter umum bila memang di daerah adik bertugas tidak ada dokter bedah-nya. Karena bila ukurannya besar, akan kesulitan melakukan rekonstruksi dan harus dilakukan oleh dokter bedah atau dirujuk ke RS yang ada dokter bedah-nya. Terlebih lagi kalau hemangioma cavernosum, jangan dilakukan sendiri….alias nekat….karena infiltrasi sel-sel hemangioma jenis ini cukup agresif ke soft tissue di sekitarnya dan risiko bleeding juga lebih besar. Dan ingat bahwa tindakan operasi bukan satu-satunya treatment untuk hemangioma dan judgement untuk menentukan jenis terapi yang cocok itu butuh pengetahuan dan pengalaman yang cukup.

      Prinsipnya: "tidak ada akar rotan-pun jadi"…..namun adik harus mengukur kemampuan diri sendiri…..dan jangan lupa selalu informed consent ke pasien tentang keterbatasan sarana dan SDM sehingga tidak ada tuntutan di kemudian hari.

      Semoga bisa menjawab…dan selamat mengabdi kepada masyarakat…semoga menjadi ibadah dan membawa berkah…amiienn

      Salam hangat,

      M.A.S

      • dok,
        bayi saya 4,5 bln ada hemangioma di kepala. ujuran kecil kr2 sebiji jeruk nipis lebih kecil lagi.
        saat ini sy mau operasi kecil dgn dr bedah pembuluh darah.
        apakah berbahaya utk bayi atau tdk ?
        dan bagaimana dengan bius nya apakah berbahaya ?

      • Dear Ibu Dwi

        InsyaAllah operasi tersebut tidak berbahaya bagi bayi ibu, asal ditangani oleh orang/dokter yang berkompeten dibidangnya.
        Ibu harus yakin pada dokter yang menanganinya ya….sabar…dan selalu berdoa baik sebelum….selama dan setelah operasi. Mudah-mudahan diberi kemudahan…Amiinnn

  2. terimakash dr. Aleq.. blog ttg hemangioma ini sangat bermanfaat sbagai tambahan referensi saya. sy dapat tugas referat ttg hemangioma, dokter.. ^_^

    • Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungannya, semoga bermanfaat, amiinn

  3. Assalamualaikum dokter yang saya hormati..
    saya dokter umum..
    saya mendapat pasien yang sangat ingin sekali diangkat hemangioma nya oleh saya..
    saya sudah menyarankan dan menjelaskan sedetil2nya agar ke dokter bedah saja..tapi pasien menolak..dan tetap ingin dioperasi saya..
    menurut dokter bagaimana?

    keterangan pasien :
    pria, usia sekitar 28 tahun..
    status lokalis : unilateral nevus flameus dextra (sejak kecil)
    ditambah ada 2 buah tumor yang menurut saya sejenis pyogenic granuloma..diameter sekitar 2cm (3 tahun terakhir ini)
    lesi tidak mudah berdarah..

    saya pasti tidak sanggup menangani nevus flammeusnya..tapi bagaimana dengan pyogenic granuloma nya dok..
    menurut dokter bagaimana?

    maturnuwun..

    • Waalaikum salam wr wb

      KAlau menurut saya tindakan sejawat sdh tepat yaitu dirujuk ke ahli bedah mengingat lokasi neoplasma di wajah yang membutuhkan tindakan kosmetik. Namun apabila pasien tidak mau, di informed consent dulu kemungkinan terburuk yang bisa terjadi supaya tidak ada tuntutan di kemudian hari (secara tertulis).

  4. oh maaf dok sebelumnya..
    lesi hemangioma baik nevus flammeus maupun pyogenik granuloma di regio wajah..
    pyogenic nya di regio maksillaris..

  5. Assalamu’alaikum,sore dok,sy punya bayi 2 bln 3 mggu,mempunyai hemangioma dikepala berdiameter sekitar 1 cm,rencananya bsk m̶̲̥̅̊
    @u̶̲̥̅̊
    dioperasi,krn letaknya rentan sekali tersenggol sisir jd sy menyetujui operasinya apalg hemangimanya pertumbuhannya cepat sekali dan membengkak,yg m̶̲̥̅̊
    @u̶̲̥̅̊
    sy tanyakan efek samping operasi itu buat bayi sy gmn dok?apa pendarahannya banyak?makasih sebelumnya

    • Waalaikum salam ibu Yanti

      Operasi hemangioma memang berisiko berdarah karena tumor jinak ini kebetulan asalnya dari pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan, namun jangan kuatir asalkan ditangani oleh ahli bedah yang kompetan insyaAllah risiko tsb bisa diminimalisir.
      Untuk indikasi operasi sudah tepat, mengingat lokasi di kepala dan risiko terkena trauma saat menyisir rambut jadi lebih baik dioperasi.
      Mudah2an operasinya lancar ya, amiinnn

  6. Dok,

    Belum lama saya ke dokter kulit karena timbul benjolan kecil seperti gumpalan daging merah sebesar kacang hijau di bibir yang saya derita selama 4 bulan. Diagnosa dokter kulit saya terkena pyogenic granuloma. Kemudian saya mendapat terapi Laser CO2 alias dibakar, tapi ternyata setelah lukanya kering gumpalan tersebut timbul lagi. Saya kembali ke dokter kulit yang melakukan tindakan laser dan disarankan pergi ke dokter bedah mulut untuk dilakukan pengangkatan jaringan. Dokter bedah mulut tidak melakukan tindakan apa2 hanya diberi salep untuk mengobati ulkus. Dokter bedah mulut tersebut juga tidak memberikan opini apapun, dan menurut beliau kemungkinan besar dgn skenario terburuk saya terkena pyogenic hemangioma dan saya harus melakukan operasi yang kompleks.
    Pertanyaan saya, ke dokter spesialis mana saya harus konsultasi karena sudah 3 orang dokter tanpa hasil yang jelas. Mohon bantuannya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan dokter.

    • Sdri bisa coba ke dokter spesialis bedah onkologi di kota Anda. PAda kasus tumor, diagnosis harus ditegakkan dulu dengan pemeriksaan histopatologi (PA) untuk mengetahui macam dan jenis tumor. Tapi kalo tumornya kecil bisa dilakukan Biopsi Eksisi (sekaligus mrpk tindakan operasi) untuk mengangkat seluruh masa tumor. Kalo benar itu suatu hemangioma sebaiknya segera konsultasi untuk pengangkatan secara menyeluruh mengingat lokasinya di bibir shg secara kosmetik sangat menganggu.

  7. Assalamualaikum dok,anak saya umur 1th,bulan lalu menjalani operasi lymphangioma dipinggang sebelah kiri,ukuran 2,5cm tp pasca operasi sekarang malah membesar seperti bola kasti,ketika saya kontrol dan ingin menanyakan dokternya sudah ga tugas di rs td,apa yg harus saya lakukan dok,terimakasih sebelumnya

  8. assalamualaikum dok, umur saya 15th. sya mempunyai hemangioma di leher. ini hemangioma datar atau tidak menonjol, berwarna merah. dan juga menjalar, cara menghilangkanya bagaimana dok makasih

    • untuk menghilangan hemangioma bisa dengan cara penyuntikan dan operasi pengangakatan

  9. Dok.. anak saya berumur 6,5 bulan.Pada telapak kaki kanan anak saya terdapat benjolan berwarna merah yang menyerupai bentuk segitiga dengan panjang kira2 1,5 cm. Setelah saya berkonsultasi dokter anak…dikatakan hemangioma. Dokter anak tsb tidak bisa memastikan jenis hemangioma tsb..spt perpaduan hemangioma strawberry dan kavernosa.Saya disarankan ke dokter bedah plastik untuk konsultasi lebih lanjut.

    Setelah ke dokter spesialis bedah plastik…dokter tsb mengatakan harus dioperasi.Menurut beliau mumpung hemangiomanya masih kecil dan belum membesar …lbh baek dioperasi dan jenis operasi besar.

    Untuk mendapatkan second opinion saya ke dokter onkologi. Dokter tersebut juga mengatakan perlu dioperasi….tetapi dengan jawaban kurang meyakinkan (mungkin karena usia anak saya yang masih 6,5 bulan). Dokter onkologi tsb juga mengatakan …boleh juga dilakukan observasi…namun seiring dengan waktu…bisa saja hemangiomanya bertambah besar…apalagi ini berada ditelapak kaki….karena nantinya bayi saya mulai belajar jalan. Sehingga ditakutkan akan terjadi gesekan yg menyebabkan luka.

    Yang ingin saya tanyakan,:
    Apakah tidak ada masalah dengan operasi besar untuk umur bayi yg masih 6.5 bln mengingati imun bayi berbeda dengan usia dewasa.?

    Dan apabila segera dioperasi…apakah ada masalah bila nanti dia mulai berjalan ?

    Dan berapa lama masa tunggu setelah operasi untuk bayi saya bisa belajar berjalan ?

    Terima Kasih atas jawabannya

    • Sebelumnya saya turut perihatin atas apa yang menimpa Anak Sdr. Saya akan coba menjawab beberapa pertanyaan Sdr:

      1. bayi umur 6,5 tahun tidak ada masalah untuk dilakukan operasi, ndak usah kuatir, dokter anestesi (ahli bius) akan memperhitungkan dosis obat bius untuk anak Sdr

      2. insyaAllah kalo anak sudah mulai jalan….luka sudah sembuh…gak usah takut

      3. kalao tidak ada komplikasi dalam 3-4 minggu sudah bisa jalan

  10. Selamat siang dokter… Anak saya umur 5,5thn terkena hemangioma di bibir,bentuknya bergelambir dan berwarna biru ukurannya krg lebih 1,5cm.saya sudah konsultasi ke dokter bedah plastik,disarankan utk menunggu sampai umur anak 12thn. Tetapi belakangan ini saya melihat hemangiomanya agak membesar dan hal ini cukup menganggu anak saya (terkesan dia agak minder dgn penampilannya)…yg ingin saya tanyakan seberapa beresiko jika menjalani operasi di area bibir,apakah bekas operasi akan meninggalkan bekas paruh yg dalam?klo tdk keberatan saya ingin minta referensi dari dokter RS mana yg bisa saya kunjungi utk konsultasi? Terima kasih

    • selamat pagi pak hardy….

      bapak bisa melakukan second opinion ke dokter bedah lainnya di kota bapak….
      memang kalo menunggu sampai 12 tahun akan terlalu lama dan berisiko pecah hingga timbul perdarahan hebat…biasanya hemangioma akan mengecil sendiri setelah 5 tahun namun hal itupun melihat lokasinya pak, kalo lokasinya didaerah berbahaya dan berisiko terbentur atau kalo dibibir berisiko tergigit, maka sebaiknya dilakukan operasi saja.

    • hanya mau ngasih informasi buat pa hardy mungkin bisa d coba untuk konsultasi ke dr lisa hasibuan spesialis bedah plastik di rs hasan sadikin bandung.karena kasus anaknya hampir sama dengan putri saya.putri saya juga mengalami hemangioma d wajah sebelah kanan khususnya d daerah bibir yg sampai menggelambir berwarna merah putri saya d opersi d daerah bibir tersebut pada waktu umur 1 tahun setengah dan alhamdulilah sekarang bibirnya keliatan normal dan operasinya tdk meninggalkan bekas luka

      • Hai Ibu Sri,

        Salam kenal,saya ibu Tania,saya membaca pendapat ibu lewat tulisan,itu memberika harapan buat saya, kebetulan putri saya,10 th menderita hemangioma pd pipi dan bibir dan benjolan ,Dokter bedah plastik menyarankan operasi,dan operasi dilakukan di rumah sakit sanglah bali.
        Tp saya msh berfikir,sy takut klo nanti mengalami pendarahan
        Mohon jelaskan lebih detail tindakan Dokter yg menangani operasi putri ibu.
        Terimakasih.
        Salam,

  11. slamat malam… saya wanita usia 21thn,
    saya ada bentol merah di wajah bawah mata. bentolan itu ada 3, kecil bgt, sedeng, dan lumayan, yg lumayan lebar sekitar 1cm. waktu saya konsultasi ke dokter kulit, dkter bilang klo itu, tumor jinak pembuluh darah, lalu saya cari internet, klo ini adalah hemangioma.
    saya pernah d ksih krim, tapi tdk ada perubahan.
    klo kata orang desa suruh di gigitin capung, saya sdah coba dan tidak ada hasil.

    ada hemangioma di wajah saya, saya jadi minder slama 21thn.😥
    bagaimana agar hemangioma saya bisa hilang dok?
    adakah cara alami/tradisional untuk menghilangkanya?
    jika dgn melakukan tindakan medis, kira-kira menghabiskan biaya brpa??

    terimakasih..

    • Selamat Malam Mbak Puspa

      Kalo memang itu berupa hemangioma memang sebaiknya dilakukan tindakan operasi berupa pengangkatan tumor tersebut dan dilakukan rekonstruksi di bekas tumornya.
      Mengenai biaya tergantung RS masing-masing dan kelas perawatan yang dipilih. Saya tidak bisa memberikan taksiran biaya karena sangat tergantung daerah masing-masing.

      • ohh bgitu, trimakasih..
        tpi jika secara umum, jika sudah d hilangkan, dan tdk d lakukan rekonstruksi di bekasnya, apakah bekasnya sangat terlihat dok?
        jika secara umum, apakah biayanya sampai berjuta-juta dok?
        trimakasih

      • ya bisa terlihat juga sih mbak….masing2 pasien memiliki karakter sendiri2

        untuk biaya memang susah saya jawabnya…..relatif tergantung masing2 RS dan seberapa besar tindakan yang akan dilakukan

  12. malam dokter,

    saya memiliki anak sekarang umur 6 bln, diagnosa dokter lymhengioma (lymphangioma yang juga ada hemangiomanya) didaerah dada kanan ketiak sampai keperut dan ada sedikit sampai kelengan sejak usia kandungan 7bln, sebesar 15cm. sekarang sedang dirawat di rs karena peradangan, adakah cara penyembuhan selain operasi misalnya laser, saya pernah baca bisa dengan pembekuan, dan obat diminum

    mohon penjelasannya dan saran dari dokter.

    terima kasih.

  13. selamat siang dokter, anak saya umur 11 tahun sejak lahir ada hemangiom dari leher sampai ke punggung,dokter bedah vasculer yang saya temui mengatakan jenis hemangiomnya cavernosum.Jika digaruk maka hemangionya akan berdarah,tapi dokter hanya menyarankan untuk menekan dengan kasa sampai pendarahan berhenti.dokter juga mengatakan biasanya setelah umur 13 tahun akan hilang sendiri. Sejak 2 bulan terakhir hemangiom anak saya jadi sering berdarah,biasanya malam hari setelah digaruk.luka bekas pendarahaannya akan ditutupi “tapuk” (itu istilah saya dokter) atau jaringan yang mengering.tapuk inilah klo tergaruk sebelum kering benar akan berdarah lagi sehingga jadi sering berdarah.Sy konsultasi ke dokter dibilang sedang masa regresi.Saya sangat khawatir dokter dengan keadaan anak saya,tindakan apa yang harus saya lakukan?,adakah cara selain pembedahaan mengingat areal hemangiomnya luas?
    Saya mohon penjelasan dan saran dari dokter.

    • Selamat pagi bu…sebelumnya saya turut prihatin atas apa yang menimpa putra ini. berikut ini saya jelaskan beberapa penanganan kasus hemangioma.
      Ada dua cara penatalaksanaan hemangioma, yaitu konservatif dan aktif. Cara konservatif yaitu dilakukan observasi untuk melihat hemangioma mengalami pembesaran dalam bulan-bulan pertama, kemudian mencapai besar maksimum dan ber-regresi sampai umur 5 tahun.
      Penatalaksanaan secara aktif dilakukan dengan pembedahan, terapi kortikosteroid, atau radiasi. Perawatan dengan tindakan bedah beberapa diantaranya adalah eksisi, bedah krio dan laser. Pembedahan biasanya diindikasikan pada hemangioma yang tidak mengalami regresi spontan selama lebih dari 9 tahun, terdapat tanda-tanda pertumbuhan yang terlalu cepat, misalnya dalam beberapa minggu lesi menjadi 3-4 kali lebih besar dan pada hemangioma raksasa dengan trombositopenia.
      Tindakan eksisi jarang dilakukan karena hemangioma cenderung mengalami perdarahan hebat. Untuk mengurangi perdarahan, eksisi dilakukan dengan cara dikombinasikan dengan skleroterapi. Teknik lainnya adalah dengan bedah krio. Prinsip kerja dari bedah krio yaitu menyebabkan nekrosis dari sel-sel yang diakibatkan oleh pembekuan dan melunaknya sel-sel. Metode ini diperkenalkan pada tahun 1940-an dengan menggunakan nitrogen cair yang diaplikasikan dengan kapas. Lalu pada tahun 1961, Copper memperkenalkan sistem tertutup dengan menyemprotkan cairan nitrogen. Penggunaan laser bisa juga digunakan sebagai terapi hemangioma, tetapi biaya perawatannya relatif mahal.
      Pengobatan dengan kortikosteroid dipilih apabila melibatkan salah satu struktur vital, tumbuh dengan cepat dan mengadakan destruksi kosmetik, secara mekanik mengadakan obstruksi salah satu orifisum, adanya banyak perdarahan dengan atau tanpa trombositopenia, dan menyebabkan dekompensasio kardiovaskular. Kortikosteroid yang dipakai antara lain prednison yang mengakibatkan hemangioma mengadakan regresi, yaitu untuk hemangioma bentuk strawberry, kavernosa dan campuran. Dosisnya per oral 20-30 mg per hari selama 2-3 minggu dan perlahan-lahan diturunkan, lama pengobatan adalah 3-4 bulan.

      mudah2han bisa menjawab pertanyaan ibu ya

  14. dok, seminggu lalu hemangiom sya didekat leher pecah… dan sampai saat ini belum dioperasi karena keterbatasan biaya..
    jadi selama ini hanya sekadar sterilisasi saja untuk mengganti perban setiap 2 hari sekali.. darahnya sudah sedikit demi sedikit berhenti mengalir… yang ingin saya tanyakan, apa bahaya jika menunggu 2 minggu kedepan? dan sebenarnya berapa biaya yang pasti untuk oprasi ini, karena dri pihak rmh skt juga tidak jelas informasinya… terima kasih, saya tunggu jawabannya sesegera mungkin…..

    • Sebaiknya hemangioma yang sudah pecah segera diangkat (dioperasi) karena bahaya perdarahan ulang dan infeksi.
      Untuk biaya operasi tergantung kelas perawatan dan RS itu sendiri. Masing2 masing RS berbeda.
      Bila Sdr ada keterbatasan biaya….saya sarankan pakai BPJS saja

  15. Bayi saya umur 2bln,di bibir nya ada tanda merah selepas seminggu lahir,dan dokter kata ia hemangioma upper lip..tanda merah itu semakin membesar,DK saya nak tanya boleh ka tanda merah ini menghilang atau apa yg sepatutnya saya lakukan?sekiranya di bedah apakah akan mencacatkan bibir bayi saya?

  16. assalamualaikum…Dok anak sy skrg umur 6 bulan menderita hemangioma di bahu sblh kiri. muncul sejak umur 3 bulan terlihat msh kecil dan skrg sdh berukuran besar dg diameter 3,5 cm mnrt pemeriksaan dokter di RS Sardjito jenis hemangioma kassabach merrit syndrome. terapi obat Methyl Prednisolone 16mg selama 2 minggu krn tdk berpengaruh dosis dinaikan mjd 32mg. mnrt sy perubahan hy tampak memudar sj warna hemangioma dan lesi membesar. pernah sekali dikemotherapy, 1 hari stlh kemo ank sy tdk mau menyusu, mkn dan tampak pucat dan lemas. yang mau sy tanyakan penanganan apa yang tepat untuk jenis hemangioma KMS apakah operasi perlu dilakukan? dan efek apa yg mungkin terjadi stlh pasca operasi karena anak sy jg trombositopenia. sy khawatir akan semakin bertambah besar bila tdk dilakukan operasi. mohon penjelasannya dok. trimakasih

  17. Assalamu’alaikum Dok,

    Satu minggu lalu saya operasi hemangioma di pipi sblah kanan oleh dokter bedah plastik, kmungkinan ini berjenis hemangioma profunda krn berada dilapisan dalm kulit brwarna kebiruan dan operasi ini yang ke 2 klinya. sblumny sudah prnh operasi thn 2007 nmun mncul lgi.

    yg saya tnyakan, apakah hemangioma ini bsa timbul lgi? jika timbul lgi itu krna faktor apa? dan bagaimana pencegahan selanjutnya?

    • Waalaikum salam….
      Hemangioma bisa timbul kembali apabila saat operasi ada sisa tumor yang belum terangkat, shg akan tumbuh lagi.
      Ini adalah tumor jinak yang berasal dari pembuluh darah sehingga feeding arteri memang harus ketemu dan diligasi serta seluruh tumor harus diangkat secara intoto. InsyaAllah tidak akan kambuh lagi.
      Mudah2an operasi kedua ini adalah operasi yang terakhir. Amiiinnnn

    • hemangioma bisa muncul ditempat yang sama apabila pengambilan tumornya tdk/kurang intoto (tidak lengkap) shg msh ada sisa tumor yang dapat tumbuh kembali

  18. Dear dokter,

    thanks atas artikelnya yang menarik, perkenalkan sy bayu yulianto, sy berusia 24th… sy mempunyai tanda lahir di seluruh pantat sy, dan ternyata di bagian sisi pantat kiri saya, terdapat benjolan yang besar… kemudian sy periksakan ke dokter dan ternyata ini merupakan tumor jinak angioma dan harus dilakukan pembedahan.. mohom diberikan penjesan mengenai kasus sy, apa yang harus sy lakukan dan berapa besaran biayanya? Thankd.

    • Angioma atau sering disebut hemangioma adalah tumor yang berasal dari pembuluh darah dan akan semakin bertambah besar seiiring dengan bejalannya waktu. Tindakan yang terbaik adalah pembedahan.
      Untuk biaya operasi tergantung masing2 RS dan kelas perawatan yang dipilih.
      Sdr bisa tanyakan langsung ke dokter spesialis bedah di kota Sdr.

    • kalo hasil PA mengatakan bahwa ini adalah angioma dan disarankan untuk operasi sebaiknya ya diikuti saran dokter tersebut. mengenai biaya biasa ditanyakan langsung ke rumah sakit yang bersangkutan. kalo punya BPJS bisa dicoba menggunakan fasilitas tersebut

  19. Assalamu’alaykum,dok mau tanya,anak sy 2thn 2 bln,ada hemangioma kavernosum di bibir dn dinding mukosa mulut sblh kanan, udah knsul ke dr.bedah mulut dn drncnakan oprsi, tp btal oprsi krn doktr radiologi blang umur 2thn blm bisa arteriografi u/ embolisasi,,mhn saranx dok?

    • kalo memang dokter radiologi mengatakan demikian…mungkin sambil menunggu bisa dilakukan alternatif lain yaitu injeksi sclerotherapy dengan obat2an tertentu mengingat lokasi di bibir dan mukosa risiko untuk tergigit dan berdarah-darah

  20. Dokter barakallahufik..kalau boleh bsa minta nama fb, pin, atau no.hp kah dok?doktr skrg tgas dmana dok? Smg Allahu ta’ala mmblas kebaikan doktr sklrga,

    • sekarang sy tugas sebagai dosen di fakultas kedokteran universitas Muhammadiyah malang

  21. assalamu’alaykum,dokter smg Allahu ta’ala mmbrkahi pnjnengan sklrga,
    ank sy umur 2thn 2bln d dgnsa hmngioma kvrnsum d bibir dn mkosa ddndng mlut (labia dn bukal dextra).dokter bdah mulut mrncnakan oprsi, tetapi saat konsultasi arteriografi untk embolisasi k dr.radiolgi jwbnx hrs nunggu 7thn, jdi operasix di cancel, krn takutx ada prdrhan saat oprsi klau tdk di embolisasi. mhn sarannya doktr?

    • waalaikum salam

      memang ada batasan umur untuk dilakukan tindakan arteriografi….
      kalo memang dokter radiologi mengatakan demikian…mungkin sambil menunggu bisa dilakukan alternatif lain yaitu injeksi sclerotherapy dengan obat2an tertentu mengingat lokasi di bibir dan mukosa risiko untuk tergigit dan berdarah-darah

  22. Assalamualaikkum dok saya mau tanya tahu rumah sakit yg bisa melakukan operasi hemangioma d denpasar gak?…….

  23. Assalamualaikum dokter, saya ingin bertanya.

    Putri saya di diagnosa menderita hemangioma mix/ campuran di bagian paha kanan dalam. dan memang disarankan dokter setempat untuk diangkat. diameter lingkarannya sekarang sdh kurang lebih 2-3 cm usianya sekarang 2 bulan. Anak saya sudah melakukan rontgen dan MRI pada usia 1 bln.. dan alhamdulillah keadaan tulangx baik2 saja.. namun khawatir krn hasil dri MRI memperlihatkan otot dekat tulang geraknya agak sedikit. Yang saya khawatirkan jika dioperasi apakah ada resiko amputasi? Dan sberapa bsr kmungkinan amputasi tsb?Kemudian perlukah di oprasi sekarang atau mnunggu umur dan beratx cukup?

    Mohon jawabannya dok. Terinakasih
    Wassalam..

    • wassalamu’alaikum wr wb

      untuk operasi sebaiknya menunggu usia diatas 3 bulan dan berat badan diatas 5 kg supaya anak lebih kuat menghadapi stress operasi. untuk kasus hemangioma apalagi di paha dan besar 2-3 cm….insyaalah tidak perlu amputasi bu. tidak usah khawatir ya

  24. Assalamualaikum dok,
    Perkenalkan sy Anis Zuliana, umur 21th.
    Dok, anak sya umur 3bln ada hemangioma diwajah bwah mata kiri. Yg sy tnyakan, sudah bisa dilakukan tindakan operasi atau blm mengingat usia anak sy yg bru 3bln?
    Dan kra2 berbhaya atau tdk dok utk bayi sya?
    Trims. .

    • wassalamu’alaikum wr wb

      ibu anis terus terang saya sebetulnya menginginkan foto kondisi hemangioma putra ibu. apakah berisiki mengganggu penglihatan atau tidak. untuk operasi elektif, pada prinsipnya bisa dikerjakan pada usia 3 bulan dengan BB anak > 5kg dan Hemoglobin > 10g%. Hemangioma sendiri pada dasarnya adalah tumor jinak yang berasal dari pembuluh darah, dia akan membesar dan akan resolusi (mengecil kembali) setelah usia 4-5 tahun. namun bila letaknya membahayakan anak, maka sebaiknya tidak perlu menunggu sampai fase resolusi

  25. Asalamualikum Dok…
    Anak saya sekarang umur 15 bulan terkena hemangioma di bibir dan pipi kiri sejak umur 15 hari. Pada umur 2 bulan saya sdh konsul ke spesialis anak, disarankan tunggu umur 2 th nanti akan hilang dg sendirinya, tapi sampai sekarang juga tidak mengecil. saya dianjurkan oleh dokter spesialis bedah plastik untuk opersi.
    Pertanyaan saya:
    1. apakah benar hemangioma anak sy bisa hilang, dan pada umur berapa menurut dokter?
    2. Kalau harus opersai sebaiknya di rumah sakit mana dan berapa lamanya karena tempat tinggal sy di Lampung?
    3. Apakah dg tindakan operasi hasilnya akan kembali normal seperti sedia kala?

  26. maaf dok sblmnya, cranya ngrm fto gmana? apakah dr. punya pin bb?

  27. Dok.. saya wanita berumur 26 tahun. Saya pernah operasi benjolan hemangioma cavernosum pada daun telinga dan pipi kiri saya disertai warna daun telinga yang merah kebiruan serta berbeda ukuran lebih besar dari yang sebelah kanan pada tahun 2011 dan sekarang muncul lagi benjolan ditelinga bagian belakang dan di pipi. Dokter menyarankan untuk arteriografi. Apakah penanganan terebut hanya terapi dan setelah itu dapat muncul kembali benjolannya. Dan apakah di tahun2 ke depan dimungkinkan akan semakin meluas? Saya kuatir jika menjalar ke bagian mata dan otak. Dan tolong saran dan solusi yang bisa saya lakukan untuk mengatasi dan menyembuhkannya secara total. Trima kasih

    • arteriografi ada 2 manfaat: 1. untuk diagnosis; 2. untuk terapi berupa embolisasi. harapannya tumor/hemangioma akan mengecil

  28. Dok suami saya didiagnosa hemangioma di hidung, sudah 2x operasi di rs internasional di bandung, dan masih tumbuh lagi, dokternya bilang harus dioperasi lagi, tapi saya terkendala biaya operasi yang mahal, walaupun sudah pakai bpjs, tetap dibebankan biaya besar. Yang saya mau tanyakan, apakah hanya dr sub spesialis saja yang bisa menangani suami saya? Karena hanya beberapa rs saja yang ada dr sub spesialisnya. Dan dr sub spesialis saya itu jasa nya mahal sekali, kalau kontrol pakai bpjs dia sama sekali tidak mau melakukan tindakan apapun.

    • Ibu yang terhormat…coba ibu datang ke RS di bandung dan sekitarnya yang ada dokter spesialis bedah umumnya dan RS tersebut sdh bekerja sama dgn BPJS….minta second opinion dgn dokter tersebut…mudah2an ada solusi terbaik bagi suami ibu…..amiinnn

  29. Dok, saya menderita hemangioma ditangan kanan saya, umur saya skrg 20 tahun dan sudah pernah 5kali operasi hemangioma. Oprasi pertama pada saat sya klas 2 sd dan terakhir tahun 2013 . Saat ini hemangioma masih tetap tumbuh. Sy sudah konsul ke salahsatu dokter katanya klo dioperasipun tidak menjamin sembuh total. Dan dokterpun menawarkan untuk sclerotherapy. Bagaimana sebaiknya yang saya lakukan dok?

    • Mas Dinnar….

      Sebetulnya saya membutuhkan gambaran klinis hemangioma nya mas yang sekarang ini seperti apa. PAda prinsipnya terapi pembedahan dengan syarat eksisi betul2 sampai di luar tumor (pseudokapsul ikut diangkat) maka kemungkinan kambuh sangat kecil.
      Tumor ini adalah pertumbuhan aktif dari pembuluh darah….sedangkan sclerotherapy adalah salah satu bentuk treatment pada kasus ini…terapi ini dimaksudkan untuk membuat pembuluh darah menjadi sklerosis (mati) dengan menyuntikkan bahan obat ttt langsung pada pembuluh darah.

      Silahkan didiskusikan saja dengan dokter Sdr disana, langkah apa yang terbaik itulah yang ditempuh.

  30. sore Dok.. putri saya bru usia 1 bln lbih wktu 2/3 hri lhir ada warna merah lebar skitar 2cm diatas hidung dekat mata 1mnggu kmudian kontrol kata doktr anak trkena hemangioma disarankan untuk terapi, dri commen yg saya bca cenderung dilakukan oprasi klu terapi itu sprti apa? kemungkinan pulih apa sama sprti klau dilakukan oprasi? mkan wktu brpa lma kira”? trimaksih sblumnya, Dok

    • Kepada Pak Hendrix, berikut ini saya jelaskan beberapa penatalaksanaan pada hemangioma:

      1.Edukasi dan Observasi

      Perjalanan alamiah penyakit ini munculnya cepat setelah bayi lahir dan menetap hingga usia balita, antara usia 5-7 tahun. Hemangiomainfantil dengan ukuran yang kecil sebaiknya dilakukan observasi saja khususnya pada fase proliferasi dan fase involusi. Setelah sembuh, kulit akan tampak normal atau hanya mengalami kecacatan yang minimal. Orang tua pasien perlu diberikan penjelasan mengenai penyakit dan perjalanan klinisnya sehingga tidak terjadi kecemasan. Memotivasi orangtua pasien untuk memeriksakan secara berkala untuk follow-up perkembangan hemangioma infantil perlu dilakukan. Pemeriksaan yanglebih sering perlu dilakukan apabila lesi besar, mengalami ulserasi,multipel, atau terletak pada struktur anatomi yang vital. [3]

      Pada perjalanan alamiahnya lesi hemangioma akan mengalami pembesaran dalam bulan-bulan pertama, kemudian mencapai besar maksimum dan sesudah itu terjadi regresi spontan sekitar umur 12 bulan, lesi terus mengadakan regresi sampai umur 5 tahun. [3]

      2. Terapi Kortikosteroid

      Hemangioma infantil yang sensitif akan memperlihatkan respon terapi pada beberapa hari pemberian kortikosteroid. Jika tidak ada responyang berupa memudarnya warna, menjadi lembut, atau berkurangnya pertumbuhan maka terapi harus dihentikan. Jika respon terapi tampak,maka dosis dan durasi pemberian kortikosteroid dipertahankan sesuaidengan lokasi dan maturitas hemangioma infantil. Terapi kortikosteroiddapat diberikan dalam bentuk :

      a. Kortikosteroid topical, beberapa penelitian melaporkan bahwagolongan superpotensial efektif untuk pengobatan hemangiomasuperfisialis dengan ukuran relatif kecil.

      b. Kortikosteroid injeksi pada lesi. Triamcinolone 10-20 mg/mL dengan dosis maksimal 5 mg/kgBB dapat diberikan padahemangioma yang meluas dengan cepat dan menimbulkankomplikasi berupa ulserasi.

      c. Kortikosteroid sistemik, merupakan terapi lini pertama untuk hemangioma infantil yang besar, destruktif, atau mengancam jiwa Prednison dapat diberikan dengan dosis 2 mg/kgBB/hari pada pagihari selama 4 – 6 minggu. Selanjutnya dilakukan tapering dosisselama beberapa bulan.

      3. Recombinant Interferon Alfa-2a

      Recombinant interferon alpha-2a(IFN) merupakan agen baru untuk terapi hemangioma infantil yang besar dan mengancam nyawa. Pemberian IFN tidak boleh di kombinasikan dengan kortikosteroid. Bila INF akan diberikan, perlu secepatnya dilakukan tappering off dosis kortikosteroid.Mekanisme kerja IFN akan mempercepat timbulnya fase involusi padahemangioma infantil. Indikasi terapi antara lain:

      a. Tidak respon kortikosteroid

      b. Kontraindikasi pemberian kortikosteroid jangka panjang

      c. Komplikasi pada pemberian kortikosteroid

      d. Penolakan dari orang tua dengan penggunaan terapi kortikosteroid.

      4.Terapi Bedah

      Tindakan bedah yang dapat dilakukan adalah operasi eksisi, terutama pada hemangioma infantil yang tidak mengalami involusi komplet, hemangioma infantil yang memberi pengaruh kosmetik pada wajah,hemangioma infantil yang berlokasi pada region periorbita, hidung, mulut,saluran nafas bagian atas, kanal telinga, dan hemangioma infantil yang mengancam jiwa anak.

      Indikasi : a. Terdapat tanda-tanda pertumbuhan yang terlalu cepat, misalnya dalam beberapa minggu lesi menjadi 3-4 kali lebih besar. b. Hemangioma raksasa dengan trombositopenia. c. Tidak ada regresi spontan, misalnya tidak terjadi pengecilan sesudah 6-7 tahun.

      5. Terapi Radiasi

      Terapi ini masih kontroversial, meskipun sampai saat ini masih sering dilakukan. Komplikasi yang terjadi dapat berupa kerusakan epipisis, mamae, gonade, kulit, lensa mata, dan glandula tiroid. Komplikasi berupa karsinoma dan sarkoma pernah dilaporkan.

      Pengobatan radiasi pada tahun-tahun terakhir ini sudah banyak ditinggalkan karena : a. Penyinaran berakibat kurang baik pada anak-anak yang pertumbuhan tulangnya masih sangat aktif b. Komplikasi berupa keganasan yang terjadi pada jangka waktu lama c. Menimbulkan fibrosis pada kulit yang masih sehat yang akan menyulitkan bila diperlukan suatu tindakan.

      Mudah2an bisa menjawab rasa penasaran Pak Hendrix

  31. Assallamu allaikum Dok, anak sya ada hemangioma pipi sebelah kanan.
    Kami sudah melalukan terapi laser 3 kali tp tidak ada perubahan sampe akhirnya kami ke dokter bedah dan disuruh oprasi .bulan januari udah melakukan rontgen.secara medis udah siap.
    Tp krn sy pake bpjs alasannya bukan prnyakit membahayakan sampe saat ini blum ada tindakan.yg sy tanyakan apakah jika nanti akan oprasi apa perlu rontgen lg apa dampak rontgen itu.mksh dok.

    • Waalaikum salam wr wb.

      Rontgen diperlukan apabila terjadi perubahan yang signifikan dari hemangioma nya seperti bertambah besar. Untuk sinar rontgen sendiri aman koq, tidak berbahaya karena dosis radiasinya sudah diukur dan ditembakkan dalam sepersekian detik, jadi aammannn

  32. Assalammualaikum Dokter

    mohon maaf seblumnya dok, jika pesan saya mengganggu kesibukan dokter, saya ingin menanyakan mengenai hemangioma cavernosum yang saya derita di leher sebelah kiri saya. menurut dokter apakah penanganan oprasi tepat untuk mengangkat hemangioma tersebut karna saya khawatir dok posisi nya yang dekat dengan pembuluh darah.
    mohon sarannya ya dok.terimakasih..

    • وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ هُ
      sebaiknya mbak reni kirim foto klinis lehernya sipaya sy bisa.menilai.kondisi.lokal tumor dan sekitarnya

  33. Assalamualaikum Doc… Sy punya Putra yg sejak DLM kandungan sdh ada giant hemangiom yg letaknya Dr pantat kanan hingga tumit kanan. Skrg umur anak sy hampir 4 thn . Alhamdulillah anak sy bs jalan Doc..hanya TDK bs pakai sepatu..vascular surgeonnya blg be dioperasi kpn saja sambil dilihat regresi hemangiomnya. Trs terang sy takut Doc..mohon beri info yg bs kuatkan sy.terima kasih. Wanda di bandung.

    • Waalaikum Salam Wr Wb.

      Ibu Wanda yang baik hati….

      Hemangioma adalah suatu tumor jaringan lunak yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan pada anak berusia kurang dari 1 satu tahun (5-10%). Biasanya Hemangioma sudah nampak sejak bayi dilahirkan (30%) atau muncul setelah beberapa minggu setelah kelahiran (70%). Hemangioma muncul di setiap tempat pada permukaan tubuh, seperti : kepala, leher, muka, kaki atau dada. Umumnya hemangioma tidak membahayakan karena sebagian besar kasus hemangioma dapat hilang setelah kelahiran.

      Hemangioma infantil adalah neoplasma vaskuler jinak yang memiliki perjalanan klinis karakteristik ditandai dengan proliferasi awal (tumbuh cepat) dan diikuti dengan involusi spontan (mengecil). Selama fase proliferatif pada periode neonatal atau awal masa bayi, proliferasi sel endotel cepat membagi bertanggung jawab untuk pembesaran hemangioma kekanak-kanakan. Akhirnya, fase involusional terjadi, dimana hemangioma infantil kebanyakan klinis diselesaikan pada usia 9 tahun.

      Yang penting anak dijaga jangan sampai cedera pada hemangioma nya sambil menunggu fase involusi spontan.

      Mudah2an bisa menguatkan hati Ibu Wanda, aamiinn


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s